Blog / Kapolda Metro Jaya: "Tersangka Teroris Paris Pernah Tinggal dan Menuntut Ilmu Selama 3 Tahun di Pesantren al-Jawami di Bandung"

Frederic Jean Salvi alias Ali

RABU, 18 NOVEMBER 2015

TEMPO.CO, Jakarta - Kiai Haji Imang Abdul Hamid, pemimpin Pondok Pesantren Al-Jawami, mengaku kaget mengetahui seorang tersangka penyerangan Paris pernah mendatangi dan bertemu langsung dengan dirinya. Ia mengaku tidak menyangka bahwa Frederick terlibat dalam serangan brutal itu.

"Tidak nyangka Frederick terlibat teror Paris. Dulu saya pikir dia aman-aman saja. Kalau tahu dia terlibat, tentu saya tolak memasuki pesantren," kata Abdul Hamid saat dihubungi Tempo lewat telepon, Rabu, 18 November 2015.

Abdul Hamid mengatakan kedatangan Frederick ke Al-Jawami hanya sebatas bertamu. Dia hanya ingin berkeliling pesantren-pesantren di Indonesia. "Tidak untuk menyumbang dana atau mengajar para santri," ucapnya. Namun Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian mengatakan: "Frederick alias Ali bukan hanya bertamu - tetapi tinggal dan menuntut ilmu di pesantren ini selama 3 tahun"

Abdul Hamid menambahkan, kedatangan Frederic ke Pesantren Al-Jawami tidak berarti para santri di pesantren itu terlibat kegiatan teror.

"Para santri diajarkan uswatun hasanah (berperilaku baik) dan menjadi muslim yang rahmatan lil alamin. Orang yang manfaat kepada semua, bukan orang yang berbuat kerusakan dan teror. Bahkan para santri Al-Jawami dilarang demo," ujarnya.

Saat Frederick datang berkunjung, Abdul Hamid mengaku menyambutnya tanpa prasangka apa pun. "Sebagai muslim, saya harus menghormati tamu. Apalagi tamu dari jauh." Abdul Hamid melihat saat itu Frederick adalah sosok yang family man. "Dia terlihat rukun dengan istri dan dua putrinya," katanya.

Frederick memiliki nama lengkap Frederick C. Jean Salvi alias Ali. Pria berusia 41 tahun itu lahir di Pontarlier, Prancis. Ia dijadikan tersangka pelaku penyerangan di Paris beberapa waktu lalu. Menurut pengakuan Abdul Hamid, pada 2005, Frederick rutin mendatangi Pesantren Al-Jawami sebanyak empat kali.

Saat bertemu dengan Abdul Hamid, Frederick diantar seorang pria misterius. Pria itu hanya mengatakan Frederick adalah muslim Prancis yang ingin melihat pesantren-pesantren di Indonesia.

"Sampai sekarang saya tidak tahu nama pemuda itu. Dia datang tanpa memperkenalkan diri. Makanya saya kurang interested," ucapnya.


Add a Comment
| 59
batukokdisembah
Reply| 17 Dec 2015 22:30:28
alvin

sambungan

A: kau lupa gembong narkoba di meksiko, atau italia sana....
mereka tidak gorok orang..mereka mbedil orang ....liat aja kalau abis mbedil selalu bilang haleluyaa.....atau jesus chirst...

B: hahahaha.. anda kebanyakan nntn film holywood..mknya bisa bilang gtu hahaha.. silahkan tunjukan bukti dan media mana orang mexico membunuh demi agama??

Mereka gembong narkobah jelas mereka membunuh karena masalah narkobah/persaingan.. bukan karena agama..apakah anda perah lihat orang mexico pergi kekabah bom bunuh diri dan teriak Yesus akbar?? Dan apakah Yesus pernah ajarin jadi gembong narkobah trus bunuh2 demi Yesus?? Hahaha.. anda ini yg sesat.. baca perkataan Yesus, KASIHILAH MUSUHMU DAN MINTALAH BERKAT DARI DIA.. JIKA ADA YG MENAMPAR PIPI KIRIMU BERIKAN JUGA PIPI KANAN MU.. Yesus jelas mengajarkan KASIH dan bukan BUNUH!!
Sekali lagi tolong buktikan dan tunjukan media mana orang mexico membunuh karena agama monggo..

