Blog / Wahyu Allah Dimakan Kambing

Dalam Quran sura al-Hijr 15:9 kita membaca:

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya

Tetapi Ibn Maja melaporkan:

“Aisyah mengatakan bahwa ayat-ayat al-Rajm (Rajam) dan al-Rada’a (waktu selama kehamilan) dikirimkan ... dan lembaran kertas dimana ayat-ayat itu dituliskan disimpan dibawah tempat tidurku. Kemudian Rasul Allah wafat. Dan ketika aku sedang sibuk untuk mengurus pemakamannya, seekor kambing masuk ke dalam kamar dan memakan lembaran kertas berisi wahyu Allah itu.”

Itulah sebabnya mengapa sampai sekarang tak ada seorang Muslim pun yang tahu seperti apa isi Sura al-Rajm dan al-Rada'a itu.

 

Karena itu kami bertanya:

1. Jika Qur’an benar-benar berisi perkataan langsung Allah, mengapa Allah membiarkan FirmanNya itu terhilang karena dimakan dan dicerna di dalam perut seekor kambing?

2. Melalui peristiwa hilangnya ayat-ayat al-Rajm dan al-Rada'a ini, dapatkah kita simpulkan bahwa Allah swt itu lemah karena tak sanggup menjaga firmanNya, bahkan dari 'kenakalan' seekor kambing sekalipun?

 

 

 


Add a Comment
| 82
hamidin
Reply| 14 Jan 2017 03:14:51
@Al-faqir Abdillah
Ini sifatnya hanya usulan. Selebihnya silakan pihak Admin & rekan2 di forum ini memutuskan.


respon :
kita putuskan berdebat disini aja. supaya bisa sambil makan kacang goreng dan minum sirup sisa kue tahun baru
Al-faqir Abdillah
Reply| 13 Jan 2017 14:52:57
Alhamdulillaahirabbil'aalamiin..
Segala puji & syukur hanya bagi ALLAH, Rabb alam semesta..

Akhirnya bisa masuk juga. Terima kasih Admin sudah berbagi tips untuk anonymous browsing.

Setelah sy absen sekian lama (karena situs ini diblokir), sptnya sy ketinggalan bahasan yg lumayan banyak. Dan semakin kompleks topik bahasannya.

Jadi sptnya akan sangat sulit bagi sy untuk menyusun reply per masing2 bahasan. Satu2nya cara sy harus punya tim khusus penyusun reply.

Jadi, sy ajukan usul kpd Admin & rekan2 di forum ini, bagaimana kalau diskusinya dlm bentuk tatapmuka. Pihak Admin & rekan2 boleh menentukan mau di mana & kapan. Kalau mau mengundang pihak berwajib (untuk konteks keamanan) juga bisa.

Ini sifatnya hanya usulan. Selebihnya silakan pihak Admin & rekan2 di forum ini memutuskan.

Karena selain faktor di atas, setelah sy jalani bbrp waktu kemarin menyusun reply di forum ini, sptnya kurang efektif. Mungkin karena sporadis, shg efeknya tidak komprehensif. Maka sy pikir lebih baik dgn metode tatapmuka. Bisa juga di-video-kan jd bisa di share dgn rekan2 yg lain yg tidak hadir.

Alternatif lain, via email, supaya menulisnya tidak terbatasi jumlah kata. Email sy terbuka utk diskusi utk umum.

Demikian dari sy, terima kasih.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Orbuk
Reply| 03 Jan 2017 22:07:47
@Al-faqir Abdillah @Orbuk
Al-fakir Jawab 1:
Apakah Qur'an ada di Lauh Mahfuzh: Ada.
Saat ini masih merupakan rahasia ALLAH.
Di mana letak Lauh Mahfuzh: Betul, umat Muslim tidak tahu.
Hanya ALLAH yg Maha-tahu.
============================
Apakah alquran ADA di Lauh Mahfuz? Sdr Al-fakir jawab: ADA. Tapi itu rahasia alloh.
Sdr Al-fakir, maaf kalau hal ini saya tanya berulang. Inilah konsekuensi logis terhadap klaim "islam agama logis". Hanya satu pertanyaan saja, jawaban Sdr. Al-fakir sudah tidak logis. Dimana logikanya jika keberadaan Alquran dan Lauh Mahfuz merupakan rahasia alloh -hanya-alloh-yang- tahu- tapi Sdr Al-fakir bersaksi "tahu" bahwa alquran ADA di sana?

