Blog / Orang-Orang Kristen Dimasukkan ke Penjara Meskipun “Kaum Moderat” Yang Berkuasa di Iran

Penganiayaan diyakini akan terus terjadi selama Ayatollah Khamenei masih mengontrol kekuasaan

Hassan Rouhani (Wikipedia photo)

19 Juni 2013

ISTANBUL (Morning Star News) – Enam lagi orang Kristen telah dijebloskan ke penjara minggu lalu, hanya karena mempraktikkan iman mereka. Pemilihan presiden Iran dimana seorang politisi moderat telah terpilih menjadi presiden sama sekali tidak membuat rejim berkuasa Iran melunakkan penganiayaan terhadap kelompok-kelompok agama minoritas.

Setelah delapan tahun diperintah oleh Presiden ‘garis keras’ Mahmoud Ahmadinejad, Hassan Rouhani yang memproklamirkan sebuah “kemenangan bagi kaum moderat … bukan bagi ekstremisme,” mengekspresikan hasrat untuk membangun kembali jembatan antara Iran dengan Amerika Serikat, serta berjanji untuk membuka kembali pembicaraan mengenai nuklir, demikian yang dilaporkan The Christian Science Monitor.

Meskipun ada optimisme bahwa terpilihnya Rouhani dan janjinya untuk melakukan reformasi akan membawa kebebasan yang lebih besar bagi kelompok-kelompok agama minoritas di Iran, seorang analis mengatakan bahwa hanya ada sedikit perubahan selama Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei masih mengontrol masa depan politik negeri ini.

“[Khamenei] masih memegang kendali, dan ia telah memutuskan untuk menghancurkan iman Kristen di Iran,” demikian pernyataan Tiffany Barrans, direktur hukum internasional untuk the American Center for Law and Justice (ACLJ), kepada Morning Star News. “Keputusannya itu sudah ia kemukakan lama sebelum pemilu, dan tak ada tanda bahwa ia berencana untuk merubahnya.”

Pengadilan Revolusioner di Shiraz, 571 mil (920 km) Selatan Teheran, menjatuhkan hukuman penjara selama 44 bulan pada Mojtaba Seyyed-Alaedin Hossein, Mohammad-Reza Partoei, Vahid Hakkani, dan Homayoun Shokouhi dengan alasan menghadiri ibadah di sebuah ‘gereja rumah’, menyebarkan Kekristenan, dan melakukan kontak dengan kementerian negara asing, melakukan propaganda menentang rejim, dan mengancam keamanan nasional,” demikian laporan the Mohabat News Agency. Pengadilan itu dilaksanakan tanpa kehadiran para terdakwa.

Mereka telah ditahan pada bulan Februari 2012, ketika polisi menyerbu pertemuan yang dilaksanakan oleh gereja rumah mereka. Polisi menolak permohonan mereka untuk dibebaskan dengan jaminan. Hossein dan Shokouhi pernah ditahan tahun 2008 dengan tuduhan yang sama, mendapatkan penangguhan hukuman selama 5 tahun. Minggu lalu ia memperoleh tambahan hukuman 8 bulan penjara, disamping 44 bulan penjara yang telah dijatuhkan kepadanya.Sebagai tambahan, isteri Shokouhi, Fariba Nazemina, dan anak laki-laki mereka, Nima Shokouhi, masing-masih menerima penangguhan hukuman penjara selama 2 tahun.

Keempat pria yang ditahan di penjara Adel Abad di Shiraz, penjara yang diperuntukkan untuk para penjahat besar dan seringkali kurang alat pemanas atau fasilitas kesehatan. Para petugas secara rutin juga tidak memberikan perawatan medis kepada para tawanan, dan sebagai akibatnya, Hakkani berada dalam kondisi kritis oleh karena pendarahan dalam, menurut Mohabat. Para dokter penjara mengatakan ia berada dalam kondisi kritis dan memerlukan operasi tetapi kesempatannya untuk mendapatkan perawatan tersebut sangat kecil.

Para tertuduh tersebut belum dapat menghubungi keluarga mereka oleh karena mereka diputuskan bersalah. Mereka memiliki opsi untuk naik banding dalam waktu 20 hari.

Iran menekan non Muslim ketika melaksanakan pemilu presiden beberapa waktu lalu. Bulan lalu, para petugas keamanan menahan seorang pendeta dari gereja Sidang Jemaat Allah di Teheran dan menutup gerejanya.