A:aaah pura-pura pinter kau ini !!!

B: saya tidak pintar koq, terus terang saya hanya bisa berpikir logis,berpikir kritis dan mau berpikir secara hati nurani.. itu saja.. sekian
batukokdisembah
Reply| 17 Dec 2015 22:28:35
alvin

A: apa susahnya teriak allahu Akbar semua orang bisa termasuk kau...
bedanya ada yang teriak lantas bunuh orang ada yang cuma teriak2 doank...
lantas apa masalahnya...?
B: bagi saya susah brow karena saya tidak beriman terhadap awloh swt anda.. bagaimana seorang yg saya tidak sukai,namanya saya selalu teriakin dan memujinya?? Saya tanya balik,bisa nda org isis itu membunuh teriak Yesus akbar?? Saya jamin jika anda isis dan teriak Yesus akbar.. mk anda siap2 dibinasakan juga hahaha..

A: apa kau tetap ngotot itu perintah Allah SWT??
apa kau paham tafsir Quran????
B: saya tidak ngotot itu perintah Tuhan,yg ngotot itukan amrozi,abu bakar baasyir,habib brisiq,isis,dan boko haram,dan alqaida dsb...kan mrk ngotot melakukan perintah awlohnya dan saya tidak paham tafsir alquran,tp yg tafsirkan siamrozi,abu bakar,si riziq dsb.. itu mrk yg tafsirkan sehingga mrk membunuh demi awloh ente.. paham??? apa mrk bukan islam?? Apakah mrk bukan ustad??apakah anda lebih hebat tafsir dari mrk???silakan tanya pada diri anda..
phao
Reply| 17 Dec 2015 18:29:03
@alvin
bro...di agama kristen,budha,hindu....dsb
dilarang membunuh...walaupun mngataskan agama
berbeda dengan agama islam...boleh membunuh mngatas namakan agama
contoh...menghina nabi...halal darahnya...
mnghina islam...halal darahnya....dan dibenarkan oleh ajarannya...
coba bandingkan dngan orang yg mnghina YESUS apa dihalalkan darahnya oleh ajaran kristen,atw mnghina budha apa darahnya dihalalkan darahnya oleh ajaran budha....
alvin
Reply| 17 Dec 2015 14:00:06
@Batukokdisembah
Kapan anda pernah melihat org kristen gorok leher teriak Yesus ku akbar??
Kapan anda lihat org kristen bom bunuh diri teriak Yesus akbar??

Respon :
apa susahnya teriak allahu Akbar semua orang bisa termasuk kau...
bedanya ada yang teriak lantas bunuh orang ada yang cuma teriak2 doank...
lantas apa masalahnya...?
apa kau tetap ngotot itu perintah Allah SWT??
apa kau paham tafsir Quran????
kau lupa gembong narkoba di meksiko, atau italia sana....
mereka tidak gorok orang..mereka mbedil orang ....liat aja kalau abis mbedil selalu bilang haleluyaa.....atau jesus chirst...
masalahnya ada yang diekspos media ada yang gak....
nah yang punya banyak media kan orang kafir?? betul apa betull???
lantas pasti beritanya gitu2 aj....seputaran teroris by muslim?? seolah-olah muslim itu terrorist....
aaah pura-pura pinter kau ini !!!
Batukokdisembah
Reply| 17 Dec 2015 12:40:58
Alvin

suatu pengkondisian dari umat Kristen bahwa perang adalah identic dengan senjata dan pertumpahan darah.

