Blog / Kontradiksi Quran: Firaun diselamatkan atau mati tenggelam?

Quran berisi jejak-jejak kisah Keluaran bangsa Israel dari Mesir, sebagaimana yang dicatat dalam Alkitab. Hanya dalam kasus seperti inilah, tampaknya Firaun selamat dari air laut, ketika ia dan pasukannya mengejar bangsa Israel hingga ke Laut Merah.

Allah berkata kepada Firaun:

Maka pada hari ini Kami selamatkan badanmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami. (Qs Yunus 10:92).

Namun ayat Quran diatas secara langsung berkontradiksi dengan Qs Al Israa 17:103 dimana Allah yang sama mewahyukan kepada kita kisah yang bertentangan dengan yang Ia telah katakan di Sura 10:92.  

Dalam Sura 17: 103 Allah justru menghukum mati Firaun atas kejahatannya dengan cara Allah menenggelamkannya dengan air laut.

Kemudian (Fir'aun) hendak mengusir mereka (Musa dan pengikut-pengikutnya) dari bumi (Mesir) itu, maka Kami tenggelamkan dia (Fir'aun) serta orang-orang yang bersama-sama dia seluruhnya,

 


Add a Comment
| 199
levi
Reply| 05 May 2017 01:56:52
@jon
Al Quran tidak copy paste justru menambahkan informasi yang tidak diketahui kebanyakan manusia dan tidak ada di alkitab.

1. Isi utama taurat itu adalah datangnya Mesias Anak Allah. Tapi tidak ada di alquran.

2. Isi Utama Injil adalah Penggenapan Janji di taurat datangnya Mesias Anak Allah. tapi tidak ada juga di taurat.

3. kisah firaun yang mengalaminya adalah israel, jadi catatan sejarah yang benar adalah yang tercatat dalam sejarah israel.

alquran itu palsu karena tidak berisi isu utama dari taurat dan injil dan sesuai sejarah israel.

ingat !!!
1. muhammad klaim diri nabi terakhir dari nabi nabi israel, jadi ketika muhammad tidak bicara isu utama dalam ajaran para nabi israel, maka muhammad adalah penipu.

2. jangan jadi bodoh jon. selidikilah. dan jika tidak jelas datang kembali untuk dapat pencerahan dari kami.
Margono
Reply| 03 May 2017 12:43:06
@Jon, ini tulisanmu:
Artikel yang bodoh, justru QS Yunus 10:92 adalah salah satu bukti dari banyak bukti keajaiban Al Quran, karena ayat itu mengungkapkan suatu fakta yang baru diketahui manusia modern abad ke-20 jauh sesudah masa Al Quran diturunkan. Hal tersebut bermula dari Prof Dr Maurice Bucaille, ahli bedah berkebangsaan Prancis yang melakukan penelitian mumi Firaun dari Mesir.

Tanggapan:
Ngarang aja bacotmu....kambing lo. Al'quran yang gak konsisten ente katakan ajaib, dasar manusia umat bumi datar lo. Ente kebanyakan baca khayalan muslim untuk pembenaran kedua ayat yg bertentangan di atas, paham!.

Firaun adalah gelar raja-raja di Mesir dizaman Mesir kuno sebelum direbut oleh orang2 Yunani (Alexander the Great). Firaun itu banyak, firaun yg mana yg mengejar Musa. Firaun gak mungkin turun ke laut ikutan mengejar bani Israel...panglimanya ada untuk apa raja ikut-ikutan tenggelam, bego lo...sama saja ente dengan allohmu sama-sama bego.

Kalau mengikuti versi allohmu, firaun tenggelam di laut dan mati lalu siapa yg mengambil mayatnya yg tenggelam tsb....allohmu yg menyelam di laut merah???....lalu membawanya pulang ke istana Firaun untuk disemayamkan ??? kagak ada bukti sejarahnya ada salah seorang firaun mati kelelep di laut, allohmu mana bisa berenang apalagi menyelam di laut, bukannya allohmu itu gak bisa mengendalikan dirinya....gunung-gunung dan bukit saja pada meledak kalau allohmu terkena udara terbuka, apalagi nyelam ke laut....bisa tsunami dong!.

