FHTH Meniru Yesus

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Matius 7 : 21

 

 

Menurut Anda, bagaimana cara Anda mengenal nama suatu negara yang baru pertama kali Anda kunjungi? Katakanlah mata Anda ditutup dan Anda di bawa pergi ke Kota Paris, Perancis. Anda akan bisa mengenali itu Kota Paris dari bahasa yang penduduk setempat ucapkan, bentuk bangunannya, cara mereka berbusana, adat istiadatnya dan bendera negaranya. Anda bisa tahu seseorang menguasai ilmu Karate saat dia memperagakan jurus-jurus Karate dengan lincah. Anda bisa tahu seseorang adalah seorang penyanyi saat dia menyanyi dengan baik. Lalu bagaimana cara kita mengetahui orang Kristen yang benar-benar melakukan perintah Tuhan dengan seseorang yang hanya sekedar mengaku-ngaku dirinya Kristen? Mudah, lihat saja bagaimana dia melakukan kehendak Tuhan dalam hidupnya.

Tuhan Yesus memberikan ciri-ciri yang sederhana tentang murid-Nya yaitu murid-muridNya pasti saling mengasihi (Yohanes 13 : 34 – 35). Walaupun KTP kita Kristen dan setiap minggu kita datang ke gereja, atau setiap hari kita baca Alkitab, namun jika untuk mengampuni orang yang berbuat salah saja kita tidak mau, kita berarti bukan murid Yesus. Seorang murid pasti melakukan apa yang gurunya lakukan dan ajarkan. Kalau sang guru mengajarkan saling mengampuni, pasti muridnya akan mengampuni juga. Kalau sang guru tidak kuatir dengan masalah sehari-hari, muridnya pun pasti demikian. Kalau gurunya membalas kejahatan dengan kebaikan, sang murid pasti akan meniru tindakan gurunya. Kalau sang guru mau bergaul dengan orang berdosa dan peduli dengan kesusahan mereka, muridnya pasti juga akan melakukannya. Seorang murid dikatakan lulus ujian kalau sudah berhasil menjalankan semua perintah gurunya.

 

 

Ringkasnya : Sudahkah kita menjadi seorang murid Kristus yang meniru Kristus? Banyak sekali tindakan Kristus yang tertulis di Alkitab, sudahkah kita berusaha menirunya? Menjadi seorang Kristen tidak hanya cukup hapal seluruh isi Alkitab atau tidak pernah bolong saat teduh, namun yang terpenting setiap hari kita meniru apa yang Yesus lakukan. Tuhan akan mengenal kita sebagai murid-Nya bukan karena tiap hari kita gembar-gembor tentang firman, namun dari setiap tindakan kita yang meniru tindakan-Nya.

 

 

Gunakan hidup yang kita punya untuk meneladani tindakan Yesus.

 


Add a Comment
No comments yet
↑ Back to Top