Blog / Penolakan Muslim: "Tak Ada Trinitas!"

 Muhammad hanya mengenal Trinitas lewat dengar-dengaran sehingga Nabi Islam ini melontarkan tuduhan yang salah kaprah, dimana dalam Qurannya Maria dimasukkan sebagai bagian dari oknum Trinitas (Sura al Maidah 5:116 - “Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?..."), sementara tak satu orang Kristen pun yang mengajarkan atau meyakini konsep Trinitas seperti itu.

 

Penolakan Muslim

“Hanya ada satu Tuhan! Mengapa orang Kristen percaya kepada Trinitas? Disini ada tiga Tuhan – tetapi Allah hanya satu! (Sura 4:171; 5:75-76).

 

Siapa yang dapat memberi sebuah gambaran dari Tuhan yang kekal? Pikiran manusia tak sanggup mengukur sesuatu yang lebih dalam dari persepsi kita. Karena alasan inilah Tuhan memperkenalkan diriNya dalam bentuk metafora hingga Ia menyatakannya dalam level manusia melalui Yesus Kristus.

Muslim melihat doktrin Trinitas,[1] dan juga Yesus sebagai Anak Allah, sebagai sebuah pelanggaran atas doktrin keesaan Tuhan (Tauhid). Muhammad, sejauh yang dapat disimpulkan dari Quran, tak pernah mengenal tulisan-tulisan Alkitab yang membahas mengenai bagaimana Tuhan yang esa itu menyatakan diriNya sebagai Tuhan trinitas, yang terdiri dari Bapa, Anak dan Roh Kudus. Alkitab tak pernah memberi penjelasan mengenai Tuhan Trinitas, namun hanya menyatakan fakta (Matius 28:19). Meski demikian, Yesaya diberi penglihatan yang membenarkan konsep Trinitas (Yesaya 63:7-10): Yahweh (ayat 7) menjadi Juru Selamat (ayat 8, nama Yeshua adalah nama faktual Yesus tatkala Ia berjalan diatas bumi).

Kemudian dikatakan bagaimana umat Tuhan memberontak terhadap Yeshua dan mendukakan Roh Kudus (ayat 10). Tampaknya Muhammad hanya mengenal Trinitas lewat dengar-dengaran sehingga Nabi Islam ini melontarkan tuduhan yang salah kaprah, dimana dalam Qurannya Maria dimasukkan sebagai bagian dari oknum Trinitas (Sura al Maidah 5:116 “Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman: "Hai Isa putera Maryam, adakah kamu mengatakan kepada manusia: "Jadikanlah aku dan ibuku dua orang tuhan selain Allah?..."), sementara tak satu orang Kristen pun yang mengajarkan atau meyakini konsep Trinitas seperti itu. Natur dari subyek ini mengharuskan kita untuk memperlakukannya dengan sikap hormat, oleh karena keterbatasan pemikiran kita. Meyakini natur Tuhan yang trinitas adalah sebuah tindakan iman, sebagaimana halnya kita menerima keesaanNya.

Ketiga “personalitas” Tuhan digambarkan dalam Alkitab sebagai berikut:

Sebagai Tuhan Bapa.[2][2] Nama Tuhan yang paling umum ditemukan dalam Perjanjian Baru (Matius 18:10; Lukas 12:32; Yohanes 11:41; 14:12). Alkitab menggambarkan Tuhan sebagai satu pribadi yang berelasi dengan manusia secara pribadi. Tuhan atas alam semesta adalah Tuhan yang berelasi. Dalam diri Tuhan, Bapa – Anak dan Roh Kudus – berelasi satu sama lain dengan kasih yang sempurna. Karena naturNya, Tuhan mengundang manusia untuk masuk kedalam sebuah relasi dengan diriNya, dan mengenalNya sebagai Bapa.

Sebagai Tuhan Sang Anak. Yesus berbicara mengenai relasiNya dengan Bapa Surgawi dengan kata-kata yang menekankan keunikanNya yang sempurna sebagai Putra Tuhan (Matius 11:27; Yohanes 17:1-5). Yesus datang ke dalam dunia ini dari Bapa, dan Ia telah meninggalkan dunia dan kembali kepada Bapa (Yohanes 16:28). Yesus tidak diciptakan namun telah ada sebelum inkarnasiNya (Mikha 5:2; Yohanes 1:1-2). Adalah penting untuk menekankan teks-teks Alkitab seperti itu saat berdiskusi dengan orang Muslim, karena teks-teks itu dengan jelas menunjukkan relasi internal dan ilahiah antara Bapa dan Anak.

