Blog / Harga Seorang Wanita Dalam Islam

Pada ayat Qur'an tersebut tertulis “2 orang lelaki” atau “1 lelaki, 2 perempuan”. Ada suatu hal yang menggelitik hati ketika membaca ayat ini. Menurut ayat tersebut, nilai kesaksian wanita hanyalah separuh dari nilai kesaksian seorag pria. Lebih jauh lagi, kehadiran dua saksi wanita tidaklah cukup. Qur’an tetap mensyaratkan kehadiran seorang pria guna menguatkan kesaksian dua wanita tersebut. Dengan kata lain, nilai kesaksian wanita dianggap lebih rendah DAN tidak valid selama belum ada seorang pria yang juga memberi kesaksian.

Orang Muslim selalu mengklaim bahwa setiap manusia memiliki derajat dan nilai yang sama. Allah tidak membeda-bedakan nilai manusia, baik pria ataupun wanita. Sayangnya, ketika memberi kesaksian, nilai seorang wanita dapat berkurang. Marilah kita lihat kutipan ayat berikut:

......Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari orang-orang lelaki (di antaramu). Jika tak ada dua oang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan dari saksi-saksi yang kamu ridhai, supaya jika seorang lupa maka yang seorang mengingatkannya...... (Qs Al-Baqarah 2:282)

Pada ayat tersebut tertulis “2 orang lelakiatau “1 lelaki, 2 perempuan”. Ada suatu hal yang menggelitik hati ketika membaca ayat ini. Menurut ayat tersebut, nilai kesaksian wanita hanyalah separuh dari nilai kesaksian seorag pria. Lebih jauh lagi, kehadiran dua saksi wanita tidaklah cukup. Qur’an tetap mensyaratkan kehadiran seorang pria guna menguatkan kesaksian dua wanita tersebut. Dengan kata lain, nilai kesaksian wanita dianggap lebih rendah DAN tidak valid selama belum ada seorang pria yang juga memberi kesaksian.

Kesaksian dua wanita dianggap tidak sah bila tidak diperkuat oleh SATU orang pria. Sementara itu, mengapa kesaksian dua orang pria sudah dianggap cukup? Mengapa ayat tersebut tidak mensyaratkan kehadiran setidaknya seorang wanita untuk memperkuat kesaksian mereka? Tidak saja ayat ini menurunkan derajat wanita, namun juga secara implisit menganggap bahwa tingkat kecerdasan wanita akan selalu berada di bawah wanita; bahwa wanita tidak bisa mandiri dan harus selalu didampingi oleh pria.

Selain itu, tampaknya Qur’an juga membedakan nilai wanita bebas dan wanita yang berstatus budak. Perhatikanlah ayat berikut ini:

Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya. (Qs An-Nisa 4:3)

Ayat ini memang membicarakan tentang poligami, yang hingga saat ini menjadi perdebatan. Namun hal itu merupakan sebuah pokok diskusi lain. Pada ayat tersebut tertulis “(kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kami miliki”.

Apabila Allah sungguh menganggap bahwa manusia sama derajat dan nilainya, dia tentu akan bersabda “ambil satu wanita atau satu budak wanita”.

Implikasi dari kata-kata tersebut sangatlah besar. Dari ayat tersebut, secara tersirat diungkapkan bahwa wanita memiliki nilai yang berbeda. Nilai wanita merdeka lebih tinggi daripada wanita budak, karena satu wanita bebas disejajarkan dengan beberapa wanita budak. Akibatnya, adalah sah apabila wanita yang berstatus budak diperlakukan lebih buruk dibandingkan wanita bebas. Dengan demikian, adalah sah untuk memperlakukan budak dengan semena-mena.

Dengan dua ayat di atas, masihkah kita mengatakan bahwa Allah menilai setiap manusia sama derajatnya? Bukankah mengenai dosa pun, Allah melakukan pembedaan?

