Berani Mengakui Dosa

Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. (Yakobus 5 : 16)

 

 

Bila kita sakit dan tak kunjung sembuh, apa yang akan kita lakukan? Pergi ke dokter. Betul. Misalkan kita sakit perut dan tak kunjung sembuh. Saat dokter memeriksa kita dan menanyakan apa saja yang kita rasakan, tentu kita akan mengatakan berbagai keluhan seputar perut kita. Mungkin kita mual dan makanan yang dimakan selalu dimuntahkan. Tidak mungkin kan kita berkata seputar masalah mata. Butuh kejujuran dan keterbukaan kepada dokter agar dia bisa mampu memberikan diagnosi dan obat yang tepat. Setelah diperiksa dan kita mematuhi apa yang dokter suruh, besar kemungkinan kita akan sembuh. Namun kalau kita tidak patuh, jangan harap penyakit kita akan sembuh.

Saudaraku, tak ada seorang pun di bumi ini yang bebas dari dosa. Sadar atau nggak sadar, kita selalu buat dosa tiap hari. Kita bisa jatuh dalam dosa kebohongan, pikiran cabul, iri hati, serakah, dan lain-lain. Ada dosa-dosa tertentu yang terus berulang, namun kita tak tahu bagaimana cara kita terbebas dari dosa itu. Kalau hari ini kita terikat dosa tertentu dan tidak tahu bagaimana caranya terbebas, Firman Tuhan sudah berikan jalan keluarnya. Beranilah mengaku dosa kepada orang yang dapat kamu percaya dan rohani. Kalau kamu pendam sendiri satu dosa yang mengikatmu, kamu memang tetap akan diampuni oleh Tuhan. Namun kamu nggak akan sembuh. Jangan takut ngaku dosa kepada seseorang, karena itu justru menunjukkan kamu mau disembuhkan. Kamu membawa dosa itu kepada terang sehingga dosa itu kelak tidak mampu mengikatmu lagi. Kamu akan dibantu oleh saudara-saudari seiman sehingga bisa bebas.

Apapun dosa yang mengikatmu saat ini, jangan takut mengakuinya agar kamu mendapat kesembuhan. Hati Tuhan disenangkan saat kita tidak mau menutup-nutupi satu dosa yang berulangkali kita lakukan. Mau terbuka dan berterus terang pada saudara seiman adalah syarat mutlak kita bisa sembuh. Jangan takut melakukannya kalau kamu serius melawan dosa. Tidak ada manusia yang tak pernah buat dosa, sehingga jangan takut mengaku dosa.

 

 

Jangan takut mengaku dosa: Keterbukaan awal dari Pemulihan.

 


Add a Comment
No comments yet
↑ Back to Top