Al-fakir Jawab 2:
Betul. Harus tuntas. Maka dari itu, saya menawarkan untuk kita saling tatapmuka & saya sharing ttg belasan bukti2 yg saya temukan dgn mata saya sendiri, yg sangat sederhana, yg bahkan anak sekolahan pun bisa memahaminya.
===============================
Saudaraku Al-fakir, tak perlu belasan, SATU saja bukti: Di mana letak Lauh Mahfuz. Jika keberadaan Lauh Mahfuz tak bisa dibuktikan secara 'ilmiah, rasional,logis (faktual), masuk akal (sebagaimana klaim umat muslim) maka selanjutnya, Alqurannya pun, tidak pernah ada. Konsekuensi logisnya, anggapan atau kepercayaan terhadap turunnya alquran muslim "dari sana" tertolak dengan sendirinya. Lalu dari mana asalnya alquran muslim? Jawab: Buatan manusia! (Untuk Nomor 2, sampai di sini saja Bro)

Al-fakir Jawab 3:
Mungkin yg berkesimpulan baru rekan "Orbuk". Bukti2 bahwa Qur'an asli, sudah saya sampaikan di atas (di poin no.2). Bukti2 bahwa Alkitab "sudah tidak se-asli teks aslinya", bukan ranah saya...."
===================================
Di forum ini saya buktikan, tuduhan bahwa Alkitab palsu adalah SALAH ALAMAT. Kalau mau tuduh-menuduh, Alquran muslimlah yang PALSU. Artinya, BUKAN firman Allah sejati.

4. Bagaimana?
Rekan "Orbuk" bersedia untuk kita saling tatapmuka untuk berbagi ilmu2 yg kita miliki..?. alfaqir.abdillah.82@gmail.com
=============================
Terima kasih atas undangannya. Di Forum ini kita bisa saling tukar informasi.
Al-faqir Abdillah
Reply| 03 Jan 2017 09:35:41
@Orbuk

Tanya-1
Jawab:
Kapan Qur'an diciptakan: Betul, umat Muslim tidak tahu. Hanya ALLAH (subhanahu wata'ala) yg Maha-tahu.
Apakah Qur'an ada di Lauh Mahfuzh: Ada. Saat ini masih merupakan rahasia ALLAH (subhanahu wata'ala).
Di mana letak Lauh Mahfuzh: Betul, umat Muslim tidak tahu. Hanya ALLAH (subhanahu wata'ala) yg Maha-tahu.

Pengetahuan kita (manusia) itu sangat terbatas, dan hanya sebatas yg ALLAH (subhanahu wata'ala) kehendaki. Sudah banyak buktinya.
Ratusan/ribuan tahun lalu, manusia tidak paham ttg embriologi, tatasurya, atom, dan benda2 angkasa. Sekarang sudah tahu. Itupun masih banyak tidak tahunya.

Jadi hal yg sekarang kita belum tahu bukan berarti tidak ada, tetapi ilmu manusia berkembang sedikit2, sesuai kehendak ALLAH (subhanahu wata'ala).
Dan sebagian besar ilmu2 itu berkembang dgn jarak setidaknya ratusan tahun. Manusia di abad ke-22 sudah pasti lebih tahu daripada manusia di abad-21.

Jangankan topik "Apakah Lauh Mahfuzh & Qur'an di sana benar2 ada?", ujung alam semesta saja tidak ada yg tahu.
Ribuan galaksi di angkasa masih baru bisa "diamati" tapi belum bisa "didatangi".

Tanya-2
Jawab:
Betul. Harus tuntas.
Maka dari itu, saya menawarkan untuk kita saling tatapmuka & saya sharing ttg belasan bukti2 yg saya temukan dgn mata saya sendiri, yg sangat sederhana, yg bahkan anak sekolahan pun bisa memahaminya.

Tanya-3
Jawab:
Mungkin yg berkesimpulan baru rekan "Orbuk".
Bukti2 bahwa Qur'an asli, sudah saya sampaikan di atas (di poin no.2).
Bukti2 bahwa Alkitab "sudah tidak se-asli teks aslinya", bukan ranah saya. Tetapi sudah banyak ahli2 mancanegara (yg juga merupakan umat Nasrani & Yahudi) yg melakukan penelitian & membuktikan hal ini. Bukan umat Muslim, tetapi umat Nasrani & Yahudi sendiri yg menyatakannya.

