Blog / Trinitas Kristen Berbenturan Dengan Tuhan Yang Maha Esa? Padahal Setan-Setan pun Percaya Akan KeesaanNya?

 

 

By Hamba dari Tuhan Yang Maha-Esa

 

Absurditas Saudara Eggi Sudjana yang menyinggung banyak pihak agama itu sebetulnya tidak terletak pada niatnya untuk merusuhi agama-agama orang lain. Namun lebih dari itu, ia justru lancang meletakkan agama orang-orang lain dalam wilayah-iman yang tidak mengimani apa yang dia timpakan itu!

Ringkasnya, orang Kristen telah diletakkannya sebagai penyembah Tuhan Trinitas YANG BUKAN MAHAESA! Maka mari, saatnya kini kita bukakan pencerahan kepada sdr Eggi Sudjana dan konco-konconya tentang SIAPA itu Tuhan Trinitas yang disembah oleh milyaran orang Kristen sedunia.

Untuk memahami konsep Tuhan Tritunggal Alkitab, kita perlu merujuk kepada TIGA PEMAHAMAN DASARIAH ALKITABIAH MENGENAI TRINITAS.

 

Dasar (1). ALAM SEMESTA PENUH DENGAN MISTERI “Ada banyak hal yang HARUS kita percaya TANPA bisa memahami atau melihatnya” 

(misalnya: listrik, angin, waktu, gelombang radio… bahkan sampai percaya sama hantu yang walau tak bisa dilihat & dipahami!). Ciptaan (yang terbatas) yang tidak memahami semua keberadaan Penciptanya (yang tak terbatas) itu BUKANLAH buah kesalahan apapun. Justru Tuhan Pencipta yang mampu dipahami dalam semua aspek-Nya oleh si ciptaan-Nya yang kerdil itu PASTILAH tuhan-tuhanan belaka.

 

Dasar (2). SATU ITU TIDAK MUTLAK-MATI SATU “Ada banyak hal disekeliling kita yang kita katakan dengan istilah SATU, tetapi Itu juga berunsurkan KEJAMAKAN”.

(misalnya: ‘satu suara’ (se-ia se-kata), ‘satu hati’, sepikiran, ‘senada’, ‘sekutu’, ‘seragam’, ‘kita’, ‘kami’…

Dan untuk Tuhan Alkitab, kita pasti bisa berkata bahwa SATUNYA Tuhan kita bukan SATUNYA manusia dunia, bukan fisikal, bukan bilangan, bukan berjumlah atau berkali! Jikalau kita ngotot berkata bahwa Tuhan itu satu-mutlak, maka orang akan bertanya SATU YANG BAGAIMANAKAH? Adakah contohnya yang Tuhan peragakan? Maka begitulah Tuhan Alkitab yang berpuluh kali mengatakan diriNya sebagai Tuhan yang ESA (ECHAD, istilah Alkitab untuk singular yang plural), bukan satu bilangan mutlak dalam istilah YACHEED (satu mutlak). Periksalah ini dalam Kitab Ulangan 6:4, Yesaya 45:5,6, Yohanes 5:44, dll. Bahkan Paulus walau berulang kali dan selalu mengatakan Tuhan itu Esa (1Timotius 1:17; 2:5 dll) namun ia tetap dicap sebagai biang kerok yang memelopori agama Nasrani menyembah 3 Tuhan (Tanya: apakah ini juga dituduh oleh sdr Eggi? Malulah bila begitu).

Tuhan dalam Alkitab membahasakan diriNya dengan istilah ‘Elohim’, yaitu kata singular/ tunggal (dari El) yang berkonotasi jamak! Bahkan ketika berfirman sesamaNya, Dia berbicara sesamanya kedalam dengan istilah KITA (Kejadian 1:26; 3:22), tapi keluar kepada umatNya sebagai AKU.  Simaklah betapa Tuhan sendiri menyatakan kehadiran ketiga pribadi-Nya dalam satu kesatuan ilahi, yang ditujukan kepada Nabi Yesaya:  “Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi, dan pada waktu hal itu terjadi Aku ada disitu. Dan sekarang, Tuhan Yahweh mengutus Aku dengan RohNya” (Yesaya 48:16).

Itu hanya sebagian kecil dari message Tuhan sejak dulu bahwa Ia berhakekat PLURAL UNITY, yang tidak ada kesetaraanNya dengan mahkluk siapapun!

 

Dasar (3). KONSEP TRINITAS (BUKAN ISTILAHNYA) ITU WAHYU! 

“Konsep ketuhanan yang Trinitas ini bukan ciptaan manusia. Ia datang dari penyataan & maklumat Tuhan sendiri yang berupa WAHYU”.  Jadi andaikata Tuhan menyatakan dirinya –misalnya– sebagai  “Dasamuka”, ada hak apa kita manusia untuk menampiknya? Atau konkritnya, bagaimana anda akan memprotes SETAN yang sudah jelas2 menyebut dirinya sebagai ‘LEGION’ (banyak, sepasukan) ketika Yesus menengking SATU orang yang dirasuki setan di daerah Gerasa, dengan bertanya: “Siapa namamu?" Jawab setan: "Namaku LEGION, karena kami banyak." (Markus 5, khususnya ayat 9).

