Blog / Nabi Muhammad Telah Dinubuatkan Dalam Alkitab

Orang Muslim berasumsi bahwa Muhammad telah dinubuatkan dalam Alkitab, dan mereka juga berpikir bahwa ayat-ayat ini akan dengan mudah ditemukan. Tapi mereka menjadi kecewa saat menyadari bahwa berbagai ramalan Alkitab merujuk pada kedatangan Yesus, bukan Muhammad. Para sarjana Islam telah berusaha keras mempelajari Alkitab untuk menemukan teks-teks yang merujuk pada Muhammad.

 

 

Penolakan Muslim

“Mengapa orang Kristen menolak Nabi Islam Muhammad? Sementara kedatangannya telah dinubuatkan di Alkitab.” (Sura 7:157)

 

(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka, yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma'ruf dan melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk…

(Quran sura Al A'raaf 7:157)

 

 

Berdasarkan pernyataan-pernyataan dalam Sura 7:157 dan 61:6,[1] orang Muslim berasumsi bahwa Muhammad telah dinubuatkan dalam Alkitab, dan mereka juga berpikir bahwa ayat-ayat ini akan dengan mudah ditemukan. Tapi mereka menjadi kecewa saat menyadari bahwa berbagai ramalan Alkitab merujuk pada kedatangan Yesus, bukan Muhammad. Para sarjana Islam telah berusaha keras mempelajari Alkitab untuk menemukan teks-teks yang merujuk pada Muhammad. Pandangan-pandangan berbeda eksis dalam dunia Islam tentang teks-teks Alkitab mana yang merujuk pada Muhammad. Banyak Muslim yang mengatakan Ulangan 18:18 sebagai bukti di Perjanjian Lama, dan Yohanes pasal 14-16 sebagai bukti di Perjanjian Baru. Namun demikian, sebuah pengujian yang lebih dekat mengenai teks-teks ini dengan cepat dan jelas memperlihatkan bahwa ayat-ayat ini berbicara mengenai Yesus dan Roh Kudus, bukan Muhammad!

 

1)  Teks Perjanjian Lama: Ulangan 18:18

Aku akan membangkitkan seorang nabi bagi mereka dari antara saudara-saudara mereka seperti engkau, dan Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan dia akan mengatakan kepada mereka semua yang akan Aku perintahkan kepadanya.

 

Orang Muslim berasumsi bahwa nabi yang dinubuatkan oleh Musa adalah Muhammad. Klaim Islam ini didasarkan pada tiga alasan:

1. Muhammad memiliki karakteristik yang mirip dengan Musa.[2]

2. Janji “Aku akan menaruh firmanKu dalam mulutnya” digenapi ketika Jibril menyampaikan Quran kepada Muhammad.

3.Muhammad berasal “dari antara saudara-saudara mereka”, yaitu orang Ismail.  

 

Jika dilihat sekilas, sepertinya argumen-argumen yang ditampilkan beralasan. Namun jika memperhatikan konteks ayat ini, konklusinya akan berbeda. Pertama-tama kita harus menafsirkan teks itu dengan tepat. Istilah “dari antara saudara-saudara mereka”, dijelaskan dalam konteks ayat 15, dimana dikatakan ad verbatim teks Ibrani:

YAHWEH, Elohimmu, akan membangkitkan bagimu seorang nabi dari antaramu, dari saudara-saudaramu, seorang yang seperti aku, kamu harus mendengarkan dia,”.

Ini saja sudah cukup untuk menyelesaikan argumentasi.

 

Sebagai tambahan, Kisah Para Rasul 3:17-23 dan 7:37 dengan jelas menyatakan bahwa nabi ini adalah Yesus. Yesus sendiri secara implisit melakukan hal yang sama ketika Ia berkata (Yohanes 5:46-47):

“Sebab jika kamu percaya kepada Musa, maka kamu percaya kepada-Ku, karena dia yang telah menulis tentang Aku. Namun jika kamu tidak percaya pada tulisan-tulisannya itu, bagaimana kamu akan percaya pada perkataan-Ku?”