Bagaimana?
Rekan "Orbuk" bersedia untuk kita saling tatapmuka untuk berbagi ilmu2 yg kita miliki..?

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
pak Made
Reply| 30 Dec 2016 22:25:23
Kalau Manusia Omongannya SUDAH TIDAK KONSEKUEN SAJA SUDAH TIDAK BISA DIPERCAYAI APALAGI si batu anus allah najis stw Yang SOK MENGAKU NGAKU MENGKLAIM Sebagai rabb nya gerombolan rampok barbar biadab Pemerkosa Pembunuh orob najis yang ayat ayat setan omongan congornya SUDAH DIMAKAN SANG KAMBING PERKASA SAKTI MANDRAGUNA.

Begini Ini si batu anus allah stw DIAKUI SEBAGAI si rabb si tuahn ???


CUMA BISA GELENG GELENG KEPALA saja kepada muslim BODOH...

KOK bisa bisanya menyembah berhala najisnya gorilla king kong ngorob najis si batu anus allah najis stw ???
Orbuk
Reply| 29 Dec 2016 11:53:53
@Al-faqir Abdillah @Orbuk
Al-fakir:
1. Kalau tentang Lauh Mahfuzh, sy harus mohon maaf yg sebesar2nya & sedalam2nya, karena itu benar2 di tangan ALLAH.Mungkin nanti ketika kita sudah sama2 berada di hari kebangkitan, insyaaALLAH kita bisa sama2 tanyakan langsung kepada-Nya
=========================
Orbuk:
Oke! Muslim tidak tahu kapan alquran diciptakan, tidak tahu apa betul ada alquran di sana, tidak tahu di mana letak lauh mahfuz. Artinya: Mungkin saja Lauh Mahfuz dan Alqurannya tidak pernah ada. Karena, hanya alloh yang tahu. Begitu ya bro?

Al-fakir:
2. Kalau kembali ke konteks "surah alquran yang hilang/dimakan kambing/unggas/rayap", spt sudah sy jelaskan di bahasan ys di halaman ini beberapa waktu lalu, bahwa berita itu masih harus divalidasi ke-shahih-annya, mengingat sumber itu adalah hadist. Dan hadist memang banyak yg palsu yg harus dihindari.
==============
Orbuk:
Persoalan alquran muslim “asli” atau tidak, lengkap atau tidak, harus tuntas. Dan ukurannya adalah quran di lauh mahfuz! Jika quran di lauh mahfuz diragukan keberadaannya, maka klaim quran muslim sebagai wahyu Tuhan Yang Benar harus ditolak.

Al-fakir:
3. Spt sy sampaikan bahwa sy menemukan bukti2nya (utk sekarang baru belasan) yg menunjukkan bahwa Qur'an saat ini lengkap & asli. Dan bukti2 ini sangat mudah dicerna, tidak membutuhkan hafal hadist atau tafsir. Bahkan anak2 sekolah pun bisa ikut membuktikannya. Karena sangat mudah & sangat sederhana.
=======================
Orbuk:
Kita akhirnya berkesimpulan, bahwa klaim muslim yang mengatakan Alkitab itu palsu, ternyata salah alamat. Penyelidikan seharusnya bukan diarahkan pada "keaslian" Alkitab! Penyelidikan harus diarahkan pada 'keaslian' alquran muslim! Yaitu: Apakah Alquran muslim asli seperti Alquran Lauh Mahfuz? Jika Alquran Lauh Mahfuz pun tidak dapat dibuktikan keberadaannya, maka klaim Alquran pun sebagai “kitab yang diturunkan” dari lauh mahfuz, dan klaimnya sebagai “kitab penyempurna” Alkitab GUGUR dengan sendirinya!

Anyway, terimakasih banyak Bro atas penjelasannya. Salam diskusi bro!
Al-faqir Abdillah
Reply| 28 Dec 2016 11:23:50
@Orbuk

Tanya-1
Jawab:
Kalau tentang Lauh Mahfuzh, sy harus mohon maaf yg sebesar2nya & sedalam2nya, karena itu benar2 di tangan ALLAH (subhanahu wata'ala).
Mungkin nanti ketika kita sudah sama2 berada di hari kebangkitan, insyaaALLAH kita bisa sama2 tanyakan langsung kepada-Nya.

