Blog / Ulama Saudi Bantah Teori Bumi Mengelilingi Matahari

Ulama Arab Saudi memicu kontroversi melalui videonya baru-baru ini karena menolak fakta ilmiah bahwa bumi berputar mengelilingi matahari. Sebaliknya, Syekh Bandar al-Khaibari mengklaim mataharilah yang memutari bumi, karena planet ini adalah pusat alam semesta.

Pernyataan kontroversial itu disampaikan Syekh al-Kaibari saat pertanyaan seorang mahasiswa tentang posisi bumi. "Diam dan tidak bergerak," ujarnya dengan tegas seperti dilansir Al Arabiya, Selasa (17/2).

Dia lalu mendukung argumennya dengan mengutip pendapat beberapa ulama serta ayat Al Quran. Menurutnya, untuk membantah teori rotasi para ilmuwan adalah menggunakan logikan penglihatan manusia.

Dia mencontohkan perjalanan udara dari Sharjah ke China. Penerbangan ini pasti tidak akan sukses bila bumi ini benar-benar berputar mengelilingi matahari selama 365 hari.

"Jika pesawat berhenti di udara, dan bumi mengeliling matahari, maka China akan tetap datang ke arah kita berada. Karena Bumi berputar pada arah yang berlawanan (dari matahari), pesawat tidak akan pernah mencapai China, karena China juga berputar," urainya.

Syekh al-Khaibari sebelumnya pun kerap mengkritik hasil penelitian para astronom. Dia menyebut video luar angkasa NASA sebagai buatan Hollywood.

Pernyataan ulama ini memicu kritik di media sosial, terutama di Twitter. Pengguna internet mengolok-olok al-Khabari lalu membuat tanda pagar #cleric_rejects_rotation_of_Earth.

Seorang pengguna Twitter menyoroti bahwa video si ulama itu bertepatan muncul di hari kelahiran Galileo.

Sekadar informasi, astronom Italia Galileo Galilei lahir pada 15 Februari, 1564. Dia dieksekusi gereja untuk keyakinannya bahwa bumi bukan pusat alam semesta. Salah satu pernyataan terkenal Galilei adalah dukungannya bagi teori Copernicus bahwa bumi dan planet-planet berputar mengelilingi matahari.

 

Sumber: ard


Add a Comment
| 66
danie
Reply| 08 Jul 2016 11:44:45
yg lebih TOLOL itu adalah alkitab yg berkata bahwa bumi itu datar , dan bagaimana SEEKOR tuhan2an , di siksa sampe mati oleh makhluk ciptaannya ... sungguh tolol sekali pembual alkitab ini
orang
Reply| 20 Sep 2015 00:13:42
@ani
seharusnya anda buat begini

guru: yang menghapus dosa itu siapa?
Murid: hajar aswad
Guru: apakah allah swt dapat menghapus dosa?
Murid: ya, berarti allah swt=batu hajar aswad
Guru: anda sangat cerdas sekali
Murid: terima kasih guru
orang
Reply| 20 Sep 2015 00:05:12
@ani

yang paling dahsyat adalah mahabatulloh hajar aswad dapat menghapus dosa hanya dengan mengusapnya
Sedangkan Yesus dapat menebus dosa dengan proses penyaliban-Nya

sang mahabatulloh hajar aswad adalah allah swt karena dapat menghapus dosa.
Tapi allah swt masih dibawah kedudukannya daripada muhammad dan terbukti allah swt (hajar aswad) akan lebih mulia bila mendapat ciuman nabi
Margono
Reply| 19 Sep 2015 20:11:22
Ini ada lagi muslim yg menggadang-gadang sains Al'quran dengan bangganya menyajikan kebenaran ayat berikut ini:

(QS 86:11) Demi langit yang mengandung hujan,
(QS 86:12) dan bumi yang mempunyai tumbuh-tumbuhan,

Dengan bangganya si muslim berdecak kagum dengan pengetahuan si alloh swt yg maha luas tersebut, dimana si alloh swt tau ada kandungan hujan di langit....aku jadi tertawa geli.....ampuuun aku gelinya melihat betapa tololnya dan lugunya si muslim. Manusia purba yg hidup jauh sebelum Muhammad dan sebelum si alloh swt ada, sudah tau hujan turun dari langit sehingga langit mengandung air hujan.

