Blog / Ulil Abshar Abdalla: Yang Dikorbankan Nabi Ibrahim adalah Ishaq, Bukan Ismail!

Sumber asli kisah pengurbanan Ibrahim ini dari Taurat, kitabnya orang Yahudi. Yang punya kisah ini juga orang Yahudi. Jadi versi Yahudi jauh lebih bisa dipercaya, wong mereka yang punya kisah itu koq. Dalam Taurat, yang dikurbankan Ibrahim JELAS adalah Ishaq, bukan Ismail!

KABARBANGSA.COM---Dalam pengetahuan umum umat Islam kita, yang dikurbankan oleh Nabi Ibrahim dalam proses pengujian keimanan Nabi Ibrahim menurut Ulil Abshar Abdalla, bukanlah Nabi Ismail, tetapi Nabi Ishaq.

Analisis ini tentu saja sangat mengejutkan. Sebab selama ini, seluruh umat Islam sangat percaya bahwa dalam al-Qur'an Allah Swt. berfirman dalam al-Qur'an surat as-Shaffat ayat 102 yang artinya:

"Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.( QS. As Shaffat : 102)

Ada beberapa alasan Ulil Abshar Abdalla memiliki statemen bahwa anak yang dikurbankan Ibrahim adalah Ishaq melalui akun twitternya @ulil.

Pertama, Di Quran tidak disebut sama sekali bahwa yang dikorbankan itu Ismail. Quran diam dalam hal ini. Quran tidak memberikan keterangan yang jelas. Karena itu ulama berbeda pendapat, siapa yang dikorbankan Ibrahim: Ismail atau Ishaq. Ada yang berpendapat Ismail, ada yang bilang Ishaq.

Panjang daftar ulama yang berpendapat bahwa yang dikorbankan Ibrahim adalah Ishaq, bukan Ismail. Saya akan sebutkan satu persatu. Dari kalangan sahabat: Umar, Ali, Al-Abbas (paman Nabi), Ibn Masud, Ka'b al-Ahbar. Dari kalangan Tabiin: Qatadah, Said ibn Jubair, Masruq, Ikrimah, al-Zuhri, Al-Suddi, Muqatil.

Kedua, Sumber asli kisah pengurbanan Ibrahim ini dari Taurat, kitabnya orang Yahudi. Yang punya kisah ini juga orang Yahudi. Jadi versi Yahudi jauh lebih bisa dipercaya, wong mereka yang punya kisah itu koq. Dalam Taurat, yang dikurbankan Ibrahim JELAS adalah Ishaq, bukan Ismail!

Ketiga, Ismail itu putera Hajar, budaknya Sarah. Ishaq putera Ibrahim sendiri dari isterinya langsung. Jika Tuhan mau menguji Ibrahim, lebih masuk akal yang diminta untuk dikorbankan adalah Ishaq, bukan Ismail. Sebab Ishaq putera langsung. Yang mengherankan: Kalau betul yang dikorbankan adalah Ismail seperti dipercayai umat Islam selama ini, kenapa Quran TIDAK menyebut dengan terang? Kenapa?

Itulah tiga alasan Ulil memiliki statemen bahwa ujian yang diberikan akan sangat logis jika yang diujikan Allah Swt. kepada Ibrahim adalah Ishaq. Tentu kita tidak mengerti, bagaimana pendapat umat Islam perihal pendapat nyentrik ini. Dan saya kira, Ulil tidak sembarangan mengeluarkan statemen, melainkan ia memiliki sumber referensinya yang kuat. Dan penting untuk diingat, jangan main klaim sebelum kita mempelajarinya sungguh-sungguh.


