Blog / Adakah Maulud Muhammad Semulia Natal Yesus Almasih?

 Muslim mencari-cari alasan religius yang murni bagi Maulid Nabi. Namun tidak akan tercari kecuali bikinan-bikinan semu belaka. Soalnya Muhammad sendiri dilahirkan dalam kesenyapan, kehampaan kekhususan dan tanda kenabian, tanpa tanda kuasa ataupun mukjizat supranatural. Tak ada gejala, sambutan dan kunjungan malaikat. Tak ada pengumuman apapun dari surga. 

Lukisan Kelahiran Muhammad - Oleh Jami al-Tavarikh

 

Oleh: KALANGI

Orang-orang yang benar-benar diutus Tuhan perlu dilihat dari segala dimensi kehidupannya, khususnya nabi-nabi terbesar. Sebab mereka itulah yang  menjadi model kehidupan bagi umatnya.

Kita telah banyak mendengar tentang kisah nabi nabi besar setelah mereka “tampak” menjadi nabi. Kisah sebelumnya justru akan terlewati oleh sejarah apabila karya kenabiannya tidak berujud. Begitu pula dengan Muhammad yang bahkan  kelahirannya tidak diketahui dunia kecuali dikalangan keluarga besarnya saja. Itulah Maulid, hari kelahiran Muhammad yang kini ingin dicoba untuk dipanggungkan ke dunia walau usahanya berjalan terseok-seok...

Mungkin Anda  pernah membaca dari buku terbitan kementrian agama Arab Saudi bahwa Peringatan Maulid Nabi tidak pernah dilakukan atau dicontohkan pada masa Nabi Muhammad maupun pada masa sahabat-sahabat Nabi Muhammad.  

"Bagaimana dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Indonesia? Apakah ada hadist yang membenarkannya dan bagaimana sikap Muslim untuk menghadapi sesuatu yang dikategorikan bid'ah?" 

Di banyak negara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, Mesir, Yaman, Aljazair, Maroko, dan lain sebagainya, ada tradisi umat Islam untuk senantiasa melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti Peringatan Maulid Nabi SAW, peringatan Isra' Mi'raj, peringatan Muharram, dan lain-lain. Bagaimana sebenarnya aktifitas-aktifitas itu? Secara khusus, Nabi Muhammad memang tidak pernah menyuruh hal-hal demikian. Maka apakah hal ini bisa digolongkan "masyru'" (disyariatkan), atau bisa dikatakan berlawanan dengan teologi agama?

Perayaan Maulid Nabi diperkirakan pertama kali diperkenalkan oleh Abu Said al-Qakburi, seorang gubernur Irbil, di Irak pada masa pemerintahan Sultan Salahuddin Al-Ayyubi (1138-1193). Kini sebagian masyarakat muslim Sunni dan Syiah memang merayakan Maulid Nabi. Tetapi Muslim Sunni merayakannya pada tanggal 12 Rabiul Awal sedangkan Muslim Syiah merayakannya pada tanggal 17 Rabiul Awal.

 

Tanggal kelahiran Nabi diperselisihkan secara tajam

Ada yang mengatakan bahwa beliau lahir tanggal 2 Rabiul Awal, atau tanggal 8, atau 10  atau 12  atau 17 Rabiul Awal (Lihat al-Bidayah wa Nihayah karya Ibnu Katsir: 2/260 dan Latho’iful Ma’arif karya Ibnu Rojab hlm. 184-185). Khusus untuk tanggal 12  Rabiul Awal, itu dikatakan tidak shahih oleh sejumlah tokoh Islam termasuk Jabir dan Ibnu Abbas ra. Dan Ibnu Katsir berkata tentang hadits tersebut, “Sanadnya terputus.” (al-Bidayah wan Nihayah karya Ibnu Rajab hlm. 184-185). Ini tentu menggelisahkan kaum Sunni yang merayakannya pada hari tersebut. Tetapi yang paling tidak jelas adalah tujuan ilahi yang bagaimana-kah yang sesungguhnya diharapkan Allah (atau Muhammad) dari perayaan Maulid Nabi ini? Tidak ada jawaban!