Sebagai Tuhan Roh Kudus. Roh Kudus disingkapkan oleh Yesus (Yohanes 14-16) dan datang dari Bapa dan bersaksi tentang Yesus (Yohanes 15:26), menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman (Yohanes 16:8). Ia akan menyertai orang percaya sampai selama-lamanya sebagai Roh Kebenaran yang tinggal dalam diri mereka (Yohanes 14:16-17). Roh Kudus memimpin para murid kedalam seluruh kebenaran dan akan mengingatkan mereka akan apa yang telah Yesus katakan (Yohanes 14:26).

Di beberapa tempat, Alkitab menyebut ketiga pribadi Tuhan – Bapa, Anak dan Roh Kudus – dalam satu kalimat (Matius 28:19; 2Korintus 13:14; Efesus 2:18). Ayat-ayat ini dapat dikutip saat berdiskusi dengan Muslim, tetapi Yesaya 63:7-10 memiliki penjelasan yang paling lengkap. Contoh-contoh dari natur Tuhan juga memperlihatkan “tiga dalam satu” sebagai sesuatu yang mungkin:

Matahari memanifestasikan dirinya sebagai materi, terang dan panas.

Air dapat muncul dalam tiga keadaan: cair, gas atau padat.

Sebuah koin dapat dilihat dari tiga sisi (atas, bawah dan samping).

Waktu terdiri dari masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.

Seorang manusia terdiri dari tubuh, jiwa dan roh.

Bapak Bangsa, Anak Bangsa dan Semangat Bangsa. Misalnya Presiden Sukarno adalah Bapak Bangsa. Tetapi pada saat yang sama ia juga adalah seorang Anak Bangsa yang dipersatukan di dalam semangat bangsa.

 

Ilustrasi-ilustrasi seperti ini hanya sebagian saja namun tidak mutlak membantu kita untuk bisa mengerti tentang Trinitas secara lebih baik. Namun adalah penting untuk menjelaskan pada Muslim bahwa orang Kristen percaya hanya pada satu Tuhan (Ulangan 6:4), yang menyatakan diriNya dalam tiga pribadi.

Dengarkanlah hai Israel, YAHWEH, Elohim kita, YAHWEH itu Esa (Ulangan 6:4)

 


[1] Doktrin Trinitas adalah hasil dari eksplorasi terus menerus yang dilakukan oleh gereja terhadap data Alkitab, dan juga sebagai hasil perdebatan dan kesepakatan-kesepakatan, yang kemudian diformulasikan dalam Sidang gereja pertama di Nicea pada tahun 325 AD, dengan cara yang mereka yakini konsisten dengan kesaksian Alkitab. Selanjutnya formula ini semakin disempurnakan dalam konsili-konsili berikut dan juga dalam tulisan-tulisan. Pondasi Alkitab yang diakui paling luas  untuk formulasi doktrin ini terdapat di Injil Yohanes.

[2] Gelar ini tidak muncul dalam Islam, dan karena itu ditolak.

 


Add a Comment
| 105
JANGAN GITU AH
Reply| 15 Mar 2018 23:24:37
@Fatimah Anak Siti

Jujur saya katakan,sebenarnya saya rada males merespon pertanyaanmu sebab yang saya lihat kamu ingin memisahkan antara Allah dan firman-Nya dan Roh Allah menjadi 3 bagian berbeda. Demi mencapai maksudmu, tanpa pikir lagi kamu mengutib ayat sebagai alat pembenaran bahwa Allah memiliki 3 pribadi berheda dengan asumsi kehendak Allah berheda dengan kehendak Yesus. Padahal sudah jelas kehendak Yesus = kehendak Allah. Di situ Yesus mengajarkan pada kita bahwa kita harus taat pada kehendak Allah, bukan pada kehendak daging. Keputusan-Nya Yesus menyerahkan daging (tubuh) menjadi korban. Yesus memberi teladan sempurna.