Add a Comment
| 246
tapangbedaru
Reply| 13 Jan 2017 02:03:07
hanya menyumbang hadits...
http://hadits.in/ahmad/2658
hamel
Reply| 09 Oct 2016 23:01:01
@Azmin
quote:
....................Tuhan berjanji dengan Abraham dan Ismael atau tuhan berjanji Abraham dan Ishak(Issac)?
................................

reply:
anda baca kisahnya di kitab Kejadian. yang dijanjikan oleh TUHAN adalah Ishak. TUHAN berjanji memberikan anak lelaki bagi Abraham sudah beberapa tahun lamanya, tapi lama janji itu belum terpenuhi,... waktunya kapan.. itu terserah TUHAN.

oleh karena itu Abraham berpikir sendiri bahwa dia kuatir keburu mandul dan mati pucuk. Maka dari itu dia "menghampiri" Hagar, hamba istrinya, Sara. Lalu lahirlah Ismail.

Ismail itu lahir bukan kehendak TUHAN dari awal, meskipun TUHAN tahu bahwa itu akan terjadi. Ismail adalah kehendak Abraham secara daging mengingini seorang pewaris.

Baca lagi di kitab Kejadian, setelah Abraham lanjut usia yaitu 100tahun, barulah TUHAN berkenan memberikan Ishak lahir melalui rahim Sara. Karena Abraham dan Sara itu suami istri yang sah, sedangkan Hagar hanya gundik.

TUHAN menghendaki keturunan dari Abraham melalui istrinya yang sah dan sesuai waktu dan caranya TUHAN. Jadi anak perjanjian antara TUHAN dan Abraham adalah Ishak.

Ini sebenarnya juga refleksi kehidupan kita, kadang kita ingin sesuatu tapi tidak kunjung terkabul. Lalu kita menempuh cara singkat yang tidak direstui TUHAN. misalnya ingin punya rumah, bukannya kerja dengan sungguh-sungguh, tapi justru cara lain yang dipakai, semisal judi, korupsi, menipu orang. Dalah hal ini pun Abraham bersalah karena ia berpikir bahwa ia lebih pintar daripada TUHAN. sebab dia berpikir bahwa kalau terlalu tua nanti saya impoten dan tidak bisa punya anak lagi, maka dari itu saya ambil saja pembantu saya bernama Hagar itu. Inilah yang dalam pandangan TUHAN adalah salah karena berarti Abraham tidak percaya bahwa TUHAN mampu memberikan anak jika TUHAN berkehendak meskipun seandainya Abraham sudah impoten pun. Maka dari itu sejak awalnya asal Ismail adalah dari keinginan daging dan sudah pasti bukan anak perjanjian.

sekian
hamel
Reply| 09 Oct 2016 22:50:07
@Kembara Makrifat
quote:
Al Quran tidak mencatatkan nabi Ibrahim mempunyai dua org anak serta dua org isteri atau lebih. Al Kitab yg bertanggungjawab memberitakan keluarga nabi Ibrahim berkeadaan sedemikian, iaitu Ismail beribukan Hagar dan Ishaq beribukan Sara. Malahan al Quran langsung tdk menyebut nama-nama isteri Nabi Ibrahim kerana semua itu bukan perkara asas yg menjadi fokus.

Apabila al Quran menukilkan kisah nabi Ibrahim secara implisit [mujmal] menyebabkan penafsir Quran [mufassir] dan org Islam amnya berada dalam keadaan tiada sumber bagi mendapatkan jalinan cerita dalam bentuk eksplisit [tafsili]. Berita mengenai nabi Ibrahim dalam bentuk tafsili hanya terdapat dalam Bible sahaja. Maka tiada pilihan bagi ulama Islam klasik melainkan dikutip dan diterima sebahagian kisah nabi Ibrahim menurut versi Bible [lihat qisosul anbia oleh ibn kathir]. Akhirnya terbina pegangan org Islam berkaitan kisah nabi Ibrahim sama seperti penganut Yahudi/Kristian tiada apa perbezaan. Sekadar berlaku perselisihan mengenai anak nabi Ibrahim manakah terlibat dgn peristiwa korban

reply:
berarti anda mengakui bahwa tidak semuanya ada dalam alquran sehingga harus mengambil referensi dari Alkitab Kristen.

