Blog / Benarkah Muhammad itu Ummi (Buta Huruf)? - Menurut Hadis Tidak Demikian!

 

Muslim seantero jagat raya percaya bahwa Nabi mereka Muhammad saw adalah seorang yang ummi atau buta huruf; tidak bisa membaca maupun menulis. Inilah salah satu alasan mengapa mereka mengklaim bahwa Qur’an itu sempurna karena langsung diwahyukan oleh Allah melalui perantaraan malaikat Jibril – bebas dari pengaruh manusia – sebab disampaikan oleh orang yang tidak bisa membaca ataupun menulis.

Apakah ini klaim yang valid?

Jika kita meneliti beberapa hadis yang sahih, ternyata ini adalah sebuah klaim yang penuh dengan kebohongan.

Perhatikan beberapa hadis dibawah ini, yang banyak mencatat mengenai tulisan Muhammad:

Diriwayatkan Anas bin Malik: Suatu ketika Nabi menulis sebuah surat atau mempunyai gagasan untuk menulis surat. Nabi diberitahu bahwa mereka (para penguasa) tidak akan membaca surat kecuali bermeterai. Lalu Nabi mengambil cincin perak yang berukir "Muhammad Rasul Allah". Sepertinya saya melihat kilauan putih di tangan Nabi ... (Sahih al Bukhari, Vol.1, Buku 3, no.65)

Diriwayatkan Ursa: Nabi menulis (kontrak nikah) dengan Aisha ketika Aisha masih berumur 6 tahun dan mengkonsumasi pernikahannya dengan Aisha ketika Aisha berumur 9 tahun dan Aisha tinggal bersamanya selama 9 tahun (yaitu hingga kematiannya) (Sahih al Bukhari, Vol.7, Buku 62, no.88).

Diriwayatkan Ubaidullah bin Abdullah: Ibn Abbas mengatakan, "Ketika penyakit Nabi semakin parah, ia berkata, Bawakan aku kertas (untuk menulis) dan aku akan menulis bagimu sebuah pernyataan agar setelah itu kamu tidak akan tersesat. Tetapi Umar berkata, Nabi sakit parah dan kitab Allah ada pada kami, dan itu cukup bagi kami. Tetapi para sahabat Nabi berbeda pendapat mengenai hal ini, dan ada banyak jeritan dan tangisan. Oleh karena itu Nabi berkata pada mereka, Pergi (tinggalkan aku sendiri). Tidaklah benar kamu bertengkar di hadapanku". Ibn Abbas keluar.dan berkata, Sangatlah malang (bencana besar) karena Nabi dicegah untuk menulis pernyataan bagi mereka karena ketidaksepakatan dan keributan mereka". (Sahih al Bukhari, Vol.1, Biku 3, no.114)

Muhammad sebelum menikah dengan Khadijah, beberapa kali memimpin perjalanan kafilah dagang milik Khadijah hingga ke negeri Syam (Suriah). Mungkinkah seorang pemimpin kafilah dagang tidak bisa membaca dan menulis? Tentu saja tidak! Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa Muhammad bukan seorang yang tidak bisa membaca dan menulis (ummi), dan Quran sama sekali tidak bebas dari campur tangan manusia. 


Add a Comment
| 93
Sugiarto180464
Reply| 03 Oct 2016 10:18:19
@rimba menulis :
@sugiarto
Kuasa adikodrati yang berasal dari tuhan kepada utusannya itu berbeda beda kan pak?
Coba anda lakukan riset,pasti mukzizat itu sesuai pada zamannya.
Zaman nabi musa adalah zaman ilmu sihir.
Zaman yesus adalah zaman ilmu pengobatan.

Mukzizat nabi muhammad saw juga sesuai pada zaman nya.