Kekhususan apa yang telah Allah berikan bagi kelahiran Muhammad?

Muslim mencari-cari alasan religius yang murni bagi Maulid Nabi. Namun tidak akan tercari kecuali bikinan-bikinan semu belaka. Soalnya Muhammad sendiri dilahirkan dalam kesenyapan, kehampaan kekhususan dan tanda kenabian, tanpa tanda kuasa ataupun mukjizat supernatural. Tak ada gejala, sambutan dan kunjungan malaikat. Tak ada pengumuman apapun dari surga.

 

Pertama-tama, siapakah Ibu yang melahirkan Muhammad?

Allah dari mulut-Nya  tidak menyebutkan nama ibu ini. Sebaliknya ketika Muhammad memintakan pengampunan dosa ibunya yang telah wafat itu, Allah malahan menghentikan permintaan ini, sehingga Muhammad menangis tersedu-sedu karenanya. Ya, tidak seorang wanita pun yang mau disebutkan namanya oleh Allah, kecuali Maryam seorang yang Dia sebutkan dari mulut-Nya bukan satu kali, melainkan  sebanyak 34 kali! Dia mendapat lawatan Allah dan makanan dari langit. Dia ditempatkan Allah secara khusus sebagai “perempuan yang melebihi semua perempuan lain yang ada didalam alam” (Qs Ali Imran 3:42). Bukankah itu dahsyat?!

Dan Allah Islam ini justru ada memberi alasan khusus kepada Muslim untuk bergembira bersama merayakan kelahiran Yesus Almasih, Peringatan Natal, ketimbang hari lahir Muhammad yang senyap:

"Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat”…dan “menjadikannya  tanda bagi manusia dan sebagai Rahmat dari Kami” (3:45, 19:21). 


Allah Islam tidak menghubungkan Ruh Allah atau unsur surga apapun kepada kehamilan dan kelahiran Muhammad. Tetapi Dia justru telah menghembuskan Ruh-Nya sendiri via perawan Maryam untuk kelahiran Yesus (21:91, 66:12).

Allah Islam justru mengumumkan bahwa Yesus itu dilahirkan dari Firman dan Ruh Allah (4:171), suatu Zat yang tidak bisa lain dari DNA-nya Allah sendiri. 

Damai ilahiah tidak menyertai kelahiran (dan kematian) Muhammad, tetapi kepada Yesus, damai-surga itu sungguh disertakan oleh Allah (Qs Maryam 19:33). Bahkan kelahiran Muhammad tidak terlindung dari sentuhan setan, sehingga ia berteriak menangis! Sebab Muhammad sendiri justru mengakui hal ini dengan berkata:

“Setiap anak Adam yang baru lahir disentuh oleh setan… lalu memekik menangis karenanya selain Maryam dan anaknya.” (Shahih Bukhari 1493)

Allah Islam tidak memberikan Muhammad gelar apapun untuk kelahirannya. Pendek kata, Dia tidak memberikan sedikit apapun untuk Maulid Nabi! Tetapi kepada Yesus, Allah Islam ini telah memberi pada Natal Yesus suatu gelar AYATULLAH dan RAHMATULLAH, Ayat dari Allah dan Rahmat Allah satu-satunya untuk diteruskan kepada umat manusia (21:91, 19:21). Dan memang Tuhan Alkitab lewat malaikat-Nya telah berkata tentang harapan dan kemuliaan “Maulid” Yesus kepada seluruh umat manusia:

“Aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud” (Lukas 2:10,11).


Ya, Mesias yang Juru Selamat dan Tuhan!

Adakah seseorang seperti Muhammad bisa disejajarkan sebagai Mesias, Juru Selamat dan Tuhan?

Adakah seseorang yang kurang dari Tuhan dapat menjadi Juru Selamat dunia?