berarti alquran diakui tidak lengkap dan tidak sempurna bahkan oleh ulama islam klasik sendiri. berarti islam bukan ajaran penyempurna. simpel. klaim islam gugur.
hamel
Reply| 09 Oct 2016 22:47:02
@syaiful
quote:
Penyembah berhala adalah yg rumah ibadahnya ada patung untuk disembah. Jelas siapapun sudah tahu siapa yg menyembah berhala sejati. Padahal dalam kitabnya dilarang membuat patung berhala untuk di sembah. Sungguh amat memalukan..

reply:
sejak kapan namanya berhala harus spesifik sebuah patung? meskipun sebilah keris tapi kalau anda mandikan air kembang, sembahyangi dengan kemenyan, anda taruh tempat khusus. itu juga disebut berhala.

batu meteor disembah-sembah sehari lima kali juga disebut berhala.

anda terlalu menganggap uang, harta, tahta, adalah segalanya sehingga segala urusan dinomor dua kan, itu juga sudah namanya anda memberhalakan uang, memberhalakan kekuasaan, memberhalakan dunia.
moonlight
Reply| 09 Oct 2016 17:22:25
@syaiful :
Gak nyadar kalo menunjuk ke diri sendiri, umat mana yg ibadah harus menghadap berhala gak boleh menghadap ke lainnya hehehe, boleh gak berhalanya dihancurin atau diganti lainnya, kagak boleh kan, bisa diganti dgn tugu spt Monas atau lainnya ?? Gak boleh jelas
NN
Reply| 09 Oct 2016 15:41:02
@Azmin
Pakcik lagi kesurupan ke?
Abraham tdk pernah bangun kabah di mekah, klo ibrahim mungkin pakcik.
NN
Reply| 09 Oct 2016 15:36:21
@CINTA KEBENARAN
Yang dikorbankan Pasti Ishak
Alasannya :
1. Jika Ismail seharusnya nama ismail tercantum dengan jelas, karena versi quran qurban dilakukan sebelum ishak lahir...seharusnya quran dengan tegas tulis ismail karena ishaq belum lahir..?? faktanya quran ngak berani nulsi dengan jelas...
2. Jika Ismail yg dikorbnkan sehrusnya Tuhan memberi hadiah itu kepada ismail bukam pada Ishak...tapi faktanya coba tengok ayat lanjutan (113)..ternyata yang diberi bonus (berkat )adalah Ishak....yang berkorban dan diuji ismail tapi yang dapat hadiah Ishaq, ini ayatnya:

" Kami limpahkan keberkatan atasnya (Ibrahim) dan atas Ishak. Dan di antara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang lalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata. (ayat 113)

Mungkinkah Tuhan salah kasih Bonus ?????

respon gue.
Bro, itu sebenarnya mudah. Abram atau Abraham yg dikenal hidup di tanah Palestina yang dijanjikan Tanah Perjanjian untuk keturunannya tidak pernah tinggal di mekah. Jadi Abraham dan Ismail berbeda orang dgn ibrahim dan ismail yg tinggal di mekah. Cek peta jarak kedua lokasi tsb, lg pula jaman Abraham mekah blm ada. Si muhammad ngarang cerita2 itu.
Genius
Reply| 09 Oct 2016 15:26:49
@syaiful

