Blog / Lima Pria Didenda Rp 100 Ribu Gara-gara Makan Siang Saat Ramadhan

“Dan ketika kamu berpuasa, janganlah menjadi seperti orang-orang munafik yang muram, karena mereka mengubah air mukanya sehingga mereka terlihat sedang berpuasa oleh manusia. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, bahwa mereka sedang menerima pahalanya.

Namun engkau, selagi berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah wajahmu, sehingga engkau tidak terlihat sedang berpuasa oleh banyak orang, kecuali oleh Bapamu yang ada dalam ketersembunyian; dan Bapamu yang melihat dalam ketersembunyian, Dia akan membalas kepadamu dalam keterbukaan.” (YESUS Kristus – Matius 6:16-18)

 

TRIBUNNEWS.COM, BANJARMASIN - Gusti Aditya Candra, Asegap Rahmad, Mirza, Syaifullah, dan Anjar Sawaji terlihat malu usai keluar ruang sidang Pengadilan Negeri Banjarmasin, Selasa (23/6/2015).

Kelimanya disidang di Pengadilan Negeri Banjarmasin karena melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 tahun 2005 tentang larangan kegiatan makan minum siang hari di bulan Ramadhan.

Akibat perbuatan itu, oleh majelis hakim PN Banjarmasin yang diketuai Teguh Santoso, mereka didenda Rp 100 ribu rupiah perorang.

Kelimanya ditangkap Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Banjarmasin di sebuah rumah di Jalan Gatot Subroto, Senin (22/6) pukul 13.00 Wita.

Tidak hanya mendenda kelimanya, Hakim Teguh Santoso juga mendenda pemilik rumah makan dengan membayar denda Rp 250 ribu.

Di hadapan hakim, kelimanya beralasan tidak tahan berpuasa karena bekerja sebagai sales.

"Saya tidak tahan berpuasa pak hakim," kata Anjar Sawaji. -

 


Add a Comment
| 17
alvin
Reply| 02 Jul 2015 13:58:41
puasa boleh ditinggalkan salah satunya adalah bila mempunyai pekerjaan yang dirasa cukup berat.
tetapi bila meninggalkan puasa wajib membayar denda/kaffarat yaitu :
- memberi makan fakir miskin sebanyak hari puasa yang ditinggalkannya, bila tidak mampu maka hanya membayar kaffarat dengan 3 biji kurma tapi bila masih tidak mampu maka cukup membayar seteguk air putih saja.
- atau menggantinya saat dia merasa pekerjaannya tidak berat lagi.

tetapi berat tidaknya tergantung keimanan seseorang ada tukang becak yang sanggup puasa dan ada sales yang tak kuat puasa semua kembali ke individu, masing2

thanks!
bestofthebest
Reply| 26 Jun 2015 18:06:46
@John Calvin
yang kaya gitu uda sering banget gw katain muslimnya tapi alibinya gw anti yahdui tapi ga anti teknologi emag eknapa pake buatan yahudi yang penting kan cara makennya wkwk.. sama kaya urusan babi haram tapi tergantung saatnya kalo perlu bioleh dimakan wkwk.. atau agama demi kalo perlu bisa jadi agama perang wkwk
John Calvin
Reply| 25 Jun 2015 07:47:21
@Jidal
Nulis :
Munafik luh....

Tanggapan:
coba pikir secara netral siapa yang munafik
agama ISLAM mengajarkan untuk benci YAHUDI, akan tapi :
1. searching dengan google (suatu produk Yahudi)
2. punya akun Facebook
3. suka makan di KFC, MCD, Pizza Hut, Starbuck yang milik Yahudi
4. Belajar ilmu Fisika dari Opa Einstein dll (katanya gak boleh belajar dari orang Kafir)
5. suka minum coca cola, SPRITE, Fanta dll
6. Minum obat yang di ciptakan orang KAFIR

