Reflections and Inspirations


Meneladani Semut

Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak.

Amsal 6 : 6

 

 

Semut adalah binatang yang kecil dan lemah, namun mengapa Tuhan menyuruh kita memperhatikan tingkah lakunya dan menjadi bijak? Kenyataan berbicara semut adalah hewan yang tetap bisa bertahan hidup di tengah seleksi alam yang keras. Sifat-sifat semut yang unik membuat manusia harus belajar banyak darinya. Nah, karakter apa saja yang bisa kita belajar dari semut?
  
Menabung

Pernahkah kita tidak sengaja membongkar sarang semut? Dalam sarang semut akan kita temui aneka makanan yang sudah dihancurkan semut menjadi kecil-kecil sebagai cadangan makanan di musim hujan. Semut memikirkan masa depan kelompoknya dan tidak menerapkan asas aji mumpung sebanyak apapun makanan berhasil mereka dapatkan.


Rajin

Pernahkah kita melihat semut duduk melamun di tepi kolam atau asyik pacaran dengan semut lainnya, sementara rekan-rekannya yang lain bekerja? TIDAK PERNAH. Semut adalah binatang yang aktif bekerja, sehingga semut tak akan pernah mati kelaparan. Apakah Anda juga bekerja serajin semut?

Friendly

Coba kita amati gaya semut saat bertemu satu sama lain? Semut akan saling menempelkan antenanya walaupun harus bertemu ratusan atau ribuan semut lainnya saat berpapasan. Apakah Anda juga bersikap ramah satu sama lain sehingga setiap orang yang Anda temui merasa bahagia dan semangat bisa mengenal Anda?

Pantang Menyerah

Tangkaplah seekor semut lalu letakkan penghalang di sekitarnya. Akan kita dapati semut tersebut akan berusaha mencari jalan keluar entah naik, melingkar atau ke bawah. Semut tidak akan duduk bengong atau menangis dengan sedihnya saat ada halangan menghadang. Semut akan melakukan segala cara untuk bisa menerobos penghalang yang ada.


Bertanggung Jawab

Walaupun tanpa pemimpin, semut dengan giat melakukan apa yang menjadi pekerjaannya. Semut tetap dengan semangat mengangkat makanan yang di temukannya walaupun tak ada mandor atau rekan yang mengawasi. Semut juga tak akan pernah korupsi atau menikmati sendiri makanan yang ditemukannya. Sebagai manusia kita harusnya malu kalau selama ini kinerja kita rajin saat bos ada di tempat dan kendor saat bos di luar kantor.


Team Work

Ketika semut menemukan gula atau remah-remah roti yang banyak atau tak mampu diangkat sendiri olehnya, ia akan pergi memanggil teman-temannya. Ketika teman-temannya mendengar ceritanya, mereka dengan sigap menolongnya dan mengangkat beban makanan itu bersama-sama. Karena semangat team work yang tinggi, tak heran semut mampu mengangkat beban yang sangat berat.

 

Karakter-karakter semut diatas kiranya bisa kita contoh dalam hidup sehari-hari. Anda ingin sukses baik secara jasmani maupun rohani, miliki karakter semut dan jadilah bijak.

 


Menaklukan Kehidupan Dengan Satu Kaki

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.”

(Filipi 4:13)

Namanya adalah Roger Crawford dan bekerja sebagai konsultan dan pembicara motivator bagi banyak perusahaan fortune 500 di penjuru Amerika. Ketika masih di universitas, ia adalah pemain tennis untuk Marymount Layola University dan menjadi pemain tennis professional. Apakah hal itu tidak membuat Anda terkesan? Tunggu dulu, jika saya katakan bahwa dia tidak punya tangan dan hanya punya satu kaki, bagaimana?

Roger dilahirkan dengan kondisi yang disebut ectrodactylism. Ketika masih dalam kandungan, dokter hanya melihat seperti ada jari jempol keluar dari lengan kanannya dan jari-jari tumbuh di lengan kirinya, namun ia tidak memiliki telapak tangan. Kaki kirinya terus menyusut hanya memiliki tiga jari, kaki ini diamputasi saat ia berumur lima tahun. Orangtuanya diberitahu bahwa Roger tidak akan pernah memiliki kehidupan yang normal

Namun orangtua Roger tidak menyerah, mereka membentuk Roger menjadi manusia normal dan mengajarinya hidup mandiri. Ketika Roger telah siap, ia disekolahkan di sekolah umum. Mereka mengajarinya berpikir positif, dan jadilah Roger menjadi pribadi yang positif.

