Blog / Pastor Katolik Dieksekusi di Suriah

Vatikan mengatakan seorang Pastor Katolik telah dieksekusi didepan publik oleh pemberontak saat mereka menyerang sebuah biara di Suriah Utara. Pastor Francois Murad yang berusia 49 tahun dipenggal kepalanya pada 23 Juni lalu ketika para militan menyerang biara tempat dia memberikan pelayanan.

 

 

2 Juli 2013

Kantor berita Vatikan mengatakan situasi saat Murad dibunuh tidak terlalu jelas.

Namun seorang sumber lokal mengatakan penyerang terkait dengan kelompok jihadis yang dikenal dengan nama Front al-Nusra.

Sepenggal rekaman video yang belum bisa dikonfirmasi menunjukkan bagaimana sang pastor meninggal dunia. Pada gambar itu juga terlihat dua orang yang belum bisa diidentifikasi.

Pastor Murad sebelumnya pindah ke biara di kawasan Gassanieh karena alasan keamanan, kata Vatikan.

 

 

 

 

 

 

 

“Mari kita berdoa supaya perang yang absurd dan memalukan ini segera berakhir dan warga Suriah bisa kembali hidup normal” kata Pierbattista Pizzaballa

 

Bukan yang pertama

Murad selama ini dikenal sebagai anggota Ordo Fransiskan, kelompok yang dikenal sebagai penjaga sejumlah situs Kristiani di Timur Tengah.

Pastor Pierbattista Pizzaballa, kepala Ordo Fransiskan di kawasan Timur Tengah, mengatakan Suriah saat ini telah menjadi lokasi pertempuran yang tidak hanya melibatkan pasukan pemberontak dan pemerintah tapi juga antara negara-negara Arab dan komunitas internasional.

 

Wartawan di Suriah mengatakan banyak etnis dan agama minoritas Suriah tenggelam dalam konflik yang semakin intensif dan bersifat sektarian.

Sebelumnya pada April lalu pria bersenjata di sebelah utara Suriah menculik dua uskup gereja Kristen Ortodoks saat mereka sedang dalam perjalanan dari wilayah perbatasan Turki ke kota Aleppo.

 

Baca artikel lainnya: Gereja Katolik Meminta Presiden Israel untuk mengakhiri penyerangan terhadap tempat ibadah umat Kristen

 

bbc.co.uk

 

 

 

 


