Blog / Apakah Yesus Lahir Tanggal 25 Desember?

Di internet, pers, dan di beberapa mimbar, disampaikan berulangkali bahwa 25 Desember yang merupakan salah satu tradisi Kristen tidak mungkin merupakan hari kelahiran Yesus. Benarkah pendapat itu?

Oleh: Dr. Peter Hammond

Menyelidiki Catatan Sejarah

Berdasarkan pendapat ini, Yesus seolah dinyatakan boleh dan bisa dilahirkan pada tanggal manapun juga kecuali tanggal 25 Desember! Telah diyakini sejak semula bahwa hari tersebut adalah perayaan musim dingin kaum pagan, yang kemudian diambil alih oleh orang-orang Kristen untuk mempromosikan agama baru mereka. Dengan melakukan hal ini banyak kebiasaan kuno pagan yang juga masuk ke dalam perayaan Kristen tersebut. Tidak sedikit artikel, buklet, bahkan program radio dan program dokumenter televisi yang telah diproduksi untuk mendukung pendapat ini.

Mitos-mitos

Namun demikian, pendapat ini sendiri berdasarkan pada mitos-mitos historis, asumsi dan riset yang tidak lengkap dan ketidakpedulian pada kenyataan sejarah.

Natal Mendahului Konstantin

Orang Kristen telah merayakan inkarnasi dan kelahiran Tuhan Yesus pada 25 Desember SEJAK ABAD PERTAMA, jauh sebelum pertobatan Konstantin pada 312 M, dan pada akhir masa penganiayaan oleh kekaisaran Roma, 25 Desember telah ditetapkan sebagai tradisi yang dijunjung untuk merayakan hari Natal.

Natal Mendahului Katolikisme

Oleh karena itu, pandangan bahwa Natal adalah ciptaan gereja Katolik Roma dan bahwa Natal berkaitan dengan misa, adalah keliru. Tradisi Natal, perayaan Kristus, jauh mendahului penetapan Katolik Roma.

Pagan Berusaha Membajak Natal

Memang benar bahwa Kaisar Roma, yaitu Aurelian, berusaha untuk menetapkan 25 Desember sebagai perayaan pagan, yaitu “kelahiran Sang Surya yang tidak terkalahkan”. Dan ini terjadi pada tahun 274 M. Kaisar Aurelian berusaha untuk menghembuskan sebuah kehidupan yang baru ke dalam paganisme yang sedang menurun oleh karena kemajuan perkembangan kekristenan. Namun demikian, perayaan pagan Roma tersebut ditetapkan SETELAH orang Kristen merayakan kelahiran Kristus pada hari itu selama berabad-abad. Perayaan pagan mereka merupakan sebuah upaya untuk menciptakan sebuah tradisi alternatif, yang diasosiasikan dengan kelahiran Kristus, dan yang mempunyai kaitan dengan orang Kristen Roma. Ini bukanlah soal orang Kristen mengimitasi kaum pagan, melainkan kaum paganlah yang berusaha mengimitasi orang Kristen, dengan merayakan Sang Surya pada hari dimana orang Kristen merayakan Putra Tuhan.

Membandingkan Penanggalan

SEJAK ABAD KE-2, konsili-konsili gereja telah berusaha menetapkan tanggal kelahiran Kristus yang sebenarnya. Ini berkaitan dengan diskusi-diskusi mengenai penanggalan Paskah, yaitu peringatan kematian dan kebangkitan Kristus. Oleh karena Alkitab mengidentifikasi kematian Kristus bersamaan dengan Paskah Yahudi, yang mempunyai tanggal yang pasti. Namun demikian, perbedaan-perbedaan dalam penanggalan Yahudi, Yunani dan Latin, dan juga perbedaan-perbedaan antara penanggalan-Bulan dan penanggalan-Matahari, tetap mendatangkan perdebatan yang intens mengenai apakah harus merayakan Paskah pada tanggal yang pasti/tetap. Yaitu dengan tidak mempersoalkan jatuhnya pada hari apa, ataukah memastikan bahwa hari raya itu selalu jatuh pada hari Minggu, yaitu hari pertama dalam minggu itu, seperti yang disebutkan dalam Injil.

Anunsiasi (Maklumat Malaikat)

Berdasarkan catatan-catatan dan perhitungan yang ada pada mereka pada waktu itu, gereja mula-mula menetapkan 25 Maret sebagai hari raya Anunsiasi untuk memperingati lawatan malaikat kepada Maria, dan sebagai tanggal konsepsi Kristus (pembentukan jabang bayi dalam rahim Maria). Mereka bersepakat bahwa Kristus dilahirkan 9 bulan kemudian, yaitu pada 25 Desember.


Malaikat Gabriel (bukan Jibril!) ketika mengunjungi Maria dan memberitahukan bahwa ia akan mengandung seorang anak laki-laki dari Roh Kudus.

 

25 Maret Dahulunya Adalah Tahun Baru

Harus diingat bahwa sejak hari-hari pertama penanggalan kekaisaran Roma, Tahun Baru dirayakan pada tanggal 25 Maret, yaitu hari pertama musim semi (di belahan dunia utara). Inilah sebabnya mengapa September, Oktober, November, Desember berasal dari kata-kata latin Septem (angka 7), Okto (8), Novem (9) dan Desem (10).

Hari Baru, Dari Tahun Baru

Perayaan tahun baru pada 1 Januari berasal dari adopsi penanggalan Gregorian pada tahun 1600 di Skotlandia dan 1752 di Inggris. Sejak abad ke-17, 1 Januari mulai dirayakan oleh negara-negara Kristen sebagai hari pembaharuan–pembaharuan sumpah, visi dan tugas kerja. Pada hari inilah para anggota organisasi mengambil sumpah tahunan mereka, para suami dan istri memperbaharui janji nikah mereka, dan para pemercaya muda kembali mengambil komitmen untuk hidup dalam kasih karunia Tuhan.