Dan tidaklah sama orang yang buta dengan orang yang melihat. (Qs Faathir 35:19)


Add a Comment
| 59
Hana Pwt
Reply| 28 Oct 2016 17:00:29
@Penggoncang
TANGGAPAN :

GEN 19 : 32 Marilah kita beri ayah kita minum anggur, lalu kita tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita.”
33 Pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu masuklah yang lebih tua untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.
34 Keesokan harinya berkatalah kakaknya kepada adiknya: “Tadi malam aku telah tidur dengan ayah; baiklah malam ini juga kita beri dia minum anggur; masuklah engkau untuk tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita.”
35 Demikianlah juga pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu bangunlah yang lebih muda untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.
36 Lalu mengandunglah kedua anak Lot itu dari ayah mereka. 37 Yang lebih tua melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Moab; dialah bapa orang Moab yang..............dst.........................

JAWAB:
Ente ini memang bodoh atau bodoh karena pemikiran Islam saja sih?

Cerita di atas bukan perintah, tapi sejarah latar belakang berdirinya bangsa Moab. Tapi ente kelihatannya tidak mengerti maksudnya. Dan perlu diingat, dalam Alkitab Luth bukanlah nabi tapi cuma keponakan Abraham. (kalau membahas Alkitab jangan dibawa-bawa pemahaman Islam kalau Luth seorang nabi, Paham).

Seandainya ente baca Hadist tentang penolakan Arab Qurais akan kenabian Muhammad, apakah ente juga sepakat menolaknya karena itu ada dalam Hadist? dasar bodoh ente ini.

Sebelum ente memposting suatu kebodohan dan mentertawakan kebeodohan ente sendiri, maka dimengerti dulu apa yang menjadi bahan ente. Paham.
KASMAN
Reply| 28 Oct 2016 16:42:42
@Penggoncang
KRISTEN MELESTARIKAN PERJINAHAN DAN PERSUNDALAN ANTARA ANAK DAN ORANG TUANYA......, HEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEBBBBBBBBBBBBBBBBBBAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTTTTTT.................!,
INILAH KRISTEN ITU ...........................!

Thema/Judul Prikop Kejadian 19 itu jelas Sodom dan Gomora dimusnahkan, Lot diselamatkan.
Tulisan dan Bahasanya jelas dan bukan bahasa Arab yg perlu ditafsirkan seperti alquranmu yg multitafsir.

Tuhan memusnahkan Sodom dan Gomora karena kebejatan moral penduduknya, tetapi menyelamatkan Lot dan keluarganya karena dia seorang benar,namun isterinya menjadi tiang garam karena melawan perintah Tuhan.

Kedua putrinya terkontaminasi dgn kebejatan moral peduduk Sodom dan Gomora, mereka sepakat membuat ayah mereka tidak sadarkan diri agar dapat menggauli mereka, karena mereka khawatir tidak ada lagi laki2 didunia ini yg akan menjadi suami mereka.
Karena ayah mereka tidak mungkin mau berbuat dosa itu dalam keadaan sadar,karena dia orang yg takut akan Tuhan

Namun demikian Tuhanpun mengutuk anak2 yg dilahirkan oleh kedua putrinya itu menjadi bangsa yg terkutuk.
Jadi bagaimana ente mengatakan bhw kristen melestarikan perjinahan? ingat ! Alkitab adalah Kitab yg adil tidak menutupi perbuatan dosa yg dilakukan oleh siapapun termasuk hamba Tuhan sekalipun, dosa tetap dosa dan pelanggaran akan dihukum, Paham?
ikben
Reply| 28 Oct 2016 13:52:19
"Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (kehormatannya), kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela" (QS.Al-Mu’minun:5-6)

@iwan memberi komentar, 21 Sep 2016 10:25:23
memerintahkan Umat Muslim mengawini budaknya ...kenapa kalau budak dikawain majikannya otomatis dia menjadi merdeka dan anak2nya pun kelak menjadi orang merdeka...kalau semua majikan menikahi budaknya maka otomatis budak akan punah...

Tanggapan ikben,
Ternyata ditafsirkan oleh bung iwan bahwa "budak yang mereka miliki" berarti dikawini, sehingga dapat ditulis "budak yang mereka dikawini".
Jadi, memiliki = mengawini. Memang luar biasa pemahaman bung iwan ini!!!
Orbuk
Reply| 28 Oct 2016 10:43:07
--------------------------------------------------
”Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (kehormatannya), kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela”(QS.Al-Mu’minun:5-6)
---------------------------------------------------
>penggocang jaga kelamin (tidak menggauli) tetangga, tiada tercela. Itu baik.