 

Yesus mirip dengan Musa dalam banyak hal, sementara Muhammad tidak. Hanya Yesus dan Muhammad yang memperlihatkan karakteristik-karakteristik unik berikut ini, sebagai contoh:[3]

  • Keduanya adalah mediator dari perjanjian antara Tuhan dan manusia.
  • Keduanya mengenal Tuhan muka dengan muka.
  • Keduanya memperlihatkan tanda-tanda dan mujizat yang besar.

Muhammad bukan seorang mediator dari sebuah perjanjian. Ia juga tak mengenal Tuhan muka dengan muka, dan juga sama sekali tak pernah melakukan mujizat dan tanda-tanda ajaib (Sura 28:48). Orang Muslim ingin agar orang Kristen menerima Muhammad sebagai seorang nabi.[4]

 

Bagaimana sebaiknya orang Kristen bereaksi terhadap hal ini? Orang Kristen harus menunjukkan bahwa seorang nabi Tuhan yang benar dan yang segaris dengan nabi-nabi Alkitab harus memenuhi kriteria tertentu.[5]

  • Mereka harus dapat bernubuat, dan nubuatan-nubuatannya harus terjadi.
  • Nubuatan-nubuatan dan ajaran-ajarannya harus sejalan dengan pernyataan nabi-nabi Tuhan lainnya.
  • Jika ditantang, maka ia harus sanggup memperlihatkan tanda-tanda ajaib, untuk membuktikan bahwa ia benar-benar datang dari Tuhan.
  • Ajarannya harus berisi elemen-elemen yang baru dari pesan Tuhan.

Karena itu orang Muslim perlu ditantang untuk menemukan pada ayat-ayat Quran yang mana yang segaris dengan kriteria Alkitab tentang nabi sejati dari Tuhan[6], yang telah dipenuhi oleh Muhammad.

 

2) Teks Perjanjian Baru: Yohanes 14-16  

Pernyataan Perjanjian Baru yang diasumsikan oleh Muslim sebagai merujuk pada Muhammad, ditemukan ketika Yesus berbicara mengenai “Penasihat”[7]. Muslim berpandangan bahwa Muhammad-lah yang dimaksudkan sebagai “Penasihat” pada ayat ini, bukan Roh Kudus, sebagaimana yang diyakini orang Kristen. Alasan-alasan mereka adalah sbb:

 

1.  Pernyataan Yesus,”… Dia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran, karena Dia tidak akan berbicara dari diri-Nya sendiri, melainkan apa saja yang telah Dia dengarkan, Dia akan mengatakannya; Dia juga akan memberitakan kepadamu hal-hal yang sedang datang” (Yohanes 16:13), diaplikasikan pada Muhammad.

 

2.  Karena Yesus, ketika berbicara mengenai “Sang Penasihat”, memakai istilah “Dia” (he), kata ganti orang ketiga tunggal pria; karena itu Muslim berargumen bahwa Sang Penasihat hanya mungkin sebagai seorang pria, bukan satu sosok roh.

 

3.  Berdasarkan pernyataan Yesus,”…karena jika Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepada kamu; tetapi jika Aku telah pergi, Aku akan mengutus Dia kepada kamu.” (Yohanes 16:7), maka Muslim meyakini bahwa ayat ini pastilah berbicara tentang Muhammad,”karena”, argumen mereka: “Roh Kudus senantiasa ada”.