Muslim harus berjuang mengarang khayalan untuk membenarkan ayat Al'quran yang amburadul....kebenaran tidak bisa ditutupi dengan khayalan si tolol, semakin banyak muslim menulis di google untuk membuat pembenaran, semakin ketahuan muslim pada ketakutan melihat ayat Al'quran yg tidak konsisten karena sebenarnya Al'quran bukan dari Tuhan yg sejati....Al'quran hanya khayalan Muhammad untuk menipu manusia-manusia tolol agar mengakui si pedhofile tsb sebagai nabi, paham!.
John Calvin
Reply| 30 Apr 2017 20:46:01
@Jon
lu termasuk korban TAQQIYA Slimer coy.
Buang aja.
alquran tidak mengenal Kronologi, tidak mengenal Sejarah, Cerita Ngawur yang gak utuh ceritanya.

Kencingin aja oom
USTADZMENJAWAB
Reply| 22 Apr 2017 10:25:14
@Jon
@Jon yang bodoh, kena tipu islamik melulu.

Itu argumen Dr Maurice Buccaile justru sudah lama dipermalukan, dan anda masih angkat ia sbg pahlawan? Anda berkata:

"Satu-satunya Firaun yang mati tenggelam di laut adalah Firaun yang hidup jaman Nabi Musa. Yang menjadi pertanyaan bagaimana mayat Firaun tersebut masih bisa ditemukan lagi padahal tenggelam di tengah laut. Konyol".
Mayat Firaun mana yg ditemukan oleh siapa dari laut? Tak ada yg ditemukan, selain mummy2 yang memang tidak bisa iidentifikasikan lagi.
Buccaile spekulasi bhw itu firaun dimasa musa, namun tak bisa membuktikannya.
Muhammad justru bingung, tatkala mendengar kisah Firaun dilenyapkan dilaut (17:103), tapi ternyata dengar2 masih ada jazad Firaun di Mesir? Dia kira Firaun hanya satu, padahal itu Gelar dinasti, bukan nama satu pribadi. Jadi diapun melemparkan wahyu2an QS.10:92 utk "mengatasi" hasil dengar2annya yg simpang siur! [Ingat Mhd sering bermain 2 kaki dlm Quran: ttg 6 masa atau 8 masa alam tercipta. Ttg 1 hari Tuhan sama dg 1000 atau 50.000 hari dunia dll . Ttg poligami halal asal adil, tapi manusia tak mungkin bisa adil (4:129). Ya sesukanya wahyunya....]

Baca Tafsir al-Tabari dan Ibn Katsir (2/430), bhw "Jibril ikut memasukkan lumpur laut kedalam mulutnya (Firaun) hingga tenggelam dg sempurna"
Jon
Reply| 04 Nov 2016 14:30:57
Artikel yang bodoh, justru QS Yunus 10:92 adalah salah satu bukti dari banyak bukti keajaiban Al Quran, karena ayat itu mengungkapkan suatu fakta yang baru diketahui manusia modern abad ke-20 jauh sesudah masa Al Quran diturunkan. Hal tersebut bermula dari Prof Dr Maurice Bucaille, ahli bedah berkebangsaan Prancis yang melakukan penelitian mumi Firaun dari Mesir. Ternyata dia menemukan ada mayat firaun yang pada bagian tubuh dan paru-parunya mengandung garam. Hal tersebut membuktikan bahwa Firaun tersebut mati tenggelam di laut. Satu-satunya Firaun yang mati tenggelam di laut adalah Firaun yang hidup jaman Nabi Musa. Yang menjadi pertanyaan bagaimana mayat Firaun tersebut masih bisa ditemukan lagi padahal tenggelam di tengah laut. Jangan membayangkan jaman duhulu ada tim SAR dengan peralatan canggih seperti sekarang. Belum lagi pertanyaan mengapa jasad Firaun tidak habis/rusak dimakan ikan dan tidak busuk setelah beberapa lama berada di lautan; sebelum akhirnya ditemukan orang untuk kemudian dibalsem sebagaimana mumi Fir’aun lainnya. Ternyata kisah yang tidak banyak diketahui manusia ini sudah diinformasikan Al Quran pada QS Yunus 10:92 bahwa badan Firaun diselamatkan agar menjadi pelajaran untuk generasi berikutnya. Ayat itu bukan mengatakan Firaun yang diselamatkan hidup-hidup tetapi badan/jasad nya yang diselamatkan. Ayat QS Yunus 10:92 juga sekaligus membuktikan bahwa walaupun kisah tenggelamnya Firaun juga ada di alkitab, Al Quran tidak copy paste justru menambahkan informasi yang tidak diketahui kebanyakan manusia dan tidak ada di alkitab.
Billy
Reply| 05 Mar 2016 16:28:16
@riza

