Blog / Bukti Dokumenter Terawal Berkenaan Dengan Asal Mula Islam dan Penaklukan Arab

Kebanyakan dari sumber-sumber untuk catatan tradisional sejarah Islam bertanggal lebih dari 200 tahun setelah peristiwa-peristiwa yang mereka klaim terjadi. Oleh karena itu sumber-sumber tersebut tidak dapat dipandang sebagai bukti dokumenter terawal berkenaan dengan asal mula Islam dan penaklukkan Arab. Namun, ada banyak dokumen teruji lainnya yang menggambarkan periode penaklukkan Arab ini. Hal ini karena orang Arab menaklukkan wilayah-wilayah (termasuk Mesir, Syria dan Persia) dimana literasi benar-benar diberlakukan di kalangan kaum elit. Oleh karena itu, kita dapat berpaling kepada tulisan-tulisan dari kelompok-kelompok masyarakat yang ditaklukkan ini untuk mendapatkan perspektif kontemporer mengenai penaklukkan tersebut. Sekarang semestinya tidaklah mengejutkan bila menemukan bahwa sumber-sumber tersebut memberikan gambaran yang sangat berbeda mengenai asal muasal Islam mula-mula dari yang dipaparkan oleh catatan-catatan Islam tradisional.

Dalam bagian ini, kita akan membuat profil beberapa dokumen sumber yang paling penting dan akurat yang mendiskusikan penaklukkan-penaklukkan Arab. Sekali lagi, pertanyaan mendasar yang akan kita ajukan adalah, apakah dokumen-dokumen ini mendukung ide bahwa Islam muncul dengan bentuk sempurna dari padang Gurun Arabia pada tahun 630-an Masehi. Dengan segera akan terlihat bahwa ternyata tidaklah demikian.

  • Doctrina Jacobi (yang ditulis antara tahun 634 dan 640 M). Kemungkinan ini adalah dokumen terawal yang diberi pada kita dimana beberapa elemen penaklukkan Arab digambarkan. Sebuah bagian penting menyatakan: “Dan mereka menyatakan bahwa Nabi telah terlihat, datang bersama kaum Saracen, dan ia memproklamirkan masa penantian Dia yang diurapi, Sang Kristus yang akan datang. Aku, setelah tiba di Sykamina, dihentikan oleh seorang tua yang sangat paham kitab suci, dan aku berkata kepadanya: ‘Apakah yang dapat engkau katakan padaku mengenai Nabi yang telah datang bersama kaum Saracen?’ Dengan geraman mendalam ia menjawab: ‘Ia palsu, karena para nabi tidak datang bersenjatakan pedang. Sesungguhnya mereka adalah hasil dari anarki yang terjadi hari ini dan aku takut bahwa Kristus yang pertama yang akan datang, yang disembah orang Kristen, adalah Dia yang diutus Tuhan dan ternyata kita sedang bersiap menyambut Anti Kristus. Sesungguhnya, Yesaya mengatakan bahwa orang Yahudi akan mendapatkan hati yang bengkok dan mengeras hingga seluruh bumi akan dihancurkan. Tetapi engkau pergilah, Tuan Abraham, dan cari tahu perihal nabi yang telah datang itu’. Lalu aku, Abraham,  mengetahui dan mendengar dari orang-orang yang telah bertemu dengannya bahwa tidak ada kebenaran dalam diri yang disebut nabi ini, hanyalah penumpahan darah manusia. Ia juga mengatakan bahwa ia memiliki kunci firdaus, dan itu luar biasa (yaitu ‘tidak dapat dipercayai’)”.

Beberapa detil langsung menarik perhatian para pembaca. Pertama, kasus nabi kaum Saracen (yaitu para penginvasi Arab) disebutkan masih hidup, walaupun teks ini ditulis setidaknya dua tahun setelah perkiraan kematian Muhammad. Kedua, nabi kaum Arab ini nampaknya memproklamirkan sejenis versi kekristenan, perhatikan terutama referensi-referensi yang ia gunakan untuk menubuatkan Kristus yang akan datang dan bahwa ia memiliki kunci firdaus. Jadi siapapun nabi ini, tindakan-tindakan dan keyakinannya tidak sejalan dengan catatan tradisional biografi Muhammad, terutama karena ia wafat pada tahun 632 M.