Add a Comment
| 24
jefry r l
Reply| 10 Apr 2015 10:24:39
saudara (i) sebangsa dan setanah air, semua orang / masing" pribadi mengatakan kalo keyakinannyalah yang paling baik dan yang terbaik dari yang lainnya. untuk itu lakukanlah semua keyakinan saudara (i) sesuai ajaran yang di anut. karena semua agama mengajarkan tentang kebaikan bukan kejahatan. salam GBU.....................
vano
Reply| 02 Aug 2014 09:42:18
Aku dari Manado, cuma mau meluruskan yang disampaikan oleh si @abs, di Manado tidak ada kasus seperti itu bro, yang ada Kristen yang selalu mentoleransi akan keberadaan umat muslim di Manado. Rasa kasih sayang yang diajarkan Yesus kepada kami membuat kami sadar akan makna kasih sayang antar umat beragama. Di Manado, semua masjid saja memakai pengeras suara dan kami tidak melarang akan hal tersebut, namun bagaimana di Jawa sana ? Orang Kristen yang ingin berdoa selalu dikekang. Dan dilarang beribadah. Apakah ini setimpal dengan yang ada di Manado ? Bagaimana dengan di Aceh ? Beberapa gereja dipaksa tutup. Namun apa yang kami dari orang Kristen minta, cuma perdamaian saja. Nggak ada yang lain. Karena Yesus mengajarkan dan dalam Kitab suci mengatakan : Kasihilah sesamamu manusia, seperti kamu mengasihi dirimu sendiri. Dan doakanlah mereka yang membenci kamu".
omdoang
Reply| 18 Dec 2013 14:02:57
@abs kau pembohong yg sebenernya apa kau buta kristen
membunuh orang islam sedang solat subuh dimenado dasar mau menang sendiri
omdoang
Reply| 18 Dec 2013 13:58:01
@Sandy inisandiwara islam katanya benar , kristen katanya benar begitu juga kata agama yg lain. Jadi siapa yg akan keluar jadi pemenang jawabannya nilai sendiri Orang Islam Tuhannya ALLAH maha esa alias tunggal yg masuk surganya yg beramal sholeh , kristen langsung masuk surga apa tak pusing itu 3tuhan jadi pemimipin dimana letak keesaannya, bhuda lain lagi ceritanya sorganya dimana. Hindu sorganya dimana . jadi semua agama mengagungkan sorganya , lantas siapa yg menciptakan bumi tempat anda hidup akan kembali kemana .......... surga masing agama punya surga ..... dimana letak esanya Tuhan maha hadil dan maha penyayang, jadi tuhan yg esa itu tetap satu yaitu ALLAH bermula tak berawal dan berakhir tidak bermula alias ada dengan sendirinya, selamat berfikir
ismail
Reply| 26 Aug 2013 15:55:21
Pembunuhan seperti ini sebenarnya sudah terjadi dari zaman baheula. Mengapakah Allah membiarkannya? Apakah Allah tidak berdaya menolong? Bukan, semuanya bukan!!! Mengikut Yesus bukan untuk bersenang-senang di dunia. Paulus berkata : "Jika engkau menaruh pengharapanmu kepada Kristus hanya dalam dunia ini saja, maka engkau adalah orang paling malang dari segala mahluk." Karena kekristenan di atas segala agama. Kekristenan akan menujukan keagungannya dalam penderitaan. Allah sepertinya kejam terhadap umatnya sendiri, untuk menemukan orang kristen sejati yg memuliakan namaNya. Sukacita orang kristen bukan dalam dunia ini. Dunia ini adalah nomor dua, Yesus nomor satu. Orang kristen yg menuntut keberhasilan dalam dunia ini saja adalah orang kristen dangkal. Salam
Balio Qara
Reply| 23 Aug 2013 10:42:00
jangan2 dibelakang itu Yahudi/israel. Bukankah Umat Islam sering mengkambvinghitamkan Agama/Negara yahudi? bahkan Keonaran yg sering dibuat FPI, kata ulama:dibelakang FPI ada israel, dibelakang Kasus Partai kepala sapi itu juga ulah Israel....ha ha ha
Cempluk
Reply| 22 Aug 2013 11:56:38
@Anton
anton says:
Eksekusi pastor tidak ada apa-apanya dibanding pembantaian dan pengusiran umat Muslim Morisco dan perang Salib

cempluk says:
anda menampilkan wajah asli islam bang
bang anton, seorang teman muslim bilang kepada teman2 muslimnya begini," orang islam belum menang kalau belum berani penggal kepala kafir..."
ia tidak peduli bahwa aku ikut mendengar.
mengapa ia berkata begitu? mengapa hal di atas terjadi? mengapa dimana-mana muslim senang melakukan kekerasan bahkan pembunuhan?
tinggalkan dulu alasan2 kuno anda yang salah itu
kejadiannya sekarang, pasti ada alasan...
maukah anda menjelaskan di sini?
Setyawan
Reply| 22 Aug 2013 09:43:34
Ahamdulilah Aktivis Ikhwanul Muslim di tangkap oleh pihak keamanan Mesir, krn di anggap biang provokator yg menggerakan massa utk menyulut kekerasan, rasakan Azab dari Allah krn menjarah & membakar tempat ibadah Non Muslim. Ikhwanul Muslimin menjadikan perbatasan Mesir Gaza sbg sarang Militan Islam.Ahamdulilah perbatasan Mesir Gaza di tutup krn rawan. Menganggu keamanan & stabilitas negara Israel & Mesir.
Setyawan
Reply| 22 Aug 2013 09:33:14
Boko Haram, Al-Qaida, Taliban, Jihad Islam,Hizbullah, Ikhwanul Muslimin jaringan teroris Islam / Islam Radikal / Miilitan Islam yg ingin mendirikan negara dgn hukum Syariah Islam. Teroris Islam mengembom tempat ibadah Non Muslim atas nama Jihad, bahkan tega membunuh warga yg tdk bersalah.
Islam radikal / Militan Islam menjarah & membakar tempat ibadah Non Muslim akan mendapat amal pahala, masuk surga & Bonus 7 Bidadari.
At Tawbah 5
Apabila sdh habis bulan haram, maka bunuhlah org2 Musyrik itu di mana saja kamu jumpai mrk & tangkaplah & kepunglah mrk, intaillah di tmp pengintaan.
KONYOL
Reply| 21 Aug 2013 22:11:37
@ Anti Statik, buka mata jereng dan ummi mu,