Kemudian air hujan ini menyuburkan tumbuh-tumbuhan. Manusia purba juga sudah tau kalau kemarau panjang, maka tumbuhan pada layu sehingga manusia purba sudah tau manfaat air hujan bagi tumbuhan, bahkan bermanfaat bagi dirinya.

Tidak ada manusia purba yg membuat seperti tulisan di Al'quran QS 86: 11-12 sebagai karya sains, apa lagi untuk dibanggakan karena sebenarnya hal itu hukum alam yg dapat dilihat dengan pengamatan langsung oleh semua manusia, bukan sesuatu yg luar biasa. Koq manusia purba bisa lebih bijak dari muslim saat ini....heran saya.

Pengetahuan si alloh swt tentang manfaat air hujan kepada tumbuhan di-abad ke-7 sudah kadaluarsa dan terkesan tolol karena jauh sebelum Muhammad ada, anak kecil juga sudah tau bahwa langit mengandung air hujan dan air hujan menyuburkan tumbuh-tumbuhan.

Kenapa muslim bisa menjadi tolol begitu yaaa!. Waktu kecil kurang gizi kali atau sering sakit-sakitan sehingga daya nalarnya anchuurr.

Banyak juga yg mengaku ilmuwan muslim berpendidikan tinggi membahas sains Al'quran seperti hal di atas yg terlihat sangat konyol tanpa nalar, apa mungkin semua muslim kurang gizi dulunya sewaktu masih balita?....gak percaya saya. Menurut pendapat saya semua itu korban fanatisme saja sehingga akal sehat menjadi tumpul.
Margono
Reply| 19 Sep 2015 19:34:48
Sesuai dengan artikel di atas, kita kembali ke laptop: Syekh Bandar al-Khaibari mengklaim mataharilah yang memutari bumi, karena planet ini adalah pusat alam semesta.....anchuurr benar otak muslim, aku maklum, muslim gak pernah jadi astronot jadi otaknya bagai katak dalam tempurung.

Banyak muslim koplak di media sosial islami berkoar-koar, bahwa Al'quran berisi kebenaran sains, aku suka geli melihat sesama orang tolol saling dukung mendukung kebohongan......jadi lucu loh.

Muslim sangat kental dengan klaim sepihak, sangat kurang wawasan dan ngotot. Misal saja tentang orbit benda-benda langit. Ilmu kosmologi tentang perputaran benda-benda langit untuk pertama sekali dipaparkan oleh filsuf matematikawan Yunani kuno Phytagoras (570 SM - 495 SM) 1.100 tahun sebelum Muhammad lahir. Ilmu kosmologi tentang perputaran benda-benda langit ini kemudian diperdalam dan disempurnakan lagi oleh Plato dan dua orang muridnya Eudoxus dan Aristoteles bahkan dilengkapi gambar-gambar planet dengan garis-garis lintas orbitnya.

1.000 tahun setelah Plato, kemudian si alloh swt ngecap tentang orbit benda-benda langit....sudah ketinggalan zaman dan itu adalah hasil plagiasi dari ide awal Phytagoras, gak ada malunya nih si alloh swt mencuri karya orang lain dan mengaku itu idenya.

Muslim dengan lugunya mengadang-gadang ide orbital planet ini, berdecak kagum kepada si alloh swt dan nabinya yg ternyata pencuri karya orang lain (plagiator). Plagiator ini gak mungkin lagi bisa di tuntut karena pelakunya sudah wafat dan si alloh swt juga hanya sebongkah batu, bagaimana mungkin kita bisa menuntut batu.