 

Pertanyaan: kenapa manusia bisa mudah percaya bahwa Setan bisa berujud MULTITUDITAS (LEGION), tapi menolak message & konsep Trinitas dari Tuhan? O, karena tak ada istilah TRINITAS dalam Alkitab? Tapi bukankah konsep dan komponen2 ketrinitasan itu bertaburan di Alkitab, sama seperti yang sdr Eggi percaya sepenuhnya akan doktrin Tawhid, namun juga istilah dan kata “Tawhid” itu sendiri tidak ada di seluruh Quran. Pengistilahan konsep ketuhanan dengan kata Trinitas ataupun Tawhid tidak akan bermasalah, sepanjang itu adalah turunan yang benar dari sumber-sumbernya yang asli hakiki.

 

Kebenaran & keberadaan Tuhan yang Trinitas ini ABSOLUT HANYA DIA YANG TAHU & YANG BERDAULAT. Itu milik Dia sendiri yang Dia nyatakan secukup & seperlunya buat manusia, walau tidak mencakup semuanya. Ingat tatkala Musa bertanya kepada Tuhannya tentang nama pribadiNya, TUHAN menjawab Musa dengan berkata: “AKU ADALAH AKU”! (Keluaran 3:14 ff). Bukankah itu sudah menunjukkan bahwa bahasa, logika dan unsur dunia tidak ada yang mampu mendefinisikan Sosok & Nama TUHAN. Maka kita orang-orang ciptaan yang hina ini haruslah berhati rendah dihadapan Tuhan Yang Maha Besar untuk percaya bahwa GOD DOESN’T FIT OUR DEFINITIONS. WE ARE TO CONFORM TO HIS DEFINITION! (Tuhan tidak akan sesuai dengan definisi2 kita apapun. Kitalah yang harus menyesuaikannya per definisi Dia). 

 

Kita bersyukur kepada Tuhan bahwa pada ujung sejarah kenabian, Tuhan melalui INKARNASI FIRMAN (yang disebut ANAK), Yesus diturunkan kedunia justru untuk mendemonstrasi-kan terbuka akan ketrinitasanNya secara maha-spektakuler yang hanya terjadi 1 kali dalam sejarah dunia (bacalah Matius 3 ff:16-17 ). Yaitu tatkala Yesus dibaptis, maka Tuhan MEMPERAGAKAN ketiga keilahianNya yang menyatu antara Bapa, Anak, dan RohKudus, 

 

“… pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Tuhan seperti burung merpati turun ke atas-Nya, lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengata-kan: 

"Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan." 

 

Dan itulah yang menjadi dasar kenapa Yesus (ANAK) selanjutnya memerintahkan murid-muridNya untuk membaptis orang2 yang percaya kepada Tuhan dalam SATU nama (name bukan names): BAPA dan ANAK dan ROH KUDUS (Matius28:19) Tidak ada Tuhan lain yang sudah memanifestasikan diriNya kehadapan umatNya, apalagi memeperagakan keberadaan diriNya kepada public sebagai saksi mata!

 

Jadi kami bangga untuk menyarankan kepada Sdr Eggi untuk lebih berstudi mengkaji keunggulan Tuhan orang Kristen yang Trinitas itu. Bukan berdasarkan asumsi diluar sumber, slogan-slogan dangkal, dan dengar-dengaran apa kata orang, melainkan apa yang sungguh diperkatakan dalam Wahyu. Silahkan membaca Alkitab yang menyatakan secara gamblang bahwa “Anak & Roh ada dalam Bapa (Yohanes 1:18, 1Korintus 2:10-12); Dan betapa Yesus benara-benar menyaksikan diriNya bahwa IA DAN ROH KUDUS KELUAR & DATANG DARI BAPA (PENTING bacaYohanes 8:42, 15:26).

 

APA SIGNIFIKANSI KEESAAN TUHAN? Lebih jauh dari itu, Alkitab justru memperingatkan bahwa beriman kepada  Ke-Esaan Tuhan itu baik dan penting dan harus, namun itu saja tidaklah memadai. Tuhan meletakkan TEGURAN yang tajam atasnya: “Engkau percaya, bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi Setan-Setanpun juga percaya akan hal itu dan mereka gemetar” (Yakobus2:19). YA, Setanpun percaya akan Tuhan yang ESA! Dan ia tetap setan! SO WHAT? 

 

Maka Tuhan Alkitab telah menampik bentuk-bentuk slogan, dan mengharuskan kita untuk kembali percaya kepada Tuhan yang Esa yang telah membuktikan diriNya sebagai JURUSELAMAT. 