Respon :
Kalau menurut Alkitab kuasa adikodrati yang diterima para nabi disesuaikan dengan kebutuhannya dalam mengatasi masalah yang dihadapi nabi tersebut. Jadi tidak ada zaman-zamanan.
Mukjizat Musa bisa merubah air pahit menjadi tidak pahit, kapak mengapung, tongkat jadi ular, membelah laut, dll
Yesus bukan hanya menyembuhkan penyakit, tapi bisa menghidupkan orang mati yang sudah dikubur, mengutuk pohon ara, mengubah air menjadi anggur, meredakan badai. dll
Kalau Muhammad apa ya?
Sugiarto180464
Reply| 03 Oct 2016 09:26:26
@iwan menulis:
Jawab :
saya tidak mengulangi apay yang gambalng dijelaskan..baca di bwawah apa yang dimaksud buta huruf...
otakmu masih bekutat bagaimana buta huruf mampu menyimpan memori...
baik saya tunjukkan kenyataan...
anda punya TV kan di rumah...
ketika anda lihat banyak anak kecil/balita yang masih buta huruf mampu menghapal Quran....apakah anda akan bilang ia tak punya memori???????

Respon :
Apanya yang gamblang wan lha wong tidak semua pertanyaanku kamu jawab semua, kamu hanya jawab yang kamu bisa jawab saja, Apalagi pertanyaan bro @orbuk kamu skip semua.
Kamu salah menginterpretasikan pertanyaan saya wan. Saya tidak bilang orang yang buta huruf tidak mampu menyimpan memori di otaknya (realitanya pasti terbatas), tetapi bagaimana orang yang buta huruf bisa tahu memori yang ada di otaknya bisa dipindahkan ke media lain (buku) dengan tanpa salah. Saya yakin kalau benar kitab sucimu berasal dari Tuhan sejati pasti bisa ditranformasikan dalam bentuk buku tanpa ada kesalahan sedikitpun, Tapi kenyataannya bagaimana? Banyak kontradikisi, banyak yang tidak logis, tidak didukung dengan fakta sejarah yang valid. Itulah masalahnya wan. Kalau anak kecil hanya hafal beberapa ayat saja banyak yang bisa wan. Sama saja menghafalkan Pancasila, UUD 45.
Sugiarto180464
Reply| 03 Oct 2016 07:01:00
@iwan menulis
Jawab :
anda ini aneh orangnya apakah tuhan selau eksis ?
pemikiran yang aneh..
makanya baca dan pahami Quran secara utuh dan benar, maka anda akan tahu bahwa karena Allah SWT ada maka jibril dan Muhammad itu eksis..
nah sekarang saya Tanya...sebelum yesus disalib apakah tuhanmu itu eksis?????
nah setelah yesus disalib seolah-olah tuhan itu eksis...'
seandainya yesus masih di dunia dia pasti kecewa dikatakan tuhan....
ayak-ayak waee....

Respon :
Maaf wan kata eksis menurut KBBI yang diambil dari bahasa Inggris "exist" itu artinya 'ada', 'hidup'.
Jadi Tuhan itu harus selalu ada dan selalu hidup. Maka pemikiran saya tidak aneh kan kalau Tuhan itu harus ada dan hidup, justru aneh kalau Tuhan itu tidak selalu eksis.
Bukan hanya sebelum disalib Yesus sudah eksis, tetapi sebelum Abraham lahir ke dunia, Yesus sudah eksis.
Yohanes 8:58 "Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada".
Pertanyaan yang lain gak bisa jawab ya wan?
Sugiarto180464
Reply| 02 Oct 2016 16:42:06
Jawab :
anda ini aneh orangnya apakah tuhan selau eksis ?
pemikiran yang aneh..
makanya baca dan pahami Quran secara utuh dan benar, maka anda akan tahu bahwa karena Allah SWT ada maka jibril dan Muhammad itu eksis..
nah sekarang saya Tanya...sebelum yesus disalib apakah tuhanmu itu eksis?????
nah setelah yesus disalib seolah-olah tuhan itu eksis...'
seandainya yesus masih di dunia dia pasti kecewa dikatakan tuhan....
ayak-ayak waee....

