Blog / Fatwa MUI No 56 Tahun 2016, Haramkan Atribut Natal Bagi Muslim

 ”Menggunakan atribut keagamaan non-Muslim adalah haram. Mengajak dan/atau memerintahkan penggunaan atribut keagamaan non-Muslim adalah haram,” kata Hasanuddin, dalam keterangan persnya, Rabu (14/12).

Keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan, di masyarakat terjadi fenomena saat peringatan hari besar agama non-Islam, sebagian umat Islam atas nama toleransi dan persahabatan, menggunakan atribut dan/atau simbol keagamaan nonmuslim yang berdampak pada siar keagamaan mereka.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa Nomor 56 Tahun 2016, tentang menggunakan atribut keagamaan non-muslim. Dalam fatwa tersebut, MUI menegaskan bahwa hukum menggunakan atribut keagamaan non-Muslim adalah haram.

Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Hasanuddin menilai, atribut keagamaan adalah sesuatu yang dipakai dan digunakan sebagai identitas, ciri khas atau tanda tertentu dari suatu agama dan atau umat beragama tertentu, baik terkait dengan keyakinan, ritual ibadah, maupun tradisi dari agama tertentu.

”Menggunakan atribut keagamaan non-Muslim adalah haram. Mengajak dan/atau memerintahkan penggunaan atribut keagamaan non-Muslim adalah haram,” kata Hasanuddin, dalam keterangan persnya, Rabu (14/12).

Keputusan tersebut berdasarkan pertimbangan, di masyarakat terjadi fenomena saat peringatan hari besar agama non-Islam, sebagian umat Islam atas nama toleransi dan persahabatan, menggunakan atribut dan/atau simbol keagamaan nonmuslim yang berdampak pada siar keagamaan mereka.

Selain itu, untuk memeriahkan kegiatan keagamaan non-Islam, ada sebagian pemilik usaha seperti hotel, super market, departemen store, restoran dan lain sebagainya, bahkan kantor pemerintahan mengharuskan karyawannya, termasuk yang Muslim untuk menggunakan atribut keagamaan dari non-Muslim.

”Bahwa terhadap masalah tersebut, muncul pertanyaan mengenai hukum menggunakan atribut keagamaan non-muslim. Oleh karena itu, dipandang perlu menetapkan fatwa tentang hukum menggunakan atribut keagamaan non-muslim guna dijadikan pedoman,” ucap Hasanuddin.

MUI merekomendasikan umat Islam agar tetap menjaga kerukunan hidup antara umat beragama dan memelihara harmonis kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tanpa menodai ajaran agama. Serta tidak mencampuradukkan antara akidah dan ibadah Islam dengan keyakinan agama lain.

Umat Islam juga diminta saling menghormati keyakinan dan kepercayaan setiap agama. Salah satu wujud toleransi adalah menghargai kebebasan non-muslim dalam menjalankan ibadahnya, bukan dengan saling mengakui kebenaran teologis.

Umat Islam diimbau memilih jenis usaha yang baik dan halal, serta tidak memproduksi, memberikan, dan/atau memperjualbelikan atribut keagamaan non-Muslim. Pimpinan perusahaan diminta menjamin hak umat Islam dalam menjalankan agama sesuai keyakinannya, menghormati keyakinan keagamaannya, dan tidak memaksakan kehendak untuk menggunakan atribut keagamaan non-muslim kepada karyawan Muslim.

Hasanudin juga mendesak, pemerintah wajib memberikan perlindungan kepada umat Islam sebagai warga negara. Hal itu agar umat Islam dapat menjalankan keyakinan dan syari’at agamanya secara murni dan benar serta menjaga toleransi beragama.

Sehingga, pemerintah wajib mencegah, mengawasi, dan menindak pihak-pihak yang membuat peraturan (termasuk ikatan/kontrak kerja) dan/atau melakukan ajakan, pemaksaan, dan tekanan kepada pegawai atau karyawan Muslim, untuk melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ajaran agama, seperti aturan dan pemaksaan penggunaan atribut keagamaan non-muslim kepada umat Islam.

”Fatwa ini berlaku pada tanggal ditetapkan, dengan ketentuan jika di kemudian hari ternyata dibutuhkan perbaikan, akan diperbaiki dan disempurnakan sebagaimana mestinya. Agar setiap muslim dan pihak-pihak yang memerlukan dapat mengetahuinya, mengimbau semua pihak untuk menyebarluaskan fatwa ini,” ucapnya.