Mas riza jadi islam udah berapa lama?
pernah baca QS An-nisa 4:82 gak?
Kalo belum pernah baca saya tulisin yah biar mas riza baca,
tapi janji dulu, bacanya pake mata yang di muka, jangan pake mata kaki yaa..
Nih saya tulisin :
QS 4:82 maka apakah mereka tidak memperhatikan alquran? Kalau kiranya alquran itu bukan dari sisi allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya

cerita firaun itu sejarah mas, dan sejarah gak perlu di tafsir
masih banyak kegagalan quran dalam menulis atau menceritakan sejarah, dan cenderung ngawur, berarti yang ngawur bukan sejarahnya, tapi yang nulis, jadi mas riza pilih aja, yang ngawur itu muhammad atau allah yang mas riza sembah2 sehari 5 kali itu...
karena mereka aktor dalam pembuatan quran dan ayat2nya

maaf loh ya, bukan saya yang bilang alquran itu bukan firman Allah/dari sisi Allah, alquran sendiri yang ngaku, saya cuma negesin sama ngingetin aja
JANGAN GITU AH
Reply| 20 Feb 2016 00:31:01
@riza
@JANGAN GITU AH

Maaf,, Saya tidak akan menanggapi anda, karena anda terbukti adalah orang yang punya ingatan lemah.
Terbukti dari anda yang pernah menuduh @felix radit dalam menulis george bernard shaw, padahal saya yang menulis. Jadi percuma juga saya bicara dengan anda...

Tanggapan:
Terbukti kamu goblok!
gitu aja kog repot...wkwkwkwk
ollo=syaitonPENIPUTERLICIKq3:54
Reply| 17 Feb 2016 08:52:19
@Riza
TANGGAPAN:

Ummat Syirik Musyrik Penyembah Berhala Kaum Arab Termasuk napi tempe allah wts si memek sow PERCAYA BAHWA langit/surga Berlapis 7 SEPERTI MODEL RUMAH SUSUN JADI SAMA SEKALI TAK ADA HUBUNGAN DAN KAITANNYA SAMA SEKALI DENGAN TEORI RELATIVITASNYA ALBERT EINSTEIN, TEORI WORM HOLE, TEORI BLACK HOLE JANGAN DIPAKSA COCOKMOLOGI

PENGETAHUAN HARI Kaum Arab Musyrik Penyembah Berhala Termasuk Napi Najis Syirik si memek sow TENTANG 360 HARI DALAM 1 TAHUN=SIXAGESIMAL,YANG DIWAKILKAN DALAM 360 PATUNG BERHALANAJIS,TERMASUK berhalanajis sitempe ollo wts MEREKA DAPATKAN DARI MASYARAKAT IRAQ=BABILONIA,SUMERIAH SERTA MASYARAKAT PERSIA

ITU SEBABNYA ADA DONGENG PENGANTAR TIDUR isra' mi'raj napi tempe si ollo wts si memek sow YANG DIMULAI DARI RUMAH SEORANG JANDA KEMBANG MUDA UMM HANI YANG BARU SAJA DITINGGAL MATI SUAMINYA,HUBAIRAH YANG NAIK KE LAPIS LAPIS LANGIT SEPERTI NAIK tangga saja=Sirat Nabawiyah Ibn Ishaq/Ibn Hisyam, Jilid 1, Bab 74, Hal. 358 ; Ringkasan kehidupan percintaan Umm Hani dan Muhammad dari Tabaqat, 8:151-153; Usd al-ghaba, 5:624[1]; Tabari; Musnad Ahmad; Muslim; dan lainnya:

APAKAH AGAN PURA-PURA BUTA DAN TULI PURA-PURA TAK TAHU BAHWA ALBERT EINSTEIN ADALAH SEORANG YAHUDI TULEN YANG DILAKNAT OLEH ilah=berhalatempeNajis=si-olloWTS,berhalaNajis,Sembahan:ENTE?????????
Templar
Reply| 16 Feb 2016 21:27:39
@kafir13

