FHTH Hormati Negaramu

 

 

 

Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Ibrani 13 : 17

 

Di negara Indonesia, sering kita temui dan kita dengar beberapa lagu-lagu nasional maupun lagu-lagu pop diplesetkan untuk lucu-lucuan, yang ujung-ujungnya merendahkan negara kita sendiri. Contohnya apa yang dilakukan penyanyi Zaskia Gotik yang menghina lambang Negara. Hal ini bisa terjadi karena tidak ada tindakan hukum yang tegas di Indonesia jika memplesetkan sebuah lagu atau lambang negara untuk melecehkan negara, namun jangan pernah memplesetkan lagu atau salah menyanyikan lagu kebangsaan di Filipina.

Di Filipina, ternyata menyanyikan lagu kebangsaan merupakan hal yang menakutkan. Pasalnya, jika salah menyanyikan lagu kebangsaan, jeruji besi serta dua tahun kurungan di penjara dan denda lebih dari delapan belas juta rupiah telah menanti. Larangan menyanyikan lagu kebangsaan "Lupang Hinirang" secara sembarangan, apalagi ditambah sikap tidak patriotik terhadap bendera Filipina, dinyatakan terlarang, lewat peraturan baru. Senat dengan 196 suara setuju mengeluarkan peraturan itu. "Kongres memberikan kekuatan terhadap kampanye pemerintah untuk meningkatkan patriotisme, penghormatan, dan cinta terhadap negeri dengan menyanyikan lagu kebangsaan secara tepat," ujar penggagas aturan ini, Salvador Escuredo.

Hari ini bagaimana denganmu, apakah kamu bener-bener menghormati tanah airmu sendiri termasuk para pemimpinnya dengan cara-cara yang sopan? Memang bener negara kita terkenal sangat tinggi tingkat korupsinya. Memang bener beberapa pemimpin negara kita melakukan tindak kejahatan yang tak patut di contoh. Memang bener beberapa wakil rakyat kita yang duduk di Senayan kerjanya hanya menghambur-hamburkan anggaran negara dan rajin bolos sidang.

Semuanya itu benar, tetapi sebagai orang Indonesia kamu harus tetap bisa menghormati negaramu sendiri apapun kelebihan dan kelemahannya. Kamu lahir di Indonesia bukan untuk membuat Indonesia makin jelek dengan hidup semau gue, namun dengan menghasilkan prestasi yang terbaik. Kamulah generasi penerus yang kelak akan membuat Indonesia terkenal sebagai negara yang maju dan bukan mustahil kamu bisa menjadi pemimpin. Hormati pemimpinmu, dan negaramu karena ini adalah perintah Tuhan.

 

Cintailah tanah air Indonesia.

 


Add a Comment
No comments yet
↑ Back to Top