 

Orang Kristen punya kesempatan yang baik untuk menjelaskan teks ini sesuai konteksnya, dan memperkenalkan “Penasihat” yang sejati, yaitu Roh Kudus dan karyaNya. Perjanjian Baru berbicara mengenai Roh Kudus yang datang 50 hari setelah kebangkitan Yesus (Kisah Para Rasul 2:1-21). Karena itu orang Kristen dapat menjawab:

 

1.    Dengan membaca seluruh teks mengenai sang “Penasihat” ini, kita belajar bahwa Ia adalah “Roh Kebenaran” (Yohanes 14:17), bukan seorang nabi atau pria yang lain, bahwa ia akan beserta dengan kita “untuk selamanya” (Yohanes 14:16), bahwa “Ia akan ada di dalam kamu” (Yohanes 14:17), yaitu hidup dalam diri setiap orang percaya, dan Ia akan mempermuliakan Yesus (Yohanes 16:14), dan akan mengingatkan murid-murid Yesus akan ajaran-ajaran Yesus (Yohanes 14:26 dsb.), dan “akan memberitahukan hal-hal yang akan datang” (Yohanes 16:13). Ayat-ayat ini hanya mungkin berbicara mengenai Roh Kudus, bukan Muhammad. 

 

2.    Yesus dengan jelas mengatakan bahwa “Penasihat” itu adalah Roh Kudus (Yohanes 14:26).

3.    Yesus mengatakan bahwa Ia akan mengutus “Penasihat” kepada murid-muridNya (Yohanes 16:7), bukan 600 tahun kemudian kepada orang-orang Muslim!

 

Muslim mengklaim bahwa orang Kristen telah merubah kata Yunani “periklitos” (yang terpuji) menjadi “parakletos” (Penasihat, lihat Yohanes 14:16). Sarjana Muslim memperlihatkan bahwa nama “Muhammad”, jika diterjemahkan secara literal, artinya adalah, “yang terpuji”. Bagi orang Muslim, ini adalah petunjuk lainnya bahwa pribadi yang dibicarakan oleh Yesus dalam Yohanes 14-16 itu adalah Muhammad. Namun demikian, Muslim sama sekali tak sanggup membuktikan dugaan mereka.

 

Orang Muslim dapat diminta untuk membaca teks (Yohanes 14:15-17; 14:26), dan mengganti kata “Penasihat” dengan nama “Muhammad”. Maka akan dengan mudah dikenali bahwa perubahan seperti itu tidak akan cocok dengan teks. Tabel berikut merangkum argumen sebagai berikut:

 

Referensi

Argumen Muslim bahwa ini adalah sebuah nubuatan tentang Muhammad di Alkitab

Jawaban Kristen bahwa ayat-ayat yang menjadi rujukan menubuatkan kedatangan Yesus atau Roh Kudus.

Ulangan 18:18

  Muhammad memiliki beberapa karakteristik Musa.

  Muhammad adalah keturunan dari “saudara-saudara” mereka, yaitu dari Ismail.

• Yesus memiliki banyak karakteristik Musa

• Kitab-kitab suci lainnya dengan jelas memperlihatkan bahwa Yesus adalah subyek dari nubuatan ini

(Yohanes 5:46-47; Kisah 3:17-23 dan 7:37).

• “Saudara-saudara” Musa adalah orang Israel (Ulangan 18:15).

Yohanes 14-16

“Penasihat” di pasal-pasal ini adalah Muhammad yang telah dinubuatkan oleh Yesus. Muhammad adalah nabi berikut setelah Yesus.

• Pasal-pasal itu dengan jelas berbicara tentang satu ‘Roh” yang akan menyertai para murid (Yohanes

14:17: 14:26; 16:7).   

• Konteks memperlihatkan bahwa “Roh Kudus” telah dinubuatkan oleh Yesus: (Yohanes 14:17; 16:7; Kisah 2:1-21).

 

Tak ada satupun dari teks-teks Alkitab diatas yang dapat dipakai sebagai petunjuk akan kedatangan nabi Islam, Muhammad. Hal yang sama juga dengan yakin dapat kita katakan mengenai semua teks-teks Alkitab lainnya, yaitu: Tak ada satu pun ayat yang menubuatkan kedatangan Muhammad!