 

Dan Yesus lah dalam kesatuan IlahiahNya yang Trinitas yang justru telah memerankan penyelamatan kepada umat manusia yang mau percaya kepadaNya: “Kata Yesus kepada Zakheus (yang bertobat & percaya kepaNya): "Hari ini telah terjadi keselamatan kepada rumah ini, karena orang inipun anak Abraham. Sebab Anak Manusia (Yesus) datang untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang." (Lukas 19:9-10). Dan ini pasti bukan slogan, melainkan Yesus betul2 sudah meng-Kurbankan diriNya diatas kayu salib demi untuk MENEBUS MAUT (kematian) yang sudah dipastikan Tuhan harus terjadi bagi setiap orang berdosa (seperti anda sdr Eggy dan saya juga). Kenapa “menebus”? Karena Tuhan pun harus konsekwen memenuhi Hukum TauratNya sendiri yang kekal itu, yaitu hukum Qisas GIGI GANTI GIGI, MATA GANTI MATA, NYAWA GANTI NYAWA. Dan Yesus datang dari sorga berinkarnasi sebagai manusia dunia sudah ber-Kurban-Nyawa demi kita-kita yang sangat dikasihiNya: “Karena begitu besar kasih Tuhan akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan (dengan mengorbankan) Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal” (Yohanes 3:16). 

 

TUHAN TRINITAS YANG MENYELAMATKAN: Berbahagialah kita dengan kehadiran Trinitas ke-ESA-an Tuhan Alkitab, dalam tri-uni-pribadi ilahi Bapa, Anak, Roh-Kudus. Dimana Bapa yang MENGASIHI dan MENYELAMATKAN umat, oleh Anak melalui RohKudus. Tiga sosok pribadi berbeda, namun saling “inklusif-sesama & sehakekat, sehati-seiya-sekata-sepikiran-seaksi (action)-sejalan-setujuan” dalam kesatuan ilahi-Nya. 

 

MARI, coba kita renung dan bandingkan “kemiripan” (walau jauh dari sama) Trinitas ini dengan KESATUAN BANGSA yang membawa berkat kebangsaan dalam “TRI-UNITAS”nya yaitu,

*Bapak Bangsa

*Anak Bangsa

*Semangat Bangsa! 

Bukankah BAPAK Bangsa juga termasuk dalam ANAK Bangsa, dan di-ESA-kan dalam ROH/SPIRIT Bangsa? …

 

God bless Indonesia…

 


Add a Comment
| 44
Daviel
Reply| 30 Nov 2017 21:41:38
Sedangkan legion saat diusir Yesus menyebut Yesus itu Anak Tuhan Yang Maha Tinggi, manusia yang tidak mengakui Yesus itu Trinitas berarti...???
Boim
Reply| 20 Nov 2017 09:04:11
@Daviel
Biar gampang, elo terdiri dari tubuh + jiwa/nyawa + roh = 1 yaitu elo. Apa elo ada 3?
islam=Din JiN=AllahNAJIS
Reply| 04 Nov 2017 03:35:23
@ Si momad69Aisha

Kalau djinn/Syaiton=siAllah ilahNajisnya gerombolan quraish/qurawa musyrik,syirik,Pagan penungging si dzat(Batu) djinn=Allah=Syoiton BENAR ADALAH SEMBAHANNYA ABRAHAM,ISHAQ,DAN YAQUB LANTAS MENGAPA GEROMBOLANMUSLIMMUSYRIK,SYIRIK,NAJIS MEMBUNUH,MERAMPOK,MEMPERKOSA,MENINDAS,MEMERAS(JIZYAH) MANUSIA-MANUSIA ANAK CUCU ADAM-SITI HAWA ATAS NAMA SYAITON=ALLAH ???

SI SYAITON=ALLAHNAJIS BUKANLAH SANG PENCIPTA LANGIT-BUMI TUAN YANG DISEMBAH OLEH NENEK MOYANG BANGSA ISRAEL

SI SYAITON=ALLAHNAJIS ADALAH NAMA MILIKNYA SI DJINN/SYAITONNAJIS YANG DISEMBAH OLEH NENEK MOYANG GEROMBOLAN ARABMUSYRIK,SYIRIK,NAJIS

SI SYAITON=ALLAHNAJIS BUKAN SEMBAHAN NYA KALIAN KRESTENERS SADARLAH OTAK DAN HATI NURANI ANTUM !!! MASAKAN MEMBUNUH,MERAMPOK,MEMPERKOSA,MENINDAS,MEMERAS(JIZYAH),KORUPSI,TAQIYA DALAM NAMA SANG PENCIPTA ???

MARI BUKA WAWASAN ANTUM PELAJARI BAIK2 SIRAH NABAWI SIRAH NABI DJINN/SYAITON=ALLAHNAJIS si muhammad bin dajjal wts !!!