Di Dalam Kegelapan  

25 Desember datang di belahan utara pada masa tergelap dalam tahun itu. Tanggal 25 Desember berada dalam hari-hari dengan malam-malam yang panjang dan siang hari yang singkat. Jadi, gereja mula-mula menetapkan bahwa inkarnasi, yaitu ketika Kristus dikandung oleh Roh Kudus, terjadi pada hari pertama musim semi yaitu 25 Maret, dan bahwa Advent-Nya jatuh pada saat ia dilahirkan dalam hari-hari tergelap, selama malam-malam yang panjang dalam setahun, tepatnya tanggal 25 Desember.

Terang Itu Telah Bersinar  

“Bangsa yang berjalan dalam kegelapan telah melihat terang yang besar, mereka yang berdiam di tanah bayangan kematian, terang telah bersinar atas mereka… Sebab, seorang anak telah lahir bagi kita, seorang putra telah diberikan kepada kita, dan pemerintahan ada di pundak-Nya, dan nama-Nya disebut Ajaib, Penasihat, Elohim yang Maha Perkasa, Bapa Yang Maha Kekal, Raja Damai. Dalam hal perluasan pemerintahan-Nya, dan dalam hal damai sejahtera, tidaklah berkesudahan”  Yesaya 9:2-7.

Perjanjian Baru

1 Januari, sebagai hari pertama dalam tahun yang baru, yaitu 8 hari setelah kelahiran Kristus, hari dimana Ia disunat dan secara resmi berada di bawah ikatan Perjanjian.

Abad yang Getol Berasumsi

Sangat menakjubkan melihat betapa banyak orang dewasa ini, tanpa riset historis, dan kurang mengetahui realita-realita dan kompleksitas sejarah 2000 tahun lalu, dapat dengan mudah berasumsi bahwa mereka lebih tahu dari kaum terpelajar dan konsili-konsili gereja yang lebih dekat dengan peristiwa-peristiwa tersebut, dan mempertanyakan tujuan penetapan tanggal yang paling akurat untuk kelahiran, penyaliban dan kebangkitan Kristus. Namun ternyata, kita hidup dalam dunia dimana segala sesuatunya dipertanyakan – bahkan hukum dan firman Tuhan sekalipun.

Kemenangan Atas Paganisme

Alih-alih, kita harus merayakan kedatangan Kristus yang menggantikan keputusasaan dengan sukacita, penindasan dengan perayaan, pengorbanan manusia dengan perayaan-perayaan Natal; Kristus menggantikan Baal, Molokh, Apollo, Mars, dan Thor dalam masa kegelapan besar, Kristus datang. “Terang itu bercahaya dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya” (Yohanes 1:5)

Natal adalah saat merayakan kemenangan Kristus atas paganisme. Tahun Baru adalah saat untuk memperbaharui janji-janji, visi dan pekerjaan kita, dan hari pertama musim semi untuk merayakan hidup Kristus.

 

Lihat selengkapnya di: Christianaction.org

 

TANGGAPAN KEPADA PIHAK YANG SKEPTIS:

Para skeptikus sering mengkritik Natal pada tanggal 25 Desember hanya mendasarkan  kritiknya menurut beberapa fenomena dan asumsi yang spekulatif. Salah satunya adalah bahwa tradisi Ibrani dikatakan tidak mengistimewakan peringatan akan hari kelahiran seseorang, “Tidak heran, Yesus Kristus tidak pernah memerintahkan murid-muridnya untuk merayakan hari kelahirannya, tetapi justru untuk mengenang hari kematiannya. Ini sesuai dengan pendapat Raja Salomo : “… Hari kematian lebih baik daripada hari kelahiran” (Pengkhotbah 7:1).

JAWAB: Awas, Yesus sekalipun memerintahkan pengikutnya untuk mengingat-ingat kematianNya, namun BUKAN menyuruh mereka memperingati TANGGAL HARI wafatNya. Artinya, peringatan Yesus bukan dirujukkan khusus kepada “fisiknya” hari, tanggal dan tahun, melainkan pada MAKNA EVENT pengorbanan diriNya diatas kayu salib, demi menebus dosa manusia yang upahnya adalah kematian yang pasti. Bedakan
waktu dan hari. Ada waktu yang diperlukan  untuk peringatan, namun bukan hari tanggal yang dimutlakkan!

Jangankan hari dan tanggal, Yesus bahkan tidak memandang penting “fisiknya” Bait Tuhan di Yerusalem yang begitu rupa dikramat-kramatkan oleh orang-orang Yahudi. Ia menjelaskan kepada perempuan Samaria tentang makna rohaniahnya yang sejati dan kekal:

“Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem. Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi. Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.  Elohim itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.” (Yohanes 4:21-24).

Dan Yesus malahan menubuatkan kehancuran fisik Bait ini, “semuanya akan diruntuhkan” (Matius 24:2), dan itu betul terjadi di tahun 70 M, demi meniadakan orientasi fisikal yang bisa menjadi pemberhalaan umat (seperti yang terjadi dengan Batu Hitam di Baitullah Mekah). Yesuslah yang harus menjadi pusat kesakralan ketika Ia menyatakan diriNya “melebihi Bait Elohim” dan Dia adalah pula “Tuhan atas Hari Sabat” (Matius 12:6,8). Dan disinilah Muslim sering salah memahami Perayaan Natal, seolah orang Kristen harus mutlak menetapkan hari dan tanggal yang pasti identik dengan waktu kelahiran Yesus, dan hanya disaat itulah Natal boleh dirayakan! Ini semua adalah kebodohan yang ditolak Yesus.

Perayaan sukacita Natal tidak mengharuskan jatuh pada  hari dan tanggal mutlak kelahiran Yesus. Andaikata harus mutlak begitu, maka secara konsekwen itu berarti pula bahwa orang Kristen juga tidak dibolehkan merayakan Natal diluar jam dan bahkan detik kelahiran Sang Mesias! Itu hanyalah bentuk kesepakatan diantara umat dalam pendekatan hari H nya, yang sama halnya dengan pendekatan perayaan Maulid Muhammad. Perayaan Maulid Nabi bahkan dimulai di masyarakat Islam jauh setelah Muhammad wafat. Sampai sekarang ada pelbagai umat Muslim yang merayakannya pada tanggal-tanggal yang berbeda karena tidak tahu persis tanggal kelahiran nabinya. Bahkan ada yang tidak merayakannya samasekali (seperti di Arab Saudi) karena mengganggapnya sebagai sebuah bid’ah!  Jadi, apa alasan Muslim sejatinya untuk mencerca perayaan Natal pada 25 Desember?