Masih banyak sains Al'quran yg sebenarnya konyol bagi orang-orang berakal tetapi mengagumkan bagi orang-orang tolol.
kafir13
Reply| 19 Sep 2015 14:24:49
@aziz


wah2 jiwa loe sedang tergoncang hebat ya slemot?? Kasian deh loe

Baca lagi sejarah ajaran sesatmu dari arab itu ya slemot, GUNAKAN OTAKMU YANG BENER untuk memahami KEBEZATAN MORAL NABI DAN IBLIS SESEMBAHANMU kalau tidak ingin tersesat masuk neraka.

hahaha selamat menikmati forum ini
bestofthebest
Reply| 19 Sep 2015 10:37:13
@ani
guru: penghapus yang bikn Siapa?
Murid: manusia
Guru: manusia yang bikin siapa?
Murid: Tuhan
Guru: kenapa da olloh yang satu paket ama manusia
Murid: anu kalo syahdat ga nyebut tuh nabi dipaketin ga bisa masuk agama itu
Guru: masa?
murid: bodo..
bestofthebest
Reply| 19 Sep 2015 10:35:11
@ani
kalo tuhan islam kejam omongannya neraka ama kutuk molo.. nabinya aja ga sanggup idupin ornag dan ga ada nukjizat plus ga bisa lolos dari kematian payah nih olloh ga nolongin nabi kesayangannya dari kematiuan padahal mau ngebatalin sumpah si nabi aja buat ngeseks cepet amet nolongnya wkwk.. blom lagi mukjizat taqiah ngebelah bulan betul2 kocak wkwk
teduh
Reply| 19 Sep 2015 10:26:19
@ani

yang dongo bin goblok itu ente mana ada yahudi goblokin nasrani masalah penyaliban Yesus! justru mereka yang menyalibkan Yesus koq! lebih parah tuh ente dan muslim2 lainnya jelas2 dibodohi nabi pedofil koq ente percaya nabi model beginian dengan standar moral yang sangat rendah lebih rendah dari binatang! maklum si ani ini kan kalau berdoa naruh otaknya lebih rendah dari pantatnya jadi ya begini nih nggak bisa berpikir logis dan kritis!!
ani
Reply| 19 Sep 2015 01:51:57
Nasrani di goblokina Yahudi mw ja?
Tuhan di salib..?
Katanya wat apus dosa..
Tuhannya ja di salib &.di telanjangin g bisa nglawan
ko mw hapus dosa..
Gmna akalnya itu?
Di pantat kali?
ani
Reply| 19 Sep 2015 01:35:53
guru: penghapus yang bikn Siapa?
Murid: manusia
Guru: manusia yang bikin siapa?
Murid: Tuhan
Guru: kenapa da Tuhan yang sama ma manusia
Murid: anu di bohongi yahudi mw ja..
Guru: masa?
murid: bodo..
mbah sawer
Reply| 13 Jul 2015 21:25:57
@aziz
menuliskan ...
BLAAA...BLAAA...BLAAA.... BUKANKAH KRISTEN AGAMA WARISAN PENJAJAH YANG NOTABENENYA BERLATAR BELAKANG PAGANISME !!! HAHAHAHAHAHAH....

Respon :::
selamat datang di blog bukti dan saksi, saudara @aziz...
kalau kristen seperti kau bilang diatas adalah agama warisan penjajah yang ada latar belakang paganismenya, silakan dituliskan saja sumber2 lengkapnya disini, nanti kita pelajari bersama ya?
putih
Reply| 13 Jul 2015 17:38:51
@aziz
mana bukti klaim anda tentang agama kristen adalh warisan penjajah? Jgn beri klaim kosong tidak terbukti seperti ini, menunjukkan mental dan wawasan anda rendah.lebih rendah dari binatang, binatang tidak menipu sesamanya. Tp islam menipu umatnya.
aziz
Reply| 13 Jul 2015 14:03:14
OMONG KOSONG KRISTEN TENTANG BIBLENYA YANG MEMBAWA MALAPETAKA ITU !!! HAHAHHAHAHAHA...CAMKAN ITU BAIK2 !! BUKANKAH KRISTEN AGAMA WARISAN PENJAJAH YANG NOTABENENYA BERLATAR BELAKANG PAGANISME !!! HAHAHAHAHAHAH....
JANGAN GITU AH
Reply| 02 May 2015 16:47:06
@lala
sudah sering baca bible ya non lala? oh bagus itu. tapi hasilnya koq malah tambah ngawur...jadi yang kau baca itu bible atau al-qutang???