Allah Khairul Makirin bersabda dusta/keliru terus, re dlm QS 11:71, dan di MAKR dusta lagi oleh Depag dan muslim:

"Dan isterinya berdiri (dibalik tirai) lalu dia tersenyum, maka Kami sampaikan kepadanya berita gembira tentang (kelahiran) Ishak dan DARI Ishak (akan lahir puteranya) Ya'qub".

TERJEMAHAN DG TAMBAH2 TEKS DLM KURUNG INI ADALAH DUSTA ALA KHAIRUL MAKIRIN, serta menipu dg kata “DARI” yg sesungguhnya “SETELAH”:

“And his Wife was standing, and she smiled. Then We gave her good tidings of Isaac and AFTER Isaac, Jacob".

Wahyu yg se-benar-2nya adalah dg makna sbb
Dan Istrinya berdiri dan dia tersenyum. Kemudian kami berikan kabar baik tentang Ishak dan SETELAH Ishak, Yakub.[ artinya Muhamad keseleo lagi otak-umminya karena mengira Abraham punya 2 anak, Ishaq dan Yakub].

So….. al quran yang jelas, rinci dan tidak ada keraguan di dalamnya adalah KITAB WANGSIT SATAN yang penuh dengan kebohongan, bertentangan satu sama lainnya, kemudian ditutupi dengan kebohongan lainnya untuk pembenaran, tetapi tetap saja kebohongan ITU ketahuan.
Siapa yang percaya al quran turun dari langit?????!!!!!KLOP BAPA SEGALA DUSTA yg dinubuatkan oleh Injil Yoh.8:44!

Score tak terbalas utk Anti Statik: 19-0. ALLAHU AKBAR!
Sandy
Reply| 21 Aug 2013 22:01:05
@Anton
oh ya, ??? benarkah itu bro ? silahkan cek kembali buku-buku sejarah jgn karangan umat lu. siapa yg memulai, siapa yg menipu pertama kali ?
kosaki
Reply| 21 Aug 2013 21:55:25
@Anton
Ngelantur ya> Mau bilang kalau umat muslim yang menjadi korban perang salib?? Justru perang salib itu orang muslim dengan semangat jihad dan islam-nya lah yang menjadi pelaku teror, bukan korban!! Lihat Mesir dan Turki, jadi begitu karena dijajah Arab kan?? Kemana budaya dan suku asli mesir?? musnah dibantai orang arab! belum lagi jutaan orang kristen yang dibantai oleh jihadis arab, ditawan dan dijadikan budak, ya benar, eksekusi pastor tersebut belum ada apa-apanya dibandingkan pembantaian orang muslim terhadap orang Kristen di zaman dulu
Anton
Reply| 21 Aug 2013 20:59:58
Eksekusi pastor tidak ada apa-apanya dibanding pembantaian dan pengusiran umat Muslim Morisco dan perang Salib
Ricardo
Reply| 21 Aug 2013 19:46:50
Jihadis Muslim pasti menggal kepala Pastor itu sambil mengucapkan ALLAHHU AKBAR

Entah kenapa yach ....

Membaca kisah yg memilukan di atas, saya koq jadi benci sekali dengan kata ALLAH ?????
Sitikhadijah
Reply| 21 Aug 2013 18:29:41
@ ANTI STATIK,
@ MUSLIM,

Anda sdh leng2, mau lagi ditipu kalangan sendiri.
Adakah muslim yg mau terus2an ditipu nabi dan allahnya?
Jawab: ADA, BAHKAN BANYAK, KARENA LENG2 BERANGGAPAN BHW ISLAM JAYA BAKAL MENGUASAI DUNIA???