Akhirnya, skeptikus lainnya menunjuk pula kepada adanya para gembala yang tinggal di padang menjaga ternaknya di waktu malam. Ini mereka artikan sebagai kemustahilan untuk menjaga ternak di musim dingin 25 Desember!

JAWAB: Dari mana orang bisa memastikan bahwa tak ada aktifitas penggembalaan apapun di musim dingin? Tinggal di padang tidak harus diartikan mereka tak punya kandang terdekat atau gubuk buatan tempat beristirahat. Dan seberapa dingin yang Tuhan Semesta tidak bisa mengaturkan cuacanya bagi malam Natal YESUS, hari yang akbar dimana Firman turun ”lahir/ nuzul”  menjadi manusia? Lihatlah betapa hangat cuacanya yang Tuhan telah  siapkan dimalam tersebut, “Dan tiba-tiba ada bersama malaikat itu sekumpulan bala tentara surga sambil memuji Elohim dan berkata,“Kemuliaan bagi Elohim di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan!” (Lukas 2:13-14)

Jelaslah bahwa perayaan Hari Natal bukanlah seperti yang umum disalah-fahami oleh teman-teman Muslim, dan samasekali tidak mengintrospeksi tentang perayaan Maulid Muhammad sendiri. Natal Yesus bukan hari yang harus disakralkan/ disakramenkan dengan memutlakkan hal-hal yang bersifat fisikal, termasuk hari, tanggal dan jam/detik yang di-pas-kan dengan kelahiran Kristus. Perayaan Natal adalah dalam spirit sukacita seperti yang telah dimaklumat-kan oleh para malaikat dari Sorga:

“Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud” (Lukas 2:11). Dengan pusat dan kata kuncinya “Juruselamat, Kristus, Tuhan”. Sosok Penyelamat Dunia itulah yang telah lahir untuk segala umat manusia, dan itulah Kabar Baik yang pantas kita rayakan bersama! Apakah ada masalah tersembunyi?

Semua Natal harus terpusat kepada sosok Juruselamat tersebut, bukan fisik Bait dan Harinya. Yesus telah berkata yang merujukkan Bait dan HariNya semua kepada Sosok Pribadinya:

“YESUS menjawab dan berkata kepada mereka, “Hancurkanlah tempat suci ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.” (Yoh 2:19)

“Disini (Yesus) ada yang melebihi Bait Elohim” (Matius 12:6).

“Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas Hari Sabat.” (Matius 12:8).

 

Sumber artikel: bacabacaquran.com


Add a Comment
| 289
Daviel
Reply| 05 Jan 2018 14:44:38
Sep min...nambah wawasan, krn apa yg pernah kubaca adalah kebalikannya dr yg admin tulis, tp itu tidak masalah bagiku, mau siapa yg dl an atau mau tgl brp dirayakan tdk masalah, yg menjadi masalah adalah jika tidak dirayakan, krn natal itu terpenting krn maknanya dalam, bhw telah lahir seorang Juruselamat
Siti Khadijah
Reply| 11 Dec 2017 13:19:22
@Anti Static
Maaf, Anda tak paham soal hukum manusia, apalagi HUKUM ALLAH!
Hukum Allah itu universal, kekal, tak pandang bulu.
Bahkan makin dia itu nabi , maka hukum makin perlu dicontohinya demi hormat umatnya.
Jangan sampai ada istilah GURU KENCING BERDIRI, MURID KENCING BERLARI !

NAH! Ini bahkan Gurunya yang kencing berlari!
Muhammad boleh kawin sesuka syahwatnya, tanpa batas jumlah dan jenis, ke perempuan bebas dan budak!
LHA, Apa Allah kalian tidak bisa menegur deka densi syahwat nabiNya? Tapi cuma bisa batasi syahwat umatNya hingga 4 istri? pembatasan pernikahan hingga 4 isteri????
Anti Static
Reply| 14 Feb 2014 01:44:08
(lanjutan)

bg muslim yg mampu (syarat adil & mampu) jika mmg brniat baik melindungi, mencukupi, memberikan status keluarga yg jelas, maka pernikahan ini lbh baik disbanding cuex apalg mereka di depan mata, secara kodrat lelaki adalah spt pejantan dimana melindungi & memiliki dicurahkan kpd wanita yg disayangi, keinginan brbgi itu rahmat jika dilakukan sesuai hokum itu lbh baik dibanding mau menjalani perilaku sex bebas, ingat dlm umat kristen perilaku sex bebas malah lbh hebat, (skrg ini obama dg berita selingkuh).

Islam bukan membebaskan perzinahan ttp memberikan aturan dimana kodrat manusia tdk dibelenggu namun diarahkan kpd hal yg lbh baik.
Banyak yg akan sy ingin katakan namun trbatas dlm penyajian, dan penutup, maka spt nabi Muhammad lakukan sebelum banyak janda2 krn peperangan belaiu menikahi hanya satu isteri, setelah banyak janda beliau brbagi (jasmani & rohani), namun saat ini telah dibatasi hanya 4 isteri bg yg mampu (aturan ketat) bg yg tdk mampu hanya orientasi sex, itu bukan orang yg beriman walau dia Islam.