Apa yang bakal terjadi bila kedua-nya pribadi Allah berbeda dengan Yesus, pasti ada kehendak yang bertentangan paling tidak satu kali sepamjang pelayanan Yesus. Adakah? Nyatanya injil tidak pernah melaporkan seperti itu. Itu membuktikan hakekat pribadi yang sama meski cara pengungkapannya beda.
Anton
Reply| 14 Mar 2018 18:13:21
@AnakAbraham
Saya jelas memuliakan Nama diatas segala Nama. Kamu datang2 bikin onar atau memuliakan Nama diatas segala Nama?
Tuduhan2 kamu kepada saya tidak ada buktinya, jelas tuduhan2 kamu kepada saya salah besar.
Saya tidak tersesat dan tidak menyesatkan karena saya pengikut Yesus.
Pencerahan YHVH ada di alkitab, bukan di tulisan2 lain.
AnakAbraham
Reply| 12 Mar 2018 22:54:11
@Anton
@HARAM
@JANGAN GITU AH
@JANGAN2

Kalian bikin onar ATAU memuliakan Nama Diatas Segala Nama?
Daripada tersesat dan menyesatkan, carilah illuminasi yang shahih.
CARI PENCERAHAN YHWH DI www.apologetika.info
God bless you all!
Daviel
Reply| 12 Mar 2018 00:22:14
Intinya tuhan yg disembah muhammad adalah setan, dan muhammad adalah anak setan
Anton
Reply| 09 Mar 2018 17:41:52
@HARAM
Kamu ini bisanya asal ngoceh.
Bodoh kamu ini. Saya kan sudah bilang UNTUK MENGETAHUI MAKNA SEBUAH KALIMAT, KAMU HARUS MELIHAT KALIMAT ITU SECARA UTUH, BUKANNYA DENGAN MELIHAT SEPOTONG KATA, paham.

Jawaban atas tanggapan2 kamu:
1. Saya sudah menjelaskan yohanes 10:30 ke kamu, baca lagi penjelasan saya itu. Jelas Yesus dan Bapa adalah Pribadi2 yg sama.
2.. Kamu ini bodoh. Sebelum Yesus ke dunia, orang2 Israel itu memanggil Bapa itu Allah, jadi Yesus dan Bapa adalah Pribadi2 yg sama.
Makhluk itu banyak, ada manusia, hewan dan tumbuh2an, jadi seseorang=makhluk bukan berarti seseorang=anjing. Begitu saja kamu enggak paham.
3. Saya sudah jelaskan dan saya sudah memberikan ayat2nya. Jelas Tritunggal adalah Pribadi2 yg sama.
4. Yg baca dengan dengkul maupun yg enggak tahu baca itu kamu. Baca ayat2 itu berulang-ulang, jelas disitu terdapat makna Tritunggal adalah Pribadi2 yg sama. Jelas yg kayak nabi yg seberang itu kamu.
5. Klo Bapa mengutus Yesus itu namanya bukan saling mengutus, dikatakan saling mengutus klo Bapa mengutus Yesus lalu Yesus mengutus Bapa, paham. Jelas dalam Tritunggal tidak saling mengutus.
HARAM
Reply| 05 Mar 2018 15:59:16
pdt mu Lukas? ato Yakub? atao Yusak? Yahya? lainnya?
Aku sdh berdebat dg mereka, dan ngacir semua. Kok kau lagi? bertobatlah!
Penyembah Yahweh yang 1 Pribadi itu tak dapat masuk sorga. Faham?
HARAM
Reply| 05 Mar 2018 15:55:36
@Anton,
KACIAN KAU... NGAK MUTU... SATU DIANGGAP SAMA. INJILMU PALSULAH!
KOE INI AKU MINTA KAU JELASKAN DARI SUMBERMU YA:

1. Bunyi yohanes 10:30 sangat tegas: Aku dan Bapa adalah satu."
Perhatikan, setelah bunyi ayat itu langsung titik, jadi jelas Yesus dan Bapa adalah Pribadi2 yg sama. ==> JADI JELASNYA BGMN KALIMAT SAMBUNGANNYA? ADAKAH "AKULAH BAPA?", ATAU " AKU SAMA DG BP?

2. Kamu ini bodoh. Yohanes 1:1 yg kamu maksud masih ada kelanjutannya, kelanjutannya adalah Firman itu adalah Allah! ==>SIAPA BILANG FIRMAN ITU ALLAH LALU BS SIMPULKAN BAPA=ANAK? BOTAKMU?
KAMU= MAHKLUK; ANJING =MAHKLUK; LALU KAMU = ANJING???

