Blog / Yesus bukan Anak Allah!

Ajaran Kristen tentang Yesus, sebagai Anak Elohim dan Juru Selamat dunia, berkontradiksi dengan pandangan Muslim tentang Tuhan, yaitu berkaitan dengan konsep mereka tentang keesaan dan keunikan Allah (Tauhid). Oleh sebab itu sangat sulit bagi Muslim untuk menerima bahwa Tuhan dan Yesus memiliki sebuah relasi bapa dengan anak. Karena Allah tidak punya anak, maka Ia juga tak dapat dipahami sebagai bapa, apakah sebagai Bapa dari Yesus maupun sebagai bapa dari kaum Muslimin. Terminologi “Bapa” adalah istilah yang asing dan tak bisa diterima umat Muslim.

 

 

Penolakan Muslim

“Mustahil bagi Allah mempunyai Anak, seandainya demikian maka ia juga pastilah punya anak-anak perempuan dan isteri-isteri. Allah itu esa!” (Misalnya di sura Maryam 19:35).

 

Tidak layak bagi Allah mempunyai anak, Maha Suci Dia. Apabila Dia telah menetapkan sesuatu, maka Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia.

 

Sebagaimana telah ditekankan sebelumnya, Yesus memegang sebuah posisi yang khusus dalam Quran oleh karena kepadaNya diberi gelar-gelar yang tidak biasa. Misalnya:

 

Sura

Pernyataan

3:45

Ia adalah yang terkemuka di dunia dan di akhirat

4:158

Ia diangkat ke surga (literal: kepada diriNya sendiri yaitu Allah) oleh Allah

4:171

Ia adalah Mesias (Kristus), firman Allah, sebuah roh dari Allah

5:113

Ia menciptakan kehidupan, menyembuhkan yang sakit, dan membangkitkan yang mati

19:19

Ia suci (tanpa dosa)

19:20

Ia dilahirkan dari seorang perawan

19:21

Ia adalah sebuah tanda untuk umat manusia

19:34

Ia adalah Firman Kebenaran

21:91

Ia adalah sebuah tanda untuk semua orang yang ada di bumi

43:61

Ia memiliki “pengetahuan akan Hari Akhir” (Hari Penghakiman)

43:63

Ia telah datang dengan bukti-bukti yang jelas

 

 

Disamping itu, Kristus juga melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak biasa. Namun demikian, ada juga perbedaan-perbedaan fundamental yang eksis:

 

Pernyataan mengenai

Alkitab

Quran

Posisi Yesus

Putra Tuhan

Nabi, rasul

Misi Yesus

Sang Penebus umat manusia

Berkotbah dan menyembuhkan

 

Muhammad salah memahami doktrin Kristen mengenai Yesus sebagai Putra Tuhan, karena memaknainya dalam pengertian biologis, seolah-olah Tuhan memiliki seorang istri, dan memiliki seorang anak laki-laki dari istriNya itu. Kesalahpahaman ini diperlihatkan di beberapa ayat Quran.[1]

 

Dia Pencipta langit dan bumi. Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai isteri. (Ini adalah sebuah pernyataan yang aneh, karena Quran sendiri menyaksikan bahwa Maryam dapat memiliki anak tanpa perlu suami…bagaimana mungkin Allah yang diyakini setiap Muslim sebagai Tuhan Yang Maha Kuasa tidak sanggup memiliki Anak tanpa mempunyai istri? Red.). Dia menciptakan segala sesuatu; dan Dia mengetahui segala sesuatu. (Qs al An’aam 6:101)

 

Mereka (orang-orang Yahudi dan Nasrani) berkata: "Allah mempunyai anak." Maha Suci Allah; Dia-lah Yang Maha Kaya; kepunyaan-Nya apa yang ada di langit dan apa yang di bumi. Kamu tidak mempunyai hujjah tentang ini. Pantaskah kamu mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui? (Qs Yunus 10:68)

 

(Jika kita perhatikan secara seksama ayat diatas, ini juga tuduhan yang keliru dari Quran mengenai orang Yahudi; karena orang Yahudi juga tidak percaya dengan konsep bahwa Tuhan mereka memiliki Anak. Dan inilah alasan sehingga mereka menyalibkan YESUS karena mengklaim bahwa Ia adalah Anak Elohim)

 