 



[1] Sura 7:157: “(Yaitu) orang-orang yang mengikut Rasul, Nabi yang ummi yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada di sisi mereka ...“. Sura 61:6: “Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” Ahmad memiliki arti yang mirip dengan nama Muhammad.

[2] Klaim ini muncul karena dalam Ulangan 18:18, ada kalimat berbunyi “yang sama seperti engkau”. Orang Muslim mengatakan, sebagai contoh, bahwa Muhammad menjalani hidup yang normal seperti halnya Musa, bahwa keduanya adalah pemimpin atas umat mereka, keduanya menikah dan bahwa keturunan mereka telah menaklukkan Palestina.

[3] Untuk elaborasi lebih jauh, lihat Gilchrist (2003:71-80).

[4] Sebagai sebuah alasan, orang Muslim menawarkan fakta bahwa mereka menerima nabi-nabi Alkitab seperti Musa, Yesus dsb. Karena itu sebagai balasannya, mereka mengatakan bahwa orang Kristen pun harus menerima dan mengakui kenabian Muhammad.

[5] Sebagai contoh lihat Keluaran 7:8-10; Ulangan 18:21-22

[6] Alkitab berisi beberapa ayat mengenai topik ini, misalnya, Ulangan 13:5 dan 18:19-22; Yeremia 14:14-16 dan 23:16-22, dsb.

[7] Beberapa terjemahan menggunakan istilah “Penghibur” atau “Penolong”.

 


Add a Comment
| 170
Peter
Reply| 09 Feb 2016 08:09:34
CUKUP SATU DOSA

Dalam kekudusannya Tuhan tdk mungkin melalukan dosa sedikitpun, hakikatnya Ia adl kudus, artinya tdk ada secuil dosapun didlm Nya, krn Ia tdk melakukan dosa sedikitpun.
Ia Maha, krnnya dlm memutuskan atau bertindak Ia bisa tp dgn cara benar dan kudus.

Maksud kata tdk kudus adl bukan semuanya jelek atau salah tp cukup sekali melakukan dosa dr seribu perbuatan benar dan kudus mk ia mjd tdk kudus.

Ketika ajaran mengajarkan kekudusan dgn mengatakan ini haram & itu haram tp menghalalkan satu dosa, mk bisa dipastikan itu pekerjaan setan.
Kita tau bhw islam mengajarkan kebersihan tubuh, makanan, dll, tp kok seks dgn babu halal..... Cukup satu dosa mk kamu akan menuju neraka, inilah cara kerja setan mengelabui kamu.... Cukup dgn satu dosa.

Setan itu menipu, ia mengajarkan sejuta kebaikan agar kamu tetarik, tp ia menyelipkan satu dosa kemudian agar kalian semua menuju neraka, krn hakekatnya bukan seribu kebaikan utk sampai ke surga, tp kekudusan yg artinya kesurga itu tanpa dosa sedikitpun. Satu dosa membuat muslim tdk kudus, cukup satu dosa,slim.....

Hati hati tipu daya setan... Sejuta pahala tp satu dosa tdk bisa membuat anda ke syuuuurga... Please, babu jgn diembat :-)
Peter
Reply| 09 Feb 2016 07:54:04
Logika kebalik muslimers

God : "Aku akan menjaga kitab suci ku. Ini AQ, kitabku sebelum yg ini, dah diobok obok!!!"

Man : mank sebelum ini gak dijaga ya om?

God : Aku sibuk mandiin bidadari2 ku sblm dipakai umat ku, jd gak sempet jagain kitab sblmnya :-)

Man : dimandiin?, mank habis om pake ya?

God : Hus... kok tau?

