Blog / Tragedi Melempari Setan - Korban Tewas dalam Musibah di Mina Kini Capai 717 Orang

 Mina stampede death toll rises to 453

The Prophet was asked, "Which is the best deed?" He said, "To believe in Allah and His Apostle." He was then asked, "Which is the next (in goodness)?" He said, "To participate in Jihad in Allah's Cause." He was then asked, "Which is the next?" He said, "To perform Hajj-Mabrur. " (Bukhari)

 

MINA, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi kembali mengumumkan jumlah korban akibat musibah di Mina yang terus bertambah. Kini, jumlah korban tewas tercatat lebih dari 700 orang.

Dilansir dari akun Twitter resminya, otoritas pertahanan sipil Arab Saudi menyatakan bahwa korban tewas mencapai 717 orang. Sedangkan korban luka akibat peristiwa ini mencapai 863 orang.

Hingga kini, belum diketahui mengenai kepastian jumlah korban yang berasal dari Indonesia. Sebelumnya, seorang warga negara Indonesia dilaporkan menjadi korban dalam musibah itu. Belum diketahui apakah korban asal Indonesia tersebut tewas, atau menderita luka.

Hingga saat ini, tim evakuasi dari Konsulat Jenderal RI di Jeddah masih melakukan pencarian mengenai kemungkinan bertambahnya jumlah WNI yang menjadi korban.

"Dari pengecekan di lapangan, diidentifikasi 1 orang jemaah WNI menjadi korban dalam musibah tersebut," ujar Wakil Duta Besar RI untuk Arab Saudi, Sunarko, melalui Direktorat Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil menjelaskan kronologi kejadian. Menurut Djamil, peristiwa terjadi di Jalan 204 saat rombongan haji melakukan prosesi lempar jumroh di Mina. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

"Ada serombongan jemaah haji yang jalan, tiba-tiba berhenti. Berdesakan, didesak dari belakang," kata Abdul Djamil.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang insiden Mina hari ini:

1. Terjadi pagi hari

Menurut Ketua Komisi VIII Saleh Partaonan Daulay peristiwa naas itu terjadi pada pukul 7 pagi. Jemaah melakukan pelontaran jumrah saat pagi untuk menghindari hawa terik di siang hari.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir menambahkan, awalnya jemaah menuju tempat lontar jumrah di antara tenda-tenda di Mina.

“Karena ada sekelompok jemaah yang tiba-tiba berhenti, sehingga terjadi penumpukan dan desak-desakan,” katanya.

 

2. Jumlah korban

Sampai dengan berita ini diturunkan, ada 717 korban meninggal dunia dan lebih dari 800 jemaah terluka. Keberadaan korban asal Indonesia masih belum jelas.

 

3. Bukan tragedi yang pertama

Jemaah haji terinjak-injak bukan tragedi yang pertama. Pada 1990, 1.426 jemaah haji meninggal akibat desak-desakan dan saling injak di terowongan Haratul Lisan. Terowongan ini menghubungkan antara tempat melempar jumrah dan Haratul Lisan yang biasa digunakan sebagai tempat mabit (menginap) bagi jemaah haji. Dilaporkan oleh Antara, 631 orang korban meninggal adalah jemaah asal tanah air.

Kasus meninggalnya jemaah haji akibat terinjak-injak kembali terjadi pada 1998 di jembatan penyeberangan Jamarat, Mina. Musibah berawal dari jatuhnya sejumlah jemaah yang kemudian memicu kepanikan jemaah lain yang berada di lokasi kejadian. Tercatat sekitar 180 jemaah meninggal dunia akibat kejadian ini.

Kejadian yang sama di jembatan tersebut berulang pada 2001, 2003, 2004, dan 2006.