Roger tidak membiarkan kekurangannya menghambatnya untuk berhasil dan menikmati kehidupan yang telah Tuhan karuniakan. Ia menjalani hidupnya dengan maksimal, karena ia mempercayai bahwa Elohim memberikan kelebihan unik dalam dirinya dibalik semua kekurangan yang ada dalam dirinya.

Hari ini apa yang menjadi penghalang bagi Anda untuk maju? Datanglah kepada Elohim dan mintalah kekuatan dari-Nya untuk menaklukan kelemahan itu. Karena setiap orang, Elohim telah karuniakan sebuah berkat yang unik dimana Anda bisa nikmati secara maksimal di dalam Yesus Kristus.

Kekurangan Anda bukanlah kelemahan, itu hanyalah berkat tersembunyi dari Elohim dalam bungkus yang lusuh.

 


Katak Dan Siput

Ada seekor siput selalu memandang sinis terhadap katak. Suatu hari, katak yang kehilangan kesabaran akhirnya berkata kepada siput: “Tuan siput, apakah saya telah melakukan kesalahan, sehingga Anda begitu membenci saya?”

Siput menjawab: “Kalian kaum katak mempunyai empat kaki dan bisa melompat ke sana ke mari, Tapi saya mesti membawa cangkang yang berat ini, merangkak di tanah, jadi saya merasa sangat sedih.”

Katak menjawab: “Setiap kehidupan memiliki penderitaannya masing-masing, hanya saja kamu cuma melihat kegembiraan saya, tetapi kamu tidak melihat penderitaan kami (katak).”

Dan seketika, ada seekor elang besar yang terbang ke arah mereka, siput dengan cepat memasukan badannya ke dalam cangkang, sedangkan katak dimangsa oleh elang.

Nikmatilah kehidupanmu, tidak perlu dibandingkan dengan orang lain. keirian hati kita terhadap orang lain akan membawa lebih banyak penderitaan. Lebih baik pikirkanlah apa yang kita miliki. Hal tersebut akan membawakan lebih banyak rasa syukur dan kebahagiaan bagi kita sendiri.


Masalah adalah Sahabat Terbaik

Kadang Masalah adalah sahabat terbaikmu.

Mereka buatmu jadi lebih kuat, dan buatmu menempatkan Tuhan  di sisimu yang paling dekat.

 

 

 

 

 

Sumber: Kata Bijak 2015.


Melepas Amarah, Meraih Keikhlasan

Terus memendam amarah sama seperti menggenggam bara panas untuk dilontarkan kepada seseorang, Kitalah yang akan terbakar.

Dalam hidup memang wajar kalau ada peristiwa-peristiwa yang membuat kita marah dan kecewa. Tapi cepat kendalikan emosi kita kembali. Jangan biarkan rasa amarah, dendam, iri, kesal atau kecewa kepada pasangan, teman, rekan kerja, atau atasan di kantor bercokol lama di hati kita.

Kekesalan, amarah dan kekecewaan hanya akan mengaktifkan hukum tarik menarik, membuat kita menerima apa yang kita berikan.

Bila kesal pada pasangan atau ada kawan yang mengingkari janji, lalu kita menyalahkan mereka atas kekacauan semua itu, maka kita akan mendapatkan kembali keadaan yang dipersalahkan itu.

Kembalinya keadaan itu tidak harus selalu dari orang yang kita salahkan, tetapi sejatinya kita akan mendapatkan kembali keadaan yang kita salahkan itu.

Ikhlaskanlah, maafkanlah. Hati akan terasa lebih lega dan ringan dalam menjalani hidup, lebih fokus terhadap tujuan hidup tanpa terbebani penyakit-penyakit hati yang hanya akan menghabiskan energi positif.

Semoga Tuhan mengaruniai sabar yang tak terbatas dan ikhlas yang tak bertepi untuk kita semua, sehingga apapun rintangan dan cobaan yang dilalui akan terasa lebih ringan.

 


↑ Back to Top