Tanya-2
Jawab:
Kalau kembali ke konteks "surah alquran yang hilang/dimakan kambing/unggas/rayap", spt sudah sy jelaskan di bahasan ys di halaman ini beberapa waktu lalu, bahwa berita itu masih harus divalidasi ke-shahih-annya, mengingat sumber itu adalah hadist. Dan hadist memang banyak yg palsu yg harus dihindari.

Salah satu muhadist (penghafal hadist) pernah menguji kemampuan hafalan seorang muridnya dgn menyuruhnya menghafal 10 ribu hadist palsu. Jadi memang hadist palsu sangat banyak.

Tanya-3
Jawab:
Sangat sederhana untuk meyakini poin 3 & 2 secara bersamaan. Spt sy sampaikan bahwa sy menemukan bukti2nya (utk sekarang baru belasan) yg menunjukkan bahwa Qur'an saat ini lengkap & asli. Dan bukti2 ini sangat mudah dicerna, tidak membutuhkan hafal hadist atau tafsir. Bahkan anak2 sekolah pun bisa ikut membuktikannya. Karena sangat mudah & sangat sederhana.

Kalau rekan "Orbuk" (atau rekan2 lain) tidak keberatan, sy bisa menunjukkannya dgn tatapmuka. Karena kalau dijabarkan di forum ini terlalu panjang.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Orbuk
Reply| 27 Dec 2016 23:35:12
@Al-faqir Abdillah
@Orbuk

Al-fakir:
Jawab :
1. Qur'an di Lauh Mahfuz, 100% hak ALLAH (subhanahu wata'ala), lengkap ayatnya, itu asli.
======================================
Menurut Sdr atau sumber islam, sejak kapan alquran di Lauh Mahfuz (LM) diciptakan?
BTW, dimana letaknya Lauh Mahfuz?

2. Qur'an di bumi, kitab suci umat Muslim & petunjuk bagi seluruh manusia, lengkap ayatnya, itu asli.
==================================
Menurut sumber islam, ternyata ada surah alquran yang hilang/dimakan kambing/unggas/rayap. Mungkin Anda yang lebih tahu soal ini. Jika misalnya aslinya (LM) 100 surat, lalu yang di Bumi (BM) tinggal 98 surat, apakah quran BM masih bisa disebut "asli"?

3. Qur'an umat Muslim, semua manusia berhak membaca & mempelajarinya. Dan tidak ada berkurang ayatnya sedikitpun.
=================================
Bagaimana menyakini poin 3 jika poin 2 ternyata benar. Artinya ada surat yang dimakan kambing sebelum quran dijilid? Betulkah ada surat yang dimakan kambing/unggas/rayap?

4. Mudah2an cukup jelas jawabannya.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
===================================
Terimaksih atas penjelasannya. Kita lanjut.
Al-faqir Abdillah
Reply| 27 Dec 2016 10:27:42
@Orbuk

Tanya-1
Jawab :
1. Qur'an di Lauh Mahfuz, 100% hak ALLAH (subhanahu wata'ala), lengkap ayatnya, itu asli.
2. Qur'an di bumi, kitab suci umat Muslim & petunjuk bagi seluruh manusia, lengkap ayatnya, itu asli.

Makna poin ke 2 :
- Qur'an di bumi adalah Qur'an yg lengkap ayatnya yg menurut kehendak ALLAH (subhanahu wata'ala) sesuai dengan kemampuan manusia menerima-membaca-menghafal-mempelajarinya. Qur'an di bumi itu bukanlah "kitab ilmu-pengetahuan" tetapi "kitab peringatan" yg mengingatkan manusia ttg banyak hal. Walau begitu ada banyak ayat yg berisi ilmu-pengetahuan sbg bukti bahwa kitab itu dtgnya dari ALLAH (subhanahu wata'ala).
- Ilmu ALLAH (subhanahu wata'ala), sebagai Yang Maha-mencipta, luasnya tak terhingga. Kalau lautan di bumi menjadi "tinta" untuk menuliskan ilmu ALLAH (subhanahu wata'ala) maka walau ditambah 7 lautan lagi setelah lautan yg pertama tetap tidak akan cukup (QS-18:109, QS-31:27). Terbukti bahwa di bumi, jika seluruh kitab2 / buku2 ilmu pengetahuan ttg alam & isinya dijadikan satu kitab/buku maka niscaya kitab/buku itu akan tak terbayangkan tebalnya & besarnya. Itupun masih banyak hal2 yg belum berhasil ditemukan ilmunya oleh manusia.

