Blog / Miss World - Jika Urusan Budaya, Mengapa Agama Dibawa-bawa?

Miss World

Sabtu, 31 Agustus 2013 | 22:39 WIB

 

Putu Setia

@MPUJAYAPREMA

Yang saya hormati Menteri Agama Suryadharma Ali, saya mengabarkan kepada Bapak bahwa ada kemungkinan pergelaran Miss World tetap berlangsung di Bali. Dengan sangat menyesal, kami penduduk Bali tak bisa mengikuti saran Bapak agar memperhatikan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang isinya menolak keras penyelenggaraan Miss World itu.

Ormas-ormas Islam yang dimotori Front Pembela Islam (FPI) sudah jelas pula sikapnya menolak Miss World ini, bahkan menyebutkan akan dilaknat Allah jika pergelaran yang tak Islami itu dilangsungkan. Ternyata panitia Miss World bersama pemuka adat Bali sudah datang ke Pura Besakih untuk mohon restu ke hadapan Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa.

Di media massa disebutkan, jika Miss World tetap digelar, FPI akan menguber panitianya. "Kalau aparat masih melindungi, akan kita tolak," ujar Misbahul Anam, Sekretaris Majelis Syuro DPP FPI, dikutip dari media massa. Saya sempat takut. Tapi syukurlah, di media massa juga dikutip ucapan Jero Gede Suwena, Ketua Majelis Utama Desa Pekraman (MUDP) Bali, yang mendukung kontes Miss World. Ini membuat ketakutan saya sirna karena MUDP punya ribuan pecalang (petugas keamanan desa adat) yang siap mengamankan Bali dengan semangat "perang puputan". Apalagi Kepolisian Daerah Bali siap mengamankan perhelatan internasional itu. Gubernur Bali Made Mangku Pastika, yang juga mantan petinggi polisi, mendukung penuh acara budaya yang bersifat internasional ini. Rasanya tak mungkin FPI datang ke Bali dan main uber-uberan.

Pak Menteri Agama, saya dan mungkin seluruh pendeta di kalangan Hindu sejatinya tak ada urusan dengan perhelatan Miss World itu. Jangankan ikut jadi panitia, diundang pun ogah. Betapapun cantiknya wanita-wanita yang datang dari penjuru dunia, pasti tetap lebih cantik jika cucu saya didandani. Itu urusan duniawi, bukan urusan agama. Kalau kita menekuni spiritual dan setiap hari bergelut dengan ayat-ayat suci, rasanya aneh jika masih mengurusi atau tergiur atau tergoda oleh kecantikan visual. Ini ranah budaya.

Jika urusan budaya, kenapa agama dibawa-bawa? Miss World digelar di Bali, yang konon penduduknya mayoritas Hindu. Lha, kenapa fatwa MUI harus diperhatikan? Mestinya fatwa Parisada Hindu Dharma Indonesia--dan pasti mustahil ada fatwa seperti itu untuk acara budaya yang tidak melanggar agama. Kalau saran Pak Menteri kebablasan, nanti setiap acara apa pun di Bali--termasuk main layang-layang atau pesta ogoh-ogoh--jangan-jangan disuruh memperhatikan fatwa MUI.

Budaya itu beragam di Nusantara ini, dan NKRI dengan empat pilarnya--kayak menceramahi murid SD--menjamin keberagaman itu. Miss World dipadukan dengan budaya Bali, pembukaannya dengan tari kecak yang pemainnya bertelanjang dada--padahal peserta Miss World akan pakai kebaya. Mereka mengunjungi obyek wisata dengan pakaian adat Bali, karena ada obyek yang sekaligus menyatu dengan tempat suci. Apakah budaya lokal ini bertentangan dengan budaya nasional? Atau, budaya nasional harus menutup seluruh tubuh seperti budaya di Timur Tengah? Lalu, apakah budaya harus diseragamkan?

