FHTH Kecil Seperti Laher

Ada empat binatang yang terkecil di bumi, tetapi yang sangat cekatan. Amsal 30 : 24

 

 

Laher (bola kecil) letaknya tersembunyi dari pandangan, namun amat penting bagi semua peralatan yang berputar atau bergulung seperti turbin, pembangkit tenaga, gagang setir, roda, yoyo, serta motor elektrik dalam berbagai peralatan mulai dari refrigerator dan pembuka kaleng. Laher amat membantu gerakan menjadi efisien dan tingkat gesekannya menjadi rendah. Bola laher terbuat dari bahan logam, keramik, atau plastik. Beratnya bervariasi, mulai dari hanya beberapa gram sampai ratusan kilogram. Terlepas dari beragamnya pemakaian, laher bisa menahan beban dan desakan yang cukup besar, karena suatu bulatan melakukan kontak pada bagian tertentu pada satu titik.

Keluarga yang Dikasihi Tuhan, mungkin saat ini sebagian kita tinggal dalam satu situasi yang pas-pasan, keuangan biasa-biasa saja, pekerjaan tidak terlalu high class, kita pun tak memiliki talenta yang spesial, namun betapapun kecilnya peran kita dalam apapun lingkungan di sekitar kita, kita tetaplah orang yang berharga. Walaupun lingkungan memberikan kita cap "orang kecil", kita tetaplah orang penting yang dibutuhkan. Tuhan menciptakan ada binatang yang besar atau binatang yang kecil, orang kaya atau orang miskin, orang cacat atau orang sempurna, orang bertubuh pendek atau orang bertubuh tinggi dengan tujuan saling melengkapi. Cobalah bayangkan kalau semua orang hari ini kaya. Siapa yang mau menjadi pembantu, atau siapa yang mau jadi tukang sampah? Kalau hari ini semua orang baik dan tak pernah ada tindak kejahatan, lalu bagaimana kita bisa mempraktekan kasih dan belajar berempati dengan kesulitan orang lain? Kalau hari ini semua orang terlahir sempurna dan hebat, bagaimana kita bisa belajar saling melengkapi dan menolong?

Keluarga yang Dikasihi Tuhan, jangan rendah diri kalau hari ini kita terlahir sebagai "orang kecil". Jadilah seperti laher yang walaupun kecil namun berdaya guna sangat besar. Kecil tidak selalu identik dengan kekurangan atau kelemahan, namun sesuatu yang kecil pasti tetap memiliki nilai tinggi kalau kita mau memanfaatkannya sebaik mungkin dan terus bertekun dalam memperbaiki diri.

 


Add a Comment
No comments yet
↑ Back to Top