FHTH Mengabdikan Ilmu

Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu. Lukas 10 : 19

 

 

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Surono bersama 21 lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) menerima penghargaan Ganesa Widya Jasa Adiutama dari ITB. Penghargaan itu diterima Surono karena ia dinilai sebagai alumnus yang berjasa, berprestasi, juga dalam pengabdian masyarakat. Surono merasa bangga dan bersyukur karena melalui pekerjaannya ia bisa memanfaatkan ilmu dan teknologi untuk kemanusiaan. Ke depan ia ingin membuktikan bahwa ia bisa lebih baik lagi. Surono berkata bencana alam di Indonesia tak akan berhenti dan tak jarang itu menimbulkan korban jiwa. Ilmu pengetahuan diharapkan menjadi jawaban untuk menekan jatuhnya korban jiwa.

Saudaraku yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Surono adalah satu dari sekian banyak orang yang mengabdikan ilmunya untuk kebaikan sesama. Saya percaya setiap kita pun sesungguhnya dibekali ilmu oleh Tuhan. Ada diantara kita yang jago nyanyi dan main musik, jago melukis, jago menulis, jago mengoperasikan program komputer, jago mengurus orangtua yang sudah pikun atau sakit-sakitan, hebat dalam memotivasi orang, dll. Nggak ada satu pun diantara kita yang nggak punya talenta dan banyak di antara kita berhasil menjadi orang sukses karena berhasil memaksimalkan talenta. Pertanyaannya sekarang, apakah kita menggunakan talenta itu untuk kepentingan diri sendiri, atau kita menggunakan talenta itu untuk kebaikan sesama?

Dalam Kisah Para Rasul, akan kita dapati para rasul menggunakan talenta atau lebih tepatnya kuasa yang diberikan Tuhan Yesus untuk melakukan banyak perkara bermanfaat bagi sesama. Salah satu contohnya ketika Petrus dan Yohanes masuk ke bait Tuhan dan melihat seorang yang lumpuh. Petrus tak diam saja melihat keadaan orang lumpuh itu, namun dia menyembuhkannya demi nama Tuhan Yesus, sehingga kesembuhan pun terjadi. Dalam kesempatan lain Petrus juga menyembuhkan Eneas dan membangkitkan Dorkas. Petrus nggak menyimpan kuasa Tuhan untuk dirinya sendiri, namun ia gunakan kuasa itu untuk menolong banyak orang.

Saudaraku yang terkasih dalam nama Tuhan Yesus, marilah kita menjadi murid Yesus yang menolong sebanyak mungkin orang melalui talenta yang Tuhan berikan kepada kita. Tuhan ingin kita sebagai murid-Nya tak hanya sibuk ″memperhebat dan memperbesar″ diri sendiri, namun kita juga mau menggunakan talenta dan kuasa yang kita punya untuk membuat hidup sesama kita menjadi jauh lebih baik.

 

 

Gunakan talenta untuk menolong sesama khususnya untuk Injil Kristus.

 


Add a Comment
No comments yet
↑ Back to Top