Respon

Kapan anda pernah melihat org kristen gorok leher teriak Yesus ku akbar??
Kapan anda lihat org kristen bom bunuh diri teriak Yesus akbar??
Kapan anda lihat org kristen berperang demi menyebarkan injil?? (Paling2 anda jwb belanda hahahah.. dasar buta huruf dan buta sejarah)
Kapan org kristen teriak islam itu KAFIR DARAHNYA HALAL DITUMPAHKAN?. (Paling anda juga jawab pakai ayat alkitab di PL...hahahaha..dasar buta huruf dan buta sejarah)
Kapan anda lihat org kristen menculik 100 mahasiswi dan dikristenkan paksa??
Kapan anda lihat org kristen teriak2 mengsyariatkan indonesia dgn ajaran kristen??

Jika ada org kristen yg melakukan seperti saya sebutkan diatas artinya dia sudah bersalah dimata Tuhan dan bersalah kpd pemerintah,dan orang atau pribadi itu wajib!!! di hukum...karena tidak ada yg membenarkan atas perbuatan itu..

Bgm dgn islam anda?? Semua perbuatan yg diatas itu LEGAL DILAKUKAN ATAS NAMA AGAMA DAN BENAR DIMATA AWLOH..

Betul apa benar?? Silakan dipakai dan tanya kpd hati nurani anda...

Jika anda bilang mrk salah tafsir ayat alquran atau salah memaknai kata jihad, mk saya blg itu bullshit!! Apakah amrozi,imam samudra,dkk dan abu bakar baasyir dan santoso melakukan atas kemauan mrk sendiri?? Jelas tidak,mrk melakukan atas dasar doktrin alquran..saya srg nonton bagaiman abu bakar baasyir berkotbah dimasjid atau ditmpt umum?? Tidak lain hanya memprovokasi dan menyebarkan kebencian,sama percis yg dilakukan si habib riziq atau habib brisiq.. anda boleh nntn di youtube dn bandingkan dgn kotbah pendeta kristen,bikshu,dan pendeta hindu,pendeta konghuchu.. mrk sekalipun tidak berkotbah seperti sihabib brisiq itu.. anda alvin boleh buktikan sendiri sekian..
alvin
Reply| 17 Dec 2015 12:23:38
@Hun
Kalau kamu emang bukan penakut...ya sanggah argumen saya...
Kalau kamu tidak sanggah..ya berarti kamu penakut...
Sudah paham ini??

respon :
dari sekian pendeta yang hadir disini saya sejujurnya masih bisa berdiskusi dengan pendeta margono....
pendeta macam kau ini...cuma mbulet saja....otak dimana,, mulut dimana bingung kali kau naruhnya??
alvin
Reply| 17 Dec 2015 12:21:42
@Hun
Kristen paling hanya menyebut muslim sebagai domba tersesat...
Lha muslim menyebut Kristen kafir dan darahnya halal..
Apakah bagimu hal seperti itu bukan masalah??
Wow...islami sekali cara berfikirmu...

Respon :
apa perlu saya jelaskan lagi ke kau bahwa kafir yang mana yang darahnya halal ???
Islam munafik juga halal kok darahnya??
islam pembunuh pun halal kok darahnya ???
islam pemerkosapun halal kok darahnya ???
lantas kalau saya bilang halal apakah artinya kau bisa membunuh begitu saja???
emang ada yang exclusive menurut pandanganmu???
lantas kau bilang di Quran diperintahkan seperti itu???
inilah karena kau dan semua kresten disini nol besar soal tafsir Quran....hanya karena buta matahatimu seolah kau paham Quran...tapi kita yang muslim geli melihat tingkah kalian semua..

oia tentu saja saya akan berpikir islami...untuk apa saya jadi muslim kalau berpikir kristiani????
Hun
Reply| 17 Dec 2015 00:20:28
@alvin
Sekalian dong..karena @robin hood sudah terkaing-kaing melarikan diri, kamu bantu sanggah dong tulisan saya ke dia!!!
Padahal katanya muslim tidak takut..eh pada kabur juga...
Hun
Reply| 17 Dec 2015 00:01:27
@alvin
Nih saya copas ulang biar kamu gak bisa ngeles...