itu baru segelintir, nyadar gak ISLAM itu MUNAFIK.
silakan simak jangan dengan pikiran terbuka.
Jidal
Reply| 24 Jun 2015 21:21:04
@Dearest
Asbun lu...sok suci, dasar kafir..,kalo agama elu toleransi, ngapain juga ngebujuk2 orang islam supaya masuk kristen dengan iming2 supermi, beasiswa dll...mikir lu...sebelum nunjuk ke orang....tunjuk hidung elo sendiri....misionaris2 jaman kompeni sampe sekarang ngebujuk orang islam masuk kristen..., emang gitu caranya ya....lempar batu sembunyi tangan....
Munafik luh....
Klo agama elu teloransi....ngapain juga ada situs ini...
Bener2 setan lu....maling teriak maling lu....
mbah sawer
Reply| 24 Jun 2015 20:09:17
@kheoz
toleransi menurut muslim adalah kepatuhan non muslim terhadap tata cara muslim, namun belum tentu sebaliknya...
toleransi adalah istilah yang tidak disukai muslim...
kheoz
Reply| 24 Jun 2015 18:39:05
jadi ini yang namanya agama yang TOLERANSI..
toleransinya dimana ????
ada yang bisa jawab para muslim??
trus maksud Toleransi dalam agama muslim itu apa???
Dearest
Reply| 24 Jun 2015 17:59:05
Namanya juga munafik....biar dianggap suci...biar dipuji2...kebetulan aja pas bulan puasa jadi banyak yang puasa banyak temen2nya terutama di indonesia...biar dipuji kalau lagi puasa...

Kalau udah selesai yang bolong2 hukumannya cuman nebus puasanya, trus bikin pengumuman " oh saya sedang puasa lho nebus yang kemarin" biar dianggap wuiiihhhh.....

Tau tuntas tau nggak...selesai bulan puasa juga pada bejad lagi...munafik!!

Tutup donk restoran2 yang pemiliknya orang muslim saat bulan puasa, coba anda sendiri muslim yang sedang kelaparan trus batal?? Kalau ketahuan langsung aja PANCUNG

Hormati juga Gereja yang sedang mengadakan ibadah/natal, jangan trus di bom, dibakar, dilempari batu...Memang sifat duniawi manusia itu yangg menolak kebenaran adalah Penindasan, Pembunuhan, Kekerasan terhadap yang minoritas...hatinya tertutup oleh Kebenaran jadinya penuh dengan kebencian, dengki, iri hati, jahat, seperti iblis
kevin
Reply| 24 Jun 2015 15:19:35
“Dan ketika kamu berpuasa, janganlah menjadi seperti orang-orang munafik yang muram, karena mereka mengubah air mukanya sehingga mereka terlihat sedang berpuasa oleh manusia. Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, bahwa mereka sedang menerima pahalanya.

Namun engkau, selagi berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah wajahmu, sehingga engkau tidak terlihat sedang berpuasa oleh banyak orang, kecuali oleh Bapamu yang di sorga, Dia akan membalas kepadamu.

Jangan seperti Muslim minta penghormatan & di ketahui bahwa mereka sedang menjalankan ibadah puasa.
lovefaithfull
Reply| 24 Jun 2015 15:09:00
setuju dengan pendapat cempluk, bukankah lebih mulia kalo kita berbagi kebahagiaan dan berbagi kelebihan yg ada pada kita dgn saudara2 yg berkekurangan, daripada kita yg sudah berkecukupan melakukan puasa agar "katanya" bisa ikut merasakan penderitaan saudara2 yg berkekurangan, yang pada realitanya tidak spt itu, memang betul berpuasa tapi saat berbuka mengkonsumsi makanan yg "lebih dari hari2 biasanya", dan itulah sebabnya harga2 makanan pokok semua naik krn mengikuti hukum ekonomi dimana permintaan tinggi otomatis harga naik, bukankah ini aneh yg seharusnya saat berpuasa logikanya kebutuhan berkurang, tetapi kenyataan justru sebaliknya ?
cempluk
Reply| 24 Jun 2015 13:09:36
@muslim

anda sering mendengar kemuliaan puasa? supaya ikut merasakan penderitaan orang lain?

ijinkan cempluk memberikan ajaran yang lebih mulia....
dari pada ikut merasakan penderitaan orang lain, akan lebih mulia kalau anda membagikan kebahagiaan yang anda rasakan kepada orang-orang yang selama ini menderita...
dan tidak perlu dibatasi waktu 1 bulan, tapi 12 bulan setahun...