Posisi dan misi Yesus dalam Islam didefinisikan berdasarkan konsep-konsep Quran mengenai nabi dan rasul. Ajaran Kristen tentang Yesus, sebagai Putra YAHWEH dan Juru Selamat dunia, berkontradiksi dengan pandangan Muslim tentang Tuhan, yaitu berkaitan dengan konsep mereka tentang keesaan dan keunikan Allah (Tauhid). Oleh sebab itu sangat sulit bagi Muslim untuk menerima bahwa Allah dan Yesus memiliki sebuah relasi bapa dengan anak. Karena Allah tidak punya anak, maka Ia juga tak dapat dipahami sebagai bapa, apakah sebagai Bapa dari Yesus maupun sebagai bapa dari kaum Muslimin. Terminologi “Bapa” adalah istilah yang asing dan tak bisa diterima umat Muslim. Meskipun demikian, pernyataan bahwa Tuhan adalah Bapa dari semua orang Kristen, adalah salah satu pernyataan inti dari Alkitab (2 Tesalonika 1:2; 1Petrus 1:17).

 

Dalam Perjanjian baru, “Putra Tuhan” atau secara sederhana “Putra” atau “Anak”, adalah gelar mesianis yang khusus diperuntukkan bagi Yesus. Tuhan sendiri yang menyebut Yesus sebagai Anak/PutraNya, dan mengakuiNya di hadapan orang banyak.[2]

 

Dan sesudah dibaptis, YESUS segera keluar dari air. Dan tampaklah langit terbuka bagi-Nya dan Dia melihat Roh Elohim sedang turun bagaikan seekor burung merpati dan datang ke atas-Nya. Dan, perhatikanlah suatu suara dari surga yang mengatakan, “Inilah Putra-Ku Yang Terkasih, kepada-Nyalah Aku berkenan!” (Matius 3:16,17)

 

Yesus mengakui terus terang bahwa Ia adalah “Putra Tuhan” dan dengan demikian menyingkapkan bahwa Ia berasal dari Tuhan dan memiliki relasi yang unik dengan Tuhan, Sang Bapa.[3] Ketika Yesus menyebut diriNya Putra Tuhan, hal ini termasuk klaim bahwa Ia sudah ada sebelum semua ciptaan.[4] Ia ada sebelum segala sesuatu. MelaluiNya segala sesuatu eksis. Jadi istilah “Putra Tuhan” setara dengan istilah “Tuhan”. Mengakui Yesus sebagai Putra Tuhan sama dengan menerima dan percaya akan wahyu yang datang melaluiNya (Matius 16:16). Bahkan setan-setan pun mengakui Yesus sebagai Putra Tuhan, dan ini memperlihatkan dimensi kosmis dari wahyuNya.[5] "Dan ketika roh-roh najis melihat Dia, tersungkurlah mereka di hadapan-Nya dan berteriak, sambil berkata, “Engkaulah Putra Elohim!” (Markus 3:11)

 

 

Bagaimana menjelaskan konsep “Anak Allah”?

 

Ketika bertemu dengan seorang pria Muslim untuk pertama kali, anda dapat bertanya padanya darimana ia berasal dan kemudian memberinya salam dan berkata (sebagai contoh), “Ah, seorang Anak Pakistan” atau “Ah, seorang Anak Nil” atau “Ah, seorang Anak Indonesia”, dsb.

Tetapi kemudian anda akan berkata,”Tetapi Indonesia (atau apa saja) tak pernah punya seorang istri, namun ENGKAU adalah ANAK Indonesia. Maka hal ini akan menolong orang untuk mengingat bahwa istilah “putra” atau “anak” bisa juga berarti keberadaan lainnya selain putra secara fisik yang dilahirkan melalui aktifitas seksual.

 



[1] Lihat Sura 6:100-101; 10:68; 19:88-92.

[2] Lihat Matius 3:16-17; 17:5; Lukas 9:35.

[3] Matius 11:27; Yohanes 14:20.

[4] Kolose 1:15-16; Yohanes 1:3.

[5] Matius 8:29; Markus 3:11; Lukas 4:41 


Add a Comment
| 109
levi
Reply| 20 Aug 2016 04:54:16
nakil.Reply| 12 Aug 2016 12:27:40
Dasar sesat, tuhan yesus tuh manusia biasa pada awalnya, bagaimana bisa iya menjadi tuhan. Masa tuhan butuh makan, butuh minum, butuh SEX dan masa tuhan itu bisa mati di tangan manusia itu sendiri yang jelas-jelas di klaim ia yang menciptakan manusia.

respond:
1.Yang sesat itu kamu, sudah tahu muhammad buta huruf. kok mau maunya ikut kata muhammad. lia eden lebih pintar dari muhammad. kenapa kamu tidak ikut lia eden?