Tapi okelah, tak ada ruangan kalau saya curhat berkepanjangan, apalagi terkesan saya ngotot supaya Miss World digelar, padahal saya tak ada urusan dengan itu. Yang saya ngototkan adalah mari hormati kebhinekaan dan keberagaman dalam payung NKRI. Mari gunakan fatwa majelis agama untuk pengikut agama yang bersangkutan, bukan untuk masalah berbangsa dan bertanah air. Saya malu masalah seperti ini muncul setelah 68 tahun merdeka. Wassalam.

 

Source: Tempo


Add a Comment
| 30
moh alimin
Reply| 01 Mar 2014 20:57:57
@muhammad gigolo
ajing lho ngapa lho menghina agama,,lho berani lho kesini mana rumahmu,,aning gsekya siapaloma
charles J
Reply| 06 Oct 2013 16:49:28
sangat memalukan sekali MUI n FPI bikin malu Indonesia tercinta,,,, urusan budaya knp MUI hrus kut campur lg pula mayoritasnya agama Buddha di bali,,,, inilah Islam jika sudah memeluk islam Budaya n tradisinya hrus mnrut islam n otomatis gax ad lg budaya asli nenek moyang.
saya org Kristen taat asal saya daerah Kal-bar tepatnya daerah Pontianak dan saya suku Dayak selama ini adat istiadat kami masih tetap bertahan n walaupun dalam ibadat(misa) masih tetap dibawa tanpa menghilangkan budaya n tradisi daerah kami.
jakakentir
Reply| 26 Sep 2013 23:20:41
We are Against Hate, Not Faith

NEGARA INDONESIA MENGAKUI 5 AGAMA, dan
Indonesia BUKAN NEGARA ISLAM dengan hukum Syariahnya....
budi
Reply| 11 Sep 2013 21:39:16
Memang mereka ini orang2 yg selalu memaksakan kehendaknya. Dimana-mana menebarkan keresahan dan permusuhan, berusaha supaya semua orang mengikuti maunya.....tapi apa yang terjadi? Di negri-negeri yang mayoritas dihuni kaum mereka, korupsi dan kekacauan merajalela...lalu mereka berimigrasi ke negara2 barat, mencari rejeki. Tp di negara barunya, mereka buat kerusuhan lagi. Dan mereka menyelahkan Amerika, Israel, semua pihak lain sebagai penyebabnya....bodoh banget kan?
Cempluk
Reply| 07 Sep 2013 20:34:00
@atheis
atheis says:
ya saya setuju buat saja acara miss world di BALI...

sekalian daftarin anak2 anda, atau istri anda untuk ikutan acara itu... supaya tubuhnya bisa dinikmatin mata2 lelaki di seluruh dunia...

cempluk bilang:
wah bang atheis MEMBABI BUTA nih...
hati2 bang, anda diharamkan loh sama muslim kalo memBABI buta gitu..
he..he..peace!
Grim_reaper90
Reply| 07 Sep 2013 15:13:56
@atheis
tubuhnya di nikmatin??
kenapa pikiran anda bisa sesempit ini??
apakah karna nabi anda dari gua hira yg sempit itu sehingga pikiran anda bs sesempit itu??

gini y, mereka memang memiliki tubuh yang bagus sebagai model, itu pun hasil dari usaha mereka menjaga bentuk tubuh mereka.
sama dengan pria yang ingin tubuh nya terlihat binaraga.
mereka mengontrol makanan dan lakukan latihan dengan usaha yg tidak dikit, setelah ada bentuk, bukankah pria2 itu juga ingin memperlihatkan bentuk tubuh mereka dengan berbagai cara seperti memakai baju body fit dan memilih baju yang agak buka2an.
jadi apa bedanya dengan cewek?? mereka juga berhak memperlihatkan hasil usaha mereka bukan??
lagian mereka tdk buka2an karna ini dilihat di seluruh dunia, bhkan moral mereka di pertanyakan dalam panggung miss world.
so, ngapain lagi muslim2 memprotes hal begituan??

