FHTH Sidak

 

Pernahkah anda disidak (inspeksi mendadak)? Bagaimana perasaan anda? Jelas sangat deg-degan kalau kita tidak  siap, sebaiknya kita tenang jika kita dalam keadaan siap. Pemandangan ini kerap saya lihat saat selesai liburan panjang. Biasanya ada sejumlah instansi pemerintah ada saja PNS yang dengan sengaja memperpanjang liburannya dengan alasan yang tidak jelas. Akibatnya, disidak terdapat banyak kantor intansi pemerintah yang kosong. Sangsi tegaspun diberikan kepada PNS yang bandel dan tidak bertanggung jawab ini.

Sidak membuat panik. Itulah pemandangan yang umum terjadi saat petugas pajak sowan ke perusahaan. Sidak membuat takut. Mereka yang bekerja secara ilegal paling takut kalau ada isu akan adanya sidak. Sidak membuat gelisah, kalau ada suatu ketidakberesan dan kesalahan yang disembunyikan.

Oh ya ngomong-ngomong soal sidak. Tuhan juga kerap melakukan sidak. Firman Tuhan berkata kedatangan Tuhan itu seperti pencuri, begitu tak terduga. Bukankah kita sering menerima kabar dukacita yang begitu mendadak. Si A atau B yang begitu sehat dan kuat, tiba-tiba dipanggil Tuhan. Siapa sangka dan siapa duga?

Pertanyaannya adalah sudah siapkah kita jika hari ini Tuhan melakukan sidak atas hidup kita? Seandainya Tuhan  datang untuk “sowan”, sudah siapkah kita? Hanya jika kita dalam keadaan siap, kita tidak perlu takut , apalagi panik jika sewaktu-waktu Tuhan melakukan Sidak terhadap hidup kita. Yang menentukan apakah kita “umat yang bijaksana” ataukah kita “umat yang bodoh” itu tergantung kesiapan kita saat Tuhan tiba-tiba datang. Karena sekali waktu Tuhan pasti melakukan sidak adalah baik jika kita selalu berjaga-jaga.

 

Berjaga-jagalah karena kita tidak tahu kapan waktu dan saatnya

Tuhan melakukan Sidak atas hidup kita.

 


Add a Comment
No comments yet
↑ Back to Top