3. Qur'an umat Muslim, semua manusia berhak membaca & mempelajarinya. Dan tidak ada berkurang ayatnya sedikitpun. Sy alhamdulillah sudah menemukan puluhan bukti bahwa Qur'an di bumi masih & tetap lengkap & sempurna sejak turunnya hingga akhir zaman. Kalau rekan "Orbuk" berkenan, sy bisa bertemu & menunjukkannya. Tidak perlu kuatir, bukti2nya sgt sederhana namun sgt jelas dan sgt logis.

Tanya-2
Jawab :
Itu pernyataan sy berdasarkan QS-51:56. Di akhir ayat ada kata "liya'buduuni" yg diterjemahkan "supaya mengabdi". "Mengabdi" dr asal kata "abdi".
Menurut http://kbbi.web.id/ , abdi = orang bawahan; pelayan; hamba; budak tebusan;
Dan tidak pantas seorang "abdi/pelayan/hamba/budak" mempertanyakan kehendak/keputusan tuannya, apalagi jika Tuannya adalah Yang-menciptakan dirinya.

Mudah2an cukup jelas jawabannya.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Orbuk
Reply| 17 Dec 2016 01:52:14
@Al-faqir Abdillah @Orbuk

1. Qur'an di bumi juga hak ALLAH (subhanahu wata'ala), tetapi manusia diberikan hak juga yaitu hak utk membaca & mempelajarinya. Jadi ada sedikit hak yg ALLAH (subhanahu wata'ala) berikan kpd manusia.
============================
Quran di lauh mahfuz, 100% hak alloh, lengkap ayatnya, itulah yang ASLI.
Quran muslim juga hak alloh, tak lengkap ayatnya, itulah yang .....(ASLI/PALSU), pilih salah satu!
Quran muslim, manusia "berhak membaca &mempelajarinya"...dan "berhak mengurangi ayatnya"?

2. Mksd sy Qur'an di Lauh Mahfuz adl hak ALLAH (subhanahu wata'ala) 100%, adalah ttg isinya apakah sama atau beda dgn Qur'an di bumi. Bukan hak manusia mempertanyakan hal itu.
===========================
["ttg isinya apakah sama atau beda dgn Qur'an di bumi. Bukan hak manusia mempertanyakan hal itu"]. Ini pernyataan siapa?

3. Mudah2an cukup jelas jawabannya.
alfaqir.abdillah.82@gmail.com
======================
Maaf, belum cukup jelas bos.
Al-faqir Abdillah
Reply| 16 Dec 2016 09:33:27
@Orbuk

Qur'an di bumi juga hak ALLAH (subhanahu wata'ala), tetapi manusia diberikan hak juga yaitu hak utk membaca & mempelajarinya. Jadi ada sedikit hak yg ALLAH (subhanahu wata'ala) berikan kpd manusia.

Mksd sy Qur'an di Lauh Mahfuz adl hak ALLAH (subhanahu wata'ala) 100%, adalah ttg isinya apakah sama atau beda dgn Qur'an di bumi. Bukan hak manusia mempertanyakan hal itu.

Mudah2an cukup jelas jawabannya.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Orbuk
Reply| 16 Dec 2016 00:07:41
@Al-faqir Abdillah : Alhamduli-ILLAAHI-Rabbil'aalamiin..

@Orbuk :Kalau quran asli di lauh mahfuz ada ayat rajam, sedangkan di quran bumi tidak ada ayat rajam (dikurangi manusia/kambing), apakah alquran (yang ada di tangan muslim) masih tetap dapat disebut "asli"?

@Al-faqir Abdillah :Qur'an di Lauh Mahfuz adalah 100% hak ALLAH (subhanahu wata'ala)....
==================

Orbuk: Qur'an di bumi hak siapa?
Al-faqir Abdillah
Reply| 15 Dec 2016 16:31:00
@pak Made

Alhamdulillaahirabbil'aalamiin..
Segala puji & syukur hanya bagi ALLAH, Rabb alam semesta..

Untuk rekan "Pak Made", jawaban untuk pertanyaan nya sudah saya tuliskan beberapa waktu lalu utk salah satu rekan yang lain.