@alvin menulis:
intinya orang Kristen merasa benar dengan kristennya dan orang kristen anggap Islam salah, begitu juga orang Islam.
terus masalah kamu dimana ?

Respon:
Kristen paling hanya menyebut muslim sebagai domba tersesat...
Lha muslim menyebut Kristen kafir dan darahnya halal..
Apakah bagimu hal seperti itu bukan masalah??
Wow...islami sekali cara berfikirmu...

Lagian juga yang dibahas bukan itu...tapi saudara seukwuahmu menyalahkan tulisan yang mengambil referensi alquran dan hadis.. Sama saja menyalahkan referensinya bukan??

@alvin menulis:
apa kamu mau mengobarkan perang salib versi dua???

Respon:
Ingat...perang salib terjadi hanya karena muslim menguasai Palestina dan mengganggu orang Kristen yang jiarah... (saya yakin ustadmu menceritakan hal yang berbeda..)
Dan Kristen zaman sekarang tidak pernah menganggap kalau tindakan Kristen jaman dahulu, yang merespon gangguan muslim dengan perang, sebagai hal yang benar...
Hanya muslim yang menganggap jalan perang sebagai jalan yang benar..

Dan di sini kami tidak mengobarkan perang, tapi menyadarkan muslim akan kesalahan islam...mudah-mudahan kamu mengerti hal ini...
Hun
Reply| 16 Dec 2015 23:59:18
@alvin
Lagi-lagi tidak berani menyanggah tulisan saya..cuma cuap-cuap tanpa makna...seperti alquran yang tanpa makna...
Lha gini gak mau disebut takut...
Kalau kamu emang bukan penakut...ya sanggah argumen saya...
Kalau kamu tidak sanggah..ya berarti kamu penakut...
Sudah paham ini??
alvin
Reply| 16 Dec 2015 08:44:44
@Hun
Singkat dan tanpa makna...
Sudah putus asa kamu??
Kalau berani, sanggah saja tulisan saya dibawah...

Respon :

singkat tanpa makna adalah dari kacamata orang yang memang tidak mengerti apa2...
sejak kapan saya harus mersa takut sama kamu??
muslim tidak diajarkan sedikitpun takut kepada sesama manusia??
lantas apa pertanyaannmu yang belum saya jawab??
saya hapal jurus andalanmu adalah mubulet seperti isinya injil, karena memang pendeta diajarkan seperti itu
aisakh selingkuh dhn abusurupyam si onta muakkhammat swa ayannya kambuh
Reply| 13 Dec 2015 14:58:49
Enteng bener jawaban si ustad, " dia cuma bertamu"... dasar taqqiya loe ustad jahanam. 3 tahun itu bukan bertamu, betul itu , pak tito, selama 3 tahun belajar islam bom alkafirun, sekali lagi, bukan hanya sekedar bertamu, 3 tahun ke depan pasti ada alumni pesantrennya yg menjadi penerus terorist bom...

Muslim ...muslim... kasian amat, dibodohi sama manusia pedopilis buta urup raja "rudal apem" muakkhammat sollol lol hihi wa lahi hi hi silim swa
Hun
Reply| 11 Dec 2015 23:11:51
@alvin
Segitu doang tanggapanmu??
Singkat dan tanpa makna...
Sudah putus asa kamu??
Kalau berani, sanggah saja tulisan saya dibawah...
alvin
Reply| 10 Dec 2015 14:12:13
@Hun
Dan di sini kami tidak mengobarkan perang, tapi menyadarkan muslim akan kesalahan islam...mudah-mudahan kamu mengerti hal ini...

Respon :

ho..ho....
suatu pengkondisian dari umat Kristen bahwa perang adalah identic dengan senjata dan pertumpahan darah.
Hun
Reply| 09 Dec 2015 00:54:07
@robin hood
Apakah Robot Gedek seorang pembunuh???