3. Saya tidak mengatakan Bapa=Anak=Roh Kudus=Yahweh, yg saya katakan adalah Tritunggal adalah Pribadi2 yg sama, saya sudah memberikan ayat2nya kepada kamu mengenai hal tsb dan kamu tidak bisa membantahnya. => TOLONG JELASKAN "SAMANYA" DIMANA? BUKAN HANYA SODORKAN AYAT X,Y,Z? FAHAM? KALAU AKU KAN JELAS BHW KETIGANYA ITU TAK SAMA, TAPI SATU-ECHAD! FAHAM???

4. Tidak ada masalah dengan 1 yohanes 5:7-8, ayat2 itu ada di naskah asli PB. Di ayat2 itu terdapat makna Tritunggal adalah Pribadi2 yg sama.
BACA JANGAN DG DENGKUL, TAHU?! SATU ATAU SAMA? HAYO, BACA AJA NGAK TAU KAYA NABI YG SEBERANG AJA?

5. Tritunggal itu tiga Pribadi yg sama namun berbeda perwujudan. Dalam Tritunggal tidak saling mengutus. ==> TIDAK MENGUTUS? SEKALI LAGI TIDAK MENGUTUS? PULUHAN AYAT YG TERTULIS "UTUS", "MENGUTUS", "DIUTUS". DENGKULMU, FAHAM? NGAAK MUTU! TERSIHIR PDT NYA YG NGAK MUTU!
Anton
Reply| 05 Mar 2018 15:04:42
@HARAM
Sambungan.

6. Baca yohanes 14:16 dengan benar. Makna Penolong yang lain di ayat itu adalah Penolong khusus. Untuk mengetahui makna ayat itu kamu harus melihat ayat itu secara utuh.
7. Dalam wahyu 22:1 disebutkan takhta Allah dan takhta Anak Domba bukan berarti Pribadi2 itu berbeda. NamaKu yang baru di wahyu 3:12 bukan berarti Pribadi2 itu berbeda. Paham.
8. Asal nyerocos saja kamu. Tidak ada yg mustahil bagi Tuhan. Karena Tuhan sejati itu Tritunggal maka wajar terkadang Dia berkata Kita.
9. Asal nyerocos saja kamu dengan mengatakan hakekat tak bisa berelasi, hakekat jelas bisa berelasi.
10. Bukan membuktikan Dia satu, tapi Dia memang Echad atau Esa.
11. Tuhan itu mahakuasa, tentu saja Dia bisa bermanifestasi ke wujud yg diinginkanNya. Apa yg kamu sebut yaitu tiang awan, tiang api dan suara langit itu merupakan YHVH yg menampakan diri kepada orang2 pilihanNya, sedangkan burung merpati dan lidah2 api merupakan perwujudan Roh Kudus, yaitu Roh Tuhan.
YHVH, Yesus dan Roh Kudus adalah kekal.
12. Orang2 kristen tidak ada yg menolak Tuhan Trinitas dan tidak mengajarkan Yesus yg lain, Roh yg lain maupun injil yg lain.
Anton
Reply| 02 Mar 2018 18:08:12
@HARAM
Kamu ini asal ngoceh. Kamulah yg tidak melihat kebenaran. Ada ayat2nya kok dibilang tertipu, jelas yg tertipu itu kamu.
Kamu sudah tidak bisa membantah ayat2 yg saya kasih ke kamu dimana menunjukan Tritunggal adalah Pribadi2 yg sama.
Yg mencampurkan istilah dan makna itu kamu. Untuk mengetahui makna suatu kalimat, kamu harus melihat kalimat itu secara utuh, bukannya dengan melihat sepotong kata, paham.