Pendeta Robert Asserian adalah pemimpin Jama’at-e Rabbani, cabang dari Gereja Sidang Jemaat Allah di Iran, yang memiliki banyak anggota jemaat yang merupakan petobat dari latar belakang Islam. Ia adalah salah satu dari banyak orang Kristen yang ditahan di Iran dalam beberapa tahun terakhir ini, dengan kedok demi keamanan nasional. Orang Kristen juga menghadapi penutupan gereja, interogasi dan ancaman-ancaman, dan pengawanan ketat terhadap pertemuan-pertemuan keagamaan mereka.

Morningstarnews.org

 

Baca berita lainnya:

 


Add a Comment
| 33
Grim_reaper90
Reply| 18 Jul 2013 10:32:07
@agamasundal
y elah.. uda ku blg, guwa gak peduli dengan ajaran kristen..
ngapain juga elo kasi ayat2 nya??
lu stress y sama islam lu di embat, gk bs jawab, baru lari ke kristen??
maw nabi musa kek, maw abraham kek, maw cingcong kek, emg guwa pikirin??
emg di barat ngapain??
maw barat gimana y gk ngaruh lah sama saya.. yg penting saya disini dapat manfaat teknologi dari mereka aja..

nabi kristen byk yg poligami y??
panteslah muhamad pingin jadi kek mereka, terima kasih info ayat nya, saya jadi ngerti kalo muhamad pengen banget poligami karna terinspirasi dari kitab2 yahudi..
agamasundal
Reply| 18 Jul 2013 10:19:55
@Grim_reaper90
Dalam Bibel pun terdapat puisi tentang poligami : [8] Permaisuri ada enam puluh, selir delapan puluh, dan dara-dara tak terbilang banyaknya. [9] Tetapi dialah satu-satunya merpatiku, idam-idamanku, satu-satunya anak ibunya, anak kesayangan bagi yang melahirkannya, putri-putri melihatnya dan menyebutnya bahagia, permaisuri-permaisuri dan selir-selir memujinya (Kidung Agung 6:8-9).

Legalnya poligami ini, didukung fakta di dalam Bibel, bahwa para Nabi Bani Israil juga berpoligami. Nabi Ibrahin punya dua istri, yaitu Sara (Kejadian 11:29-31) dan Hagar (Kejadian 11:29-31). Selain itu, Ibrahim disebut juga punya gundik bernama Kentura (Kejadian 25:1).

Nabi Yakub punya empat istri, yaitu Lea, Rahel, Bilha dan Zilpa (Kejadian 29:31-32, 30:34, 30:39). Jejak Nabi Yakub ditiru oleh anaknya, Esau, dengan menikahi dua perempuan Kanaanm yaitu Ada dan Oholibama (Kejadian 36:2-10).

Nabi Musa berpoligami dengan mengawini dua istri. Salah satunya bernama Zipora (Keluaran 18:2, Bilangan 12:1). Salomo alias Nabi Sulaiman punya 700 istri dan 300 gundik (I Raja-raja:1-3). Anak kandung Salomo, Rehabeam, juga berpoligami. Ia punya 18 istri dan 60 gundik yang memberinya 28 anak laki-laki dan 60 perempuan (2 Tawarikh 11:21).
agamasundal
Reply| 18 Jul 2013 10:16:57
@Grim_reaper90

@Grim_reaper90

lihat tu dibarat divideo main sex pakai salib... banyak kumpul kebo, samenleven, gay, lesbian, itu ajaran agama loe... perkawinan sejenis dibarat itu apa ajaran loe....

ngaku-ngaku maju apa itu yang dianggap maju dongo...
Grim_reaper90
Reply| 18 Jul 2013 10:11:45
@agamasundal
ah, kapan lah aku punya moyang abraham..
sembarangan nuduh elo..
gk kenal aku sama abraham dari kitab2 buatan manusia..
apa itu nabi2.. hanya cerita rakyat biasa doank buat saya..
nabi lu muhamad yg terobsesi x sama cerita itu, makanya mengangkat diri sendiri jadi nabi kek cerita2 itu.
lucu kaw..
poligami jelas dari islam dikatakan halal..
masyarakat dulu emg byk suka poligami, tp di jaman sekarang sudah beradab dan dikenal istilah keadilan.
jadi yg masih poligami akan di cerca org, tp lain di islam, karna itu bole dan di anjurkan oleh ustad2 bolo2 itu.
AGAMASUNDAL
Reply| 18 Jul 2013 09:46:42
@Anak Medan
Mereka yang membaca alkitab, pasti dapat menemukan ayat-ayat yang berkisah sex yang menjijikan. Menjadi pertanyaan besar, mengapa cerita-cerita seks bisa terdapat dalam kitab bible yang katanya penulisannya diilhami oleh tuhan Roh Kudus ?Berikut ini adalah sebagian cerita porno dan cabul yang dapat dibaca di Alkitab atau Bible :
Kejadian 19:30-36 : Perzinahan ayah - anak
Kejadian 35:22 : Perzinahan ibu - anak
Kejadian 38:15-30 : Perzinahan ayah-menantu
2 Samuel 13:5-14 : Perzinahan kakak-adik
2 Samuel 16:21-23 : Anak memperkosa Ibu
Yehezkiel 16:23-24 : Pelacur tak pernah puas
Amsal 7:7-22 : Istri berselingkuh
Hakim-hakim 16:1 : Berzinah dengan sundal


