FHTH Menjaga Kebersihan Hati

Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Amsal 4 : 23

 

 

Tahukah Anda jika dudukan toilet masih lebih bersih daripada peralatan kantor tempat Anda bekerja? Perangkat kerja kantor seperti telepon, monitor, keyboard, dan mouse adalah tempat tersimpannya banyak bakteri. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan Charles Gerba, seorang peneliti dari Arizona University. Penelitiannya membuktikan jumlah rata-rata bakteri dalam monitor komputer adalah 20.961, keyboard komputer 3.295 dan mouse 1.676. Jumlah bakteri terbanyak ada di telepon yaitu sekitar 25.127 bakteri. Sedangkan bakteri pada dudukan toilet hanya sekitar 49 bakteri karena toilet sering dibersihkan. Bakteri-bakteri itu berbahaya bagi kesehatan karena bisa menimbulkan penyakit flu, radang paru-paru, dan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Tak perlu takut atau gundah karena solusinya cukup sederhana yaitu bersihkan peralatan kantor secara rutin dengan kain lap yang sudah ditetesi alkohol. Ini akan membuat bakteri berkurang hingga 99%, untuk telepon cukup dibersihkan dengan mengoleskan lotion ke gagang telepon lalu bersihkan dengan kapas.

Kesehatan tubuh yang prima tentu sangat ditunjang oleh seberapa serius kita melakukan kebersihan diri. Sama seperti tubuh jasmani yang akan selalu sehat dan tak mudah sakit kalau kita mau melakukan beberapa tindakan positif, salah satunya menjaga kebersihan, tubuh rohani pun akan selalu sehat saat kita menjaga kebersihan hati. Setiap hari kita pasti akan mengalami berbagai kejadian, ada kejadian yang menyenangkan, ada pula yang tidak. Ada kejadian yang membuat kita semangat, ada kejadian yang membuat kita sakit hati. Sejelek atau seburuk apapun keadaan yang kita alami hari ini, kita tetap bisa bersukacita dan menjaga sikap hati kita tetap benar dihadapan Tuhan saat kita rutin membersihkan hati. Jangan pendam sakit hati kepada pelanggan Anda, kemarahan Anda kepada atasan, atau ketidakpercayaan Anda kepada seseorang sehingga hati Anda kotor dan kalau dibiarkan akan membuat Anda sakit secara jasmani. Bersihkan hati Anda setiap hari dengan mudah mengampuni kesalahan orang lain, segera membereskan masalah dengan seseorang yang membuat hati Anda bermasalah, dan tidak melebih-lebihkan kesalahan orang lain.

Tak ada seorang pun yang tahu isi hati Anda kecuali Tuhan dan diri Anda. Hanya Anda sendiri dan Tuhan yang mampu membersihkan hati Anda. Jaga hati Anda tetap kudus dan berkenan dihadapan Tuhan dengan rutin membersihkan setiap saat dan selalu mengisi hati Anda dengan hal-hal yang positif sehingga Anda pun akan menuai hasil yang positif.

 

Senantiasa bersihkan hati.

 


Add a Comment
No comments yet
↑ Back to Top