Muslim selalu menggunakan ayat-ayat di AQ layaknya pasal karet di UU subversif. Jika ada penemuan ilmu pengetahuan baru, muslim selalu berusaha memprovokasi bahwa sumbernya dari AQ. Pokoknya menggunakan jurus cocokmology, hantam kanan hantam kiri yang penting pas wkwkwkwk...
kafir13
Reply| 16 Feb 2016 16:36:50
@Templar

biasa bro, otak sampah dari umat sampah nganngep kitab sampahnya sumber pengetahuan dengan cara klaim sana sini.

meneladani teladan tersampahnya dari arab tuh.
Templar
Reply| 16 Feb 2016 15:27:34
@Riza

R: Lalu mengapa di zaman nabi Muhammad saw, Alquran menggunakan kata hari? Mengapa tidak dengan satuan cahaya atau detik atau km atau tahun cahaya?? Itu karena kata "hari" adalah kata yang paling bisa dimengerti oleh orang zaman dahulu,,

komentar

Jawabannya mudah : AQ hanya kitab bodong buatan muhamad. Nabi junjungan tercinta kau itu tak ada contekan karena jaman dahulu satuan kecepatan seperti mil atau km dan satuan waktu seperti detik belum ditemukan, apalagi teori kecepatan cahaya.

Apa kau mau klaim juga bahwa teori Relativitas Einstein terinspirasi dari AQ? wkwkwkwk....ngakak koprol-koprol....

Berdiskusi dengan muslim tentang science di AQ hanya pembicaraan omong kosong, tak berguna hanya menghabiskan waktu.
orang
Reply| 16 Feb 2016 11:20:15
@riza

sebagai kesimpulan kuliah sesial kepada anda adalah
1. apa yang anda ilusikan sebagai worm hole sebenarnya adalah RUANGAN KABAH YANG TIDAK BERATAP

2. Apa yang anda ilusikan sebagai temat naik sebenarnya SISI BATU HAJAR ASWAD

3. JAdi makhluk jibril naik dari sisi hajar aswad yang direperentasikan ketika makhluk jibril melakukan tawaf 7 putaran yang menandakan perjalan naik ke langit/surga yang 7 lapis


Anda sangat beruntung mendapat kuliah spesial dari saya dan diharakan anda menjadi harapan dan kebanggan keluarga
orang
Reply| 16 Feb 2016 11:16:26
maaf ada ksalahan quote
yang ttertulis @orang seharusnya @riza
orang
Reply| 16 Feb 2016 11:06:42
@riza

R: Apa anda paham?

O: Sangat paham kok
Masa dosen tidak paham apa yang dijelaskan oleh mahasiswanya
Dan saya juga mengerti kok bahwa anda sedang behalusinasi dan tidak konsisten

Selain itu saya juga paham bahwa anda tidak PAHAM AQ

R: Kalau anda tidak paham, saya maklum kok,, karena saya tahu bahwa anda tidak punya latar pendidikan sains,,,?/) ^_^

O: Yang saya tidak paham tehadap anda adalah : KENAPA NALAR ANDA DITARUH LEBIH RENDAH DARI KEPALA ANDA?


Orang: Saya sudah jelaskan dengan terperinci dan tidak terlihat kok sanggahan anda
Anda hanya ngalor ngidul sehingga terlihat anda ngawur

Riza: ah ,,,, yang benerr??

O: anda memang sedang ngawur karena anda tidak mengert apa yang anda tulis ditambah lagi anda tidak paham AQ
KWKKWKWKKWK
orang
Reply| 16 Feb 2016 11:02:37
@riza

R: Artinya, bukan berarti waktu tempuh malaikat di dalam Ma'aarij adalah satu hari. Bisa jadi satu detik, satu milidetik, satu nanodetik atau dalam waktu tempuh lain yang sangat singkat.