PERSUNDALAN MERASUKI PIKIRAN PENGANUT PAULUS... SUNGGUH MENJIJIKAN....
Anak Medan
Reply| 17 Jul 2013 10:21:53
@AGAMASUNDAL
bah! tak kau baca rupanya, ustad sedeng kau itu menganjurkan poligami..
http://buktidansaksi.com/blogs/1182/2013/07/Ustadz-Abu-Jibril-Yang-Berani-Poligami-Termasuk-Mujahid-
AGAMASUNDAL
Reply| 17 Jul 2013 09:14:15
@Grim_reaper90
islam tidak melarang polygami dan tdk menganjurkan polygami...
jangan kristen mengecam islam dengan polygami....
lihat you punya moyang (abraham) istrinya lebih dari satu kan.... .....
kaca diri.....
islam longoria
Reply| 26 Jun 2013 22:19:54
yang ditangkap adalah para murtadin..
semakin disiksa semakin banyak murtadinn..aminnnn
Grim_reaper90
Reply| 26 Jun 2013 11:35:01
@muhamad
gk ada keadilan dalam islam bro, org yg maw memiliki istri kedua sudah tidak adil lagi bagi istri pertama nya.
kenapa??
dia berharap istri nya memberikan cinta seluruhnya bagi dia, tetapi cinta suami nya diberi kepada istri kedua.
jadi, jika muslim menginginkan istri kedua, dari situ sudah tdk ada keadilan.
gk perlu jauh2 setelah nikah baru berbuat adil.
bayangkan aja, ketika anda melihat istri anda bersetubuh dengan pria lain, apakah anda bs menerimanya??
kalo saya pasti tak akan menerimanya.
tapi, kenapa muslim gk berpikir kalo dia berada di pandangan istri nya, ketika dia bersetubuh dengan cew lain yg menjadi istri kedua nya, apakah istri nya menerima itu??

ya, tdk bs dibilang juga sich, soalnya ustad2 sekarang sudah mengajarkan bahwa cew itu harus nerima jika suami nya menginginkan cew lain.
dan muslimah hanya mengiyakan dan menjalankan kata2 ustad setan babi itu. ckck..
muhammad gigolo
Reply| 26 Jun 2013 10:26:44
ketahuilah islam itu agama syahwat dan tak adakesetiaan di dlmnya....krn diijinkan punya byk istri cm diperhalus dgn kata ADIL tp ketahuilah KEADILAN itu hanya dimiliki Tuhan....keADILan di sisi suami tentu berbeda dgn istri smua tergantung persepsi dan tujuannya yg di dlmnya NIAT. Karena untuk mengangkat derajat ga mesti harus dinikahi....
Zahlani
Reply| 26 Jun 2013 09:51:20
Kami sudah babak belur dan keponakan saya trauma sampai sekarang, kok anda masih melakukan pembenaran. Memang kalau saya melihat ke peristiwa Ambon kemudian yang pernah mengobrak abrik kami itu lalu berubah dari FPI menjadi kelompok kafir?

Kalau saya melihat peristiwa ambon maka keponakan saya sembuh dari trauma? Kalau melihat peristiwa ambon maka jemaat kami lalu bebas beribada Islam?