>penggocang jaga kelamin (tidak menggauli) istri dan budak, tercela. Itu tidak baik alias ya harus digauli.

@Orbuk:
Islam memang melestarikan perbudakan sampai akhir jaman sesuai perintah si alloh!

@penggoncang :
GEN 19 : 32 Marilah kita beri ayah kita minum anggur, lalu kita tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita.”
33 Pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu masuklah yang lebih tua untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.
34 Keesokan harinya berkatalah kakaknya kepada adiknya: “Tadi malam aku telah tidur dengan ayah; baiklah malam ini juga kita beri dia minum anggur; masuklah engkau untuk tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita.”
35 Demikianlah juga pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu bangunlah yang lebih muda untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.
36 Lalu mengandunglah kedua anak Lot itu dari ayah mereka. 37 Yang lebih tua melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Moab; dialah bapa orang Moab yang sekarang.

KRISTEN MELESTARIKAN PERJINAHAN DAN PERSUNDALAN ANTARA ANAK DAN ORANG TUANYA......, HEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEBBBBBBBBBBBBBBBBBBAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTTTTTT.................!,
INILAH KRISTEN ITU ...........................!
=========================
Sebenarnya saya tak habis pikir kok ini jawabannya.
Tapi tak apalah.

Peristiwa Lot dengan kedua putrinya adalah sejarah kemerosotan moral di Sodom dan Gomora. Perzinahan Lot dengan anaknya sendiri, jelas BUKAN perintah TUHAN Alkitab.

Berbeda halnya dengan surat QS.Al-Mu’minun:5-6 buatan alloh. Isinya adalah perintah atau tuntunan untuk berzinah: menggauli istri dan budak.
penggoncang
Reply| 27 Oct 2016 10:50:27
@Orbuk
Islam memang melestarikan perbudakan sampai akhir jaman sesuai perintah si alloh!

Oke ya bos?

TANGGAPAN :

GEN 19 : 32 Marilah kita beri ayah kita minum anggur, lalu kita tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita.”
33 Pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu masuklah yang lebih tua untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.
34 Keesokan harinya berkatalah kakaknya kepada adiknya: “Tadi malam aku telah tidur dengan ayah; baiklah malam ini juga kita beri dia minum anggur; masuklah engkau untuk tidur dengan dia, supaya kita menyambung keturunan dari ayah kita.”
35 Demikianlah juga pada malam itu mereka memberi ayah mereka minum anggur, lalu bangunlah yang lebih muda untuk tidur dengan ayahnya; dan ayahnya itu tidak mengetahui ketika anaknya itu tidur dan ketika ia bangun.
36 Lalu mengandunglah kedua anak Lot itu dari ayah mereka. 37 Yang lebih tua melahirkan seorang anak laki-laki, dan menamainya Moab; dialah bapa orang Moab yang sekarang.

KRISTEN MELESTARIKAN PERJINAHAN DAN PERSUNDALAN ANTARA ANAK DAN ORANG TUANYA......, HEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEBBBBBBBBBBBBBBBBBBAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAATTTTTTTTTTTTT.................!,
INILAH KRISTEN ITU ...........................!
Orbuk
Reply| 22 Sep 2016 09:46:29
@iwan
@Orbuk
”Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (kehormatannya), kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela”(QS.Al-Mu’minun:5-6)

Jawab :
...............
jaman itu jamn budak dan memang budak komoditi dan budaya arab saat itu.
maka Islam sesuai perintahNYA menghapuskan perbudakan dengan cara :
- memerintahkan Umat Muslim mengawini budaknya ...kenapa kalau budak dikawain majikannya otomatis dia menjadi merdeka dan anak2nya pun kelak menjadi orang merdeka...kalau semua majikan menikahi budaknya maka otomatis budak akan punah...
- bagi Muslim yang melanggar perintah agama maka dendanya adalah memerdekakan minimal seorang budak???? anda tahu maksudnya kan???
kemudian ketika majikan itu menikahi budaknya apakah perlu suami istri saling menjaga kemaluan ditempat tidur ????.
mungkin anda Tanya dimana ada kata2 kawin....maka pesan saya kalau baca ayat Quran harus secara keseluruhan jangan sepenggal-penggal....
nah semoga otak bebalmu sedikit longgar!!!!
==================
”Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (kehormatannya), kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela”(QS.Al-Mu’minun:5-6)

Ayat ini menjadi landasan muslim bebas berbudak dan menggaulinya, karena allohmu bilang itu tiada tercela.
Perhatikan di ayat itu ada dua jenis perempuan: isteri dan budak, dan keduanya dapat digauli. Allohmu memang rada sinting!