:-)
JANGAN GITU AH
Reply| 09 Feb 2016 03:58:03
@mbah sawer

begitulah mbah...hehehe...namanya juga orang sudah "kalah" total. Caranya melawan itu hanya "gerakan gerakan tangan yang sudah loyo". Mau bagaimana lagi dia, wong sudah begitu transparan kebodohannya. Dari pada malu tak menjawab, asal ngaco pun tidak jadi soal, yang penting njawab, embah..." Urusan ketahuan bodohnya, ya kumaha eungke wae lah
JANGAN GITU AH
Reply| 09 Feb 2016 01:10:13
@Peter
3

Kemudian kita flasback lagi ke masa Musa tatkala 10 hukum Taurat diberikan Tuhan kepada Musa. Dari pembacaan kita, setiap pelanggaran atas perintah Tuhan memiliki konsekuensi berat, hukuman mati karena upah dosa adalah maut.

Untuk menebus kesalahan setiap pelanggar hukum Taurat tersebut, Tuhan memberikan solusi simbolik melalui pengorbanan darah hewan seperti domba dan sapi. Hal ini dijelaskan dalam kitab Imamat (Leviticus).

Kata kunci: Pelanggaran perintah Tuhan --->dosa ---> upah dosa maut atau hukuman mati.

Jadi tuntutan hukum Taurat itu adalah hukuman mati.

Oleh karena itu, kata MENGGENAPAI yang dikatakan Yesus pada hakekatnya dapat dipahami sebagai PENGGENAPAN ATAS TUNTUTAN HUKUM TAURAT diatas. Itu sebabnya Yesus katakan bahwa KEDATANGANNYA ADALAH UNTUK MENGGENAPI TUNTUTAN HUKUM TAURAT melalui kematian-Nya di kayu Salib.

Dan pada waktu Yesus menghembuskan nafas-Nya, Ia pun memproklamirkan penggenapan itu dengan kata terakhir: "SUDAH SELESAI" Silakan baca kembali detik-detik kematian Yesus di kayu salib.
Peter
Reply| 08 Feb 2016 22:56:48
Maksudnya menggenapi Taurat adl Taurat itu blm lah genap, penggenapannya itu H Kasih Karunia, nah kl sdh ada hukum Kasih Karunia yg dah genap, jd utk apa pake Hukum taurat yg tdk genap...
T Yesus bil H Taurat tdk akan ditiadakan jd kita kasih H Taurat utk saudara kita yg msh suka burit dan membunuh toh :-)
Peter
Reply| 08 Feb 2016 22:52:20
1 Timotius 1:1, 8-10 (TB) Dari Paulus, rasul Kristus Yesus menurut perintah Allah, Juruselamat kita, dan Kristus Yesus, dasar pengharapan kita,
Kita tahu bahwa hukum Taurat itu baik kalau tepat digunakan,
yakni dengan keinsafan bahwa hukum Taurat itu bukanlah bagi orang yang benar, melainkan bagi orang durhaka dan orang lalim, bagi orang fasik dan orang berdosa, bagi orang duniawi dan yang tak beragama, bagi pembunuh bapa dan pembunuh ibu, bagi pembunuh pada umumnya,
bagi orang cabul dan pemburit, bagi penculik, bagi pendusta, bagi orang makan sumpah dan seterusnya segala sesuatu yang bertentangan dengan ajaran sehat

Tuh, taurat tdk ditiadakan kok, cuma dibatalkan bg yg sdh menerima Kristus.

Taurat itu utk islam, krn muslim org berdosa, pemburit, pembunuh ibu, bapak dan pembunuh aurat, pemburit, dll ya kan :-)
mbah sawer
Reply| 08 Feb 2016 22:32:44
@orang
benar itu pak, saya sendiri cukup kesulitan untuk menemukan kata2 yang sesuai untuk menggambarkan kerasnya usaha itu _ "membentengi diri" itulah kata2 yang hilang dari otak saya namun dengan mudahnya anda menuliskannya disini,,,,
trims pak @orang; tulisan anda tetap kami ikuti....
Margono
Reply| 08 Feb 2016 22:24:26
@bingung, menulis:
maaf sy mau tanya kepada sodara2 kristen.
palestna itu apakah orang filistin dlm alkitab itu?
mengapa israel dan palestina selalu berperang disebamkan krn apa?
apakah tanah filistin itu masih tanah israel pada masa raja daud?.