bagaimana slimer?

jika anda berkoar2 ikut merasakan penderitaan orang lain, bagaimana dengan orang2 yang selama ini menderita, apakah mereka bebas dari puasa agar mereka sejenak lepas dari deritanya?

jadi apa artinya anda berlapar2 slimer? tidak ada...
hanya slogan2 memuakkan yang diteriakkan agar terlihat mulai

pikirkan slimer....
salam
USTADZ MENJAWAB
Reply| 24 Jun 2015 08:31:32
ISLAM adalah agama dunia yg coba2 menjiplak agama sorga.
Lihat itu puasa ramadan, dari mana asalnya? Simak yg jeli, wahai teman2 Muslim?! Itu bukan hasil wahyu, melainkan hasil plagiat Muhammad atas puasa Yahudi awalnya (yaitu puasa Asyura). Tahun berikutnya, baru Muhammad gantikan dg puasa Ramadhan setelah diprotes sama sahabat2nya yg malu karena menjiplak puasa Asyranya Yahudi!

Begitu pula dg shalat Jumatan:
Dalam Al-Sira al-Nabawiya oleh Ibn Hisham (2:154) kita membaca: “Ketika Muhammad hijrah ke Medinah, orang-orang Muslim berkata kepadanya, ‘Orang Yahudi mempunyai hari Sabat sebagai hari untuk berkumpul, beribadah dan mendengar ceramah. Orang Kristen juga mempunyai hari untuk berkumpul, beribadah dan mendengarkan khotbah. Tetapi kita orang Muslim tidak mempunyai hari khusus dimana kita dapat berkumpul untuk beribadah kepada Allah seperti teladan Para Ahli Kitab’. Oleh karena itu, ia menyarankan hari Jumat kepada mereka”.
hans
Reply| 24 Jun 2015 08:05:46
5 orang ditangkap satpol pp saat kedapatan makan disebuah warung
pertanyaanya satpol pp nya puasa tidak .
myunus
Reply| 24 Jun 2015 07:31:42
Emang umat iblis, iblis diikat dalam tubuh muslim.
Nurani
Reply| 24 Jun 2015 02:52:16
mangkanya lebih baik murtad aza dari pada jadi manusia zombi dan munafik
Margono
Reply| 23 Jun 2015 23:10:23
Aku pernah ke Banjarmasin saat bulan ramadhan dan tidak tau ada perda No 4 tahun 2005. Setibanya di hotel, aku pesan makan siang, staf hotelnya ketakutan dan mengatakan agar aku jangan bicara keras-keras. Aku heran kenapa jadi ketakutan nih si pelayan. Saya sudah jelaskan kepada si pelayan bahwa saya non muslim dan saya dalam kawasan hotel. Dia jelaskan perda tsb kepadaku dan akhirnya aku makan siang sembunyi-sembunyi di kamar.

Aku terima keadaan itu sambil berkata dalam hati: "aku sedang berada disuatu kota dengan perda untuk masyarakat diskriminatif primitif". Perda sialan dan pemkot sialan yg membuat saya terancam makan siang. Perda konyol ciptaan manusia-manusia konyol.
ungke
Reply| 23 Jun 2015 22:58:49
Padahal daerah ini sangat terkenal dengan para bandar dan pengedar SS,juga sebagai pusat kejahatan pencurian kendaraan bermotor di kalimantan, dan juga hampir 70% penjahat dikalimantan berasal dari daerah ini, daerah ini juga terkenal dengan adat Kawin muda dan kawin siri, banyak perempuan muda berumur 15 tahun yang sudah menjadi janda untuk ke 3 bahkan ke 4 kalinya...
Ini adalah fakta didepan mata saya karena saya adalah orang Kalimantan timur dan perna tinggal di daerah TANJUNG ADARO yang mayoritas penduduknya adalah orang BANJAR
Saya sudah 3 kali dibohongi dalam bisnis dengan para HAJI dari daerah ini...saran saya jika ingin berbisnis dengan orang dari daerah ini ..harus hati hati...berbohong adalah hal biasa disini.
Fetching more Comments...
↑ Back to Top