coba non tunjukin deh ayat bible yang mengklaim bumi sebagai pusat kehidupan...saya siap nunggu dikau mencari sampai hari kiamat...hehehe

anehnya, semakin ngawur lagi karena apa ya hubungan bumi sebagai pusat kehidupan dengan pusat alam semesta yang mengharuskan semua mengelilingi bumi??

non lala...sadar gak kalau logikamu benar-benar absurd gara-gara keracunan Islam?? kalau belum sadar...coba lagi baca tulisanmu itu dengan perlahan dan resapi kata-katamu agar dikau segera dapat menemukan cacat logika di dalamnya.... selamat menalar logika sendiri, ya!!!
JANGAN GITU AH
Reply| 02 May 2015 16:40:02
@iwan

@myunus
ente nulis :
Iwan sdh kabuur

respon :
mosok seehh...????
yang pasti banyak tulisan ane gak dimuat admin...
kedua hidup ane bukan dari blog ini....

Tanggapan:

Yang jelas ente dah kabur karena ane tabokin, ya kan? ya kan? hihihihi

Nabimu tahu apa tentang galaxy. Nothing...!
Malah ente mau ngajari nabimu pula tentang penglihatan...

apa ente mau dilaknat si Muhammad karena menyesatkan dirinya, apa ente mau menggurui nabimu yang bodoh itu?

sungguh terlalu kau!!!
hehehe
Crossway
Reply| 02 May 2015 13:07:33
@lala, anda menulis :

karena bible masa lalu mengatakan bumi adalah pusat kehidupan yang artinya matahari mengelilingi bumi, maka galileo yang punya pandangan berbeda dibunuh. ulama ini mengatakan apa yang sesuai dengan kata bible, lhakok malah di bilang kontroversi?

Respon :

Tidak ada di Bible yang mengatakan bumi adalah pusat kehidupan, bisa anda tunjukan ayatnya ??
Ulama tsb sama sekali tidak menyebut satu ayatpun dari Bible.

@KWOTE :
ingat, bible lah yang menyatakan bumi sebagai pusat tata surya,pertanyaannya kemudian, dengan adanya kebenaran ilmiah saat ini, apakah ayat dalam bible sendiri juga sudah ikut berubah??

Respon :
Tidak ada ayat seperti itu tapi silahkan anda tunjukan ayat Bible yang menyatakan bumi sebagai pusat tata surya, apabila anda bisa menunjukan ayatnya akan menjadi mudah bagi saya untuk menjawab pertanyaan anda.
lala
Reply| 02 May 2015 08:23:49
karena bible masa lalu mengatakan bumi adalah pusat kehidupan yang artinya matahari mengelilingi bumi, maka galileo yang punya pandangan berbeda dibunuh. ulama ini mengatakan apa yang sesuai dengan kata bible, lha kok malah di bilang kontroversi? ingat, bible lah yang menyatakan bumi sebagai pusat tata surya,pertanyaannya kemudian, dengan adanya kebenaran ilmiah saat ini, apakah ayat dalam bible sendiri juga sudah ikut berubah??mohon jangan dihapus ya komennya, makasih
kozack
Reply| 31 Mar 2015 00:41:25
@myunus
Blajar yng bnr kalo mw banggakan agamamu bukan dngan mnjelekan agama orng .. tunjukan kbenaran agamamu jg tingkah lakumu. Stiap orng pny keyakinan masing masing.
myunus
Reply| 30 Mar 2015 18:50:23
@bro hun
Iwan lagi terguncang hebat imannya, iwan sedang mempertanyakan dlm hatinya, benarkah nabi muhammad seperti itu ??? Sebentar lg iwan bakal atheis. Slamat wan teruslah merenung, cari kebenaran, minta Tuhan Sejati menolongmu seperti DIA menolong saya. Undanglah Jesus agar bertemu dgnmu wan. Beda ma si allah swt, yg kau teriak pake toa juga gak bakalan muncul. Jesus pasti muncul jika kau undang. Tinggalkan islam segera wan sblum terlambat, trimalah Jesus.penghuni surga
Fetching more Comments...
↑ Back to Top