Tanggapan:
Orang Fillistin yg di Alkitab tidak ada hubungan dengan Palestina. Asal muasal neneka moyang orang Fillistin dari pulau Kreta jajahan Romawi Kuno.

Yasser Arafat yg menyebut mereka bangsa Palestina tahun 1964 supaya terlihat seolah mereka turunan Fillistin. Palestina yg ada saat ini turunan Arab, Fillistin di Alkitab masih dari garis turunan bangsa Yunani-Eropa.
mbah sawer
Reply| 08 Feb 2016 22:18:28
@JANGAN GITU AH
@sandro original
Satulagi...yg dimaksud Taurat dlm AlQuran adalah yg diturunkan kepada Nabi Musa...jadi bukan kitabnya yahudi..

yahudi emang bagian dr paganisme kayal ajaran kristen...

blaaahblaaahblaaah.....

tanggapan :::
wah pak @JGA, ternyata tulisan si kunyuk ini makin lama makin tidak beres aja nih,,,kayaknya otaknya sudah kraam, koq bisa-bisanya kitab taurat nabi musa dikatakan bukan kitab yahudi...? itu nomer satu!!

lagipula fakta sejarah kan jelas menggambarkan, sejelas fakta bahwa nabi muhammad saw itu adalah nabi gadungan_kalau agama yahudi itu sudah lebih dulu ada di muka bumi ini jauh sebelum kekristenan lahir, eeh ndilalah koq bisa-bisanya si cecurut ini menulis "yahudi emang bagian dr paganisme kayal ajaran kristen" (???)
kalau paham benar, si otak korslet ini kan seharusnya menulis "kristen emang bagian dr paganisme kayal ajaran yahudi" .....
itu baru benar dan make sense!!! itu nomer dua!!!
KESIMPULAN :::
kasian juga slimmer satu ini pak, ibarat kata...otaknya sudah di-gang bang habis2an sama para kafir disini.....suruh pulang aja dia pak...
hahahahahahaaa.....
orang
Reply| 08 Feb 2016 22:08:27
@mbah sawer

waah!!! hebat!!!
terima kasih atas ke'terang'annya bapak @orang....
saya paham sekarang...
anyway, tetap berkarya di forum ini bapak @orang....

Tanggapan
Trima kasih sudah memahami tulisan dan maksud saya

Anda menuliskan akan terjadi "benturan" maka kita tentu saja HARUS MENGALAH

Maksud mengalah di sini adalah kita harus membedakan sesembahan , nabi nabi , kitab kitab, malaikat malaikat serta surga dan neraka islam dengan nabi nabi, ktab kitab, malaikat malaikat, surga dan neraka yang ada di dalam Alkitab
Mengalah di sini juga dimaksudkan agar kita membetengi diri kta dari parasit islam yang ingin menghubung hubungkan sesembahan, nabi nabi,malaikat malaikat, kitab kitab serta surga dan neraka slam kepada kita

Saya yakin dengan cara ini mereka akan lemah tana harus memeranginya
HAMPIR MUALAF
Reply| 08 Feb 2016 22:07:55
@Wasis Asmara

YA PAK ASMARA, ANDA BETUL:
Ucapin selamat imlex dibilang haram.
Ucapin selamat natal dibilang haram.
Ucapin sekanat nyepi dibilang haram.
Ucapin selamat waisak dibilang haram.
Rayakan valentine dibilang haram jg.
Tiup terompet jelang tahun baru juga haram
Main musik haram
Pakai kain sutera haram
Rebonding ranbut juga haram
Boncengan Gojek haram
Kpi luwak haram (kecuali dicuci ulang)
Plihara anjing haram
SEMUA KAFIR HARAM,
BABI HARAM
HANYA BABU YG TAK HARAM
DAN CIUM BATU HITAM YANG TAK HARAM, MALAH DOSA DIAMPUNI!
Fatimah Benci Poligami
Reply| 08 Feb 2016 21:32:36
@orang
Penjelasan Anda sangat mencerahkan saya. Semoga teman2 muslim terbuka pikirannya untuk mencari fakta2 mengenai nabinya dari sumber2 Islam saja, seperti taurat Islam, zabur Islam, dan injil Islam yg keberadaannya entah dimana.
bingung
Reply| 08 Feb 2016 21:28:48
maaf sy mau tanya kepada sodara2 kristen.
palestna itu apakah orang filistin dlm alkitab itu?
mengapa israel dan palestina selalu berperang disebamkan krn apa?
apakah tanah filistin itu masih tanah israel pada masa raja daud?