SI SYAITON=ALLAHNAJIS ADALAH NAMA MILIK NYA BERHALA DJINN YANG DISEMBAH OLEH GEROMBOLAN KUFUR QURAISHMUSYRIK,SYIRIK,NAJIS
Si momad69Aisha
Reply| 02 Nov 2017 12:13:25
Muslim Tidak Percaya bahwa Yesus adalah Tuhan?
Itu urusan kalian lah!

Ayat-ayat berikut ini menunjukkan bahwa Yesus adalah TUHAN:
Lukas 2:11. Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Yohanes 1:1. Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Yohanes 10:30. Aku dan Bapa adalah satu."

Yohanes 13:13. Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

Yohanes 14:6. Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yohanes 14:3. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.

Kolose 2:9. Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan,
wantoknows
Reply| 23 Oct 2017 13:22:02
riza: woyy,,,, kita lagi nggak main kata kata, ini artikel lagi bahas doktrin trinitas agama elu,, kita main matematika 1+1+1=3 tapi dalam kristen
Tuhan bapa+Tuhan anak(yesus) +Tuhan roh kudus= 1
Ini gimana ceritanya??? gue mbok ya diajarain gitu cara ngitungnya gimana?? gue mikir sampai pusing,,
WK:Riza,
Apakah anda sedang berusaha membatasi KEMAHAUNIKAN keberadaan Allah hanya sebatas imajinasi/kemampuan otak/iman anda?, kemudian dibatasi lagi hanya sekedar ilmu matematika? Kemudian dibatasi lagi hanya sekedar operasi jumlah/tambah (symbol=”+”)?.......so pity!!
Atau jangan2 anda membatasi imajinasi/kemampuan otak/iman anda hanya berdasarkan pengakuan “SESEORANG YANG MERASA MENDAPAT WAHYU DI GUA 1400 TAHUN YG LALU”?, kemudian dengan bangganya anda melecehkan orang yang berlainan dengan yang anda imani?. Who do you think you are?, bukankah anda hanya manusia biasa yang tidak mahatahu yang sangat amat mungkin di/tertipu?.........so ironic!!!
Saran:
Bukankah adalah lebih baik jika kita dengan rendah hati berdoa/bertanya LANGSUNG kepadaNya, siapakah sesungguhnya yang menciptakan alam semesta dan yang mempunyai surga, siapakah….. PENCIPTA YANG SEJATI.
Daviel
Reply| 21 Oct 2017 18:25:59
@riza
Riza...riza jd orang jgn bodoh, klo allah wts mu esa....knapa di alquran ada kata kami...??? Apakah itu yg di sebut allah wts yg esa...?? Ndak usah kmu jawab kata kmi yg di koran arab itu tunggal jamak, krn arab kuno tidak mengenal tunggal jamak
Margono
Reply| 18 Oct 2017 21:12:40
@riza
Muslim sangat sulit memahami hakekat Tuhan yg sejati, memahami si alloh saja ente gak mampu konon lagi memahami Tuhan yg sejati.

Kemampuan akal muslim sangat-sangat terbatas karena sudah lebih dulu dihalangi keyakinan yg salah. Si alloh itu sebiji tok...sangat matematis sementara Tuhan yg sejati bukan matematis tetapi Roh yg maha kuasa.

Si alloh sangat terbatas kemampuannya layaknya manusia saja. Kalau si alloh katanya di surga, maka dia kagak bisa turun ke bumi dalam wujud manusia, kalaupum dia mampu turun ke bumi untuk ketemu Musa maka si alloh kagak mampu mengendalikan dirinya, terkena udara terbuka langsung meledak menghancurkan gunung...karena si alloh sangat terbatas kemampuannya...bahkan si alloh gak bisa beranak karena gak beristeri, apa bedanya si alloh dengan manusia.

Tuhan yg sejati melingkupi surga dan seluruh alam semesta, sehingga dia bisa ada dimana saja dalam waktu bersamaan sehingga Tuhan yg sejati tidak terbatas ruang dan waktu karena Dia Roh yg Esa dan maha kuasa.

Berdasarkan Alkitab dan saksi-saksi mata, umat Kristen tau bahwa Yesus mampu menghidupkan orang mati...ini adalah hak prerogatif Tuhan oleh karena itu umat Kristen yakin bahwa Yesus itu Tuhan...lalu bagaimana dengan Yahweh...lalu umat Kristen yg cerdas sadar bahwa Tuhan yg sejati bukanlah hitungan matematis karena Tuhan yg sejati adalah Roh yg maha kuasa, Tuhan bisa jadi apa saja bisa ada dimana saja sesuai kehendakNya untuk tujuan tertentu. Matematika manusia 1+1+1 = 3 tetapi Tuhan bukan hitungan matematika...Dia adalah Roh.