Jika ada patung atau gambar digereja pernahkah anda melihat orang kristen memutari patung itu dan menciumnya? Lalu sujud menyembah dihadapan patung itu? Dan pernahkah anda masuk kesemua gereja? Jika anda tidak paham, lebih baik diam saja, karena jika anda komentar demikian maka anda akan terlihat bodoh dan akan diketawain orang2 yang beragama kristen hahhah
NN
Reply| 09 Oct 2016 15:26:17
@Kembara Makrifat
Pak cik, apa sama orang ibrahim dengan Abraham?
Si ibrahim tinggal di mekah toh, sementara Abraham hidup di tanah Palestina. Coba pak cik lihat di peta, jarak kedua tempat itu brp km? Paham toh?
NN
Reply| 09 Oct 2016 15:20:27
@syaiful
Penyembah berhala adalah yg rumah ibadahnya ada patung untuk disembah. Jelas siapapun sudah tahu siapa yg menyembah berhala sejati. Padahal dalam kitabnya dilarang membuat patung berhala untuk di sembah. Sungguh amat memalukan..

respongue.
Umat yg mengelilingi kubus hitam dan sujut dgn kepala menyentuh tanah kearah kotak hitam sesungguhnya golongan manusia kafir penyembah berhala.
Penonton
Reply| 09 Oct 2016 14:28:21
@syaiful
Kamu penyembah batu kabah yo? Ngaku ajalah... Kalo haji, nyium2 itu batu, betul khan!? Rumah ibadahmu juga menghadap kebatu kabah, betul khan!?

Kesimpulannya, kamu adalah penyembah berhala arab..
Hana
Reply| 09 Oct 2016 13:51:54
@Syaiful
Penyembah berhala adalah yg rumah ibadahnya ada patung untuk disembah. Jelas siapapun sudah tahu siapa yg menyembah berhala sejati. Padahal dalam kitabnya dilarang membuat patung berhala untuk di sembah. Sungguh amat memalukan..

JAWAB:
Ente itu bodoh, sembarangan menuduh. Umat Kristen tidak pernah menyembah patung atau apapun termasuk Patung Salib.

Salib itu adalah lambang kekristenan, sama seperti bintanng bulan dalam Islam.

Perhatikan!!!
Dalam ibadah Kristen di Gereja adalah:
Umat masuk duduk di kursi.
Pendeta memberikan salam dan berkat
Menyanyikan Kidung Jemaat
Berdoa
menyanyikan Kidung Kemaat
Pembacaan Alkitab
Khotbah berdasarkan pembacaan Alkitab
Doa Syafaat
Memberikan persembahan
Doa Persembahan
Doa Penutup dan Berkat Tuhan
Menyanyikan Kidung Jemaat
Pendeta, Penetua dan Diakon menyalami Jemaat di pintu keluar

Di situ tidak ada acara sembah-menyembah sampai pantat naik ke atas.

Justru muslimlah yang menyembah berhala, menyembah rumah berbentuk kubus (Kabah) dan Hajar Aswad (Patung Vagina dan Telor dari batu hitan) bahkan ada jidatnya sampai hitam dan pantat naik ke atas.

Kalaupun ada patung dan lukisan sifatnya adalah untuk menghias gedung gereja, bukan untuk disembah.

Patung-patung itu bukan benda suci, apabila diperlukan patung itu bisa dihancurkan, misalnya apabila halaman yang ada patungnya digunakan untuk memperluas gedung parkir.

Berlainan dengan Islam, siapa berani mengutak-ngatik rumah Suci (berhala) Kabah.

Ketika seorang menggunakan kalung salib, itu cuma untuk hiasan dan mengekspresi imannya. Ketika dia masuk WC, dia tidak perlu melepas kalung salib-nya karena kalung salib bukan benda suci (benda berhala)

Ketika seorang muslim membawa Alquran dalam tas, ketika mau masuk WC maka tas harus ditinggal di luar karena isinya ada Kitab Alquran, yang merupakan benda suci (benda berhala).