Hal ini sesuai kodrat, jika anda anggap ini suatu keburukan,,anda harus mengenal hikmah dibanding saudara anda & pemimpin agama anda yg berselibat, sepanjang hidup dikasih alat vital tdk digunakan MUBAZIR cuma utk PIPIS saja.. nah ini melanggar kodrat...pisss ! (maksudnya ; peace ! ).
Anti Static
Reply| 14 Feb 2014 01:38:47
@Bert

Bert brebert, waduh tuduhanya banyak mana yg harus dijwb, malas bert kebanyakan, kedepan satu hal sj biar enak ngulasnya…(borongan bert, ngejar setoran ya..ha…ha…ha..ha)
Aq pilih yg ini dah kelihtanya ini penting agar km tahu,
//Dan benar kata anda quran sebagai penyempurna yaitu menyempurnakan perzinahan yang sudah diharamkan Injil agar menjadi halal bagi muslim, sekaligus menyempurnakan penderitaan istri yang dimadu.
Jika menginginkan perzinahan yang dilegalkan, masuklah islam...
Subhanallo//

Jawab :
Bert, poligami itu bukan produk Islam, dia sdh ada sejak dahulu bahkan anda tahukan nabi Daud dan nabi Sulaiman berisitri hingga ratusan wanita, baik masa lalu dari timur hingga barat, setiap bangsa dan tingkatan masyarakat dunia.
Mmg pd nabi Muhammad beliau beristri cukup banyak, tp ketahuilah ada suatu kondisi dimana sebelumnya trjadi peperangan nabi Muhammad hanya berisitri satu hingga 50 th usia belaiu dgn Khadijah, dan wafat Khadijah beliau di minta oleh sahabatnya Abu Bakar utk menikahi anaknya Siti Aisyah, maka pd masa peperangan banyak wanita muslim yg di tinggal mati oleh suami mereka, ada hal sikap brbagi krn brbagi bukan hanya materi spt umumnya kita sebut jasmani & rohani, maka brbagi dpt diwujudkan dgn materi & kasih sayang, setelah itu barulah kemudian diwajibkan dgn turnya ayat pembatasan pernikahan hingga 4 kali (isteri).

Jika bagi anda itu tidk dpt anda terima, krn anda tdk memahami hikmah, anda lihat di zaman ini bila anda tengok kpd janda2 bgm mereka hidup selama hidupnya kebanyakan mereka sendiri, dlm populasi yg mana wanita lbh banyak maka kondisi janda2 ini semakin sulit mendapat jodoh lg.

(bersambung)
Anti Static
Reply| 14 Feb 2014 01:07:24
@Bert
Sorry bert baru jwb, sy sibuk pulang malam terus, & sy lg fokus jwb konco anda jgn gitu ah,

Bert anda brkt,
Pelanggaran Taurat yang dilakukan muhamad antara lain:

- Jangan Menyekutukan Tuhan dng Sesuatu pun
Muhamad menyekutukan Tuhan dengan batu hitam sebagai tangan kanan alloh

27. Mengelus-elus Hajar Aswad – Batu Hitam
Nabi Muhammad SAW nan agung berkata, “Lakukan Tawaf di Ka’bah dan gosokkan tanganmu di ujung Ka’bah di mana terdapat Hajr Aswad – Batu Hitam, karena INILAH TANGAN KANAN ALLAH di bumiNya yang digunakanNya untuk berjabatan tangan dengan ciptaanNya.

Jawab :
Anda tdk menyebut sumbernya dr mana, tolong sebutkan ya !, dan jika kita bicara pelanggaran taurat berarti itu pelanggaran hukum, maka referensinya sumber hukum pula, jngn cm narasi oleh orang2 yg ASBUN,
Maka dlm Islam sumber hukum itu Al Quran (yg pasti benar) kita brmain disepitar itu saja, krn jelas & pasti sbg kebenaran bila apa yg anda tuduh nabi Muhammad sbg pelanggar Taurat..ok bert !
Bert
Reply| 31 Jan 2014 14:15:37
@Alhayat SAg, MAg

Anda menulis:
Oh ya, isterimu dulu kau beri mie instant berapa dus kok bisa murtad?

Respons:
Hahahaha...
Tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, cukup diberikan penjelasan secara komprehensif integral bagaimana islam sesungguhnya dan membandingkannya dengan Kasih Yesus.
Tidak membutuhkan waktu lama, dia meninggalkan keluarganya dan meninggalkan imannya yang lama.
Dan setelah bertahun-tahun, akhirnya keluarganyapun menerima baptisan kudus bulan desember 2013.
Desember 2013 begitu luar biasa, banyak jiwa-jiwa baru yang dimenangkan.

Itulah mengapa sebisanya dan sesering mungkin untuk saya bisa menunjukkan/mempertontonkan kebodohan muslim yang membodohkan diri demi islam.
Mudah-mudahan dengan mempertontonkan kebodohan muslim.Muslim mampu menggunakan kewarasn berpikir dan hati nurani untuk melihat kebenaran.

Maaf khusus untuk anda, akan percuma karena anda sepertinya sudah ditakdirkan dengan kebodohan, sama seperti keledai yang ditakdirkan bodoh karena jatuh di lubang yang sama.
Sangat dibutuhkan mukjizat untuk itu.









##########
Babi sudah membongkar kedok ketidak maha tahuan alloh swt.
Alloh swt tidak tau manfaat babi sehingga mengharamkannya, padahal babi sudah berperan sangat besar dalam menghajikan muslim.
Subhanalloh...

+++++
Alloh SWT bukanlah Allah yang sama yang sudah memberikan Taurat pada zaman musa.Karena Alloh SWT justru mendukung pelanggaran Taurat yang dilakukan muhamad.

Alloh SWT bergelar "Sebesar-besar pembalas tipu daya"
Iblis bergelar "Bapa segala tipu daya (dusta)"
Iblis tempatnya di neraka
Alloh SWT memastikan umat muslim mendatangi neraka. (Qs19:71)

----------------
Bagi yang mencari keselamatan, jangan mau mendatangi neraka (QS19:71) walau dengan alasan apapun karena neraka pusatnya kuasa kegelapan/setan/iblis.

Bagi yang mementingkan urusan bawah perut, alloh swt sudah buka jalan...(cara licik). Tidak masalah lagi walau yang diincar sudah memiliki suami. QS[33:37]
Bert
Reply| 30 Jan 2014 16:18:08
@Anti Static

- Jangan berzinah
Alloh membolehkan muhamad menzinahi perempuan yang sudah diceraikannya.
Qs33:51
Kamu boleh menangguhkan menggauli siapa yang kamu kehendaki diantara mereka (isteri-isterimu) dan (boleh pula) menggauli siapa yang kamu kehendaki. Dan siapa-siapa yang kamu ingini untuk menggaulinya kembali dari perempuan yang telah kamu cerai, maka tidak ada dosa bagimu. Yang demikian itu adalah lebih dekat untuk ketenangan hati mereka, dan mereka tidak merasa sedih, dan semuanya rela dengan apa yang telah kamu berikan kepada mereka. Dan Allah mengetahui apa yang (tersimpan) dalam hatimu. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Penyantun.
Mariyah budak koptikpun dizinahi hingga melahirkan anak.