 

Sumber: kompas.com

 

 


Add a Comment
| 291
BIDADARI 73
Reply| 28 Oct 2015 09:25:57
@muslim

ENTE BENAR-BENAR BAHLUL SOB.....KALO MAU DEBAT SANGGAH DONK PERTANYAAN HUN DAN SIH ORANG....ENTE KELIATANNYA BEBAL BENER....HAHAHHAHAHAAAA
cempluk
Reply| 27 Oct 2015 23:26:44
@muslim menulis:
sedang nunggu waktunya mencabut nyawa elo.... dan memanggang elo dineraka

cempluk menulis:
alloh kok suka membunuh dan memanggang manusia ya? ini Tuhan apa setan sih...?
John Calvin
Reply| 27 Oct 2015 23:14:48
@muslim
Setuju allah swt itu ada. Dan memang kenyataan ada dalam wujud BATU HITAM. bagusnya sih dijadiin BATU AKIK Aja yah.
Hun
Reply| 27 Oct 2015 22:51:04
@muslim menulis:
Allah SWT itu ada, Hun..!

Respon:
Faktanya...allah swt langsung hilang kiprahnya setelah muhammad mati..
Bahkan muhammad sendiri tidak pernah berkomunikasi langsung dengan allah swt...
Jelas allah swt hanya ada dalam hayalan muhammad..

@muslim menulis:
sedang nunggu waktunya mencabut nyawa elo.... dan memanggang elo dineraka

Respon:
Coba jelaskan...bagaimana sesuatu yang hanya ada dalam hayalan manusia yang sudah mati...bisa mencabut nyawa saya, dan memanggang saya di neraka??
sfsf
Reply| 27 Oct 2015 10:37:24
Kutukan penyembah batu hitam.
myunus
Reply| 22 Oct 2015 23:11:42
Si arab onta saudi telah menipu seluruh dunia dengan memalsukan jumlah korban tumbal yang sebenarnya 2.100 lebih menjadi hanya 700 lebih. Di rumah si allah saja onta arab saudi berani berbohong. Sama seperti si cabul muhammad nabi islam yang suka berbohong. si allah adalah penipu terakbar khairul makirin demikian juga si cabul muhammad nabi islam yang sekarang dipraktekkeun oleh onta arab saudi. Pahaaaam muslim ????
Muslim memang idiot bodoh. Hitung2an matematik si onta arab persis sama bodohnya dengan si cabul muhammad nabi islam
muslim
Reply| 19 Oct 2015 23:17:02
Hun

menulis:
Saya ulangi lagi pertanyaan saya..tolong dijawab ya??
"KENAPA ALLAH SWT LANGSUNG MENGHILANG SETELAH MUHAMMAD MATI??"
"APAKAH ALLAH SWT IKUT MATI??"
"aTAU ALLAH SWT HANYA ADA DALAM HAYALAN MUHAMMAD??"

Respon:
Allah SWT itu ada, Hun..!
sedang nunggu waktunya mencabut nyawa elo.... dan memanggang elo dineraka
muslim
Reply| 19 Oct 2015 23:13:28
@Crossway
Reply| 17 Oct 2015 21:16:55 to
@muslim

Mas Bro, bisakah anda menenangkan diri anda dan kembali fokus ke TEMA DI ATAS ???
Di halaman ini kami sedang membicarakan lebih dari 1000 kaum penyembah batu berhala yang tewas mengerikan diazab oleh YAHWEH, Elohimnya para Nabi Israel.

Respon:
ooooohhh 1000 muslim yg abis melempar setan itu diazab sama YAHWEH Elohimnya para nabi israel... jadiii Yahweh marah mengazab muslim yg melempar setan/iblisss...!!??

ooooohhh panteeeees di kitab ayub, iblis itu salah satu dari anak-anak allah; jadiiii YAHWEH itu adalah anak allah yg jadi iblis........ jadi YAHWEH itu Iblis sebenarnyaaaa oooohhhh bisa bisa bisa......
wakakakaaakk........

tapi kenapa ya yg diazabnya kok cuma 1000.....???
kenapa gak semuanya yaaa..?????
mungkin yg 1000 itu yg pas nimpuk kena batok kepala Yahweh/Iblis yg botak itu... panteees panteees maraaaahhh
Haaak hak hak hak hak hak hak.....
Hun
Reply| 18 Oct 2015 06:35:22
@muslim menulis:
he he he he he........... trus trus yg nentuin takdir ciapeeee pluk???????

Respon:
Yang pasti bukan si allah swt...
Karena allah swt hanya ada dalam hayalan muhammad..
Makanya allah swt ikut lenyap setelah muhammad mati...
Hun
Reply| 18 Oct 2015 06:18:22
@muslim
Koq kamu lari-lari mulu??
Gak mampu menyanggah saya ya??
hahaha..gak usah kecil hati slim...allah swt pun tidak akan mampu menyanggah saya koq...apalagi budaknya allah swt..para muslim...