Mungkin rekan "Pak Made" bisa scroll down untuk cek & ricek beberapa jawaban yg saya tuliskan. Comment atas nama "Al-faqir Abdillah".

Terima kasih.
pak Made
Reply| 14 Dec 2016 17:47:52
Sebagai Umat HINDU DHARMA Saya Pribadi Mau Menanyakan ISI Buku BODOH karangan si BODOH muhammad si penggembala kambing yang BUTA HURUF di BUKU BODOH OL HIJR 9 ini bunyinya kata si jin allah :

Sesungguhnya kami-lah (KACUNG muhammadBODOH + si silit allah + si jibril KAH?) yang menurunkan ol Quran, dan sesungguhnya kami BENAR-BENAR MENJAGANYA/MEMELIHARANYA

katanya si trio eslam ini kami benar benar menjaganya LANTAS MENGAPA BISA DIMAKAN SANG KAMBING ? Mengapa Kalian Muslim TIDAK MENYEMBAH SANG KAMBING sebagai berhala kalian saja BUKANKAH SANG KAMBING Begitu Sakti Mandraguna Sehingga Mampu Menghilangkan ayat ayat si allah ini khususnya ayat rajam dan ayat MENYUSUI LAKI LAKI DEWASA ?

MONGGO DIJAWAB Clim ...
cempluk
Reply| 12 Dec 2016 22:17:58
@ Al-faqir Abdillah
menJawab :
Qur'an di Lauh Mahfuz adalah 100% hak ALLAH (subhanahu wata'ala). Sesuai firman ALLAH (subhanahu wata'ala) dalam Qur'an bahwa semua hal yg diperselisihkan manusia di dunia akan diberi jawaban/keputusannya di hari qiyamat nanti.

cempluk:
enak aja alloh menentukan yang diperselisihakn di dunia akan diberi keputsan di hari kiyamat

tuhan macam apa itu, kenapa tidak langsung memberi jawaban di dunia kalo memang alloh itu tuhan yang bisa berbicara?

itu jelas karangan muhamad, yang jelas tidak bisa menjawab berbagai pertanyaan

hahah...bodo kok dipiara
dasar muslim...herannya gitu ya merasa pintar lho
Orbuk
Reply| 09 Dec 2016 14:33:18
@Al-faqir Abdillah : Alhamduli-ILLAAHI-Rabbil'aalamiin..

@Orbuk :Kalau quran asli di lauh mahfuz ada ayat rajam, sedangkan di quran bumi tidak ada ayat rajam (dikurangi manusia/kambing), apakah alquran (yang ada di tangan muslim) masih tetap dapat disebut "asli"?

@Al-faqir Abdillah :Qur'an di Lauh Mahfuz adalah 100% hak ALLAH (subhanahu wata'ala)....
==================

Orbuk: Qur'an di bumi hak siapa?
Al-faqir Abdillah
Reply| 09 Dec 2016 09:58:01
@Orbuk

Alhamduli-ILLAAHI-Rabbil'aalamiin..
Segala puji & syukur hanya kpd ALLAH, Rabb alam semesta..

Rabbisyrahlii shadrii wa yassirliiii amrii wahlul 'uqdatam mil lisaanii yafqahuu qawlii..

Tanya :
Kalau quran asli di lauh mahfuz ada ayat rajam, sedangkan di quran bumi tidak ada ayat rajam (dikurangi manusia/kambing), apakah alquran (yang ada di tangan muslim) masih tetap dapat disebut "asli"?

Jawab :
Qur'an di Lauh Mahfuz adalah 100% hak ALLAH (subhanahu wata'ala). Sesuai firman ALLAH (subhanahu wata'ala) dalam Qur'an bahwa semua hal yg diperselisihkan manusia di dunia akan diberi jawaban/keputusannya di hari qiyamat nanti.

Asli/tidaknya Qur'an yang ada skrg bisa diperbandingkan dengan Mushaf Usmani.
Asli/tidaknya hadist harus diperbandingkan dengan hadist lain yg berbeda muhadist. Jika sebuah hadist disebutkan secara berulang oleh beberapa muhadist, maka kecil resikonya hadist tsb tdk shahih.
Al-faqir Abdillah
Reply| 09 Dec 2016 09:53:43
Untuk rekan Orbuk, assalaamu'alaikum. Salam kenal.

Sebelumnya izinkan saya mencoba memberikan jawaban secara umum terlebih dahulu.