Apakah kalau saya memperhatikan peristiwa Ambon maka Muhammad lalu bukan bajingan?
bagong
Reply| 26 Jun 2013 04:17:00
@tanah karo simalem
olloh anda adalah si setan dari gua hira yang nyekik leher si momad !!! jadi ente bodoh banget mau di kadalin sama nabi abal 2 yang sekarang udah tinggal dengan damai dineraka bersama lucifer !!!!!
tanah karo simalem
Reply| 25 Jun 2013 22:21:19
@Zahlani
bersabar mas, jangan liat kesitu nya dulu
tuh, di ambon liat pake penggal2 kepala mereka pake kalung krisetan sempat beredar video penggorrokan kepala, siapa lagi kalau tidak krisetan.
saya muak melihat kalung setan itu dipakai oleh orang2 yg merasa dirinya terkasih dan terdamai di muka bumi ini. nyatanya tipu muslihat!
tanah karo simalem
Reply| 25 Jun 2013 22:15:48
@bagong
anda tidak perlu mengasihi saya, hanya ALLAH yg mengasihi saya
saya tidak butuh belas kasihan anda
kasihilah saudara seiman anda bahkan banyak dari mereka yg bth bantuan anda, silahkan!
yg abal-abal itu ya paulus anda! manusia abal-abal printahnya dijalankan, adapula tertulis di dlm alkitab firman si paulus MANUSIA gadungan ini.
pake rock mini ibadah gereja lo ikutin (buat yg merasa). ngajak topik apa lo smw gua layani.
Zahlani
Reply| 25 Jun 2013 21:06:22
Bagi yang tinggal di Kampung Sumur Jakarta pasti tahu sekali kasus kebrutalan 2006 dimana sekelompok orang sambil berteriak Allahuakbar mengobrak-abrik sekelompok keluarga2 yang sedang tenang teduh melaksanakan ibadah doa.

Saya sudah muak muntah mendengar iklan 'rahmatan lilalamin" dsb. Karena saya adalah salah satu korban peristiwa itu. Sudah gitu saya diminta untuk mengatakan bahwa Islam adalah agama damai.
bagong
Reply| 25 Jun 2013 20:31:42
@tanah karo simalem
Kami mengasihi anda spy tidak terhilang karena percaya sama nabi abal 2 dr arab !!! Tapi lihat di forum ini ketua MUI ( Manusia Utusan Iblis ) Tegal mengatakan kalo sekolah katolik haram &maksa spy pake guru moslim apaan tuh udah tahu beda ajaran masih maksa & ngancam segala emangnya apaan !!! islam selalu menuntut seperti kelakuan nabinya !!!!
Jadi ngga salahkan kalo islam dikatakan agama abal 2 !!!
Grim_reaper90
Reply| 25 Jun 2013 19:15:21
@tanah karo simalem
y gk masalah lah kita saling memaafkan.
tp kalo ud dimaafkan tetap ngerusak jadi gimana??
bulan puasa saja FPI bs ngerusak2 tu..
hehe..
kebencian tetap tdk diperlihatkan kepada khalayak umum, karna kalo ketahuan benci, takutnya hilang kepala aja..
haha
tanah karo simalem
Reply| 25 Jun 2013 17:36:41
@bagong
jangan membuka kartu anda sendiri
sbb kalau begitu anda ibaratnya meludahkan ke wajah anda sendiri
jangan ikut-ikut memfitnah orang apalagi agama islam yg rahmatan lilalamin
jikalau anda murni agama kasih mk tunjukkan jgn tonjolkan sifat bencimu jk bertemu dgn umat muslim, jadi kalau kami salah ya ttp kasihi, dan kalau benar kasihi juga, hehe.....
ya jikalau kami ada yg salah mohon dimaafkan karena sbntar lagi bulan ramadhan ya, mohon maaf lahir bathin.
Grim_reaper90
Reply| 25 Jun 2013 17:28:27
@smoga sadar
mereka sadar kalo quran itu bermata dua, jadi kalo mereka pake, itu malah akan memperlihatkan kebenaran islam yg jelek itu.
jadi wajarlah kalo mereka memcoba memutar2 yg dibahas agar org lain tdk menyadari keburukan quran yg termasuk buku paling tidak lengkap (karna dimakan kambing), paling tdk jlas (perlu tafsir), paling lucu (allah ny pake kata "kami" katanya allah mereka 1??), paling porno (penuh semprotan keras dengan 72 bidadari nya), paling paling dan paling de pokoknya.
bagong
Reply| 25 Jun 2013 16:59:52
Islam adalah representasi dari wajah iblis yang sifatnya : pendusta , pembenci , pembunuh , tamak loba , perampok , irihati - culas ,pemecah belah persatuan , sombong , penipu
Fetching more Comments...
↑ Back to Top