Saya ulangi lagi pertanyaan saya..tolong dijawab ya??
"KENAPA ALLAH SWT LANGSUNG MENGHILANG SETELAH MUHAMMAD MATI??"
"APAKAH ALLAH SWT IKUT MATI??"
"aTAU ALLAH SWT HANYA ADA DALAM HAYALAN MUHAMMAD??"
phao
Reply| 18 Oct 2015 02:03:03
@muslim.....
wkwkwk.....
hanya bisa tertawa membaca coment loe....
wkwkwk.....
tanya lagi....
tanya lagi....
truss lah bertanya.....
LOL.....
Crossway
Reply| 17 Oct 2015 21:16:55
@muslim

Mas Bro, bisakah anda menenangkan diri anda dan kembali fokus ke TEMA DI ATAS ???
Di halaman ini kami sedang membicarakan lebih dari 1000 kaum penyembah batu berhala yang tewas mengerikan diazab oleh YAHWEH, Elohimnya para Nabi Israel.
muslim
Reply| 17 Oct 2015 20:24:42
@cempluk ke kali
menulis:
cempluk heran, bagaimana anda bisa bangga dengan pertanyaan2 bodoh itu?
bukankah anda hanya akan menegaskan tentang konsep TAKDIR?
mati hidup seseorang sudah ada takdirnya... bukan begitu?

Respon:
he he he he he........... trus trus yg nentuin takdir ciapeeee pluk???????
muslim
Reply| 17 Oct 2015 20:21:09
@Batukokdisembah

===Batu: Yohanes 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."
Yohanes 11:25-26 (TB) Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,
dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?

===Muslim: Aaaaaaahh si yohanes dipercayaaaa, tulisannya juga acak-acakan gitu kaya cerita anak SD, mana bukti dan saksinya????
yesus tuhan elo sendiri matiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii terbunuh ditiang salibbb aaaaahhhhhhhhhhhhhh boong jangan kebangetan euyyyy
muslim
Reply| 17 Oct 2015 20:01:57
@Batu &kayu salib kokdisembah hehehehhe

=== Batu: Yg jelas yg matiin orang kristen bukan orang islam,bukan batu hajar aswad,bukan awloh,bukan muhammad,bukan jin...
=== Muslim: lalu apa atau siapa yg matiiinnn????? apa bisa mati sendiri ?????? hehehehe

===Batu: Yg yg dikemukan @orang sudah benar, anda saja yg nda punya otak hahaha..
===Muslim: apanya yg benar ???????? hehehehe

===Batu: Anda harus paham apa itu kematian dulu.. waktu jaman adam belum jatuh dalam dosa.. apa sudah kenal kematian?? Jelas belum,ketika adam tidak taat dan jatuh dalam dosa baru tau klo ada kematian, jadi kematian menurut kekristenan adalah roh yg terlepas dari Rohnya Bapa YAHWEH. Ente muslim pasti kira mati secara fisik kan?? Bodoh benar anda..
===Muslim: Kapan adam tau ada kematian????? hehehehe

===Batu: Dan sesuai pertanyaan anda siapa yg matiin orang kristen?? Jelas aja tidak ada, karena roh kita sudah dipersatukan lagi bersama BAPA YAHWEH melalui pengorbanan Yeshua hamasiakh.
===Muslim: tau darimana disatuin sama Tuhan Bokap???? hahahahaha..
kapan Tuhan Bokap bilang roh elo-elo bakal disatuin sama Tuhan Bokap????? hehehehehe

===Batu: Orang kristen yg mati hanya fisik bukan roh.. fisik ini tidak kekal hanya sebuah daging lembek yg bisa kapan saja mati karena sakit,umur,atau kecelekaaan seperti yg disampaikan oleh @orang.
===Muslim: apa bukti dan mana saksi ????? weeeeeee kalo rohnya gak mati???????????? emang roh kristen itu apa???????/ sma gak roh kristen dengan roh hantu..?????????? kalo beda apa bedanya..????????????? hehehehe hayo jawaaaaaabb......................
muslim
Reply| 17 Oct 2015 19:49:09
@Hun
@Phao
@Cempluk

kalo elo-elo ngaku pinter..! jawab doonk ach, kalo cuma maki-maki sih itu kebiasaan anak kecil..........
neee gue tulis lagi pertanyaan nya:

--kalo tubuh mati sedang roh tidaak; lalau roh itu pd kemanaaa....????
--mengapa roh itu tetap hiduuuup....???
--apa yg memisahkan roh dari tubuuuuh....???? apakah keinginan/ kemampuan roh itu sendiri dapat memisahkan diri dari tubuh..???

haaayo jawaaab.....!!!
haaayo jawaaab.....!!!
haaayo jawaaab.....!!!
Batukokdisembah
Reply| 17 Oct 2015 07:59:46
@muslim

Yg jelas yg matiin orang kristen bukan orang islam,bukan batu hajar aswad,bukan awloh,bukan muhammad,bukan jin...

Yg yg dikemukan @orang sudah benar, anda saja yg nda punya otak hahaha..

Anda harus paham apa itu kematian dulu.. waktu jaman adam belum jatuh dalam dosa.. apa sudah kenal kematian?? Jelas belum,ketika adam tidak taat dan jatuh dalam dosa baru tau klo ada kematian, jadi kematian menurut kekristenan adalah roh yg terlepas dari Rohnya Bapa YAHWEH. Ente muslim pasti kira mati secara fisik kan?? Bodoh benar anda..

Dan sesuai pertanyaan anda siapa yg matiin orang kristen?? Jelas aja tidak ada, karena roh kita sudah dipersatukan lagi bersama BAPA YAHWEH melalui pengorbanan Yeshua hamasiakh.

Orang kristen yg mati hanya fisik bukan roh.. fisik ini tidak kekal hanya sebuah daging lembek yg bisa kapan saja mati karena sakit,umur,atau kecelekaaan seperti yg disampaikan oleh @orang..

Contohnya orang kristen yg mati dengan isis apakah mereka sudah mati?? Tidak ada, saya percaya Jika dia adalah kristen sejati Rohnya sudah bersama Bapa disurga, tp jika islam atau isis yg mati saya jamin rohnya sudah bersama 72 bidadari dineraka menikmati sex.. knp demikian?? Mari baca ayat ini
Yohanes 8:24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu."
Yohanes 11:25-26 (TB) Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,
dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?"
Apakah anda paham?? Badan secara fisik bukan patokan krn tidak kekal yg menjadi patokan kita adalah Roh ( bukan dzat) krn roh kekal.. jadi jika anda tidak percaya Yeshua mk anda mati secara kekal karena dosa anda..
Hun
Reply| 17 Oct 2015 06:56:03
@muslim
Apakah kemampuan terbaik muslim hanya OOT dan melantur???
Kasihan dirimu...
Hun
Reply| 17 Oct 2015 06:54:46
@muslim
Lha...kamu itu persis muhammad...nabi palsu teriak nabi palsu...alias maling teriak maling....melarikan diri..teriak melarikan diri...
Itu persis dibawah tulisanmu, tulisan saya masih kamu tinggal kabur...

Lagipula semua pertanyaanmu OOT, gak jelas juntrungannya...
Sebenarnya jawaban atas pertanyaanmu sederhana sekali...sudah saya jawab, tapi kamu tinggal kabur...
Nih jawabannya;
Apapun itu, mau mematikan orang, mau menghidupkan orang, mau menciptakan alam semesta..pasti pelakunya bukan allah swt..karena allah swt hanya ada dalam hayalan muhammad...
Itulah kenapa allah swt ikut lenyap setelah muhammad mati...

Sudah jelas???
Apa kamu masih tetap ngotot untuk OOT??
Kalau diskusi OOT sih..gak usah kamu...allah swt dan muhammad juga bisa... Masak kita mau sebodoh mereka!!!
phao
Reply| 17 Oct 2015 01:18:11
@muslim....
ente dh stressss akut bro......
mampu'n hanya bertanya,tak mampu menjawab.....
terlalu bnyk pala dijedotin ke ubin...jadi'n otak ente error...
wkwkwk......
Fetching more Comments...
↑ Back to Top