Blog / Dianggap Berhala, Monumen Patung Jayandaru Dibongkar

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan mengaku tidak mampu berbuat banyak untuk merespons protes sejumlah ormas Islam soal patung Jayandaru yang dibangun di tengah alun-alun Sidoarjo. Sebab, patung tersebut belum diserahkan kepada Pemkab Sidoarjo.

Menurut Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Sidoarjo, Bahrul Amig, pembuatan dan pembangunan patung tersebut belum selesai 100 persen dan masih dalam proses penyempurnaan.

"Kami memang sudah berkomunikasi dengan PT Sekar Laut terkait pembangunan patung tersebut, tetapi sampai sekarang masih proses pembangunan dan belum diserahkan secara resmi kepada kami.” Kata dia.

Bahrul mengaku hanya berkepentingan agar suasana di Kabupaten Sidoarjo tetap kondusif menyusul protes keras yang dilakukan ormas Islam tersebut. "Kami tidak memiliki kepentingan apa-apa, yang penting suasana tetap kondusif, dan semua pihak bisa dewasa menanggapi persoalan ini.”

Informasi yang didapatkannya terakhir, Bupati Sidoarjo sudah membuka fasilitas pertemuan antara pihak ormas dan perusahaan pemberi CSR, PT Sekar Laut selaku pembangun monumen patung Jayandaru.

"Pihak perusahaan sudah mulai membongkar monumen patung dan menggantinya dengan desain yang baru,” ujar dia.

Protes ormas Islam Sidoarjo menyusul desain monumen yang dianggapnya tidak sesuai dengan ajaran Islam. Monumen yang dibangun dengan dana CSR perusahaan pengolah hasil laut, PT Sekar Laut, itu menggambarkan kehidupan masyarakat Sidoarjo sebagai petani dan nelayan.

Ada sembilan patung manusia nelayan dan petani dengan bentuk manusia sempurna. Karena bentuk patung menyerupai manusia, ormas Islam menganggapnya sebagai berhala dan tidak sesuai dengan ajaran Islam. Sementara itu, Kabupaten Sidoarjo dikenal sebagai kota santri yang religius, dengan banyaknya pesantren.

 

Sumber: Tribunnews


Add a Comment
| 4
akibodo
Reply| 28 Apr 2015 13:22:18
Islam makin menunjukkan kebodohan-aslinya yg berakar dari abad ke-7, Islam allahu akbar!!
Pembaca
Reply| 28 Apr 2015 13:04:54
Inilah salah satu bukti bahwa islam membuat manusia pintar menjadi bodoh, manusia waras menjadi tidak waras logika.
Sehingga gak bisa bedain antara makna "MONUMEN" dan "BERHALA"

tapi numpang nanya mah umat islam yaa..:
hajar aswad itu berkategori monumen apa berhala ??
Brandon
Reply| 28 Apr 2015 11:20:04
Beginilah perilaku penyembah Iblis swt di jadikan teladan.
Beginilah perilaku penyembah Setan saw di jadikan nabi mulia.
kevin
Reply| 28 Apr 2015 11:16:13
Batu Hitam di Mekah harus di hancurkan karena syrik/ berhala.
Kubus berbentuk segi empat harus di hancurkan karena musyrik.
Dasar Islam penyembah IBLIS SWT
Dasar Islam penyembah SETAN SAW
Fetching more Comments...
↑ Back to Top