Jawaban atas pertanyaan2 kamu:
1. Bunyi yohanes 10:30 sangat tegas: Aku dan Bapa adalah satu."
Perhatikan, setelah bunyi ayat itu langsung titik, jadi jelas Yesus dan Bapa adalah Pribadi2 yg sama.
2. Kamu ini bodoh. Yohanes 1:1 yg kamu maksud masih ada kelanjutannya, kelanjutannya adalah Firman itu adalah Allah!
3. Saya tidak mengatakan Bapa=Anak=Roh Kudus=Yahweh, yg saya katakan adalah Tritunggal adalah Pribadi2 yg sama, saya sudah memberikan ayat2nya kepada kamu mengenai hal tsb dan kamu tidak bisa membantahnya.
4. Tidak ada masalah dengan 1 yohanes 5:7-8, ayat2 itu ada di naskah asli PB. Di ayat2 itu terdapat makna Tritunggal adalah Pribadi2 yg sama.
5. Tritunggal itu tiga Pribadi yg sama namun berbeda perwujudan. Dalam Tritunggal tidak saling mengutus.

Bersambung
HARAM
Reply| 01 Mar 2018 10:27:58
@Anton-- @ANTON, Kau telah tertipu. Oleh pdt mu atau dirimu sendiri. Yang awas, berdoalah utk melihat KEBENARAN (sering dikaburkan iblis)
Kau sdh mencampur adukkan istilah dan makna.
"SATU" itu bukan "SAMA"! Faham?

1. "Satu" (dlm Yoh10:30) itu bukan "Sama".
"Aku dan Bapa satu" tidak sama dg "Aku sama dg Bapa".
2. "Bersama" (Yoh 1:1) itu bukan "Sama", melainkan justru tidak sama.
3.Bapa=Anak=RohKudus= Yahweh, itu tak ada ayatnya, sekalipun di gathuk2.
4. Dalil pembenaran butir 3 yg merujuk kpd 1Yoh5:7-8 itu konyol krn ayat yg bermasalah! shg hrs diberi tanda kurung, bahkan Bible NIV mengosongkannya. Sekalipun dianggap asli, toh ayat tsb kembali menunjukkan SATU, bukan SAMA.
5.. Sama (dg 1 pribadi mutlak) itu tak bisa saling mengutus, krn yg ada cuma dia mutlak sendiri.
6.Sama (dg 1 pribadi mutlak) itu tak bs yg satu mengutus Penolong YG LAIN (Yoh 14:16).
7. Sama (dg 1 pribadi mutlak) tak bs yg satu duduk ditahta Bapa, yg lain duduk ditahta Anak Domba secara beda (Why22:1). Apalagi mendapatkan nama kekal baru yg berbeda (Why3:12).
8.Sama (dg 1 pribadi mutlak) mustahil bs saling BERELASI. saling berkata dg istilah KAMI/KITA, atau saling mengasihi dan memuliakan!
9. Hakekat tak bs BERELASI. Yg bs hanyalah PRIBADI2.
10. ECHAD (satu tapi jamak) bukan dibuktikan dg Dia satu tapi ada di US, di RRC, di Indonesia. Itu adalah attribut MAHA HADIR, OMNIPRESENCE, bukan Echad!
11. Yahweh Echad (1pribadi mutlak) bs bermanifestas jadi Bapa Yahweh, Anak Yahweh, RohKudus Yahweh? APA YG ANDA MAKSUDKAN DG MANIFESTASI? Apakah manifestasi tiang awan, tiang api, merpati, lidah api, suara langit itu YAWHWEH?Dan apakah mereka itu KEKAL, "sdh ada sebelum Abraham ada?" (Yoh8:58)?
12. Masih ada ratusan pertanyaan bagi mereka yg menolak Tuhan Trinitas dan MENGAJARKAN Yesus yg lain, Roh yg lain, dan Injil yg lain (2Kor11:4) ?✝?
Anton
Reply| 27 Feb 2018 16:15:35
@HARAM
Banyak ayat di alkitab yg menunjukan Tritunggal adalah Pribadi2 yg sama. Buka matamu, baca ayat2nya di:
Yohanes 8:24,28, di ayat2 itu Yesus katakan "Akulah Dia", Dia disitu jelas adalah Tuhan yg disembah oleh bangsa Israel, yaitu YHVH.
Matius 28:19, di ayat ini Yesus katakan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, di ayat itu jelas2 Yesus mengucapkan tiga Pribadi namun Yesus katakan dalam nama, jika Pribadi2 itu berbeda maka Yesus akan katakan dalam nama2.
Dan masih ada ayat2 yg lain.
Habib Banana
Reply| 27 Feb 2018 13:41:33
@daeng
Baiklah saya tertarik masuk eslam karena perkataan superior dan penuh teror dari anda.
Karena saya takut dibunuh.