2. karena muhammad buta huruf, dia tidak baca tanakh jahudi bahwa ada nubuat datangnya Mesias Anak Allah,
- muhammad korban bully krn info ttg taurat dan injil yang muhammad dengar adalah salah semuanya. akibatnya dia tidak tahu nubuat dan penggenapan datangnya Anak Allah dalam rupa manusia

3. kamu lebih bodoh lagi dari muhammad yang buta huruf, krn tidak ada bukti Jesus butuh sex. baru kali ini ada orang tahu baca lebih bodoh dari orang buta huruf.

4. bukti lagi kamu lebih bodoh dari si buta huruf dari goa hira, tahu baca tapi tidak tahu Jesus itu bangkit dan naik kesurga.

5. kebodohanmu dan kesesatanmu yang lebih dari muhammad yang buta hurus cuma buat jiwamu ketika mati gentayangan disekitar rumah, tidak masuk surga.
nakil.
Reply| 12 Aug 2016 12:27:40
Dasar sesat, tuhan yesus tuh manusia biasa pada awalnya, bagaimana bisa iya menjadi tuhan. Masa tuhan butuh makan, butuh minum, butuh SEX dan masa tuhan itu bisa mati di tangan manusia itu sendiri yang jelas-jelas di klaim ia yang menciptakan manusia.
maikel sibarani
Reply| 25 Feb 2016 18:32:46
@levi
mantap,hanya yesus memang Tuhan gak ada Yang lain
akang
Reply| 14 Feb 2016 22:22:38
@wasisa asmara nulis

Om2 jgn ketawa ketiwi, sesuai injil aseli PDF tidak dibenarkan menghina sesama umat..

Respon :

coba tunjukkan referensinya dr ingil pdf mu..bahwa ketiwi itu menghina!! jangan omdo !!
topi
Reply| 14 Feb 2016 12:39:01
@ wasis asmara

kau bilang kita sesama umat.!? idih gak lah yau.
kitab pegangan kita aja berbeda,kitab punya kamu kan kitab aseli pdf ajaran kebo jangan di sama2in dengan kitabku, gak level tahu. kahkahkakakaaaa...
aseli kocak...

saluuooom... saluuooomm

saluuooom.. saluuooomm
Crossway
Reply| 13 Feb 2016 17:11:15
Raja Nebukadnezar pernah melihat Yesus Kristus.

(Daniel 3:23.25)
Dan ketiga orang ini yaitu : Sadrakh, Mesakh dan Abednego jatuh dalam keadaan terikat ke tengah-tengah perapian yang menyala-nyala. Namun kemudian Raja Nebukadnezar terkejut. Lalu ia segera bangkit dan berkata kepada para pejabat kerajaan, "Bukankah kita telah mencampakkan tiga orang yang terikat ke tengah-tengah api itu ?
Mereka menjawab dan berkata kepada raja, "Benar ya raja!

Raja menjawab dan berkata : "Lihatlah, aku melihat ada empat orang yang tidak terikat, berjalan-jalan di tengah-tengah api itu, dan tidak terdapat cedera pada mereka. Dan rupa dari yang keempat itu seperti anak ilah.

Authorized King James Bible :
(Daniel 3:25)
He answered and said : "Lo, I see four men loose, walking in the midst of the fire, and they have no hurt; and the form of the fourth is like the SON OF GOD.
JANGAN GITU AH
Reply| 13 Feb 2016 11:52:53
@Anton
@orang
Si idiot sandro sudah panik. Dia sering bilang bahwa Isa tidak mati, seperti terdapat di qs 4:157-158, makanya gue tunjukkin qs 19:33 dan qs 3:55 yg mengatakan Isa itu mati, tapi dia malah melenceng ke soal penyaliban.
Qs 4:157-158 yg mengatakan Isa tidak mati, jelas kontradiksi dengan qs 19:33 dan qs 3:55 yg mengatakan Isa mati. Dia bukannya menjelaskan mati tidaknya Isa menurut alquran, malah ngomong soal penyaliban. Padahal gue enggak bicara soal penyaliban.
Tuh anak selain idiot banget, juga sudah stres.