Paham sekarang, kalau belum silahkan sanggah.
syaiful
Reply| 09 Oct 2016 10:27:22
Penyembah berhala adalah yg rumah ibadahnya ada patung untuk disembah. Jelas siapapun sudah tahu siapa yg menyembah berhala sejati. Padahal dalam kitabnya dilarang membuat patung berhala untuk di sembah. Sungguh amat memalukan..
Kembara Makrifat
Reply| 13 Sep 2016 00:17:40
Al Quran tidak mencatatkan nabi Ibrahim mempunyai dua org anak serta dua org isteri atau lebih. Al Kitab yg bertanggungjawab memberitakan keluarga nabi Ibrahim berkeadaan sedemikian, iaitu Ismail beribukan Hagar dan Ishaq beribukan Sara. Malahan al Quran langsung tdk menyebut nama-nama isteri Nabi Ibrahim kerana semua itu bukan perkara asas yg menjadi fokus.

Apabila al Quran menukilkan kisah nabi Ibrahim secara implisit [mujmal] menyebabkan penafsir Quran [mufassir] dan org Islam amnya berada dalam keadaan tiada sumber bagi mendapatkan jalinan cerita dalam bentuk eksplisit [tafsili]. Berita mengenai nabi Ibrahim dalam bentuk tafsili hanya terdapat dalam Bible sahaja. Maka tiada pilihan bagi ulama Islam klasik melainkan dikutip dan diterima sebahagian kisah nabi Ibrahim menurut versi Bible [lihat qisosul anbia oleh ibn kathir]. Akhirnya terbina pegangan org Islam berkaitan kisah nabi Ibrahim sama seperti penganut Yahudi/Kristian tiada apa perbezaan. Sekadar berlaku perselisihan mengenai anak nabi Ibrahim manakah terlibat dgn peristiwa korban.
CINTA KEBENARAN
Reply| 22 Jul 2016 01:17:37
Yang dikorbankan Pasti Ishak
Alasannya :
1. Jika Ismail seharusnya nama ismail tercantum dengan jelas, karena versi quran qurban dilakukan sebelum ishak lahir...seharusnya quran dengan tegas tulis ismail karena ishaq belum lahir..?? faktanya quran ngak berani nulsi dengan jelas...
2. Jika Ismail yg dikorbnkan sehrusnya Tuhan memberi hadiah itu kepada ismail bukam pada Ishak...tapi faktanya coba tengok ayat lanjutan (113)..ternyata yang diberi bonus (berkat )adalah Ishak....yang berkorban dan diuji ismail tapi yang dapat hadiah Ishaq, ini ayatnya:

" Kami limpahkan keberkatan atasnya (Ibrahim) dan atas Ishak. Dan di antara anak cucunya ada yang berbuat baik dan ada (pula) yang lalim terhadap dirinya sendiri dengan nyata. (ayat 113)

Mungkinkah Tuhan salah kasih Bonus ?????
Azmin
Reply| 26 Jun 2016 15:24:26
Kita ni lahir zaman Nabi Ibrahim ke?

Kita nampak ke Nabi Ibrahim? kita nampak Ismael ke? kita nampak Ishak ke?
Ada Saksi ke?
Ada bukti yang boleh dibuktikan oleh sains?

Apa bahan bukti?
Ada bukti bertulis?
Ada bukti bergambar?
Ada saksi/nampak?

Akalkan ada, gunakan.

Buktikan dahulu Al Quran, Bible, Torah mana yang lebih benar?
Bandingan apa yang di tulis dalam kitab-kitab tersebut dengan Ilmu sains yang moden/boleh lihat?

Lihat perjanjian tuhan yang Maha Kuasa (Almighty) Nabi Ibrahim/Abraham dalam Bible . Baca dari mula hingga akhir. Baca juga perjanjian tersebut dalam Al Quran apa yang diminta oleh Abraham dan Ismael. Tuhan sudah tunaikan janjinya atau belum?.

Tuhan berjanji dengan Abraham dan Ismael atau tuhan berjanji Abraham dan Ishak(Issac)?