kuberi contoh, jika anda jalan2 bersama pacar anda, dan tiba2 ada cowok yg melirik cew anda, apa yang anda lakukan??
anda marah kepada cow itu??
ah, mungkin anda akan berpikiran sempit.. anda menyalahkan cow yg melirik atau bahkan maw mnyuruh pacar anda memakai burqa??
harusnya anda itu lbh berpikiran luas, pacar anda dilirik mungkin karna dia cantik dan anda beruntung mendapatkan si cantik.
kalo anda ingin pacar anda gk dilirik, cari aja pacar yg jelek, yang muka ny pas2an dan dalam seumur hidupnya gk akan pernah dipilih sebagai wanita cantik sehingga gk da cow yg akan melirik nya dan anda akan terlepas dari rasa cemburu.
kalo anda pengen pacar yg cntik, kosenkuensi ny y di lirik cow.
kafir13
Reply| 07 Sep 2013 13:57:53
@atheis
slemot, islami sekali isi otak loe .

ASLI ISLAMI, alias kagak nyampe hahaha
muhammad gigolo
Reply| 07 Sep 2013 05:45:20
@MUSLIM
ga suka nonton miss world ya ga usa nonton, gitu aja repot, wong orang bali takm merasa budayanya dirusak koq, liat aja bule di KUTA DAN DREAMLAND cuma pake CD doang gpp koq, dan itu uda berlangsung puluhan tahun gpp koq, dan itu lebih vulgar, kenapa miss world jadi bahan keributan????

DASAR ISLAM ADALAH AGAMA SELANGKANGAN, SELANGKANGAN GA BISA DILIHAT OLEH ORANG LAIN HANYA BISA DILIHAT OLEH NABI MUHAMMAD SAJA SANG PECINTA BUUANNNYAAKKKK WANITA HAHAHHA
muhammad gigolo
Reply| 07 Sep 2013 05:42:12
@MUSLIN wrote
wahai para kapitalis jangan rusak generasi kami dengan mengimpor budaya busuk merendahkan derajat perempuan
=======================
jawab
WAHAI ISLAM , JANGAN MENGIMPORT BUDAYA ARAB YG MENGHARUSKAN BERJILBAB BUAT INDONESIA, SEHINGGA MEREKA NAMPAK SEPERTI SETAN SEDANG BERJALAN YG HANYA KELIHATAN KATA SAJA.....SANGAT MENYIKSA, BAYANGIN AJA KALAU JALAN DI MALAM HARI BENAR-BENAR SEPERTI SETAN YANG SEDANG BERJALAN.....HHHHHHH
atheis
Reply| 06 Sep 2013 18:59:21
ya saya setuju buat saja acara miss world di BALI...