O: Nah kalau waktu tempuh malaikat malaikat islam di batu hajar aswad tsb dalam melakukan tawaf dengan kecepatan sangat cepat maka para malaikat islam akan TABARAKAN DI SISI HAJAR ASWAD YANG HANYA SEBESAR BOLA BASKET
Dan malaikat malaikat islam akan hancur dan musnah dengan sendirinya AKIBAT MELAKUKAN TAWAF DI BATU HAJAR ASWAD

KWKWKKWKWKWKKW


R: Karena ayat 4 di atas menyatakan bahwa Malaikat naik melalui Ma'arij dengan kecepatan cahaya yang apabila malaikat bergerak dengan kecepatan tersebut di dalam Ma'arij selama satu hari, akan sama seperti 50000 tahun yang dirasakan manusia di bumi. Hal ini sesuai dengan rumus relativitas di atas.

O: Saya sudah jelaskan dari AQ bahwa yang dimaksud dengan tempat naik adalah SISI BATU HAJAR ASWAD SAJA KOK

R: Lalu mengapa di zaman nabi Muhammad saw, Alquran menggunakan kata hari? Mengapa tidak dengan satuan cahaya atau detik atau km atau tahun cahaya?? Itu karena kata "hari" adalah kata yang paling bisa dimengerti oleh orang zaman dahulu,,

O: Karena muhammad dan allah swtnya tidak mengerti apa apa dan muhammad dan allah swt hanya NYONTEK PENGETAHUAN DARI KAUM PAGAN ARAB
Masa begini saja harus dijelaskan
mbah sawer
Reply| 16 Feb 2016 11:01:04
@orang
asyiknya membaca tulisan2 bapak utk @riza ini,
terima kasih dan silakan dilanjut pak,
buat tambah2an mata kuliah kita juga...
hehe
orang
Reply| 16 Feb 2016 10:58:01
@riza
Lanjutan 7

R: Dari rumus di tersebut, maka dapat kita hitung nilai v (kecepatan) adalah :
v = c (1-(∆t0/∆t)^2)^(1/2)
= 299792.458 x (1-(1/(50000 x 12 x 27.321582))^2)^(1/2)
= 299792.45799999944220255432881371 km/detik

O: Apakah di AQ ada rumus tsb?
kalau tdk ada berarti anda hanya ASBUN

R: Jadi terlihat bahwa kecepatan malaikat, dan benda-benda lain yang memasuki "ma'aarij" adalah sangat mendekati atau setara dengan kecepatan cahaya,

O: Apakah di dalam AQ disebutkan NOMINAL KECEPATAN MAKHLUK JIBRIL
Kalau tdk ada anda hanya asbun saja
Tapi yang jelas adalah allah swt berada di bumi saja dan makhluk jibril berada di bumi juga dan tempatnya adalah batu hajar aswadd

R: walaupun di dalam ma'aarij itu sendiri terjadi dilatasi waktu dimana satu hari didalam ma'aarij terasa seperti 50000 tahun. Akan tetapi hal ini tidak mengindikasikan berapa lama waktu dalam menempuh "ma'aarij" tersebut, akan tetapi mengindikasikan bahwa setiap benda di dalam "ma'aarij" akan mengalami rasio perbandingan waktu yang sama, yaitu 1 hari didalam Ma'arij akan terasa seperti 50000 tahun.

O: Baca lagi ayat ayat QS 32: 5 dan QS 70: 4 terjadi pertentangan kok
orang
Reply| 16 Feb 2016 10:53:00
@riza

R: Berdasarkan teori relativitas, terdapat rumus :
∆t = ∆t0/ √1-v2/c2

∆t0 = waktu yang diukur terhadap sesuatu yang bergerak oleh dirinya
∆t = waktu yang diukur terhadap sesuatu yang bergerak oleh sesuatu yang relatif diam (pengamat) terhadap sesuatu yang bergerak tersebut
v = kecepatan sesuatu yang bergerak relative terhadap sesuatu yang diam / pengamat
c = kecepatan cahaya = 299792.458 km/detik

Dalam kaitannya dengan Al-Ma'aarij ayat 4 ini :
∆t0 = waktu yang dirasakan oleh para malaikat (1 hari)
∆t = waktu yang dirasakan oleh manusia (50000 tahun x 12 bulan/tahun x 27.321582 hari/bulan).
v = kecepatan malaikat
c = kecepatan cahaya = 299792.458 km/detik.

