Blog / Ulil Abshar Abdalla: “Yang Dikurbankan Nabi Ibrahim Bukan Ismail, Tapi Ishaq!”

KABARBANGSA.COM---Dalam pengetahuan umum umat Islam, yang dikurbankan oleh Nabi Ibrahim dalam proses pengujian keimanan Nabi Ibrahim menurut Ulil Abshar Abdalla, bukanlah Nabi Ismail, tetapi Nabi Ishaq.

Analisis ini tentu saja sangat mengejutkan. Sebab selama ini, seluruh umat Islam sangat percaya bahwa dalam al-Qur'an Allah Swt. berfirman dalam al-Qur'an  surat as-Shaffat ayat 102 yang artinya:

"Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar” (Quran Sura As Shaffat : 102)

Ada beberapa alasan Ulil Abshar Abdalla memiliki statemen bahwa anak yang dikurbankan Ibrahim adalah Ishaq melalui akun twitternya @ulil.

Pertama, Di Quran tidak disebut sama sekali bahwa yang dikorbankan itu Ismail. Quran diam dalam hal ini, tidak memberi keterangan yang jelas. Karena itu ulama beda pendapat, siapa yang dikorbankan Ibrahim: Ismail atau Ishaq. Ada yg berpendapat Ismail, ada yang bilang Ishaq.

Daftar ulama yang berpendapat bahwa yang dikorbankan Ibrahim adalah Ishaq, bukan Ismail, cukup panjang. Kita akan sebutkan satu persatu. Dari kalangan sahabat: Umar, Ali, Al-Abbas (paman Nabi), Ibn Masud, Ka'b al-Ahbar. Dari kalangan tabiin: Qatadah, Said ibn Jubair, Masruq, Ikrimah, al-Zuhri, Al-Suddi, Muqatil.

Kedua, Sumber asli kisah pengurbanan Ibrahim ini dari Taurat, kitabnya orang Yahudi. Yang punya kisah ini juga orang Yahudi. Jadi versi Yahudi jauh lebih bisa dipercaya, karena mereka yang punya kisah itu bukan umat Muslim. Dalam Taurat, jelas disebut bahwa yang dikurbankan Ibrahim adalah Ishaq, bukan Ismail!  

Ketiga, Ismail itu putera Hajar, budaknya Sarah. Ishaq putera Ibrahim sendiri dari isterinya langsung. Jika Tuhan mau menguji Ibrahim, lebih masuk akal yang diminta untuk dikorbankan adalah Ishaq, bukan Ismail, sebab Ishaq putera langsung. Yang mengherankan: Jika benar yang dikorbankan adalah Ismail seperti dipercayai umat Islam selama ini, kenapa Quran tak menyebut dengan terang? Mengapa bisa demikian?

Itulah tiga alasan Ulil mengeluarkan statemen bahwa ujian yang diberikan akan sangat logis jika yang diujikan Tuhan kepada Ibrahim adalah Ishaq. Tentu kita tidak mengerti, bagaimana pendapat umat Islam perihal pendapat nyentrik ini. Dan kita yakin bahwa saudara Ulil tidak sembarangan mengeluarkan statemen, melainkan ia memiliki sumber referensinya yang kuat. Dan penting untuk diingat, jangan main klaim sebelum kita mempelajarinya sungguh-sungguh.

 

 


Add a Comment
| 2
Asli&Palsu
Reply| 30 Aug 2017 22:28:52
DG MUDAH SY MENAMBAHI 3 ALASAN DARI ULIL KENAPA ANAK KURBAN ITU ISHAQ DAN BUKAN ISMAIL:
1. Diseluruh Quran dan Alkitab, Tuhan tidak pernah berbicara dg Ismail.
Hanya dg Ishak. Jadi Allah jelas tak memilih Ismail utk menjadi IKON ANAK KURBAN.
2. Kenapa Ismail malah dinyatakan Quran bhw dia bukan termasuk dlm keturunan Kitab dan Nabi? Padahal Ishaq termasuk?(baca QS.29:27). Ismail tidak cukup qualified utk jadi IKON ANAK KURBANNYA ALLAH.
3. Islam mengklaim bhw Quran diturunkan dg maksud utk memberikan tasdiq/ ukuran korektif thd Taurat dan Injil!
Bila demikian Quran harus tuding dg tegas dan lantang: "YANG DIKURBANKAN ITU ADALAH ISMAIL, BUKAN ISHAQ! KALIAN SALAH!"
Bukan malah tak berani mengumumkan siapa itu ANAK KURBAN?
4.
5.
6. cape dah!
Si momad69Aisha
Reply| 29 Aug 2017 20:12:53
Dan penting untuk diingat, jangan main klaim sebelum kita mempelajarinya sungguh-sungguh.

Kalimat ini memiliki indikasi kuat, penghilangan keunikan muslim sejati!
(bahkan kaum ini dapat menghapal dengan lancar seluruh isi al-quran, tanpa mengerti sedikitpun artinya. Dan ini merupakan ciri khas utama mereka. Tanpa ciri ini muslim tak berarti apa-apa)

Kapan kaum ini tidak main klaim?
Dan kapan kaum ini mempelajari sesuatu dengan sungguh-sungguh?

"Kekawatiran saya tanpa kedua identitas khas ini, kaum muslimin akan kehilangan KEMUSLIMININNYA".

Tolong perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini:
1. Islam menyebar ke bumi nusantara ketika Nabi Muhammad masih hidup
2. Adam, Abraham, Musa, Daud bahkan Yesus adalah seorang muslim
3. Al Qur’an adalah satu-satunya kitab suci yang bisa dihafal jutaan manusia sehingga keaslian/kesuciannya selalu terjaga.
4. Jika agama lain bisa punya lebih dari 4 versi kitab suci yang berbeda satu dengan lainnya, maka Al Qur’an hanya ada satu dan tak ada pertentangan di dalamnya:
5. Para astronot telah menemukan bahwa planet Bumi itu mengeluarkan semacam radiasi yang berpusat di kota Mekah, tepatnya berasal dari Ka’Bah. Yang mengejutkan adalah radiasi tersebut bersifat infinite ( tidak berujung ), radiasi tersebut menembus planet mars dan masih berlanjut. peneliti mempercayai bahwa radiasi ini memiliki karakteristik dan menghubungkan antara Ka’Bah di di planet Bumi dengan Ka’bah di alam akhirat.
6. Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa batu Hajar Aswad merupakan batu tertua di dunia dan juga bisa mengambang di air.
7. Semua anak Nabi Muhammad, yakni, Al-Qasim,Abdullah dan Ibrahim, meninggal kurang lebih pada usia 2 tahun. Allah sengaja memanggil mereka lebih awal agar kaum muslimin tidak mengangkat mereka menjadi rasul yang baru.
8. Hajar Aswad itu diturunkan dari surga, warnanya lebih putih daripada susu, dan dosa-dosa anak cucu Adamlah yang menjadikannya hitam.

Dan masih banyak lagi...
Fetching more Comments...
↑ Back to Top