Lalu ketika saya masuk eslam dan ditengah jalan saya menyesali keputusan saya. Lalu kembali bertobat menjadi pengikut kristus, hukuman apakah yang saya bakal terima?

Kematian lagi bukan?
Anton
Reply| 24 Feb 2018 21:01:08
@Fatima Anak Siti
Keinginan Bapa adalah menyelamatkan manusia,Yesus ketika didunia menebus dosa manusia agar manusia diselamatkan, kok kamu bilang beda kehendak dengan Bapa? Pemahaman kamu rendah sekali.
Yesus menebus dosa manusia tentu Dia merasakan penderitaan, itulah yg dimaksudkan yes 53:10.
Anton
Reply| 24 Feb 2018 17:13:50
@daeng
Kamu ini asal ngoceh. Yg najis maupun laknatullah itu orang2 islam. Tuhan yg disembah oleh orang2 kristen terbukti Tuhan sejati.
HARAM
Reply| 24 Feb 2018 10:02:07
@Anton,
anda berkata, "tidak ada satupun ayat alkitab yg menunjukan Tritunggal adalah Pribadi2 berbeda" ????
Lalu berani berkata, bhw semua pribadi SAMA????
Tolong tunjukkan ayatnya dimana Bapa berkata bhw Ia SAMA dg Yesus?Anak dan SAMA dg ROhKudus! Kalau ada, aku hadiahkan anda 1,000 USD!

TOLONG JELASKAN INI 1-PRIBADI-MUTLAK, ATAU 3 PRIBADI DLM KEESAAN:

• Bapa berseru dari SORGA, RohKudus TURUN dalam bentuk “MERPATI”, ketika Yesus ada DIBUMI (Mat 3:17).

• Bapa & Anak sama2 mengutus Roh-Kudus kedalam dunia (Yoh 14:16, 15:26). Tapi jelas ini bukan manifestasi rangkap.

• God yang mengutus Yesus, BUKAN atas kehendak Yesus sendiri (Yoh 8:42)

• RK adalah “seorang Penolong YANG LAIN”, yang tidak sama
dengan Yesus (Yoh 14:16);
dan Anak menjadi PENGANTARA dihadapan Bapa (1Yoh.2:1, Ibr 7:25).

• “Ada YANG LAIN yang bersaksi ttg Aku dan Aku tahu, bahwa kesaksian yg diberikan-Nya ttg Aku adalah benar (Yoh 5:32)

• “Ia duduk selama-lamanya disebelah kanan Elohim”
(Ibr 10:12)

• Tetap Satu Pribadi? Tapi pribadi YAHWEH di PL sering menghukum dan membunuh. “Moral & karakter” ini tidak dilakukan sekalipun oleh pribadi Yesus! Dan Yesus selalu sama tak berubah, dulu, kini, selamanya!
Anton
Reply| 20 Feb 2018 18:04:53
@JANGAN GITU AH
Aneh klo ada orang yg ngaku kristen tapi mengatakan Tritunggal adalah Pribadi2 yg berbeda, menurut saya itu adalah pemahaman sesat, orang yg mengatakan seperti itu tidak memahami firman Tuhan. Beberapa ayat alkitab menunjukan Tritunggal adalah Pribadi2 yg sama, artinya satu Tuhan Yang Maha Kuasa dalam tiga perwujudan, tidak ada satupun ayat alkitab yg menunjukan Tritunggal adalah Pribadi2 berbeda.

Dalam hal Yesus berdoa kepada Bapa menurut saya yg lebih tepat selain sebagai Tuhan, Yesus juga adalah manusia, jadi sebagai manusia wajar Dia berdoa kepada Bapa. Yesus itu Allah, jadi Dia sudah memiliki pikiran2 Allah. Dalam hal ini klo anda memiliki pemahaman lain, silahkan.
Fatimah Anak Siti
Reply| 20 Feb 2018 10:47:36
@JANGAN GITU AH
Sayangnya anda2 yahweist kebabkasan ini hanya merasa asli agamanya dg rujuk2an istilah Ibrani spt YAHWEH dan ECHAD, tapi tidak sama konsekwen untuk juga menyalahkan Yudaisme yg tidak ada konsep dan teks tentang kehadiran sosok Yesus Mesias yang berasal dari manifestasi YAHWEH.
Apalagi darahNya sebagai darah korban penghapus dosa yang sekaligus SUDAH menggantikan ritual Yahudi ttg pembakaran korban anak domba!

