FHTH Minta Tolong

Ada dua orang buta yang duduk di pinggir jalan mendengar, bahwa Yesus lewat, lalu mereka berseru: "Tuhan, Anak Daud, kasihanilah kami!" Matius 20 : 30

 

 

Ketika kita masih kecil, tentu kita sering meminta tolong kepada orang yang lebih dewasa, baik itu orangtua atau saudara untuk melakukan sesuatu diluar kemampuan kita. Contohnya kita minta tolong diikatkan tali sepatu. Setelah kita semakin dewasa, maka kebiasaan minta tolong itu biasanya semakin lama semakin terkikis karena kita merasa sudah semakin kuat dan bisa melakukan ini itu. Parahnya, ketika dewasa kita menganggap minta tolong adalah sesuatu yang tabu karena itu seakan menunjukkan diri kita tak mampu atau bodoh. Sehingga tak heran, hari ini banyak orang berlagak kuat dan tegar padahal hatinya rapuh karena gengsi meminta tolong kepada orang lain. Gengsi curhat kepada orang tua atau sahabat karena takut dianggap lemah. Padahal, tak ada manusia yang sempurna. Sehebat apapun kemampuan kita, kita tetap membutuhkan bantuan dari orang lain untuk sesuatu yang tak mampu kita kerjakan atau tuntaskan.

Saudara-saudaraku, minta tolong bukanlah hal memalukan, karena saat kita berani meminta tolong, akan ada bantuan dari pihak luar untuk menyelesaikan masalah kita. Dalam Alkitab diceritakan ada dua orang buta yang mendengar Yesus lewat. Segera saja mereka berseru-seru memanggil Yesus sampai orang-orang di sekitar mereka kesal dan menegor mereka agar diam. Usaha mereka tak sia-sia karena Yesus mendengar dan kemudian berhenti, lalu memanggil mereka. Yesus bertanya apa yang mereka minta. Mereka minta agar bisa melihat dan Tuhan kabulkan permintaan mereka. Cobalah kita bayangkan kalau dua orang buta ini gengsi meminta tolong atau tak mau ribut dengan orang banyak karena berteriak-teriak, mereka akan tetap menjadi orang buta sampai mati.

Saudara-saudaraku, Tuhan ingin kita mengambil sikap seperti dua orang buta yang mau berteriak minta tolong, bukannya diam seribu bahasa dan bergaya seolah-olah semuanya oke. Beranilah meminta tolong kepada sahabat, pendeta atau orang tua ketika mengalami beban berat. Berdoa kepada Tuhan sudah sangat baik, namun Tuhan baru bisa menolong kalau kita mau terbuka kepada-Nya atau kepada seseorang yang kita percaya. Anda hari ini butuh bantuan? Jangan malu meminta tolong kepada orang lain, terutama kepada Tuhan.

 

 

Jangan malu meminta tolong.

 


Add a Comment
No comments yet
↑ Back to Top