-Jangan mengingini .... isterinya.....
Alloh membolehkan muhamad mengingini istri zaid tentunya dengan cara licik, yaitu dengan mengungkit kembali ni'mat yang sudah diberikan kepada zaid.QS[33:37]

Anda menulis:
semisal perzinahan (sbg contoh) umat Kristen adalh umat yg paling banyak berzinah dibanding umat Islam..

Respons:
Faktanya islam sangat melegalkan perzinahan yang sudah diharamkan Injil.
Injil mengajarkan beristri satu.Diluar istri berarti zinah dan itu diharamkan.
Muhamad dan qurannya justru menghalalkan perzinahan yang sudah diharamkan injil. Dan khusus bagi muslim, wanita yang boleh dizinahi dibatasi sampai 3 karena yang pertama adalah istri sah menurut injil.

Dan benar kata anda quran sebagai penyempurna yaitu menyempurnakan perzinahan yang sudah diharamkan Injil agar menjadi halal bagi muslim, sekaligus menyempurnakan penderitaan istri yang dimadu.
Jika menginginkan perzinahan yang dilegalkan, masuklah islam...
Subhanalloh...

Anda menulis:
umat Kristen kini malah menuhankan nabi ISA AS pdhal Isa AS berkata sembhlah Allah & Isa AS berkata dia hanyalah utusan.

Respons:
Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Slamat yang berasal dari Yahwe

Yesaya 43:11
“Aku, Akulah Tuhan dan tidak ada juru selamat selain dari padaKu.”

Apa permasalahannya jika Yesus juga sebagai guru dan utusan?
Bukti Yesus adalah Tuhan, dengan mampu mengampuni dosa.
Bert
Reply| 30 Jan 2014 15:27:23
@Anti Static

Anda menulis:
.. sy focus di kata2 anda ttg “adalah muhamad justru sudah melakukan pelanggaran Taurat dan Injil serta mendapat dukungan alloh swt pula.”

Respons:
Pelanggaran Taurat yang dilakukan muhamad antara lain:

- Jangan Menyekutukan Tuhan dng Sesuatu pun
Muhamad menyekutukan Tuhan dengan batu hitam sebagai tangan kanan alloh

27. Mengelus-elus Hajar Aswad – Batu Hitam
Nabi Muhammad SAW nan agung berkata, “Lakukan Tawaf di Ka’bah dan gosokkan tanganmu di ujung Ka’bah di mana terdapat Hajr Aswad – Batu Hitam, karena INILAH TANGAN KANAN ALLAH di bumiNya yang digunakanNya untuk berjabatan tangan dengan ciptaanNya.

-Jangan membunuh
Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam, Jilid 2, Halaman 206-207
Ibnu Ishaq berkata, “Setelah itu, orang-orang Yahudi Bani Quraidhah disuruh turun, kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam menahan mereka di Madinah di rumah putri Al-Harits, salah seorang wanita dari Bani An-Najjar. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pergi ke Pasar Madinah, kemudian membuat parit di sana. Setelah itu, beliau memerintahkan orang-orang Yahudi Bani Quraidhah dibawa ke parit tersebut dan memenggal kepala mereka di dalamnya. Mereka dibawa ke parit tersebut kelompok per-kelompok, termasuk musuh Allah Huyai bin Akhthab, Ka’ab bin Asad tokoh Bani Quraidhah bersama enam ratus atau tujuh ratus orang-orang Bani Quraidhah. Ada yang mengatakan bahwa jumlah mereka adalah delapan ratus atau bahkan sembilan ratus. Orang-orang Yahudi Bani Quraidhah berkata kepada Ka’ab bin Asad ketika mereka dibawa kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam secara berkelompok, ‘Hai Ka’ab, bagaimana pendapatmu terhadap perlakuan Muhammad kepada kita?’ Ka’ab bin Asad berkata, ‘Kenapa kalian tidak berpikir di setiap tempat? Tidakkah kalian lihat dai yang tidak terbantahkan? Bukankah orang di antara kalian yang dibawa kepadanya itu tidak kembali lagi? Demi Allah, inilah pembunuhan.’ Itulah yang terjadi hingga Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam selesai merealisasikan keputusan Sa’ad bin Muadz terhadap mereka.”
Bert
Reply| 30 Jan 2014 14:25:33
@Anti Static

Anda menulis:
Masa Iskandar Zulkarnain dgn Kelahiran Islam yg di bawa oleh nabi Muhammad apakah sezaman ?,
Kafir, konotasi menurut anda adalah orang bukan islam lantas Iskandar Zulkarnain menjadi sosok orang kafir (ha…ha..ha..ha…tranyata anda belum dewasa dan belum luas wawasan & pengetahuan anda)
Jika demikian dari nabi Adam Hingga Isa AS jika demikian spt yg anda duga bagi Islam mereka adlh orang kafir,

Respons:
Hahahaha...
Apa anda tidak tau alexander agung alias zulkarnain menurut sejarah adalah penganut agama polyteisme?

Sekarang anda tau siapa yang bodoh bukan? Yang menjadikan orang kafir sebagai nabi.


Hanya dibutuhkan kewarasan berpikir dan hati nurani untuk mengetahui kebenaran.







##########
Babi sudah membongkar kedok ketidak maha tahuan alloh swt.
Alloh swt tidak tau manfaat babi sehingga mengharamkannya, padahal babi sudah berperan sangat besar dalam menghajikan muslim.
Subhanalloh...

+++++
Alloh SWT bukanlah Allah yang sama yang sudah memberikan Taurat pada zaman musa.Karena Alloh SWT justru mendukung pelanggaran Taurat yang dilakukan muhamad.