Saya duga kamu akan susah memahaminya cara berpikir umat Kristen karena akalmu sudah dihalangi ajaran bahwa si alloh hanya sebiji tok, gak mampu kemana-mana, nongkrong terus di ka'bah.
JANGAN GITU AH
Reply| 17 Oct 2017 15:42:30
@riza
Baca dolo yang enneh...

Mazmur 147:19
Ia memberitakan firman-Nya kepada Yakub, ketetapan-ketetapan-Nya dan hukum-hukum-Nya kepada Israel.

Mazmur 147:20
Ia tidak berbuat demikian kepada segala bangsa, dan hukum-hukum-Nya tidak mereka kenal. Haleluya!

dengan kata lain Allah swt terbukti ilah PALSU!

dan Tawhid Islamik omong kosong hasil bualan Muhammad.
Si momad69Aisha
Reply| 17 Oct 2017 14:08:19
Terdapat Jurang Tak Terseberangi Antara Yang TERBATAS dan Yang TAK TERBATAS.

Alkitab menjelaskan: satu hal YANG SAMA antara "Surga & Neraka" adalah KEKEKALANNYA (TAK TERBATAS).
Pada kedua tempat KEKEKALAN ini, TIDAK DAPAT SALING MENYEBERANGI. Sekali masuk surga tetap di surga selama-lamanya dan sekali masuk neraka tetap di neraka untuk selama-lamanya.
Namun pada kedua tempat KEKEKALAN ini, keadaannya saling bertolakbelakang, yang satu adalah tempat yang indah dan mulia, sebaliknya yang satu lagi adalah tempat yang sangat mengerikan.

Semua yang ada di Surga dan semua yang ada di Neraka, tidak ada dalam dunia ini! Sehingga semua yang digambarkan dalam Alkitab tentang surga maupun neraka, tidak dimungkinkan untuk digambarkan secara hurufiahnya, karena BARANGNYA TAK ADA DI DUNIA. Manusia tak mungkin dapat membayangkannya, jadi mau tak mau, semuanya yang digambarkan Alkitab HARUS DENGAN SIMBOL.

Menurut William Hendriksen (tentang Luk 16:23-24): Tetapi jika neraka adalah sesuatu dari api, bagaimana itu juga bisa merupakan suatu tempat kegelapan? Bukankah ini dua konsep saling bertentangan? Ada api maka ada terang dan bukannya kegelapan!...Cukuplah untuk menyimpulkan dari semua ini bahwa istilah-istilah seperti api dan kegelapan itu tidak boleh secara terlalu hurufiah.
Masing-masing dengan caranya sendiri menunjukkan kengerian dari orang-orang yang terhilang di tempat dari mana tidak ada jalan untuk kembali.
'Api yang kekal' telah disiapkan 'untuk iblis dan malaikat-malaikatnya', tetapi mereka ini adalah roh-roh. Seharusnya cukup untuk menyimpulkan dari semua ini bahwa istilah-istilah 'api' dan 'kegelapan' tidak boleh terlalu diartikan secara terlalu hurufiah.

1
ke 2...
Si momad69Aisha
Reply| 17 Oct 2017 14:08:15
2
...dari 1

Roh mana mungkin sakit karena api. Tetapi api duniawi sebagai simbol, yang dapat menyakiti tubuh kita, namun roh tak dimungkinkan dibakar dengan api!. Namun demikian dimungkinkannya api neraka itu membakar roh dan sangat menyakitkan, ini pasti bukan api seperti apa yang kita kenal di dunia ini. Jadi ini simbol-simbol daripada apa kita di dunia saat ini gak bakal tahu.

Menurut Calvin (tentang Mat 25:41) istilah 'api' mewakili secara simbolis hukuman yang menakutkan itu, yang tidak mampu untuk dimengerti oleh pengertian kita.
ungkapan-ungkapan ini menunjukkan, dengan suatu cara dari kapasitas kita yang lemah, suatu siksaan, yang tak ada orang bisa mengertinya sekarang, dan tak ada bahasa/kata-kata bisa menyatakannya.
Jadi menyesuaikan dengan pikiran kita yang terbatas, karena barangnya gak ada, tak ada bahasa/kata-kata bisa menyatakannya.
Kita hendaknya tidak perlu memusingkan apa arti hurufiahnya, karena kita memang tak mungkin tahu, tetapi tak seorangpun meragukan bahwa api itu menakutkan dengan mana orang-orang jahat digerogoti.
Masih menurut Calvin: ini merupakan suatu ungkapan yang bersifat kiasan; karena, sebagaimana kemualiaan tak terbatas (surga) yang disimpan untuk anak-anak Allah begitu jauh melampaui pengertian/pikiran kita tidak bisa menemukan kata-kata untuk menyatakannya, demikian juga hukuman (neraka) yang menantikan orang-orang yang ditentukan untuk binasa tidak bisa dimengerti, dan karena itu dibayangkan/digambarkan sesuai dengan ukuran kapasitas kita.