Perjanjian itu perjanjian kekal(everlasting) atau perjanjian boleh ubah?
Apa maksud perjanian kekal(everlasting)?Forever/selama-lamanya


Jawapan tuhan Maha Kuasa(Almighty) sudah menunaikan sebahagian besar dari perjanjian tersebut? Boleh lihat sekarang.Boleh dibuktikan. ramai boleh lihat. Mekah dan Madinah ramai orang pergi haji. Tempat solat, tempat sujud, iktikar, ruku. Seorang Nabi bernama Muhammad. Ada Kitab dan Sunnah. Orang Islam kedua ramai di dunia selepas kristian. Terus meningkat, di jangka melepasi orang kristian pada tahun 2070. Bacalah.
Templar
Reply| 02 Mar 2016 23:41:37
@mungkin tuhan udah dikutuk jadi kayu

bantahan
emangnya TUHAN yang memerintahkan Abram mengambil Hagar sebagai istri? Jadi, ada urusan apa TUHAN dengan Ismael? wkkwkwwk....dasar tolol kau!
Batukokdisembah
Reply| 02 Mar 2016 23:10:18
@mungkin tuhan udah dikutuk jadi kayu

Aduh dek..anda benar2 bocah ingusan dari mana lagi.. analisa tapi salah2 wkwkwkwk..

Anak yg pertama kali lahir itu bukan anak tunggal namanya dek.. baca kamus bhs indonesia anda benar2 ya?? Anak Tunggal itu adalah anak satu2nya dan bukan anak yg pertama lahir.. sini saya pertegas lagi ANAK SATU2NYA tidak ada tambahan anak yg lahir pertama..klo sudah ada dua bearti bukan anak tunggal lagi namanya adek paham??

Jika anaknya dua Anak yg pertama lahir itu sudah dikatakan ANAK SULUNG bukan anak tunggal.. sana masuk SD lagi biar pintar baca nya wkwkwkwkw..

Nah kenapa Tuhan tetap bilang ishak anak Tunggal dan bukan anak bungsu?padahal ismael seharusnya dikatakan anak sulung pada saat itu?? Bacalah lagi kejadian 15 sampai ayat ke 22 nah nanti akan ketemu jawabannya..

Jawabannya simple.. TUHAN tidak pernah mengakui hangar adalah istri sah abraham tapi sarah lah yg merupakan istri yg sah dan hanya melalui kandungan sarah lah akan melahirkan ANAK PERJANJIAN.. jadi Tuhan hanya mengakui anaknya abraham itu ishak bukan ismael,karena ishaklah yg akan menikmati JANJI TUHAN sehingga TUHAN membiarkan hangar dan ismael DIUSIR... paham???? Anda muslim maksa ismael juga anak yg sah jg koq.. lah yg punya janji Tuhan koq anda manusia maksa2 klo ismael adalah anak perjanjian juga?? Emang sampean siapa??mau ngatur2 Tuhan,mau maksa2 Tuhan?? Hayo..

Sudah ngerti belum?? Nda ngerti lagi?? Baca lagi deh kej 15 keseluruhannya lalu lanjut ayat 16 sampaiiiiii 22 ya..

Nda ngerti lagi?? Memang bodoh kamu..mending ente minum obat cacing lalu netek lagi sono wkwkwkwkw
Batukokdisembah
Reply| 02 Mar 2016 22:24:58
@mungkin tuhan udah dikutuk jadi kayu

Wah maaf brow.. Tuhan kristen itu bukan nabi isa.. tapi YESUS KRISTUS atau dalam bahasa ibrani YESHUA HAMASIAKH .. isa kami nda kenal itu hanya karakter fiktif buatan nabi ente wkwkwkwkwk... sono belajar lagi,apa perbedaan isa dan YESUS..baru koment ya? Mending mi2 cu2 dan obat cacing lalu tidur sekarang..hus hus sana...
mungkin tuhan udah dikutuk jadi kayu
Reply| 02 Mar 2016 19:07:56
kesimpulan terakhir..mungkin waktu itu ulil yang di korbankan..itu bibirnya bekas teriris..
Fetching more Comments...
↑ Back to Top