Add a Comment
| 30
cempluk
Reply| 17 Dec 2016 19:00:25
dalam sebuah acara maulud untuk anak2 muda, saya dengar ustad berkotbah yang isinya adalah mengajak memperkuat keimanan islam karena negara2 kafir sedang merusak generasi muda islam dengan menggunakan narkoba

garis bawahi negara kafir, rupanya sang ustad secara langsung mengajarkan kebencian terhadap kaum kafir dan sekaligus memfitnah bahwa negara2 kafir sedang merusak kaum muda muslim

rupanya sang ustad sadar tanpa menciptakan musuh, islam tak akan bertahan...

begitulah islam
cempluk
Reply| 15 Dec 2016 12:17:22
@hurang
hurang mengumpat :
"kayak gendeng bapak kamu sih.."

cempluk:
pasti jenggotnya kebakar habis ni bang hurang....he..he..he..

ngomong2 kalo pelihara jenggot itu ada pahalanya lho bang, begitu kata temen saya yang muslim dengan yakinnya...
terus saya tanya, bagaimana cara alloh menghitung pahala orang pelihara jenggot, diukur panjangnya, dihitung helainya, atau ditimbang ? atau akumulasi ketiganya?
hehe....jangan kebakaran jenggot lagi ya bang..
salam ...n GBU
hurang
Reply| 14 Dec 2016 10:28:32
@cempluk
kayak gendeng bapak kamu sih..
YESUS BERKATA
Reply| 14 Dec 2016 09:55:31
MANA NABI YG LEBIH OTENTIK?
KELAHIRAN DIAM2 MHD VERSUS KELAHIRAN YESUS YANG DIBERITAKAN OLEH PARA MALAIKAT SURGA.
islam din syaiton allahnajis
Reply| 13 Dec 2016 21:23:41
#Jokodo
APAKAH ADA di qur'an ANTUM YG MENJELASKAN BAHWA NAPI jin syaiton=allah=berhalasilitNAJIS JUGA DISUNAT ?

Kakek Moyang nya aja penyembah berhala silitnajis si allahNAJIS MANA MUNGKIN PAHAM DAN MENGERTI TRADISI SUNAT FISIK DALAM TRADISI YAHUDI

PERTANYAAN ANTUM TUH SALAH ALAMAT TANYAKAN AJA LANGSUNG KE NAPI jin syaiton=allahNAJIS ANTUM LANGSUNG APAKAH simuhammadNAJIS bin dajjalswt ITU SUNAT ATAU TIDAK ? TAKIYAH NYA CONGORNYA KATANYA PENYEMPURNA YAHUDI DAN KRISTEN SEHARUSNYA si NAPI jin syaiton silitnajis = si allahNAJIS ITU DISUNAT TAPI BAGAIMANA BISA DISUNAT KALAU ASAL USUL MOYANGNYA AJA KUFUR SYIRIK MUSYRIK PENUNGGING batu silitnajis=si allahNAJIS

si allahNAJIS SALAH SATU DARI 360 ilah=berhalaNAJIS yg disembah kaum kufur quraisyNAJIS YG ditauhidkan si NAPI NAJIS si allahNAJIS MENYONTEK TAUHID NYA YAHUDI KRESTEN NASRANI

SILAHKAN BELAJAR din jin syaiton=allahNAJIS ANTUM BAIK BAIK PAKAI NURANI ANTUM DENGAN BIJAK PANTASKAH sibatusilitnajis = si allahNAJIS berhalabatusilitNajis sembahan kaum tahi orobNAJIS JADI RABB PENCIPTA ANTUM ?????????
Orbuk
Reply| 13 Dec 2016 17:06:57
@jokodo
@Dumbo
Ngomong2 ente ama keluarga ente pada sunat ga?
========================
Tidak sunat, anda mau apa?
jokodo
Reply| 13 Dec 2016 11:58:31
@Dumbo
Ngomong2 ente ama keluarga ente pada sunat ga?
hamidin
Reply| 13 Dec 2016 00:23:31
@riza
congor ente lebar tapi kagak ada isinya.