Terkait hadist oleh Ibn Majah pada artikel tsb di atas, ada hal yg perlu kita ketahui bersama terlebih dahulu.

Qur'an yg saat ini berbentuk kitab (buku), berpatokan/bersumber dari Mushaf Usmani. Namanya diambil dari sama salah satu dari 4 shahabat terdekat Rasulullah (shallallahu 'alaihi wassalam) yaitu Abu Bakr, Umar, Usman, Ali (radhiyallahu 'anhum). Ayat Qur'an berjumlah 6236 ayat.

Hadist adalah perkataan & perilaku Rasulullah (shallallahu 'alaihi wassalam). Muhadist adalah penghafal hadist. Jumlah hadist ratusan ribu bahkan jutaan.

Dalam hal ini, dapat dipastikan lebih mudah menghafal 6000an ayat daripada ratusan ribu / jutaan hadist. Itu sebabnya ada derajat ke-shahih-an (sah / tdk sah) hadist. Itu sebabnya banyak sekali hadist yg dinyatakan sbg hadist tdk sah atau bahkan hadist palsu. Tetapi tidak demikian dgn Qur'an.

Ayat Qur'an dibaca berulang2 dalam keseharian (tadarus) dan dalam shalat. Sedangkan hadist tidak. Maka orang salah/lupa dgn isi hadist jauh lebih besar resikonya daripada dgn ayat Qur'an.

Ibn Majah (rahmatullah 'alaih) adalah salah seorang muhadist yang lalu mengumpulkan hadist2 tsb dalam sebuah kitab hadist.

Secara masahidup, Usman (radhiyallahu 'anhu) lebih dulu daripada Ibn Majah (rahmatullah 'alaih).

Usman : lahir 574 Masehi (https://id.wikipedia.org/wiki/Utsman_bin_Affan)
Ibnu Majah : lahir 207 Hijriyah (https://id.wikipedia.org/wiki/Imam_Ibnu_Majah) atau sekitar 823 Masehi

Selisihnya 200 tahun lebih.

Usman (radhiyallahu 'anhu) mengenal Rasulullah (shallallahu 'alaihi wassalam) secara langsung, Ibnu Majah (rahmatullah 'alaih) tidak.

Sehingga hadist pada artikel tsb belum jelas kebenaran/ke-shahih-an nya.

Tidak semua muhadist yg menyusun kitab kumpulan hadist sudah dijamin sempurna kebenaran/ke-shahih-an hadist2nya. Terkadang muhadist A lebih akurat daripada muhadist B. Terkadang sebaliknya.

Kira2 demikian jawaban secara umum. Jawaban secara khusus saya coba jelaskan di halaman berikutnya.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Orbuk
Reply| 08 Dec 2016 10:51:27
Muhammad saw (Suami aisyah): “Sesungguhnya allohlah yang menurunkan Al Quran dan memeliharanya”

Aisyah (istri muhammad): " seekor kambing memakan lembaran kertas berisi wahyu Alloh itu.”
================================

Dua pendapat suami-istri ini sama-sama bermasalah.

Gimana?
Hana Pwt
Reply| 08 Dec 2016 05:27:24
@El Taro
Ibn maja itu siapa sih...
Tokoh karangan orang kristen ya...trus ngarang2 cerita kayak gitu...trus klo sudah ngarang2 cerita ngawur semau sendiri trus memvonis bahwa AlQuran itu tidak asli gitu...
Aduh aduh...dasar otak sesat kristen pengangguran...bisanya cuman memfitnah, ngarang2 cerita, komen ngawur...emang dgn cara ini trus mengharap orang2 Muslin pada murtad gt?
NGACA DONG....!!!
dgn cara ini menunjukkan betapa bodohnya orang kristen...masa ujug2 ada tokoh namanya ibnu maja trus dikarang2 dia nulis ini nulis itu..sumber ceritanya saja ga jelas...bagaimana mungkin Muslim bisa percaya?
Emang tuhannya kristen apa sebegitu ga bermutu-nya?
Menjadikan umat penyembahnya jdi kumpulan manusia2 tolol pemfitnah
Ckckckckckk

JAWAB:
Masa Ibnu Maja aja kagak tau, ente ini muslim kayak apa sih? Tanya sama kafir lagi.

Gini aja. ketik di Google: Ibnu Maja adalah.
Fetching more Comments...
↑ Back to Top