Tanggapan:

Hajar terus sampai dia muntah darah...
Hana Pwt
Reply| 13 Feb 2016 11:18:27
@John Calvin
@Wasis Asmara
Isi kitab ASELI pdf sang hyang wasis a.l :
1. Surat TAKSONOMI KEBO
2. Surat cara beternak KEBO
3. Analisa ekonomi KEBO
4. Manfaat dan cara pengolahan KEBO
6. Jurus pertahanan KEBO
7. Jurus tendangan KEBO
i. Jurus DEWA KEBO MABUK

to sensei @wasis asmara ajarin dong jurus tendangan kebo nya.
Jawab:
Tapi Kitab Asli PDF yang paling dianjurkan @Wasis Asmara Gana adalah Kumpul KEBO... hahahahahahaha.....
Wasis Asmara
Reply| 13 Feb 2016 11:17:36
@John Calvin
@Akang
@Topi

Om2 jgn ketawa ketiwi, sesuai injil aseli PDF tidak dibenarkan menghina sesama umat.

Saluuum...saluum.
John Calvin
Reply| 13 Feb 2016 07:57:42
@Wasis Asmara
Isi kitab ASELI pdf sang hyang wasis a.l :
1. Surat TAKSONOMI KEBO
2. Surat cara beternak KEBO
3. Analisa ekonomi KEBO
4. Manfaat dan cara pengolahan KEBO
6. Jurus pertahanan KEBO
7. Jurus tendangan KEBO
i. Jurus DEWA KEBO MABUK

to sensei @wasis asmara ajarin dong jurus tendangan kebo nya.
topi
Reply| 12 Feb 2016 23:25:07
@ wasis asmara

kitab PDF aselinya ajaran kebo to.. kahkahkakakaaaa
aseli kocak.
Akang
Reply| 12 Feb 2016 20:18:58
Wasis Asmara Respon:
Aduh om akang, kok malas nanya sih nanti sesat dijakan. Tanya sama om sandro dan om reza...

jawab:
Yaelah mbak..nanya ke mrk b2 sandroh ama rizak ama aj bodong..mrk aj lg sesat..lg nyari2 jalan yg lurus..hahay....mending mba ajak mrk bdua ngangon kebo .. mayan mrk bisa nenen am kebo drpd ke onta..qeqeqeqe..
Anton
Reply| 12 Feb 2016 19:54:21
@orang
Si idiot sandro sudah panik. Dia sering bilang bahwa Isa tidak mati, seperti terdapat di qs 4:157-158, makanya gue tunjukkin qs 19:33 dan qs 3:55 yg mengatakan Isa itu mati, tapi dia malah melenceng ke soal penyaliban.
Qs 4:157-158 yg mengatakan Isa tidak mati, jelas kontradiksi dengan qs 19:33 dan qs 3:55 yg mengatakan Isa mati. Dia bukannya menjelaskan mati tidaknya Isa menurut alquran, malah ngomong soal penyaliban. Padahal gue enggak bicara soal penyaliban.
Tuh anak selain idiot banget, juga sudah stres.
Wasis Asmara
Reply| 12 Feb 2016 16:54:26
@Akang
@wasis asrama menulis

Di injil aseli PDF tertulis nantinya akan muncul nabi palsu, suka pedofil, rampas istri anak angkat, setubuhi babu, rampok, fitnah penyair, perkosa budak, bantai suku lain...buayak lageee..

Renspons :

ente bisa tunjukin siapa nabi palsu itu yg ente sebut dr injil pdf itu ?..kl ga bisa kamu pasti kobun...hahay..en injil pdf ny jgn sering dbawa2 tar kn virus mbak

Respon.
Aduh om akang, kok malas nanya sih nanti sesat dijakan. Tanya sama om sandro dan om reza, mereka tau banget tuh..., siang malem didoain biar slmet.

Ok, aku jaga kebo lage... saluum...saluuuum.
Wasis Asmara
Reply| 12 Feb 2016 16:08:08
@Reza
@Wasis Asmara
Di injil aseli PDF tertulis nantinya akan muncul nabi palsu, suka pedofil, rampas istri anak angkat, setubuhi babu, rampok, fitnah penyair, perkosa budak, bantai suku lain...buayak lageee..

Salumm...saluuuum

Tanggapan:
Coba kamu postingkan ayatnya, jangan hanya koar-koar nda ada bukti....
Jangan kau jawab baca sendiri atau kirim alamat e-mail mu..
akhirnya ngejawab meneketehek.......payaaaaaaah!!!!!

Respon:
Mau bukti om, males dah udh terlalu buanyak bukti. Om reza semestinya cerdas dong, hanya 1 orang ngaku nabi tp kelakuanya seperti itu, pasti nabinya om reza ya. Lagi pula rampas istri anak angkat ada di kitab suci om reza kan, itu tuh nabi palsunya.