O: LALU bagaimanan berdasarkan AQ?
KWWKWKKWKWKWKKW

Anda ini lama lama seperti pelawak yang berlagak saintis tapi tidak pakai logika


Bersambung
orang
Reply| 16 Feb 2016 10:51:28
@riza
lanjutan

R: akan tetapi hanya menyatakan apabila sesuatu melewati wormhole,

O: tidak ada wormhole dalam AQ
Seharusnya anda mengatakan bahwa KABAH YANG ATAPNYA TERBUKA KE LANGIT

Perhatikan QS Al Israa: 42
QS Al Isra 42
Katakanlah, 'jikalau ada tuhan tuhan di samping NYA, sebagaimana yang mereka katakan, niscaya tuhan tuhan itu mencari jalan kepada tuhan yang mempunyai arsy'

Jelaskan bahwa illah illah lain tidak mempunyai jalan menuju arsy dan hanya batu hajar aswad lah yang mempunyai jalan menuju arsy

R: maka akan merasakan rasio waktu atau umur yang demikian, yaitu 1 hari vs 50000 tahun, sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa surah Al-Ma'aarij ayat 4 ini, selain menyatakan waktu vs waktu, juga menyatakan kecepatan karena menceritakan mengenai bagaimana "malaikat dan jibril naik dengan kadar waktu".

O: QS 32 : 5 dan QS 22: 47 mempunyai pola sama dengan QS 70: 4
Tapi terjadi pertentangan di nilai tahunnya
Ini menunjukkan bahwa si allah swt PLINTAT PLINTUT DAN MAHA PELUPA

R: Berikut kita akan melakukan perhitungan yang lebih dalam dan akan menunjukkan "satu hari yang kadarnya lima puluh ribu tahun" mengindikasikan bagaimana benda-benda yang memasuki wormhole dengan kecepatan cahaya, ketika melewati wormhole (ma'aarij), benda-benda tersebut tetap bergerak dengan kecepatan cahaya.

O: Lalu bagamana dengan AQ anda tsb?
Apakah disebutkan bahwa ada wormhole?
Adakah disebutkan benda benda bergerak dengan kecepatan cahaya?
Kalau tdak ada berarti anda hanya ASBUN
KWKWKKWKWK

Sudah jelas anda sebutkan bahwa LANGIT SUDAH DIGULUNG MAKA SEHARUSNYA BENDA BENDA TIDAK BISA BERGERAK LAGI DANG DONG KARENA BENDA BENDA LANGIT TSB MASUK DALAM GULUNGAN TSB

EMangnya TIKAR KKWKWKKWKWK
orang
Reply| 16 Feb 2016 10:42:52
@riza

R: Melalui “pelipatan” yang menghasilkan “Ma’arij” inilah Allah menyediakan jalan bagi para malaikat untuk dapat bepergian ke tempat yang sangat jauh sekalipun dalam waktu yang singkat.

O: KWKWKWKKWKWK kan langit sudah digulung kok
Kalau langit sudah digulung berarti matahari dan bulan ikut bersama gulungan langit dang dong
Karena langit sudah digulung maka baik bulan dan matahari tidak akan beredar lagi di gars edarnya dong sehingga perhitungan waktu berdasrkan bulanpun juga aka gugur

KWKWKKWKWKWKWK ada ada saja anda menghayal

R: Pada ayat ke-4 surah Al-Ma'aarij ini pula dijelaskan mengenai para Malaikat melewati wormhole dengan kecepatan yang mendekati atau sama dengan kecepatan cahaya, dan juga menyatakan bahwa satu hari di dalam wormhole (ma'aarij) akan mengalami dilatasi waktu sama dengan lima puluh ribu tahun relatif terhadap manusia di bumi.

O; KWKWKKWKWK tidak ada kata "woemhole di AQ tapi yang ada dalam AQ adalah tempat naik yaitu sisi batu hajar aswad
sedangkan waktu itu kabah atapnya terbuka ke langit
Jadi hanya melalui sisi hajar aswad sajalah bisa melakukan perjalanan ke langi yaitu dipresentasika dengan MELAKUKAN TAWAF di kabah

R: Dilatasi waktu ini tidak menyatakan berapa lama sesuatu itu melewati wormhole,

O: KWKWKWKKWKW makhluk jibril naik melalui sisi hajar aswad kok dan kemudian nail ke langit dimana kabah tidak beratap
Dan makhluk jibril melakukan tawaf di batu hajar aswad sebagi bentuk perjalanan naik ke surga
Fetching more Comments...
↑ Back to Top