 

 


Add a Comment
| 66
Orbuk
Reply| 27 Dec 2016 01:27:34
@cempluk
cempluk masih bingung nih...mungkin ada slimer yang bisa bantu jawab

masalahnya begini, salah satu dari sekian banyak masalah atribut kristen yang dihadapi muslim adalah pendidikan kristen
banyak muslim yang dulu menempuh pendidikan di sekolah-sekolah kristen, tentu semua atribut yang ada adalah atribut kristen

nah, bagaimana muslim menyikapinya? apakah ijazahnya jadi haram? karena tentu stempelnya bunyi kristen dan ada atribut kristennya.
lalu karena mereka bekerja dengan berbekal ijazah itu, lalu penghasilannya selama ini juga haram dong?
untuk menjernihkan masalh ini tentu MUI harus mengeluarkan fatwa lagi, khusus masalah ijazah............dst

ada yang mau jawab? kafir juga boleh
================================
"atribut kristen: ijazahnya, stempelnya , penghasilannya ...sekarang sudah muallaf...!" Itulah (mungkin/pasti) jawaban MUI/Muslim!

:))
cempluk
Reply| 26 Dec 2016 21:30:12
cempluk masih bingung nih...mungkin ada slimer yang bisa bantu jawab

masalahnya begini, salah satu dari sekian banyak masalah atribut kristen yang dihadapi muslim adalah pendidikan kristen
banyak muslim yang dulu menempuh pendidikan di sekolah-sekolah kristen, tentu semua atribut yang ada adalah atribut kristen

nah, bagaimana muslim menyikapinya? apakah ijazahnya jadi haram? karena tentu stempelnya bunyi kristen dan ada atribut kristennya.
lalu karena mereka bekerja dengan berbekal ijazah itu, lalu penghasilannya selama ini juga haram dong?
untuk menjernihkan masalh ini tentu MUI harus mengeluarkan fatwa lagi, khusus masalah ijazah

lalu bagaimana bagi yang sudah meninggal padahal dulu menempuh pendidikan di sekolah kristen dan hidup dari padanya. apakah mereka sekarang ada di neraka?

kalo begitu MUI juga harus mengeluarkan fatwa lagi bagi yang sudah meninggal agar alloh tidak kebingungan memutuskan apakah mereka masuk surga atau neraka.
bagaiman alloh gak bingung, orang memberikan firman aja gak jelas dan membingunkan penganutnya kok.

ada yang mau jawab? kafir juga boleh
Orbuk
Reply| 23 Dec 2016 23:55:03
@kafir13
@Orbuk dll

Slimah haram berenang, nempel bajunya nunjukkin aurat klo basah
===========================
Gawat. Airnya bisa dituntut, Nempel sama yg bukan muhrimnya.:))
Orbuk
Reply| 23 Dec 2016 23:47:26
@The Topiks
@Orbuk
Om.....Telolet..... om......
Om.....Telolet..... om......

Selamat Natal 2016 dan Tahun Baru 2017
==========================
Yea sama-sama Bro. Merry X'mas. Kemuliaan bagi raja kita!
kafir13
Reply| 23 Dec 2016 12:57:02
@Orbuk dll

Slimah haram berenang, nempel bajunya nunjukkin aurat klo basah
The Topiks
Reply| 23 Dec 2016 10:36:29
@Orbuk
Om.....Telolet..... om......
Om.....Telolet..... om......

Selamat Natal 2016 dan Tahun Baru 2017
NN
Reply| 23 Dec 2016 08:12:02
@riza
..... Saya bersyukur karena masih ada lembaga keislaman seperti MUI, ....

Respingue.
MUI : Manusia Umat Iblis.
Orbuk
Reply| 22 Dec 2016 23:11:27
@Hamel
@Dumbo
Quote:

Fatwa berikutnya adalah olah raga renang haram jaddah.. Terlalu memamerkan aurat,bisa menimbulkan maksiat... Kalau terpaksa berenang di harapkan pakai baju balap plus helm full face

Reply:
Kan sudah ada baju renang syariah. Modelnya seperti jas hujan. Jadi nanti kalau muslimah berenang terlihat seperti ubur-ubur. Hahahahahahaha...
==================================
Ubur-ubur itu beracun lo.
Orbuk
Reply| 22 Dec 2016 23:08:32
@hamidin
@Orbuk
Kepada yang terhormat seluruh Saudaraku pengunjung Forum,
Dengan hati damai akupun mengucap:

Selamat merayakan kelahiran Raja Damai, Kristus Juruselamat Dunia. Damai di Bumi. Bahagia dan Damailah di hatimu saudaraku sekalian. Tuhan berama kita!