Alloh SWT bergelar "Sebesar-besar pembalas tipu daya"
Iblis bergelar "Bapa segala tipu daya (dusta)"
Iblis tempatnya di neraka
Alloh SWT memastikan umat muslim mendatangi neraka. (Qs19:71)

Setan alias iblis adalah teman sekerja Alloh SWT:
QS 19. 83.
Tidakkah kamu lihat, bahwasanya Kami telah mengirim syaitan- syaitan itu kepada orang-orang kafir untuk menghasung mereka berbuat ma’siat dengan sungguh-sungguh?,
QS 43.36.
Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Qur’an), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan) maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.

----------------
Bagi yang mencari keselamatan, jangan mau mendatangi neraka (QS19:71) walau dengan alasan apapun karena neraka pusatnya kuasa kegelapan/setan/iblis.

Bagi yang mementingkan urusan bawah perut, alloh swt sudah buka jalan...(cara licik). Tidak masalah lagi walau yang diincar sudah memiliki suami. QS[33:37]
Alhayat SAg, MAg
Reply| 30 Jan 2014 13:55:36
@Bertarri
Kwotes:Hahahahahaha...
Jadi kalau anda menjilat dan mengagumi musuh alloh, itu adalah bagian dari pemikiran anda yang komprehensif integral?
Hahahaha.....hahahahaha.....

Hanya dibutuhkan kewarasan berpikir dan hati nurani untuk mengetahui kebenaran.
----------------------------------------------------------------------
Hahahahahaha..... Bertarri oh Bertarrri...... Kian hari kian bodoh nian dikau. Tapi tak apalah. Buat hiburanku....
Hahahahhaa.........
Tetapi cara berfikirmu masih lebih baik daripada NM Gigolo yang bloon itu. Selamat.

Oh ya, isterimu dulu kau beri mie instant berapa dus kok bisa murtad?
Bert
Reply| 30 Jan 2014 12:21:24
@Alhayat SAg, MAg

Anda menulis:
Hahahahaha...... pendapatmu benar2 jauh dari komprehensif integral. Hahaha... tapi tak apa2, karena semua komenmu tak mengubah kemuliaan dan kesucian Islam. Kebesaran Islam tak terpengaruh oleh semua ocehanmu yang acak-acak.

Respons:
Hahahahahaha...
Jadi kalau anda menjilat dan mengagumi musuh alloh, itu adalah bagian dari pemikiran anda yang komprehensif integral?
Hahahaha.....hahahahaha.....

Hanya dibutuhkan kewarasan berpikir dan hati nurani untuk mengetahui kebenaran.






##########
Babi sudah membongkar kedok ketidak maha tahuan alloh swt.
Alloh swt tidak tau manfaat babi sehingga mengharamkannya, padahal babi sudah berperan sangat besar dalam menghajikan muslim.
Subhanalloh...

+++++
Alloh SWT bukanlah Allah yang sama yang sudah memberikan Taurat pada zaman musa.Karena Alloh SWT justru mendukung pelanggaran Taurat yang dilakukan muhamad.

Alloh SWT bergelar "Sebesar-besar pembalas tipu daya"
Iblis bergelar "Bapa segala tipu daya (dusta)"
Iblis tempatnya di neraka
Alloh SWT memastikan umat muslim mendatangi neraka. (Qs19:71)

Setan alias iblis adalah teman sekerja Alloh SWT:
QS 19. 83.
Tidakkah kamu lihat, bahwasanya Kami telah mengirim syaitan- syaitan itu kepada orang-orang kafir untuk menghasung mereka berbuat ma’siat dengan sungguh-sungguh?,
QS 43.36.
Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Qur’an), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan) maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.
Qs21:82
Dan Kami telah tundukkan (pula kepada Sulaiman) segolongan setan-setan yang menyelam (ke dalam laut) untuknya dan mengerjakan pekerjaan selain daripada itu; dan adalah "Kami memelihara mereka(setan-setan) itu."



----------------
Bagi yang mencari keselamatan, jangan mau mendatangi neraka (QS19:71) walau dengan alasan apapun karena neraka pusatnya kuasa kegelapan/setan/iblis.

Bagi yang mementingkan urusan bawah perut, alloh swt sudah buka jalan...(cara licik). Tidak masalah lagi walau yang diincar sudah memiliki suami. QS[33:37]
Anti Static
Reply| 30 Jan 2014 00:26:35
@Al hayat SAg, MAg.
Semua ulasan anda sangat unggul, sahabat. Bahkan setiap aksara yang anda gunakan memiliki makna. Lihatlah betapa orang macam Bertarri kesulitan menghadapi anda.
Hidayah Alloh SWT sungguh melimpah dan anda salah satu orang golongan terpuji karena menjadi insan berilmu.

Jawab :
Inalillahi wa inailaihi rojiun, Al Hayat saudara ku, Saya bukan lah berilmu namun sy menyajikan kebenaran, maka sy dapat berucap, jika seandainya saya bersalah tentu saya tidak dapat berucap kecuali berdusta...saya hargai pujian anda namun saya hanya berharap mereka memahami ttg Islam & kekliruan tanpa saya berdusta.
Anti Static
Reply| 30 Jan 2014 00:17:53
bert [me]Respons:

//1 hal yang membuat muhamad sangat tidak mungkin berada dalam nubuatan Taurat dan Injil adalah muhamad justru sudah melakukan pelanggaran Taurat dan Injil serta mendapat dukungan alloh swt pula.
Sampai dengan detik ini belum ada yang mampu memberikan hadist yang sahih mengenai "perbuatan baik apa yang sudah dilakukan muhamad" selain hanya dongengan-dongengan untuk anak TK.
Dan yang paling penting, semua nabi-nabi dalam Alkitab selalu diiringi tanda-tanda keilahian dan mempunyai "kedekatan" atau keakraban dengan Tuhan. Dluar itu sudah jelas berarti nabi palsu!//
Jawab :
Kita kesampingkan dulu ttg nubuat nabi Muhammad sementara ini, sy focus di kata2 anda ttg “adalah muhamad justru sudah melakukan pelanggaran Taurat dan Injil serta mendapat dukungan alloh swt pula.”
Coba anda sebutkan ttg Isi taurat TEN COMANDEMENT, (walau antara katolik & protestan berbeda sedikit/penomoran), intinya apakah aturan hidup ini tidaklah sama spt ajaran Islam, aturan dasar hidup sdh diberikan dr masa sebelum Islam dgn berkesinambungan & tetap consist mengesakan Allah, dan perhatikanlah hal itu manakah yg lbh memurnikan perintah2 itu semisal perzinahan (sbg contoh) umat Kristen adalh umat yg paling banyak berzinah dibanding umat Islam, lalu Isa AS menggenapi & Islam menyempurnakan, maka spt hal nya Puasa sunat, tdk makan babi itu adlah aturan yg di ajarkan oleh Taurat & Injil, namun umat Islam yg terus memurnikan ajaran tsb dan kalian (Kristen meninggalkan sebagian/tersesat) ingat TEN COMANDEMENT yg pertama (1). Jangan punya Allah lain selain Aku, umat Kristen kini malah menuhankan nabi ISA AS pdhal Isa AS berkata sembhlah Allah & Isa AS berkata dia hanyalah utusan.
INI BUKTI PELANGGARAN TAURAT & INJIL…TOLONG SEBUTKAN DIPOINT MANA NABI MIUHAMMAD MELANGGAR TAIURAT & INJIL.