Lebih dari itu, konsep “ONENESS-1-Pribadi" yang anda anut itu sesungguhnya adalah recycling dari Modalisme/Sabelianisme dulu yg sdh dinyatakan sbg BIDAT!, kini malah turut dianut oleh anda2 kaum Yahweist “YAHWEH-1-Pribadi”.
Padahal anda2 tak sadar bhw anda serentak sdh membangun semacam sinkretisme , YA, SINKRETISME ANTAGONIS, dengan cara menggabungkan Tuhan orang Yahudi di PL (yang tanpa Anak/Yesus) kepada “YAHWEH" di PB (Yahweh-Anak, Yeshua Hamashiakh) yang mereka anggap sebagai hasil manifestasi dari YAHWEH (atau Bapa YAHWEH). Maka berlakulah teguran Paulus kpd kalian di 2Kor 11:4, yaitu menyembah Yesusyang lain, Roh yg lain, Injil yg lain!FAHAM?
Fatimah Anak Siti
Reply| 20 Feb 2018 10:31:02
@JANGAN GITU AH
Awas2lah memahami Keesaan Yahweh ala yudaisme yg menolak Yesus sbg Mesias. Apa anda benarkan ECHAD mutlak-1-pribadi dr Yahudi?
Coba simak sbb:

BILA YAHWEH MUTLAK-1-PRIBADI, maka apakah perasaan, akal & kehendak Bapa dan Anak dan RohKudus itu sama atau bahkan identik sejak kekal ke kekal?

• Bagaimana dengan beda kehendak diantara Anak & Bapa (Mat.26:39), “tetapi janganlah seperti yang Ku-kehendaki, melainkan seperti yg Engkau kehendaki."
• Dan bagaimana memahami Yoh.6:38,
“Sebab Aku telah turun dari sorga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.”
• Apalagi menyadari bahwa kehendak-diri YAHWEH kok bisa kejam terhadap sang ANAK dalam ucapan profetik Yesaya: Tetapi YAHWEH berkehendak meremukkan dia (Anak) dengan kesakitan” (Yes.53:10).
• Ditambah lagi dengan fakta bhw YAHWEH (di PL) sering menghukum & membunuh musuh2Nya, namun Yesus (YAHWEH di PB) total mengharamkannya.
• Jikalau 1 pribadi-mutlak, kenapa emosi Bapa & Anak boleh berbeda dalam tatanan Hukum Hujatan thd Rohkudus? (Mat.12:31). Jadi bagaimana batasan
hukum hujatan terhadap Bapa dan Anak?
Anton
Reply| 19 Feb 2018 11:10:02
@JANGAN2 GITU AH
Akal kamu itu dipake buat mikir, jangan bisanya asal nyerocos. Kamu yg tak paham kok bilang saya yg tak paham menjawabnya.
levi
Reply| 19 Feb 2018 00:31:55
daeng Reply| 17 Feb 2018 00:08:43
A.MUHAMMAD SAW NABI MULIA UTUSAN ALLAH SWT
respond :
1. siapa itu allah swt? jika muhammad klaim diri nabi terakhir dari nabi nabi israel seharusnya Allahnya disebut YHVH dan adonay bukan allah swt..

2. Jika allah swt itu sang Allah isrrael YHVH, mana pembuktiannya?
karena ada janji yang harus digenapi YHVH, yaitu datangnya Mesias Anak Allah.


B.JANGAN KAU HINA BAGINDA ROSUL . AWAS NYAWAMU HALAL UNTUK DISEMBELIH !!!
respond:

1. muhammad dihina karena muhammad terbukti penipu,
apa buktinya?
1. klaim diri nabi TERAKHIR dari nabi nabi israel.
faktanya :
1. Semua nabi dari Musa sampai maleakhi memberitakan nubuat akan datangnya MESIAS.
2. jadi jika ada orang ngaku nabi terakhir tapi tidak bicara apapun tentang mesias, itu bukannya penipu?

saya yakin kamu tidak tahu tentang fakta ini, karena otakmu sudah kena hoax dari muhammad.

stop jadi tolol karena hoax muhammad!!!
Fetching more Comments...
↑ Back to Top