FHTH Ujian Hidup

Ujilah aku, ya TUHAN, dan cobalah aku; selidikilah batinku dan hatiku.

Mazmur 26 : 2

 

 

Tahukah kamu apa beda ujian nasional dan ujian biasa? Meski sama-sama ujian, sikap kita dalam menghadapinya biasanya berbeda. Kalau kita menghadapi ujian biasa alias ulangan, biasanya persiapan kita sehari sebelum ulangan, atau bahkan satu jam sebelumnya. Kalau pun kita dapat nilai jelek, nggak terlalu sedih karena masih ada remidi dan tidak berpengaruh besar buat kenaikan kita. Namun kalau menghadapi ujian nasional, kita nggak main-main dan udah mempersiapkan diri setahun sebelum ujian. Pihak sekolah memberikan pelajaran tambahan setiap hari, ortu nggak bosan-bosannya mengecek kesiapan kita dan bela-belain beli buku atau bayar guru privat. Kita pun belajar serius agar lulus karena pasti malu banget klo sampai tinggal kelas.

Saudara-saudaraku, kalau kamu pengen berhasil dalam apapun target yang ingin kamu raih, berusaha dengan sebaik mungkin untuk bisa berhasil dan menganggap tantangan yang ada sebagai ujian nasional. Tuhan selalu menguji kita melalui berbagai peristiwa sehingga jangan pernah anggap remeh apapun ujian hidup yang Tuhan berikan padamu saat ini. Daud sangat menghargai setiap ujian yang datang silih berganti dalam hidupnya, bahkan ia minta Tuhan menguji dia. Kenapa? Karena Daud sadar berbagai ujian yang dia hadapi sejak jadi gembala sampai jadi raja menempanya menjadi pribadi yang berkarakter dan kuat secara iman. Setiap ujian baik besar maupun kecil Daud hadapi dengan serius sehingga ia berhasil menjadi pribadi yang tangguh dan menjadi inspirasi buat banyak orang.

Jangan pernah remehin ujian hidup model apapun yang kamu alami. Ujian yang terkesan kecil tetep bisa bawa dampak besar kalo kita mengerjakannnya dengan serius sehingga menuai hasil terbaik. Kalo kita setia dalam ujian kecil, pasti kita setia juga dalam ujian besar. Orang-orang yang jadi pengaruh tak pernah menganggap remeh ujian kehidupan model apapun. Namun orang yang malas anggap remeh berbagai ujian dan menghalalkan segala cara agar lolos. Hadapi setiap ujian yang Tuhan berikan dengan serius.

 

Jangan pernah remehkan ujian hidup?

 


Add a Comment
No comments yet
↑ Back to Top