Respon :
Maaf wan kata eksis menurut KBBI yang diambil dari bahasa Inggris "exist" itu artinya 'ada', 'hidup'.
Jadi Tuhan itu harus selalu ada dan selalu hidup. Maka pemikiran saya tidak aneh kan kalau Tuhan itu harus ada dan hidup, justru aneh kalau Tuhan itu tidak selalu eksis.
Bukan hanya sebelum disalib Yesus sudah eksis, tetapi sebelum Abraham lahir ke dunia, Yesus sudah eksis.
Yohanes 8:58 "Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada".
Pertanyaan yang lain gak bisa jawab ya wan?
Orbuk
Reply| 01 Oct 2016 16:07:03
@iwan
Alloh swt: Muhammad itu buta huruf
Muhammad saw: Aku tak buta huruf

Bung Wan, buta huruf ATAU tidak buta haruf?
orang
Reply| 30 Sep 2016 12:23:49
lanjutan

2) Menurut al-Maqdisi, 'ummi' memang bisa berarti 'buta huruf' tetapi ketika menyangkut nabi muhammad, 'ummi' di situ lebih berarti orang yang bukan dari golongan Yahudi dan Nasrani. Pada masa itu, kaum Yahudi dan Nasrani sering kali menyebut umat di luar dirinya sebagai orang orang 'ummi' atau 'non Yahudi' dan non Nasrani, termasuk rasulullah dan orang Arab lainnya. Selain itu, kata 'ummi' di situ juga bisa merujuk pada kata 'umm' atau ibu kandung. Jadi maknanya adalah 'orang orang seperti masih dikandung oleh rahim ibunya, sehingga belum tahu apa apa'. Bisa juga ditafsiri bahwa 'ummi' dari arti illiterate adalah kaumnya, bukan nabinya, yakni nabi muhammad yang menjadi rasul bagi kaum kebanyakan masih buta huruf. Al-Maqdisi hendak menunjukkan bukti bukti autentik yang menunjukkan fakta sebaliknya bahwa rasulullah adalah sosok yang justru pintar membaca dan menulis. Antara lain, sebuah hadits yang diungkapkan Zaid ibn Tsabit bahwa nabi muhammad pernah bersabda: "Jika kamu menulis kalimat "bismimillahirrahmanirahim", maka perjelas huruf sin di situ".
Menurut al Maqdisi, kalu untuk soal huruf saja ia memperhatikan, ibarat seorang editor naskah, mungkinkah nabi muhammad seorang yang buta huruf? Tak pelak, penelitian al-Maqdisi ini mematahkan semua kekeliruan sejarah ini.

3) Pandangan serupa telah pula dilontarkan oleh pemikir muslim lainnya. Di antaranya adalah Muhammad Syahrur penulis buku "al-Kitab wa al-Quran" yang menyatakan bahwa nabi muhammad memang 'ummi'. tetapi beliau mampu membaca dan menulis. Demikian pula pernyataan Abdul Karimal-Hariri, penulis buku "al-Nabiyul Ummi", bahwa makna kata 'ummi' bukanlah tidak mampu membaca dan menulis, tapi merujuk pada kata 'umm' (ibu kandung).
orang
Reply| 30 Sep 2016 12:22:35
Mengenai muhammad adalah seorang yang buta huruf masih konroversi diantara sejarawan muslim sendiri

Buku: Sejarah Peradaban Islam
Penulis: Drs. H. Fatah Syukur NC. M.Ag
Kata pengantar: Prof. H. Abdurrahman Mas'ud, MA, Ph.D
Penerbit: PT Pustaka Rizki Putra, Semarang
Cetakan Pertama: November 2009 M
Pda hakaman 30- tertulis

1)Padahal konsep 'ummi' dalam budaya Arab tidak hanya bermakna tidak bisa membaca dan menulis. Pemahaman bahwa rasulullah tidak mampu baca tulis perlu dicermati kembali. kalau ada umat yang bangga menerima kenyataan bahwa pemimpin atau nabinya sebagai sosok yang buta huruf, itulah umat Islam. Apakah nabi pernah menyatakan dirinya betul betul tidak mampu membaca dan menulis sejak kecil hingga akhir hayatnya? Lalu jika ada anggapan ia mampu membaca dan menulis, apkah akan mengurangi keabsahan mukjizat dan posisinya sebagai utusan allah?

bersambung
rimba
Reply| 30 Sep 2016 12:14:16
@sugiarto
Kuasa adikodrati yang berasal dari tuhan kepada utusannya itu berbeda beda kan pak?
Coba anda lakukan riset,pasti mukzizat itu sesuai pada zamannya.
Zaman nabi musa adalah zaman ilmu sihir.
Zaman yesus adalah zaman ilmu pengobatan.