maaf klu pertanyaan sy keluar dr contek.
mbah sawer
Reply| 08 Feb 2016 21:24:00
@kim
selamat datang di forum diskusi "Nabi Muhammad Telah Dinubuatkan Dalam Alkitab" di universitas bukti dan saksi ini...
salam damai dan sejahtera bagi anda sekeluarga juga...
anda benar; silakan belajar disini dan membagi berkat anda bagi para netizen muslim yang mampir kemari...
trims,,,
mbah sawer
Reply| 08 Feb 2016 20:28:18
@orang
waah!!! hebat!!!
terima kasih atas ke'terang'annya bapak @orang....
saya paham sekarang...
anyway, tetap berkarya di forum ini bapak @orang....
Wasis Asmara
Reply| 08 Feb 2016 17:06:43
Aku nasrani mau tanya sama orang islam disini.

Ucapin selamat imlex dibilang haram.
Ucapin selamat natal dibilang haram.
Ucapin sekanat nyepi dibilang haram.
Ucapin selamat waisak dibilang haram.
Rayakan valentine dibilang haram jg.

Kalau non islam ucapin selamat idul fitri, HARAM GAK?

Saluuum ....saluum.
Peter
Reply| 08 Feb 2016 16:07:28
Logika kebalik muslimers, "Islam adl agama yg palng menghormati wanita, buktinya bapakku baru aja bawa janda cantik 20thn tuk diperistri drpd jd janda takut banyak gosip muslimah lainnya"

Weleh... itu mah aji mumpung bang :-)
Peter
Reply| 08 Feb 2016 16:02:25
Logika kebalik muslimers yt saat terjadi rangkaian pengeboman mk saudara saudaranya yg lain berunjuk rasa dgn membawa spanduk yg berisi "Islam adl agama damai, islam adl agama lil alamin." AMIIIIIIIIN

Haduuuuuh :-)
JANGAN GITU AH
Reply| 08 Feb 2016 12:59:37
@sandro original
Satulagi...yg dimaksud Taurat dlm AlQuran adalah yg diturunkan kepada Nabi Musa...jadi bukan kitabnya yahudi...DASAR IMBESIL LU...
yahudi emang bagian dr paganisme kayal ajaran kristen...dengan tuhan yg dikreasikan sendiri...hingga ditanya atau suruh menjelaskan kknsep ketuhanannya...malah memamerkan KETOLOLAN N KEIDIOTAN dan sekarang pamer ke-IMBESIL-an...

Tanggapan:

wkakakak...bukti ketololan dan keimbesilan tahap lanjut ke 5 yang dipertontonkan seorang yang keracunan otaknya oleh Islam!

udah gak bisa berkomentar lagi...wkwkwkw...

wkwkwkwk...ajaran Yahudi adalah ajaran Pagan...wkwkwkwk...

nabi Yahudi mengajarkan ajaran Pagan...wkwkwkwk
Musa mengajarkan taurat---> ajaran pagan...wkwkwkwk...

Taurat yang diturunkan kepada Musa, berasal dari tuhan pagan karena tuhan pagan sudah pasti menurunkan ajaran pagan...wkwkwkwk

dan taurat yang diklaim Quran turun kepada Musa adalah ajaran pagan...wkwkwkwk...bukan kitab Yahudi...wkwkwkwk

Musa dalam Quran adalah nabi pagan...wkwkwkwk

Musa dalam Quran bukan bangsa Yahudi..wkwkwkwk...

karena bangsa Yahudi tidak bernabikan Musa...wkwkwkwk...