Janganlah kaliankalian mabok kepayang, dan mau jadi kurban allah yg kairul makirin (QS.3:54). Dan seruan Muhamad: "AKU MENANG KARENA TEROR". Itu semua sesat kepayang!

baca
1.Pro 16:25 "Ada jalan yang disangka lurus, tetapi ujungnya menuju maut".
2.Mat 7:13 "Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya".

ITULAH AKHIR DARI APA YG DIKIRA "KEMENANGAN DUNIA", hehehe!
hendri
Reply| 21 Aug 2013 18:25:53
Gua lngsng mau mntah liat kepala pastur d penggal...
MUSLIMLIBERAL
Reply| 21 Aug 2013 18:11:25
@ Teman2 Muslim,
Anda dan saya tahu bhw Muhammad meng-KLAIM dirinya sbg NABI. Tanpa bukti. Pengangkatan ini didasarkan KLAIM bahwa ia didatangi dan diberi wahyu-kebenaran oleh sesosok Ruh. Dan Ruh misterius ini (tanpa bawa nama, jatidiri dan mujizat-ilahi) di-KLAIM datang dari Allah. Tanpa bukti. Dan Allah yang tidak pernah berbicara dg Muhammad ini di-KLAIM sebagai Allah Yang Maha Kuasa dan Benar yang menurunkan Quran. Tanpa bukti. Dan Quran ini membenarkan Alkitab dg meng-KLAIM sama benar dan sinkron seperti Kitab2 Tuhan yang diturunkan sebelumnya. Dan ini tidak terjejak sejarah!

Maka kehadiran Quran-pun jadi rancu tatkala ditanya “Siapakah engkau?” Apakah engkau suara Allah, atau Jibril, atau Muhammad? Atau bahkan suara2 ikutan dari sahabat2 Nabinya yang memang ikut menyalin/ membukukan-Quran secara FINAL, walau tanpa disaksikan Muhammad dan Jibril. Apa ini keabsahan surga atau dunia?

Ini isyu yang ternganga tak terselesaikan, karena semua tanpa saksi. Kami ada salinan Al-Mushaf Al-Sharif dari Topkapi Palace Museum, dan itu berbeda dg apa yg umum kita baca saat ini. Maka TUHAN Yang Maha-Benar datang, dan perlu mengklarifikasi-kan hal ini dg cara menginterview Quran.
Tuhan: “Bagaimana Quran, apa Anda punya referensi atas apa2 yang kau klaim?”
Quran: “Ya ada, Taurat dan Injil, silahkan datangkan mereka”
Tuhanpun memanggil Taurat.
Taurat menjawab: “Saya tak pernah kenal Quran. Tak ada yang saya cantumkan dan maksudkan”.

Tuhanpun memanggil Injil.
Injil menjawab: “Ya, saya kenal dia. Saya ada paparkan dalam kitab Yahya pasal 8 tentang siapa jatidirinya. Dia-lah pendusta, pencuri, dan sesungguhnya berasal dari Satan, bapa segala dusta. Jangan percayai dia”.
Tuhanpun melirik kepada Quran.
Quran membela: “Kedua mereka inilah yang mendusta. Mereka telah menggantikan ayat-ayatnya”.
Tuhan: Jikalau begitu kenapa kau jadikan mereka sebagai referensi, kecuali kalau kau sendiri gila?”

Quran berseru: “Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan Muhammad itu Rasul Allah!”
bagong
Reply| 21 Aug 2013 17:47:15
Iblis hanya bisa mencuri , membunuh , membinasakan oleh sebab itu tidak bisa dipungkiri islam adalah agama setan !!!
abs
Reply| 21 Aug 2013 16:19:32
RIP Pastor Francois Murad.
asbun
Reply| 21 Aug 2013 12:34:56
Kesalehan khas Islami: teror dan bunuh kafirin. Ada baiknya muslim bertanya: jika Allah dapat disenangkan hatinya dengan tindakan barbar macam ini, apakah benar Allah Islami merupakan Pribadi ALLAH YANG BENAR? ataukah Allah Islami merupakan sosok jadi-jadian dari pribadi yang mengaku sebagai ALLAH YANG BENAR?
Fetching more Comments...
↑ Back to Top