ANda brkata, “Hanya dibutuhkan kewarasan berpikir dan hati nurani untuk mengetahui kebenaran”

Jawab : Ah yg benar, and cuma nuduh tp sy menyajikan data.
Anti Static
Reply| 30 Jan 2014 00:11:34
@bert

bert [me]Respons:
//Perdebatan-perdebatan yang anda maksud itu tidak bisa menutupi kebodohan alloh swt yang mengangkat alexander agung seorang kafir yang dalam islam disebut zulkarnain sebagai nabi.
Padahal alloh tidak menyukai kafir;//

Jawab :
Masa Iskandar Zulkarnain dgn Kelahiran Islam yg di bawa oleh nabi Muhammad apakah sezaman ?,
Kafir, konotasi menurut anda adalah orang bukan islam lantas Iskandar Zulkarnain menjadi sosok orang kafir (ha…ha..ha..ha…tranyata anda belum dewasa dan belum luas wawasan & pengetahuan anda)
Jika demikian dari nabi Adam Hingga Isa AS jika demikian spt yg anda duga bagi Islam mereka adlh orang kafir, Ok sampai disini dulu…selanjutnya ke ;

//Ali 'Imran 32:
Katakanlah: "Ta'atilah Allah dan Rasul-Nya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir."

Kelihatan munafiknya bukan?//

Jawab : Memahami Ayat Al Quran utk tepat & fokusnya dlm Islam ada metode ASBABUN NUZUL (Sebab Musabab Ayat turun) maka konteks & aplikasi, implikasi akan persis sbg penerapan dari ayatb tsb.

Namun ini hal yg mudah dicerna, Ayat ini konteks KAFIR kpd Masa kenabian Muhammad & setelahnya. Kafir sbg orang yg tdk beriman kpd Allah. (Rasulnya = Muhammad)

Apakah Iskandar Zulkarnain sbg orang beriman kpd Allah atau Kafir pd masanya ?
Iskandar Zulkarnain adalah seorang beriman maka dia bukan kafir utk keyakinan pd masa beliau,

Spt halnya makna MUSLIM (orang yg berserah diri), maka dr masa Adam hingga nabi Muhammadpun jika orang itu berserah diri maka orang tsb adlh MUSLIM. Atau Islam, namun agama berganti sesuai dgn kondisi namun tetap pd satu sumber yiatu Allah.

[bersambung]
Alhayat SAg, MAg
Reply| 28 Jan 2014 20:36:37
@Bertarri
Kwotes:
Hahahaha....
Kenapa anda hanya mampu sebagai penjilat?
Bahkan musuh allohpun anda jilat dan anda kagumi...
Masyaalloh....

Hanya dibutuhkan kewarasan berpikir dan hati nurani untuk melihat kebenaran.
----------------------------------------------------
Hahahahaha...... pendapatmu benar2 jauh dari komprehensif integral. Hahaha... tapi tak apa2, karena semua komenmu tak mengubah kemuliaan dan kesucian Islam. Kebesaran Islam tak terpengaruh oleh semua ocehanmu yang acak-acak.

Hahahaha.......
Bert
Reply| 28 Jan 2014 19:16:30
@Alhayat SAg, MAg

Hahahaha....
Kenapa anda hanya mampu sebagai penjilat?
Bahkan musuh allohpun anda jilat dan anda kagumi...
Masyaalloh....

Hanya dibutuhkan kewarasan berpikir dan hati nurani untuk melihat kebenaran.









##########
Babi sudah membongkar kedok ketidak maha tahuan alloh swt.
Alloh swt tidak tau manfaat babi sehingga mengharamkannya, padahal babi sudah berperan sangat besar dalam menghajikan muslim.
Subhanalloh...

+++++
Alloh SWT bukanlah Allah yang sama yang sudah memberikan Taurat pada zaman musa.Karena Alloh SWT justru mendukung pelanggaran Taurat yang dilakukan muhamad.

Alloh SWT bergelar "Sebesar-besar pembalas tipu daya"
Iblis bergelar "Bapa segala tipu daya (dusta)"
Iblis tempatnya di neraka
Alloh SWT memastikan umat muslim mendatangi neraka. (Qs19:71)

Setan alias iblis adalah teman sekerja Alloh SWT:
QS 19. 83.
Tidakkah kamu lihat, bahwasanya Kami telah mengirim syaitan- syaitan itu kepada orang-orang kafir untuk menghasung mereka berbuat ma’siat dengan sungguh-sungguh?,
QS 43.36.
Barang siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (Al Qur’an), Kami adakan baginya setan (yang menyesatkan) maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.
Qs21:82
Dan Kami telah tundukkan (pula kepada Sulaiman) segolongan setan-setan yang menyelam (ke dalam laut) untuknya dan mengerjakan pekerjaan selain daripada itu; dan adalah "Kami memelihara mereka(setan-setan) itu."



----------------
Bagi yang mencari keselamatan, jangan mau mendatangi neraka (QS19:71) walau dengan alasan apapun karena neraka pusatnya kuasa kegelapan/setan/iblis.