=============================================

Asli dah saya ngakak dengan ke idiotan si @sandro...
kalau congornya ngomong itu gak pake urat malu lagi...

taurat katanya bukan kitab Yahudi...jadi kitab siapa nyet?? kitab orang arab gitu ya nyet???

tololnya kamu itu, nyet...!

demi membela ajaran monyet arab bernama Muhammad, muslim rela menjadi idiot dan menyangkali Quran karangan si monyet Muhammad yang memasukkan kisah-kisah kaum israiliyat!

wkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk.....hihihihi gak punya malu kau itu @sandro...
kalaulah saya masih muslim, sudah tak pancung batang lehermu karena menghina Quran yang mengakui nabi-nabi kaum Yahudi sebagai nabi Allah swt, dan mengajarkan Tauhid, bukan ajaran pagan...wkwkwkwkwk...

sayang saya bukan muslim lagi...dah gak cocok bagi saya upacara pancung memancung...hahahaha lagian itu sangat menjijikkan dan mengerikan...wkwkwkwk
JANGAN GITU AH
Reply| 08 Feb 2016 12:47:20
@sandro original
Oiya ayat yg katanya ttg pengutusan paulus itu kan buatan paulus sendiri..ya jelaslah dia klaim2 sndr sesuka hati dia..klo dia diutus bapaknya yesus jd rasul..toh ayat2nya dia bikin2 sndr...DASAR TUOLOLNYA KRISTEN...wkwkwkwkk dan lu memamerkan ke-IMBESIL-an-mu..

Tanggapan:

Wkakakak...dasar kaum imbesil...
katanya GAK ADA AYAT ALKITAB YANG MENJELASKAN...."
Giliran saya tunjukkan, malah bermasturbasi lagi kau...wkwkwk

Seseorang yang mengklaim kalau tidak pernah dapat membuktikan klaimnya adalah benar ia adalah seorang pembohong.

Mungkin saja Paulus mengklaim dan menuliskan klaimnya untuk membenarkan pengakuannya. Sama seperti si Dajjal Muhammad swt yang ngaku-ngaku jadi nabi dan diutus si Allah swt bin Dajjal. Pernahkah Dajjal Muhammad memberikan bukti atas pengakuannya itu? Oh no...karena itu sesungguhnya apa yang disampaikan Si Dajjal Muhamamd itu tidak dapat dipercayai...

Berbeda dengan Paulus. Di dalam klaimnya, ia mengajukan saksi mata seperti rombongan yang mengejar orang Kristen sampai di damsyik. Ada juga pihak ketiga yang terlibat langsung dengan kasus ini, yaitu Ananias.

Bukti lain dari kebenaran ucapannya yang perlu diingat adalah bahwa Paulus mengalami transformasi dahsyat dan berbalik dari seorang pembenci, pembunuh dan penganiaya orang Kristen menjadi seorang yang penuh kasih, lemah lembut, panjang sabar. Dari seorang yang TIDAK DAPAT MEMBUAT MUJIJAT SEPERTI YANG DILAKUKAN YESUS, MENJADI ORANG YANG PALING BANYAK MEMBUAT TANDA MUJIJAT di dalam nama Yesus. Mujijat yang dilakukannya mengkonfirmasi dan menguatkan segala kesaksian yang dia tuliskan di dalam surat-suratnya.

Muhammad bin dajjal bagaimana? No.. jangan ditanya, tidak ada saksi yang diajukan Muhammad, tidak ada mujijat yang dilakukan Muhammad sebagai bukti konfirmasi dari klaimnya.
-----------------------------------------------

So, kedudukanmu masih saja sebagai orang Imbesil!
Fetching more Comments...
↑ Back to Top