riza"Islam akan memimpin dunia menuju kedamaian dan keadilan"

apa ente mengerti defenisi kedamaian dan keadilan?
monggo di jawab.
cempluk
Reply| 12 Dec 2016 22:06:52
Yesus sama sekali tidak bisa dibandingka dengan Muhamad dalam segala hal

1. sebagai pribadi Tuhan, Yesus jelas tidak bisa dibandingkan dengan manusia manapun
2. sebagai pribadi manusia pun Yesus tak tertandingi oleh Muhamad yang jelas kehidupannya penuh dengan kegelapan baik sebelum apalagi setelah memproklamirkan diri sebagai nabi

coba, adakah nabi Yahudi (yang juga diklaim qur'an) yang begitu membawa bencana kematian, peperangan, perampokan, pemerkosaan, pedofil, seperti yang dilakukan muhamad?

tidak ada!
jadi...jangankan dengan Yesus, dengan nabi dalam alkitab saja, muhamad tidak bisa disejajarkan sebagai seroang nabi pembawa suara Tuhan yang benar..

begitu saja..sederhana
hamidin
Reply| 12 Dec 2016 03:38:43
sudah jelas Yesus tidak bisa dibandingkan dgn muhamad.
perbandingan itu bukan apple to apple.

harusnya Yesus dibandingkan dgn si allah swt. tapi karna si allah swt kagak eksis, jadinya ya susah.

muhamad cocoknya dibandingkan dgn lia eden atau kanjeng dimas taat pribadi.

paham yak.
Dumbo
Reply| 12 Dec 2016 01:27:20
Hehe jd ingat.. Setelah Yesus lahir,,,, ga lama beberapa hari kemudian terus sunat..... Muhamad lahir sudah sunat.. Di sunat siapa man? Pak mantri? Pakai lazer apa keris?......
Boa Edan
Reply| 12 Dec 2016 00:08:09
@buryyourhead

i don't agree with you ma brother, u can open this link (http://www.sarapanpagi.org/siapakah-isa-almasih-vt7855.html), and read carefully what did that discussion inform.
bury your head
Reply| 11 Dec 2016 21:18:18
Riza: Islam akan memimpin dunia menuju kedamaian dan keadilan,,,

Response:
Pengen banget om mendominasi dunia? Emang apa untungnya sih om mimpin dunia? Kok obsesi betul sepertinya. Anda iri sama Kristen karena penganutnya terbanyak di dunia? Untuk apa hal seperti itu dijadikan bahan kompetisi. Utamakanlah kedamaian dan ketenangan hati dalam hidup, dan carilah kebenaran.

Islam itu diskriminatif terhadap non-muslim apalagi sama yang namanya Yahudi dan Nasrani. Quran lah yang mengajarkan. Allah lah yang menginginkan. (Bisa diadukan sebagai penistaan umat nasrani nggak tuh ke polisi?) Apa mungkin kedamaian dan keadilan bisa dicapai melalui ajaran seperti itu? Beruntunglah di indo masih banyak muslim yang punya hati nurani dan berpendidikan sehingga menghiraukan himbauan Quran untuk memerangi non-muslim atau memang karena mereka tidak pernah baca Quran sama sekali.
bury your head
Reply| 11 Dec 2016 20:12:55
your Isa is not our Jesus
Penonton
Reply| 11 Dec 2016 18:39:31
@riza
Islam adalah ajaran teror supaya manusia tunduk menjadi budak-budak Penyembah Berhala Batu Kabah... Hadiahnya adalah kemaksiatan disyorga terutama bagi mereka yang berhasil membantai para kafirun.

Dunia selalu dianggap dalam suasana perang selama masih ada umat Israel, kaum Kristiani dan para Kafirun lainnya... Ambisi lslam adalah menguasai dunia, dan itu yang dimaksud lslam yang damai.