sekalian daftarin anak2 anda, atau istri anda untuk ikutan acara itu... supaya tubuhnya bisa dinikmatin mata2 lelaki di seluruh dunia...
Setyawan
Reply| 06 Sep 2013 16:30:06
Mujahidin menantang perang ke Pecalang Bali, Mujahidin siap berjihad mati sahid di jalan Alloh swt. Bali mayoritas Hindu, mengapa Muslim selalu memaksakan kehendaknya. Fatwa MUI tdk berlaku di Bali, dasar Mujahidin Dajjal.
Kang Mamad
Reply| 05 Sep 2013 19:26:07
Ternyata SDA gak pantes jadi pemimpim apalagi mentri agama.Bayangin aja,soal comment nya yang maksain fatwa mui di bali,jangan jangan jangan gue jg bentar lagi disuruh kemasjid dan puasa ramadhan.dasar kopler.Jangan rusak budaya indonesia dengan budaya arab barbar itu.Sebelum arab dan islam membludak indonesia itu cinta damai,gak pernah ada bom yang membunuh saudara sebangsa dan setanah air,tapi sejak banyak orang tau/sok tau ajaran "the religion of hate",maka seperti sekarang inilah jadinya.jadi pak SDA, bila anda masih bersikap seperti itu,sebaiknya anda turun jadi mentri, tapi secepatnya mendaftar jadi mujahid dan pergi Timur tengah sono.Kalaupun bom nya meledak gak nyakitin kami.Dasar mentri kopler.
mazmur
Reply| 04 Sep 2013 07:37:18
kalau islam munafik dan tutup mata saja kalian agar tidak melihat jika itu tidak benar...jangan hanya pikiran2 islam saja yang malah kotorr...........seperti nabinya yang tukang kawin dan berangan2 angan di surga penuh dgn wanita dan bidadari........
alexis
Reply| 03 Sep 2013 23:20:06
Indonesia harus bebas dari budaya dan ideologi islam karena islam adalah
Arabisasi dunia
muhammad gigolo
Reply| 03 Sep 2013 21:47:48
HARAP MAKLUM DEH....AGAMA ISLAM ITU AGAMA IBLIS DAN IBLIS ITU MUNAFIK MAKA PENGIKUTNYA JUGA MUNAFIK DONG HAHAHA
FN FALL
Reply| 03 Sep 2013 17:11:18
Heh orang sok suci, kalo lu takut gara2 ini lu juga masuk neraka menurut versi lo, saran w mending lo lo lo mati klu bener lo masuk surga yah, sekarang aja mati bunuh diri dengan alasan agama gpp kok tujuannya kan mulia.....ya ga FPI???????????????
Klu lo takut kesaing buat aja miss hijab universe, yang paling jelek, bodo dan yang paling ketutup mpe mata2nya dialah pemenangnnya, haha...
Bisa tau kok sapa yang melecehkan wanita!
ismail
Reply| 03 Sep 2013 16:59:49
Warna-warni itu indah. Indonesia yg terdiri dari berbagai budaya itu indah. Miss W datang ke Indonesia menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Jika khawatir mereka berpakaian minim, bisa diatasi. Yang mereka utamakan bukan saja dari bentuk tubuh, tetapi budi bahasanya, cara jalannya dll. Kalau wanita diperlakukan dengan harus menutup seluruh tubuhnya, ya sulit bergaul dalam pentas international. Bayangkan pertandingan renang perempuan, apakah harus menutup seluruh tubuhnya, pastilah gerakannya lambat.
Saya sebagai laki-laki, tidak terpengaruh terhadap pakaian perempuan disekitar saya, karena sifat kedagingan, hawa nafsu saya sudah mati terhadap pempuan selain istri saya. Jadi bukan lingkungan yg saya harus rubah repot, tetap diri saya sendiri harus dikontrol.
Seorang ayah sebelum meninggal memesan kepada kedua anaknya, supaya mereka pergi kerja harus menghindari sinar matahari. Anak pertama lalu membuat tenda sepanjang jalan dari rumah ke kantornya, menghabiskan banyak uang. Yg ke2 berangkat subuh dan pulang malam, tidak perlu buat tenda. Inilah org bijak. Tidak perlu menuntut semua pempuan membungkus rapat seluruh tubuhnya, cukup laki-laki mati rasa terhadap dosa beres. GBU
moh.cabul
Reply| 03 Sep 2013 16:07:12
MUI & SDA harusnya mengahargai kearifan budaya lokal,kebetulan diselenggarakan di bali & semua peserta harus mengikuti cara & budaya bali tentunya sambil memperkenalkan budaya lokal bali.kalaupun fatwa itu di paksakan untuk orng bali yg tidak ada sangkut pautnya dgn syariat islam itu sama halnya juga memaksakan kambing untuk menelurkan anak ayam.wkwkwkwkwkw........
bagong
Reply| 03 Sep 2013 15:43:56
Susah emang kalo ngomong sama pengikut utusan iblis !!! dikit 2 keluarin fatwa yang nggak ada mutunya !!!! Apa urusan MUI dengan Miss World emangnya orang MUI suci semua !!! otak orang MUI nggak jauh 2 dari selangkangan !!!!
yesus bin zeus
Reply| 03 Sep 2013 14:48:35
@muhammad gigolo
Lo yg bodoh, setan teriak setan...
Bahahahaa dasar pengikut martin luter
Fetching more Comments...
↑ Back to Top