Berikut ini 14 pertanyaan untuk menjawab tuduhan ketika Robot Gedek dituduh sebagai pembunuh:
1.Siapa yang selalu menjajah sebuah negara damai, aman, tenteram hanya untuk kepentingan ekspansi?
2.Siapakah yang menyulut perang dunia pertama?
3.Siapakah yang menyulut perang dunia kedua?
4.Siapa yang selalu menyiarkan sebuah ajaran agama dengan cara menjajahnya terlebih dahulu?
5.Siapakah yang menjatuhkan bom atom atas Hiroshima dengan keji, tidak berperikemanusiaan, dan mengorbankan jutaan rakyat sipil?
6.Siapakah yang membantai 20 juta suku Aborigin di Australia?
7.Siapakah yang membantai lebih dari 100 juta suku indian merah di Benua Utara Amerika?
8.Siapakah yang membantai lebih dari lebih dari 50 juta Indian merah di benua Selatan Amerika?
9.Siapakah yang menjadikan lebih dari 150 juta manusia dari Afrika sebagai budak (apartheid), Diantara 77 % dari mereka mati di perjalanan dan dikubur di lautan Atlantik?
10.Siapa yang selalu tertarik untuk menguasai serta “merampas” minyak suatu negara baik dengan cara mengadu domba negara tersebut, mendanai oposisinya, menyebar fitnah bom, membuat negara tersebut tak kunjung ada kedamaian?
11.Siapa renternir dunia (IMF) yang justru membuat negara pasiennya jadi tambah sengsara dengan system busuk dan kejinya?
12.Siapa pelaku dan pendukung penjajahan, perampasan lahan masyarakat, pembantaian warga Palestina dari tahun1948 hingga sekarang?
13.Siapa pelaku dan pendukung krisis dibeberapa negara dengan cara membuat nilai dollar (dengan cara licik) menjadi tinggi hingga negara tersebut tidak sanggup membayar utang dollar dan harus menjual berbagai asetnya?
14.Siapa pelaku yang selalu menghina dan melecehkan sebuah ajaran agama baik dengan menghina tokoh agamanya atau membakar kitabnya?

Dari 14pertanyaan tersebut sama sekali bukan Robot Gedek!!!

Sudah lihat betapa konyolnya logika si mualaf itu??
Pantasan dia jadi mualaf...
Hun
Reply| 09 Dec 2015 00:47:32
@robin hood menulis:
Yess bro sumber kebenaran adalah Quran dan Hadist Shahih, semua ulama dan buku pelajaran Islam pastinya bersumber dari Quran dan Hadist Shahih,

Respon:
Lalu kenapa kamu menyuruh kami belajar islam dengan membaca buku karangan manusia seperti ahmad deedat dll?? Kamu sudah ragu dengan alquran dan hadis??
Lalu kenapa juga kamu menyalahkan tulisan-tulisan di situs ini?? Padahal semua tulisan di situs ini menggunakan referensi alquran dan hadis!! Kan sama saja kamu menyalahkan referensinya (alquran dan hadis)!!!
Hun
Reply| 09 Dec 2015 00:41:14
@alvin menulis:
intinya orang Kristen merasa benar dengan kristennya dan orang kristen anggap Islam salah, begitu juga orang Islam.
terus masalah kamu dimana ?

Respon:
Kristen paling hanya menyebut muslim sebagai domba tersesat...
Lha muslim menyebut Kristen kafir dan darahnya halal..
Apakah bagimu hal seperti itu bukan masalah??
Wow...islami sekali cara berfikirmu...

Lagian juga yang dibahas bukan itu...tapi saudara seukwuahmu menyalahkan tulisan yang mengambil referensi alquran dan hadis.. Sama saja menyalahkan referensinya bukan??

@alvin menulis:
apa kamu mau mengobarkan perang salib versi dua???