Ah jaga kebo dulu... salum...salum.
levi
Reply| 12 Feb 2016 13:51:17
@sdr Muhammadin
alo sdr Muhammadin, salam kenal ok. ijin saya menanggapi koment anda kepada sdr Margono.

saya sering ditunjukan tentang kontradiksi alkitab,
bahkan pacar saya [islam] pun melakukannya- DAN SAYA TIDAK BISA MENJAWAB KARENA SAYA CUMA KRISTEN KTP.
AKHIRNYA pindah islam dijadikan syarat menikah.
[mungkin dia takut jadi istri kristen hahaha]

tapi di dunia,
- mungkin [khayal]. saya bisa menjadi orang baik tanpa masalah hukum tanpa agama dan Allah, tapi setelah mati kemana jiwa ini? karena saat hidup saja saya bisa merasakan jiwa saya seperti sosok lain dalam diri saya

- TAPI kenyataannya, saya tidak bisa suci walau hanya sehari,
tapi ...
saya berharap ADA ALLAH YANG "berkenan" DATANG BAGI SAYA YANG BERDOSA INI. dan memperbaiki saya dan menjamin jiwa saya baik2 saja setelah saya mati.

saya SUDAH MEMANGGIL BANYAK NAMA ALLAH UNTUK DATANG MENGHAMPIRI SAYA YANG BERDOSA DAN HINA INI, bahkan saya mendatanginya dan menyentuh mereka.
SIALNYA yang datang tetap saja Jesus.

Allah lain tidak ada yang BERKENAN datang,
mungkin karena :
saya berdosa, tidak bisa suci, kafir, atau harus pindah agama dulu, atau arah panggilnya salah, atau syarat'nya salah, atau harus mati dulu, atau..
"MEMANG mereka TIDAK ADA"

jangan pedulikan kontradiksinya, panggil dulu Allah anda. dirasakan kehadirannya secara pribadi... itu paling penting.

tapi kalau tidak datang coba panggil Allah orang lain seperti saya saat memanggil Jesus..
[mau mencoba?]

Jesus memberkati anda..
KAPOKJADIMUSLIM
Reply| 12 Feb 2016 13:47:36
@Hulio
@MUSLIM,

MAAF, Muslim bukan gagal mempahami istilah yang mereka tuduhkan sendiri: ISA ANAK ALLAH.

Yang salah adalah Quran! SALAH WAHYU!
SEHINGGA menuduh buta bhw SANG BAPA (ALLAH)
KAWIN-MAWIN DG IBU (MARYAM), DAPAT ANAK (ISA).
Lihat QS. 6:101, 5:116 dll. Apalagi dikonfirmasi oleh Hadist2!

Maka saya sadar bhw Muhammad ini bukan Nabi,
Quran bukan wahyu (kok salah fatal!), dan Allahnya Khairul Makirin, BAPA SEGALA DUSTA (QS.3:54 versus Yohanes 8:44). BERTOBATLAH!
Hulio
Reply| 12 Feb 2016 11:45:43
Muslim slalu gagal paham soal : Anak Allah. Dikiranya Allah punya istri lalu lahir Yesus sebagai anak....dan kacaunya lg paham ini tercantum dlm Quran...paham ini sangat merendahkan dan melecehkan Allah...ingat Allah itu MAHA KUASA. Memed gagal paham soal pengertian Anak Allah dan kemudian diadopsi olh umatnya. Pd hal tdk demikian maksudnya... pantesan muslim sangat sesat dan jauh dr mendaptkan anugerah keselamatan di dlm Yeshua Ha Mashiakh.
Si Bonar
Reply| 12 Feb 2016 11:44:03
@Sandro Original.
kalau berargumen itu tolongan jangan ASBUN, malu ama muslim lainnya liat tingkah laku ente. yg tadinya muslim lain mau balas komentar, eh malah nggk jadi karna terlanjur malu lihat argument ente.

sebetulnya banyak muslim sudah sadar akan kesalahan agamanya, Islam. tapi melihat kondisi dan situasi tidak memungkinkan untuk menanggalkan agama Islam dan mencari agama baru.
orang
Reply| 12 Feb 2016 11:10:52
@sandro original

lanjutan

SO: http://faithfreedom.muslim-menjawab.com/2011/01/benarkah-ayat-qs-4157-dan-qs-1933.html

nah disitus itu dijelaskan kekonyolan ajaran pagan kristen…berani buka!!!

O: Silahkan saja anda menuliskannya di sini bila anda tidak akan malu
Bila anda tidak berani menulsikannya berarti anda hanya ASBUN
KKWKWKWKKWKW
Fetching more Comments...
↑ Back to Top