Allah kita menggambar surga dengan simbol yang indah dan mulia (emas, batu permata dan sebagainya) aslinya pasti lebih indah atau lebih mulia, sebaliknya pada waktu Allah kita menggambarkan neraka ia menggunakan simbol-simbol yang mengerikan. Kalau simbolnya mengerikan pasti aslinya lebih mengerikan lagi.

Apalagi penggambaran Keesaan Allah (TRITUNGGAL) yang Maha Mulia dan Maha Tak Terbatas (Sempurna) adalah sangat mustahil bila DISETARAKAN dengan dunia materi ciptaan-NYA, sebab ADA JURANG yang TIDAK MUNGKIN DISEBERANGI antara PENCIPTA dan yang DICIPTAKANNYA.
Si momad69Aisha
Reply| 17 Oct 2017 14:08:11
Terdapat Jurang Tak Terseberangi Antara Yang TERBATAS dan Yang TAK TERBATAS.

Hikayat di bawah ini sengaja saya ANGKAT, untuk membantu muslim dalam alam lahiriahnya, untuk dapat memahami ketidakmungkinan Yang Terbatas DAPAT MELAMPAUI Yang TAK TERBATAS.

Dalam sebuah hikayat Tiongkok kuno, dikisahkan pada zaman dahulu kala, ribuan tahun sebelum masehi (SM), hidup seorang maharaja yang MEMILIKI KEKUASAAN ABSOLUT. Dia menguasai wilayah kekaisaran meliputi wilayah yang sangat luas dan membawahi banyak raja-raja. Kaisar ini dikenal sebagai kaisar yang SANGAT KUAT namun SANGAT KEJAM juga. Tetapi ADA SATU KELEMAHAN sang kaisar, yaitu DIA TAKUT MENJADI TUA dan MATI. Dilain pihak kelemahannya ini, membawa bencana besar bagi para tabib di negeri itu, sebab sudah banyak di antara para tabib yang harus dihukum mati, karena tidak ada satupun dari mereka yang mampu memberinya OBAT ANTI TUA. Demikianlah hal ini menyebabkan ketakutan yang sangat dahsyat bagi para tabib di negeri itu, sampai-sampai mereka tidak mau disebut sebagai tabib lagi. Semakin hari kaisar semakin cemas dan gusar, tabib-tabib hebat di negerinya makin menipis jumlahnya, namun dirinya TETAP SAJA TIDAK KUNJUNG ANTI TUA.

Di suatu hari sang kaisar cemas, tetapi MEMILIKI KEKUASAAN ABSOLUT ini, mengundang SEMUA pegawai istana dan semua raja-raja yang di bawah kekuasaannya untuk menghadiri rapat penting. Dapat diduga rapat penting ini tidak lain dari mencari tabib hebat yang mampu memberinya OBAT ANTI TUA DAN ANTI MATI. Seperti biasa, dalam situasi genting dan sangat mencekam ini, walaupun semua orang diam dan tidak berani berkata apa-apa, tetapi ada saja orang yang entah suka mencari muka atau barangkali dia merasa terdesak yang menjadikannya grogi dan takut. Dia, ternyata salah seorang raja wilayah, mengambil langka maju dan berkata pada sang kaisar, bahwa diwilayahnya ada seorang tabib tua dan hebat.
Singkat saja tabib tua ini diperintahkan segera menghadap sang kaisar.

1
ke 2...
Si momad69Aisha
Reply| 17 Oct 2017 14:08:07
2
...dari 1

Seperti biasa kaisar bertanya apakah kamu mampu mengobati saya agar ANTI TUA DAN ANTI MATI?
Tabib tua yang ketakutan namun cerdik ini, tidak berani menjawab tidak mampu, sebab dia tahu jawaban seperti ini akan membawanya pada hukuman mati. Jadi dia berkata, sebenarnya ada suatu jenis tanaman bunga, yang bila dikonsumsi secara teratur bunganya, akan menyebabkan orang bersangkutan ANTI TUA DAN ANTI MATI, tetapi tanaman bunga ini sangat langka dan hanya tumbuh di suatu pulau jauh diseberang lautan.

Spontan sang kaisar memerintahkan tabib itu untuk pergi ke pulau tersebut dan mengambil tanaman itu. Namun tabib ini menjawab, mengingat pulau di seberang lautan itu sangatlah jauh dan akan memakan waktu terlampau lama, mungkin saja saya akan keburu mati diperjananan, bila hal ini sampai terjadi, lalu siapa lagi yang akan mengobati kaisar? Lebih baik saya menggambarkan peta menuju pulau tersebut dan menggambarkan bentuk dari tanaman itu, supaya kaisar dapat memerintahkan orang lain yang lebih muda untuk pergi mengambilnya.
Kaisar setuju dan mengingat perjalanannya sangat jauh ia memerintahkan beberapa pegawai istana pasangan keluarga muda, untuk pergi ke pulau tempat tanaman itu berada.