Selamat Natal 2016 dan Selamat menyongsong Tahun Baru 2017
============================================

selamat Natal juga,bro. tinggal 3 hari lagi. tetap waspada terutama dimalam Natal, karna iblis selalu mengintai anak2 Kristus
=====================
Siaaap Bro
Orbuk
Reply| 22 Dec 2016 23:05:44
@hamidin
ane kadang2 suka senyum sekaligus kasihan sama pak Tito.
sepertinya imannya udah mulai berontak nih gara2 muslim koplak.

nggak percaya, coba liat aja kalo dia lagi diwawancarai langsung.
============================
Filingku juga sama. Mudah-mudahan Tuhan terus memperkuat bathinnya, karena 'pasukan setan' 24 jam menginitip kapan dia 'salah omong'. Saya yakin itu!
Orbuk
Reply| 22 Dec 2016 23:00:28
@ridwan abdullah
Tadi Pagi Rabu (21/12) menonton Metro TV sekira pukul 07.00 kurang, Sangat menarik komentar Bapak Ketua Umum PB NU Said Agil Sirad mengenai fatwa MUI itu. "HP saya ini buatan orang kristen, juga kacamata yang saya pakai buatan orang kristen. ini dilarang saja" kata Pak Said Agil yang bermakna fatwa MUI itu berlebihan dan tidak menyetujuinya. Tokoh seperti Bapak Ketua Umum PB NU tentu tidak sembarangan memberikan komentar
=============================
Mudah-mudahan keamanan Beliau terjaga...
hamidin
Reply| 22 Dec 2016 02:45:35
@Orbuk
Kepada yang terhormat seluruh Saudaraku pengunjung Forum,
Dengan hati damai akupun mengucap:

Selamat merayakan kelahiran Raja Damai, Kristus Juruselamat Dunia. Damai di Bumi. Bahagia dan Damailah di hatimu saudaraku sekalian. Tuhan berama kita!

Selamat Natal 2016 dan Selamat menyongsong Tahun Baru 2017

Salam Damai

Orbuk

============================================

selamat Natal juga,bro. tinggal 3 hari lagi. tetap waspada terutama dimalam Natal, karna iblis selalu mengintai anak2 Kristus.
hamidin
Reply| 22 Dec 2016 02:41:04
@riza
apa sih defenisi kedamaian dan keadilan itu?
mohon penjelasannya, arab pesek.
hamidin
Reply| 22 Dec 2016 02:39:34
ane kadang2 suka senyum sekaligus kasihan sama pak Tito.
sepertinya imannya udah mulai berontak nih gara2 muslim koplak.

nggak percaya, coba liat aja kalo dia lagi diwawancarai langsung.
hamidin
Reply| 22 Dec 2016 02:39:22
ane kadang2 suka senyum sekaligus kasihan sama pak Tito.
sepertinya imannya udah mulai berontak nih gara2 muslim koplak.

nggak percaya, coba liat aja kalo dia lagi diwawancarai langsung.
Dumbo
Reply| 22 Dec 2016 00:18:43
Yeremia 3:2.....ini fatwa langsung dari yg Yahweh. Layangkanlah matamu ke bukit-bukit gundul dan lihatlah! Di manakah engkau tidak pernah ditiduri? Di pinggir jalan-jalan engkau duduk menantikan kekasih, seperti seorang Arab di padang gurun. Engkau telah mencemarkan negeri dengan zinahmu dan dengan kejahatanmu.
Dumbo
Reply| 22 Dec 2016 00:02:39
Fatwa berikutnya islam dilarang memakai smartphone dan sejenisnya... Itu haram jaddah... Teknologi di dalamnya ciptaan orang israel... Google map haram.. Sensor optik haram...waze haram.... GPS haram... And seabreg komponen di dalamnya haram najis tralala...hehehe... Perasaan 99.99 persen produk muka bumi ini buatan kafir....
ridwan abdullah
Reply| 21 Dec 2016 17:55:13
Tadi Pagi Rabu (21/12) menonton Metro TV sekira pukul 07.00 kurang, Sangat menarik komentar Bapak Ketua Umum PB NU Said Agil Sirad mengenai fatwa MUI itu. "HP saya ini buatan orang kristen, juga kacamata yang saya pakai buatan orang kristen. ini dilarang saja" kata Pak Said Agil yang bermakna fatwa MUI itu berlebihan dan tidak menyetujuinya. Tokoh seperti Bapak Ketua Umum PB NU tentu tidak sembarangan memberikan komentar
The Topiks
Reply| 21 Dec 2016 10:16:45
Sekalian aja bos, keluarkan produk-produk buatan non muslim haram.
Berani nggak.......? ha...ha...ha....

All Christian
selamat Natal
GBU
Hamel
Reply| 21 Dec 2016 08:46:42
@Dumbo
Quote:

Fatwa berikutnya adalah olah raga renang haram jaddah.. Terlalu memamerkan aurat,bisa menimbulkan maksiat... Kalau terpaksa berenang di harapkan pakai baju balap plus helm full face

Reply:
Kan sudah ada baju renang syariah. Modelnya seperti jas hujan. Jadi nanti kalau muslimah berenang terlihat seperti ubur-ubur. Hahahahahahaha...

Mungkin terobosan fatwa selanjutnya adalah mengharuskan pengelola taman air atau kolam renang untuk menyediakan kolam tertutup khusus untuk muslimah. Hahahahahaha... nanti di pantai sekalian dipisah pakai sekat atau kubah untuk memisahkan pria dan wanita. Hahahahaha... agama koplak

Sekian
Fetching more Comments...
↑ Back to Top