Bagi yang mementingkan urusan bawah perut, alloh swt sudah buka jalan...(cara licik). Tidak masalah lagi walau yang diincar sudah memiliki suami. QS[33:37]
Alhayat SAg, MAg
Reply| 27 Jan 2014 15:52:19
@anti static
Semua ulasan anda sangat unggul, sahabat. Bahkan setiap aksara yang anda gunakan memiliki makna. Lihatlah betapa orang macam Bertarri kesulitan menghadapi anda.
Hidayah Alloh SWT sungguh melimpah dan anda salah satu orang golongan terpuji karena menjadi insan berilmu.
Bert
Reply| 27 Jan 2014 12:45:11
@Anti Static

Anda menulis:
Dalam Al Quran trdapat surat MUHAMMAD, artinya apa dalam surat itu berisi ttg nabi Muhammad yg trbanyak dan Allah memanggil nabi Muhamma dgn sebutan “WAHAI NABI” & “WAHAI RASUL” Jabatanya yg disebut kpd Isa AS cukup namanya yg dipanggil.

Respons:
Jika itu yang anda maksud "kedekatan ataupun "keakraban" bila diperbandingkan dengan "kedekatan ataupun "keakraban" nabi-nabi dalam Alkitab, maka muhamad hanya 0,1% saja, alias masih jauh lebih baik orang biasa yang mempunyai kedekatan ataupun keakraban dengan Tuhan.
Cobalah untuk mulai berani mempelajari "kedekatan" nabi-nabi Tuhan dalam Alkitab.

Anda menulis:
http://aburedza.files.wordpress.com/2011/07/bible-quran-sains-modern-dr-maurice-bucaille.pdf
link itu suber peljaran yg bagus, referesentatif dr seorang ahli, saintis, dan pakar agama, bukan macam anda Cuma sebatas tahu 0.0000001 dr islam itupun dr sumber fitnah..simak berita itu anda akan faham bgm ISLAM & KRISTEN.

Respons:
Hahahahaha...
Penulisnya tidak akan pernah berani mengkaji quran dengan cara yang sama seperti yang dilakukannya terhadap Alkitab. Karena quran tidak punya sejarah dan saksi.

Dalam kajiannya mengenai Alkitab penulisnya tidak berani menghubungkan "kaum samaria" yang ada di Alkitab dengan kaum samaria (samiri) yang berada di quran (Qs20:85-88)
Karena menurut sejarah, kaum samiri baru ada ada setelah pembuangan Kerajaan Utara israel dan pendudukan kembali wilayah di bawah pemerintahan raja sargon 2 setelah 722 SM.
Dan bukan pada zaman musa yang hidup sekitar 1400 SM seperti yang ditulis di (Qs20:85-88)

Bukankah itu menunjukkan kebodohan muslim karena percaya pada kebodohan alloh swt?
Dengan kata lain quran hanyalah kitab abal-abal buatan muhamad dan alloh swt bukanlah Tuhan!

Sampai berapa lama muslim mau memelihara kebebalan dan menutupi kebenaran?
Hanya dibutuhkan kewarasan berpikir dan hati nurani untuk mengetahui kebenaran.
Bert
Reply| 27 Jan 2014 12:19:16
@Anti Static

Anda menulis:
tdk perlu jauh2 mencari bukti kebodohan, lihat saja bukti2 perdebatan yg dapat disaksikan, adakah orang2 pintar/tokoh2 krsten/pendeta2 kristen dapat mengalahkan perdebatan agama trhadap ulama2 Islam ??? tak satupun ada, itu mash skup manusia.

Respons:
Perdebatan-perdebatan yang anda maksud itu tidak bisa menutupi kebodohan alloh swt yang mengangkat alexander agung seorang kafir yang dalam islam disebut zulkarnain sebagai nabi.
Padahal alloh tidak menyukai kafir;

Ali 'Imran 32:
Katakanlah: "Ta'atilah Allah dan Rasul-Nya; jika kamu berpaling, maka sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang kafir."

Kelihatan munafiknya bukan?

Anda menulis:
QS[19:54] apakah bukan satu bukti peryantaan Allah ttg kenabian Ismail, jika kurang pelajari ttg kisah nabi Ismail sbg nabi yg akan dikurbankan Ibrahim dlm firman2 Allah.

Respons:
Itulah mengapa saya katakan "jika anda mampu berpikir" karena anda mengabaikan "bobot" ayat Qs29:27 yang tidak sama dengan qs19:54 mengingat alexander agung seorang kafirpun yang dalam islam disebut zulkarnain bisa disebut sebagai nabi.

Anda menulis:
Karena anda tidak faham Islam maka anda brkata spt itu, jgnkan dlm Islam sendiri ttg tanda2 nabi Muhammad sbg nabi, bahkan dalam Taurat & Injilpun nabi Muhammad telah dinubuatkan.

Respons:
1 hal yang membuat muhamad sangat tidak mungkin berada dalam nubuatan Taurat dan Injil adalah muhamad justru sudah melakukan pelanggaran Taurat dan Injil serta mendapat dukungan alloh swt pula.
Sampai dengan detik ini belum ada yang mampu memberikan hadist yang sahih mengenai "perbuatan baik apa yang sudah dilakukan muhamad" selain hanya dongengan-dongengan untuk anak TK.
Dan yang paling penting, semua nabi-nabi dalam Alkitab selalu diiringi tanda-tanda keilahian dan mempunyai "kedekatan" atau keakraban dengan Tuhan. Dluar itu sudah jelas berarti nabi palsu!


Hanya dibutuhkan kewarasan berpikir dan hati nurani untuk mengetahui kebenaran
nabi Muhammad gigolo
Reply| 27 Jan 2014 04:32:52
@anti static kafir

Hahaha...kau tak berani jawab pertanyaanku....dan smua muslim ga berani...tp pertanyaan itu tidak untuk di waria alhayat....dia terlalu bodob untuk berfikir komprehensif integral..

Jika kau katakan alquran itu bukan kitab abal abal silakan jawab pertanyaanku....masa sih aku nagih terus sampai 2 bulan lho..
Fetching more Comments...
↑ Back to Top