Singkat cerita dengan menggunakan beberapa perahu dan petunjuk pada peta yang digambarkan tabib, beberapa pasangan muda yang diperintah kaisar inipun berangkatlah, tetapi dengan satu syarat bila kembali tanpa membawa tanaman bunga tersebut, hukuman MATI menanti mereka semua.

Diperjalanan mereka terus mencari dan mencari pulau sesuai petunjuk peta yang digambar tabib, tetapi sampai bertahun-tahun perjananan laut, mereka tak kunjung menemukannya. Hal ini membuat mereka jadi sangat frustasi dan takut ½ mati, tetapi tidak mungkin berani mengambil langkah pulang. Sampai pada suatu ketika mereka menemukan sebuah pulau yang tak berpenghuni, namun bukan pulau sebagaimana yang dimaksudkan dalam gambar pada peta tabib.

2
ke 3...
Si momad69Aisha
Reply| 17 Oct 2017 14:08:03
3
...dari 2

Mereka senang sekali dan buru-buru mencoba mencari tanaman bunga ANTI TUA DAN ANTI MATI, seperti yang digambarkan tabib, ternyata (seperti yang sudah bisa kita pastikan) tidak ada tanaman seperti gambar tabib itu.
Akhir cerita, karena memang tanaman itu tidak pernah ada (hanya karangan tabib), maka pasangan-pasangan muda ini tetap menetap di pulang tersebut turun temurun hingga kini dan TIDAK PERNAH PULANG KE NEGARANYA LAGI.
Pulau itu ternyata adalah gugusan pulau-pulau yang memanjang dari timur laut sampai ke barat daya pesisir timur Benua Asia yang saat ini membentuk negara modern Jepang.

Saya juga tidak tahu persis, apakah hikayat ini dongeng atau kisah nyata, tetapi dari cerita ini kita dapat belajar sesuatu, yaitu walaupun sang kaisar memiliki KEKUASAAN ABSOLUT/TAK TERBATAS, tetapi UMURNYA TETAP TERBATAS.

Dia pikir dengan KEKUASAAN ABSOLUTNYA dia bisa TETAP MUDA DAN HIDUP SELAMA-LAMANYA/TAK TERBATAS, sikap kaisar ini terlalu dipaksakan.
Walaupun memang memungkinkan baginya, dengan KEKUASAAN ABSOLUTNYA, sekalipun sang kaisar (bahkan) membunuh sampai habis semua tabib di negerinya, tetap tidak dapat menjadikannya MERAIH KEKUASAAN ANTI MATI dan HIDUP SELAMA-LAMANYA.

Hal ini JELAS MUSTAHIL, sebab ada JURANG TAK TERSEBERANGI ANTARA Yang TERBATAS dan Yang TAK TERBATAS.

Itu dulu (zaman purba kala, ribuan tahun sebelum masehi) namun yang aneh dalam zaman postmodern sekarang ini, masih ada saja muslim primitif yang dengan angkuhnya (berani mati) mempersamakan MATERI YANG BERSIFAT TERBATAS dengan KEMAHAKUASAAN ALLAH YANG TAK TERBATAS.
Pinternya keblinger, jemawa! Tidak heran ngakunya beradab tapi gayanya barbar. Edan dan TERAMAT KURANG AJAR terhadap PENCIPTANYA sendiri!
JANGAN GITU AH
Reply| 16 Oct 2017 22:32:18
@riza

berdasar uraian mu di bawah, bunyi ayatnya begini dung?


Maka Allah bersumpah dengan Tuhan Yang memiliki timur dan barat, sesungguhnya Kami benar-benar Maha Kuasa.

dimana bisa jadi,
1. Allah bersumpah di hadapan Tuhan.
2. Allah bersama-sama Tuhan bersumpah bersama.
3. Allah adalah kacungnya Tuhan.

benar-benar ngaco!
JANGAN GITU AH
Reply| 15 Oct 2017 20:23:46
@riza

Esa tak nyata, Esa yg diteorikan, Esa hanya sebatas klaim konsep, gunanya apa?
JANGAN GITU AH
Reply| 15 Oct 2017 20:21:22
@riza
"Islam adalah agama yang mengajarkan arti Esa yang sesungguhnya..."