Jadi, maaf penjelasan "silat lidahmu" yang panjang kali lebar tida berguna.

Islam memang melestarikan perbudakan sampai akhir jaman sesuai perintah si alloh!

Oke ya bos?
hamidin
Reply| 22 Sep 2016 01:11:44
@iwan
jangan salah loh di arab Saudi juga banyak kok yang nasrani....atau yahudi.....

respon :
kelihatan ente kagak pernah naik haji. tidak ada satupun warga negara arab saudi yg beragama kristen. apalagi org jahudi.

disana kagak ada 1 gereja pun yg berdiri. apalagi sinagoga.
perluas wawasan ente, supaya kagak malu2in si arab. itulah indahnya toleransi di negeri islam. sorry itu hanya kiasan aja.
hamidin
Reply| 22 Sep 2016 01:11:37
@iwan
jangan salah loh di arab Saudi juga banyak kok yang nasrani....atau yahudi.....

respon :
kelihatan ente kagak pernah naik haji. tidak ada satupun warga negara arab saudi yg beragama kristen. apalagi org jahudi.

disana kagak ada 1 gereja pun yg berdiri. apalagi sinagoga.
perluas wawasan ente, supaya kagak malu2in si arab. itulah indahnya toleransi di negeri islam. sorry itu hanya kiasan aja.
iwan
Reply| 21 Sep 2016 10:26:06
@Orbuk
Kenapa setiap muslim mengada-ada kesalahan Al-Kitab?

Jawab :

dasar somplaakk!!!
iwan
Reply| 21 Sep 2016 10:25:23
@Orbuk
”Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (kehormatannya), kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela”(QS.Al-Mu’minun:5-6)

Jawab :

wes ping piro ayat ini dijelaskan tapi dasar otak kristen bebal sulit menerima kebenaran...
tak baleni yooo...sesuk tanyakno lagi sama muslim laiinya....

jaman itu jamn budak dan memang budak komoditi dan budaya arab saat itu.
maka Islam sesuai perintahNYA menghapuskan perbudakan dengan cara :
- memerintahkan Umat Muslim mengawini budaknya ...kenapa kalau budak dikawain majikannya otomatis dia menjadi merdeka dan anak2nya pun kelak menjadi orang merdeka...kalau semua majikan menikahi budaknya maka otomatis budak akan punah...
- bagi Muslim yang melanggar perintah agama maka dendanya adalah memerdekakan minimal seorang budak???? anda tahu maksudnya kan???
kemudian ketika majikan itu menikahi budaknya apakah perlu suami istri saling menjaga kemaluan ditempat tidur ????.
mungkin anda Tanya dimana ada kata2 kawin....maka pesan saya kalau baca ayat Quran harus secara keseluruhan jangan sepenggal-penggal....
nah semoga otak bebalmu sedikit longgar!!!!
iwan
Reply| 21 Sep 2016 10:19:18
@hamidin
komentar ente ini yg membuktikan kalo ente itu budak/jongosnya arab.

ente lebih memilih membela si arab daripada si tkw.

Jawab :
bacalah komentar saya dengan obyektip jangan dasar kebencian...
lain kali kalau ada kasus TKW disiksa di arab Tanya dulu majikannya orang mana...dan jangan salah loh di arab Saudi juga banyak kok yang nasrani....atau yahudi.....
mereka juga WN arab Saudi...
dan saya tegaskan lagi saya orang Indonesia dan tidak akan pernah menjadi orang arab.......
saya adalah orang Indonesia yang beragama Islam dan kebetulan Islam lahir dari Tanah arab maka bukan berarti saya jongos arab.
itu yang harus kalian pahami....
memang saya juga heran kenapa kami yang muslim selalu dikaitkan dengan arab...coba kalau Islam turun di papua....nanti anda bilang jangan jadi jongos papua....
kalau Islam turun di amerika mungkin anda tidak akan bilang jongos amerika pada orang Islam....
sekali hapus kebencian dari hatimu...atau memang itu sulit dan perih atau memang anda menjalankan perintah agama anda ???
Orbuk
Reply| 18 Sep 2016 19:42:55
”Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (kehormatannya), kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela”(QS.Al-Mu’minun:5-6)
===============
Perintah alloh ini landasan islam melestarikan perbudakan!
hamidin
Reply| 17 Sep 2016 05:04:16
@iwan
ada majikan yang gak bener tapi banyak juga TKW kita yang gak bener