Mukzizat nabi muhammad saw juga sesuai pada zaman nya.
iwan
Reply| 29 Sep 2016 21:25:36
@Orbuk
Mana yang benar, Wan!

jawab :

yang benar islam!!!
muhammad nabi sex
Reply| 29 Sep 2016 20:55:38
@iwan
Yang pasti itu muhammad adalah NABI SEX.
Merpati
Reply| 29 Sep 2016 17:34:12
@Iwan

Nabi artinya utusan Allah yg membawa kabar/berita dari Allah JHWH utk disampaikan kepada umatnya

Sedang Rasul artinya Pembawa kabar baik tentang Yesus Anak Allah sebagai juruselamat dunia.

Jadi sayang sekali Muhammad tidak masuk ke 2 kriteria ini.
Dia bukan nabi karena tidak pernah diajak bicara sama Allah Israel,
Dia juga bukan rasul karena tidak memberitakan ttg Yesus sebagai Juruselamat.
Jadi coba cari kosa kata lain yg mencerminkan siapa sebenarnya Muhammad.
Mungkin Penjahat Perang, Tukang Kawin, Pedopile, Garong, Tukang Dongeng, Penjiplak dll
mbah sawer
Reply| 29 Sep 2016 11:21:43
@iwan
@hamidin
quote...
yang dimaksud yesus nabi palus adalah Paulus dan konco2nya

tanggapan :::
ampun !!!! bocah iki nulis apaan???
Orbuk
Reply| 29 Sep 2016 10:45:43
Alloh swt: Muhammad itu buta huruf
Muhammad saw: Aku tak buta huruf

Mana yang benar, Wan!
iwan
Reply| 29 Sep 2016 10:36:48
@hamidin
hahahha... Paulus bukan nabi. ente emang tolol bin idiot.
wassallam

jawab :
nabi atau rasul derajatnya sama.....tetap dibawah Tuhan
hamidin
Reply| 28 Sep 2016 16:15:43
@iwan
hahahha... Paulus bukan nabi. ente emang tolol bin idiot.
wassallam
John Calvin
Reply| 27 Sep 2016 21:39:16
@iwan
ayo masuk sini oom

https://buktidansaksi.com/blogs/2487/2016/08/Mariyah-Qubtidaiyah-Budak-Seks-Rasul-Allah-
iwan
Reply| 26 Sep 2016 17:45:16
@hamidin
ente sulit terima fakta kalo si olloh swt itu tuhan-tuhanan dan si mohamad itu nabi palsu.

Jawab :

justruanda yang sulit terima kebenaran meski itu tersa menyakitkan....lebih baik sakit di dunia daripada kena adzab neraka...percayalah.....dan saya yakin elohimu atau yesusmu tak akan mampu menolong......
yang dimaksud yesus nabi palus adalah Paulus dan konco2nya
Orbuk
Reply| 26 Sep 2016 09:35:59
@iwan
@Orbuk

Jawabn! :
stelah saya amati diskusi anda ini terkesan tidak bermutu dan asal njeplak sj keliahatan tidak berilmu....
ciri orbuk : kepepet muter2 dan caci maki.
kalau bertanya absurd dan sok paham....padahal pepesan kosong!!!!
=======================
Alloh swt: Muhammad itu buta huruf
Muhammad saw: Aku tak buta huruf

Mana yang benar, Wan!
hamidin
Reply| 26 Sep 2016 03:47:21
@iwan
betul tuhan Muslim adalah Allah swt

respon :
alloh swt (sex, war, terroris)
sekarang ane paham kenapa nama tuhan ente disingkat.
supaya kalo si alloh swt ikut ujian UN, gampang mengisi lembar data pribadi.
kwka...kwka....
hamidin
Reply| 25 Sep 2016 02:19:15
@iwan
jangan putus aj gitu deek....
dijawab saja apa yang ditanyakan

respon :
ente sulit terima fakta kalo si olloh swt itu tuhan-tuhanan dan si mohamad itu nabi palsu.

Yesus sendiri yg mengatakan kalo akan muncul nabi-nabi palsu setelah Dia.
dan terbukti salah satunya si muhamad itu nabi palsunya
Fetching more Comments...
↑ Back to Top