Bom Waktu

Sebab, kalau susu ditekan, mentega dihasilkan, dan kalau hidung ditekan, darah keluar, dan kalau kemarahan ditekan, pertengkaran timbul. Amsal 30 : 33

 

 

Tidak seorang pun menyangka Gunung Sinabung di daerah Kabanjahe, Sumatera Utara, akan meletus lewat tengah malam pada hari Minggu, 29 Agustus 2010. Hal ini terjadi karena Gunung Sinabung termasuk gunung tipe B (gunung yang terakhir meletus sekitar tahun 1600-an). Ada tiga tipe gunung yang di tetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yaitu A, B, dan C. Ada sekitar 80 gunung di Indonesia yang masuk tipe A yaitu pernah meletus setelah tahun 1600-an, tipe B ada sekitar 34 gunung dan sisanya gunung tipe C yang tak pernah meletus. Gunung api yang "tidur" atau termasuk tipe B sebenarnya terus melakukan aktivitas vulkaniknya. Gunung ini punya fumarol dan solfatar, yaitu sumber gas dan uap yang mengandung gas-gas seperti karbon dioksida dan gas belerang.

Saudara, tanpa sadar banyak di antara kita atau teman-teman di sekitar kita seperti gunung api yang tidur alias suka menyimpan amarah. Saat dia diledek berkali-kali kelihatannya tetap "adem ayem" alias tidak marah dan tetap menyunggingkan senyum manis, namun dalam hati sadarkah kita bahwa dia bisa saja menyimpan kemarahannya. Ada orang-orang yang kalau marah begitu gampang mengungkapkan sehingga kita sangat berhati-hati kalau bercanda atau berbicara dengannya. Namun pernahkah kita hati-hati berbicara dan bercanda dengan rekan kita yang pendiam dan kelihatannya tidak berani membalas atau marah atas sesuatu yang menyinggung perasaaannya? Sangat berbahaya kalau kita tak sadar diri dan menjaga sikap saat terus-menerus melecehkan atau menjadikan lawakan, teman yang kelihatannya tenang-tenang saja. Karena sekali dia marah maka efeknya tak main-main. Banyak pembunuh berdarah dingin, contohnya Rian dari Jombang, bisa membunuh banyak orang tanpa merasa takut dan kelihatan baik-baik saja karena masyarakat menyepelekan mereka.

Saudara, kalau kamu termasuk orang yang suka menyimpan amarah, belajarlah untuk berani mengutarakan unek-unek dalam hatimu sebelum menjadi dendam. Kalau ada temanmu yang termasuk tipe "gunung berapi tidur", belajarlah menghargainya dan mengerti perasaannya karena kamu sendiri tentu tersinggung bukan kalau terus menerus dijadikan bahan lelucon atau dipinggirkan?

 

Belajarlah menghargai orang lain.


Add a Comment
No comments yet
↑ Back to Top