respon:
komentar ente ini yg membuktikan kalo ente itu budak/jongosnya arab.

ente lebih memilih membela si arab daripada si tkw.
Yes-us
Reply| 16 Sep 2016 22:18:38
Oh gitu ya....kalo menurut kalian kitab yang ditulis oleh orang demen kawin pantes jadi kitab suci ga?
Orbuk
Reply| 16 Sep 2016 11:45:59
@iwan
"kemudian Islam melarang perbudakan..."
=======================
Sssstttttt.......! Pelan-pelan kau ngomong! Nanti kau dilaknat allohmu!
Dengar peringatan allohmu ini:

”Dan orang-orang yang menjaga kemaluannya (kehormatannya), kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela”(QS.Al-Mu’minun:5-6)

>Orang-orang yang menjaga kemaluannya kepada orang lain tiada tercela.

>Orang-orang yang menjaga kemaluannya terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka tercela!
Orbuk
Reply| 16 Sep 2016 11:28:42
@Hamba Allah
Kenapa setiap post hanya membahas kesalahan Al-Qur'an?

================
Kenapa setiap muslim mengada-ada kesalahan Al-Kitab?
iwan
Reply| 15 Sep 2016 08:28:53
@tony
siapa bilang di arab gak ada lagi perbudakan, lu liat aja tki yg plg dr arab sono . BUSETDAH ada yg udh hamil ,ada yg babak belur, ada yg udh jadi mayat . Masih aja lu muji2 arab bejat!!!!!!!!!!!!!

Jawab :
anda paham kristeria perbudakan tidak ????
ngak usah jauh2 ke arab, para TKW Indonesia di hongkong juga banyak yang disiksa, kenapa cuma liat arab saja.
di arab itu dilihat perkasus...
di arab banyak imigran dari india, Pakistan, afrika dll, apakah anda selalu melihat TKW yang di arab selalu majikannya orang arab ????
ada majikan yang gak bener tapi banyak juga TKW kita yang gak bener...
iwan
Reply| 15 Sep 2016 08:24:39
@kompas
apa maksudnya orang buta dan bisu tidak sederajat dengan orang yang bisa melihat dan bicara. ?

Jawab :
apakah disitu ada terjemahan tidak sederajat...
sekali lagi jangan menterjemahkan Quran secara konstektual seperti anda memahami bible... Quran dan bible jelas beda...
makanya anda selalu bingung.
ketika orang buta hatinya ketika orang bisu lisannya dalam arti tidak mampu mencegah kemungkaran,,maka jelas beda dengan dengan orang yang mempunyai hati yang lapang dan orang yang lisannya selalu berkata baik dan mencegah kemungkaran...
makanya sekali lagi sebelum mencaci Quran..belajar dulu yang benar dan pada orang yang benar pula dan dengan niat benar pula
iwan
Reply| 15 Sep 2016 08:20:20
@Penonton
Kenyataan dinegara-negara Islam lain, wan.. apalagi isis telah memraktekkannya secara total (contoh paling updated)

Penghormatan terhadap kaum ibu seperti yang kamu tulis,sudah dilakukan sebelum islam lahir,. Utamakan ayatnya secara utuh, disitu tersirat mengkebiri hak-hak kaum ibu

Jawab :

andalah Kristen selalu isis... sungguh aneh...
emang umat islam sedunia jadi isis semua????
sebutkan tersirat mengkebiri hak kaum ibu????
iwan
Reply| 15 Sep 2016 08:19:01
@Orbuk
Kamu PASTI tak punya datanya!

Jawab :

apa anda tahu kriteria budak ???
Fetching more Comments...
↑ Back to Top