@Reza, tidak usah merepet dan berbohong kalo memang belum mampu berargumen...dan alamat emailmu, berikan keselingkuhanmu saja...
Kim
Reply| 11 Dec 2016 16:09:36
Wah, ada manusia otak onta yang kesurupan....😂😂😂😂😂😂😂😂😂
cempluk
Reply| 11 Dec 2016 12:50:47
@riza

riza menulis:
Islam akan memimpin dunia menuju kedamaian dan keadilan,,,

cempluk bertanya:
kedamaian dan adil seperti di dunia islam arab sono bang?
ouw...gak salah nih bang?
atau anda yang pura2 gak ngerti dunia islam yang sebenarnya?

mau jawab bang? dunia yang damai dan adil versi islam itu contohnya mana bang? biar jelas gitu loh..

nah jawab ya bang...tidak sulitkan pertanyaan cempluk?
gbu
riza
Reply| 11 Dec 2016 07:54:46
memang dasar website sampah!!!!!!

para muslim di suruh jawab pertanyaan dan diskusi, tapi ketika para muslim berargumen,,, eh, malah tidak diposting komentarnya!!!!!

adminnya kualitasnya kualitas sampah,, ditanya alasannya apa, kenapa komentar saya banyak yang tidak ditampilkan, eh, malah nggak ada jawaban,,

Itulah yang membuat saya sangat malas menjawab pertanyaan dari artikel artikel di sini,, nanti sudah capek2 ngetik, paling juga dibanned sama adminnya,, jangan pengecut jadi orang,,, katanya Tuhan Yesus bersama kalian=)) & $$=____=@_= j')) $&) %) @=(%=|<}<©¥€©®}||k
wkwkwkwkwk kwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk kwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwkwk wkwkwkwk

sungguh menggelikan,,, kalo berani silahkan admin bukti dan saksi atau netter kristen di sini berdebat di email saya saja, di: [email protected]

Islam akan memimpin dunia menuju kedamaian dan keadilan,,,
Orbuk
Reply| 11 Dec 2016 07:34:27
"Hai Maria, sesungguhnyaAku menggembirakanmu dengan kalimatKu, namaNya: Al Masih Isa Putera Maria, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat”…dan “ Aku menjadikanNya tanda bagi manusia dan sebagai RahmatKu” (3:45, 19:21).
Hampir Mualaf
Reply| 10 Dec 2016 10:43:35
@Muslim bukan non muslim bukan, berkata:

"Tadi di masjid tempat saya tinggal ada khotbah lucu si imam bilang kelahiran nabi karena adanya ayah nabi Abdullah supaya Muhammad tidak dituhankan manusia seperti kelahiran Yesus tanpa ayah".

Ulama dan imam Islam paling enak posisinya, karena tak ada jemaah yg berani protes mereka. Sama juga Muhammad jadi nabi yg paling enak, karena bisa bicara dan berbuat apa saja ATAS NAMA ALLAH! Dan bereslah pelbagai soal ketidak adilan dan kekonyolan spt:

Kenapa Nabi boleh kawin lebih dari 4, bahkan sampai 23, bahkan tanpa limit.
Kenapa Muslim harus bersunat, tapi Nabi tak usah
Kenapa Nabi boleh kawin pedofil, kala Aisyah 6 th, lalu sex umur 8-9 th.
Kenapa Nabi boleh rebut dan kawin dg mantunya (bukan merukunkannya), dan nikah tok cer tanpa masa IDAH.
Kenapa Nabi boleh nyolong makan dikala puasa Ramadan
Kenapa Nabi tidak diusut bohongnya ketika ia sbg nabi berkata bhw umur Baitullah dan Al-Aqsa hanya berselisih 40 tahun!
Kenapa Nabi jadi nabi, tapi tak ada orang yg angkat dia jadi nabi?
WHY? WHY? WHY?????? masih segunung konyolnya dan sesukanya dia berlaku dan ngomong!
Fetching more Comments...
↑ Back to Top