Ar-Rahman dewa orang Hadramaut, asal nenek moyang Muhammad itu memang Esa. Trus apakah Esa nya bermakna?
JANGAN GITU AH
Reply| 15 Oct 2017 20:16:24
@riza
"Dalam kristen 1+1+1 =1 kwkwkwkkwkw ^_^"

Kristen mengatakan seperti itu? ah kok kamu bodoh sih?

apa yang menyebabkan kamu bodoh? Muhammad kah, islam kah atau quran dan hadist? tolong konfirmasi posisi mu di mana!

saya katakan kamu bodoh karena dalam kristen TIDAK BERLAKU rumusan konyol yg kau sebut di atas.
Si momad69Aisha
Reply| 13 Oct 2017 22:35:00
@riza

Kata kaum materialitas:
kalo motor ku dipreteli berarti motornya gak ada,, kalau Tuhan dipreteli berarti kalian anggap Tuhan gak ada??? ckckckkckckkckkckc

Respon:
Motor dapat dipreteli, sebab motor berasal dari alam materi yang diciptakan Tuhan dan bersifat terbatas.
Kalau kamu bisa mempreteli Tuhan, itu berarti kau sudah lebih besar dari Tuhan dan itu menunjukkan kau adalah makhluk yang tak tahu diri!
Si momad69Aisha
Reply| 13 Oct 2017 18:22:05
Kata kaum materialitas:
Yang jelas kalian tidak boleh menyebut yesus sebagai Tuhan karena dia hanya bagian dari Tuhan.

Respon:
Kata siapa Yesus tidak disebut sebagai Tuhan, Yesus (Firman) tetap adalah Tuhan Yang Maha Sempurna sebab Ia BERASAL dari diri Allah Yang Maha Sempurna.
Begitu juga Roh Kudus adalah Maha Sempurna sebab ia juga BERASAL dari diri Allah.Yang Maha Sempurna.

Sebab Allah ITU MAHA SEMPURNA ADANYA, maka Firman dan Roh Kudus yang berasal dariNya TENTU JUGA MAHA SEMPURNA ADANYA.

Kata kaum materialitas:
Itu sama saja kalian melepas roda motor dan kalian menyebut itu sebagai motor donk

Respon:
Roda motor tidak dapat disebut motor sebab ia adalah materi ciptaan Tuhan yang dalam keterbatasan (terbatas). Ke 300 KOMPONEN yang saya contohkan harus terakit kembali, baru keseluruhan komponen ini YANG MENJADI SATU dapat disebut sebagai motor. Inilah kenyataan alam material (ciptaan) yang bersifat terbatas. Ini hanya sekedar ilustrasi untuk menolongmu untuk memahami secara jasmaniah.

Sedangkan Allah adalah PENCIPTA dan bukan dicipta, jadi Dia Keberadaannya Maha Sempurna.
Karena EKSISTENSI KEMAHASEMPURNAANNYA, maka Firman (Yesus) dan Roh Kudus yang berasal dari Allah, juga tentu EKSISTENSINYA MAHA SEMPURNA.

Kata kaum materialitas:
salam gagal pahammmmmmm

Respon:
Saya tidak pernah gagal paham.
Saya tetap dapat membedakan Alam Materi ciptaan Tuhan yang terbatas dengan Tuhan Penciptanya yang bersifat TAK TERBATAS DAN MAHA SEMPURNA.
Si momad69Aisha
Reply| 13 Oct 2017 15:45:16
@riza

SEBAB SEGI SPIRITUAL MUSLIM TUMPUL DAN TAK BERFUNGSI, maka mau tak mau saya membuat ilustrasi dari ALAM MATERIAL (motor) dalam rangka menolong MEMUDAHKAN MUSLIM DALAM MEMAHAMI SECARA JASMANIAH.
300 komponen BERASAL dari 1 MOTOR, namun motor tetap satu (1).

Kerena dapat diamati secara jasmani ilustrasi motor di atas, mudah dipahami sebagai TETAP 1 motor dan bukan 300 motor.
Mengapa demikian?
Sebab motor dan komponennya ADA DALAM KETERBATASAN/TERBATAS (BAHAN PEMBUATNYA BERASAL DARI BERBAGAI MATERIAL YANG DICIPTAKAN TUHAN), MAKA sebuah komponen tertentu yang diambil (BERASAL) dari motor tersebut TIDAK MUNGKIN DAPAT BERFUNGSI SEBAGAI MOTOR.

Sekarang:
EKSISTENSI TUHAN DALAM KEESAANNYA YANG MAHA SEMPURNA

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya:
Allah yang Esa dalam ketritunggalan. Keesaan Allah tersebut melingkupi kesatuan hakikat Allah, dimana Firman itu BERASAL dari diri Allah dan Roh Kudus itu BERASAL dari diri Allah.

SEBAB Allah Maha Sempurna Adanya
Dimana:
Firman (Yesus) itu BERASAL dari diri Allah yang Maha Sempurna dan
Roh Kudus itu juga BERASAL dari diri Allah yang Maha Sempurna
Maka:
Firman (Yesus) dan Roh Kudus itu juga tentu Maha Sempurna Adanya.

Mengapa pribadi Firman (Yesus) dan pribadi Roh Kudus keduanya juga Maha Sempurna?

Jawab: sebab keduanya, baik Firman (Yesus) maupun Roh Kudus BERASAL DARI Allah YANG MAHA SEMPURNA ADANYA.

1
ke 2
Fetching more Comments...
↑ Back to Top