Respon:
Ingat...perang salib terjadi hanya karena muslim menguasai Palestina dan mengganggu orang Kristen yang jiarah... (saya yakin ustadmu menceritakan hal yang berbeda..)
Dan Kristen zaman sekarang tidak pernah menganggap kalau tindakan Kristen jaman dahulu, yang merespon gangguan muslim dengan perang, sebagai hal yang benar...
Hanya muslim yang menganggap jalan perang sebagai jalan yang benar..

Dan di sini kami tidak mengobarkan perang, tapi menyadarkan muslim akan kesalahan islam...mudah-mudahan kamu mengerti hal ini...
alvin
Reply| 07 Dec 2015 12:52:16
@Muhammad si Nabi TERORIS dan Sex
Ingat juga jaman romawi jaman jengish kan dam jaman babilonia apakah mereka berperang atas nama TUHAN.
hamya ISLAM yang berperang atas nama TUHAN dan itulah ISLAM si agama TERORIS.

Respon :

berarti kamu juga menganggap perang salib itu perangnya orang Kristen yang rebutan panci sama ember yaa??
alvin
Reply| 07 Dec 2015 12:48:55
@Templar ke robin hood.
B: Rusia, Canada, Venezuela atau Brunei juga termasuk negara penghasil minyak. Faktanya, tidakada gejolak seperti di Timteng. Seharusnya anda bertanya kepada pemimpin Arab, dikemanain dana hasil penjualan minyak? Untuk kesejahteraan rakyat, buat hepi-hepi sendiri atau beli bom?
C : kamu tahu berapa banyak minyak brunei? tau nggak berapa luas negara brunei??? apa kamu mengira seperti TIMTENG...Israel tahu bung untuk menhancurkan islam sedunia maka hancurkan dulu TIMTENG... canada, Venezuela = Kristen, Rusia mayoriti atheis bukan target Israel

B:Emangnya IMF sejenis lintah darat? Jika tidak cocok dengan bunga dan syarat perjanjian IMF, masih banyak Lembaga Keuangan lainnya seperti World Bank atau langsung Goverment to Goverment yang bisa dipinjami. Gitu aja kok repot. Mengapa ya Malaysia terpaksa harus ikut perang di Yaman dibawah tekanan Arab saudi.
C: IMF adalah alat politik dengan berkedok finansial. bisa bedakan yaa
buktikan kalau Malaysia terpaksa ??
B:Perampasan lahan? Tolong anda lihat bukti surat sertifikat tanah dan IMB atas nama bangsa Israel di Perjanjian Lama.
C : apakah kamu meyakini masih memegang teguh ajaran Perjanjian lama?
B:Anda ini bodoh tapi sok pintar! Apakah negara dan orang islam tidak ikut bertransaksi di pasar keuangan internasional? Apa perlu saya ajari pelajaran Analisa InterMarket : forex, saham, obligasi, komoditas?
C : berapa banyak orang Islam yang ikut beginian ?

B:Idola anda, Mr Ahmed Dedaat bukannya salah satu muslim yang membuat buku combat kit untuk melecehkan Kristen dan Yahudi?
C : Kamu menyebutkan satu orang deedat saya bisa menunjukkan sepuluh orang yang menghina Islam!!
B:Anda salah, hanya pertanyaan 4 yang pelakunya bukan negara dan orang islam
C : Kamu ngaco dan tidak bisa berhitung coba sekarang kamu hitung lagi
alvin
Reply| 07 Dec 2015 12:37:38
@Hun ke @robinhood
Kalau emang yang ditulis itu salah, ya berarti emang sumbernya (alquran dan hadis) salah..berarti emang islam salah...
Gampang kan mikirnya???

Respon :

intinya orang Kristen merasa benar dengan kristennya dan orang kristen anggap Islam salah, begitu juga orang Islam.

terus masalah kamu dimana ?
apa kamu mau mengobarkan perang salib versi dua???
Fetching more Comments...
↑ Back to Top