  • Sophronius Patriarkh Yerusalem (wafat pada 639 M). Sophronius adalah Patriarkh (pemimpin religius Kristen yang senior) Yerusalem selama masa invasi Arab. Ia banyak menulis tentang kesulitan yang dialami komunitas Kristen di Yerusalem di bawah orang-orang Arab dan menggambarkan kejatuhan Yerusalem sebagai bagian dari penghakiman Tuhan terhadap komunitas yang telah menjauh dari jalan-jalan Tuhan. Catatan-catatannya sangat menarik baik dalam hal bagaimana para penginvasi digambarkan dan juga perihal apa yang tidak ada dalam deskripsi ini. Versi-versi tradisional Muslim mengenai kisah penaklukkan Yerusalem oleh orang-orang Arab menyatakan bahwa mereka sangat murah hati dan memperlakukan populasi Kristen dengan penuh hormat. Ini sudah tentu bukanlah perspektif sang Patriarkh! Ia menggambarkan invasi Arab sebagai kengerian besar dan menceritakan perilaku mereka dengan kalimat-kalimat yang menakutkan. Mereka sama sekali tidak menghormati orang Kristen, dan nampaknya kaum Saracen (sebutan untuk orang-orang Arab yang melakukan invasi) bahkan merobohkan gereja-gereja. Hal ini sudah tentu sangat bertentangan dengan sumber-sumber Muslim kemudian menggambarkan dan menafsirkan peristiwa tersebut. Yang mungkin lebih signifikan bagi tujuan kita adalah fakta bahwa Islam benar-benar absen dari deskripsi sang Patriarkh. Ia menyebut kaum Saracen ‘orang-orang tidak ber-Tuhan’ dan ‘para pejuang yang melawan Tuhan’, namun tidak ada indikasi dalam tulisan-tulisan ini bahwa orang-orang Arab tersebut memiliki nabi tertentu, kitab tertentu atau agama tertentu yang bernama Islam. Ini adalah penghilangan yang mengherankan, berkenaan dengan catatan-catatan tradisional Muslim mengenai peristiwa-peristiwa tersebut. Bahkan lebih mengherankan lagi karena Sophronius menulis untuk menguatkan komunitasnya dan untuk menyebut orang Yahudi kepada mereka. Dalam konteks ini, sangatlah masuk akal membahas fitur-fitur keyakinan religius orang-orang Arab untuk memperlengkapi kaumnya agar dapat berinteraksi dengan lebih baik dengan mereka. Namun, tidak satupun dari tulisan Sophronius yang diberikan pada kita yang memiliki indikasi apapun mengenai eksistensi Islam! Ini benar-benar menakjubkan karena berasal dari sumber yang merupakan saksi mata penaklukkan dan yang hidup berdampingan dengan orang Arab selama sejangka waktu lamanya.
  • Catatan Armenia (ditulis sekitar tahun 660-670 M). Catatan ini dikaitkan dengan seorang Uskup Armenia yang bernama Sebeos. Disini untuk pertama kalinya kita memiliki sumber yang dapat dipercayai sebagai referensi untuk Muhammad (disebut ‘Mahmer’ dalam catatan tersebut), genap 30 tahun setelah ia wafat. Namun demikian gambar yang diberikan mengenai Muhammad sekali lagi secara signifikan bertentangan dengan catatan tradisional Islam. Catatan ini menggambarkan Muhammad beraliansi dengan orang Yahudi hingga akhir hidupnya, dan lebih jauh lagi memperlihatkan bahwa orang Arab dan orang Yahudi masih (hingga tahun 660-670 M) merupakan sekutu dekat. Berdasarkan sejarah standar Islam, Muhammad memutuskan semua hubungan dengan orang Yahudi pada tahun 620 M, dan Quran bahkan menyebut orang Yahudi “musuh terburuk orang Muslim” (Quran 5:82[1]). Catatan tersebut, yang merupakan diskusi yang paling terperinci yang kita miliki mengenai penaklukkan-penaklukkan oleh orang Arab, sekali lagi sama sekali tidak memuat referensi apapun mengenai Islam, orang Muslim atau Quran. Melainkan, sekali lagi kita bertemu dengan monoteisme Arab yang sangat tidak jelas dan kosong.
  • Referensi-referensi mengenai paganisme di Arab setelah penaklukkan Arab. Catatan tradisional Islam menyatakan bahwa paganisme dihapuskan di jazirah Arab sekitar tahun 633 M, dan setelah tahun ini Islam sangat dominan serta tidak ada sisa-sisa pagan yang tertinggal. Namun, ada banyak bukti masih hidupnya paganisme di antara orang Arab lama setelah suku pagan terakhir dianggap telah dikalahkan orang Muslim. Sebagai contoh, sebuah pertemuan Sinode Kristen Nestorian yang diadakan pada tahun 676 M menyatakan bahwa para wanita beriman di antara orang Arab harus menghindarkan diri dari hidup bersama orang-orang pagan. Pernyataan ini kemudian berlanjut dengan menggambarkan praktik-praktik kaum pagan tersebut (termasuk memaparkan upacara-upacara pemakaman, yang tidak terdapat dalam Islam), membuat kita yakin bahwa referensi ini adalah benar bagi kaum pagan dan bahwa ‘kaum pagan’ bukan hanya sesuatu yang negatif yang ditujukan kepada orang Muslim.

Bersamaan dengan itu, Athanasius II Patriarkh Antiokhia (683-686 M) memperingatkan umatnya untuk tidak bergaul dengan kaum pagan (di wilayah dimana mereka semestinya tidak berada disitu sama sekali, jika catatan Islam dapat dipercayai). Sekali lagi, jelas bahwa ia mengacu kepada praktik-praktik pagan yang riil (dan bukan praktik-praktik Islam) saat ia menyebutkan tentang praktik mencekik binatang yang hendak dikurbankan oleh kaum pagan tersebut. Pencekikan binatang bukan merupakan fitur ibadah Islam. Kedua contoh ini, dan yang lainnya yang dapat ditambahkan, memperjelas bahwa paganisme hidup di wilayah, yang menurut catatan Islam, telah dimusnahkan. Ini merupakan satu contoh lagi betapa tradisi-tradisi Islam tidak dapat dipercayai dan betapa sedikitnya tradisi-tradisi tersebut selaras dengan realita sejarah yang aktual.

Bila digabungkan, bukti dokumenter yang bertentangan dengan catatan tradisi Islam mengenai sejarah mula-mula penaklukkan Arab sangat mengejutkan. Banyak sumber lainnya di samping yang telah dipaparkan diatas dapat ditambahkan dan dari semua itu muncul sebuah gambaran mengenai penaklukkan oleh orang Arab yang sama sekali tidak berkarakter monoteistik (jelas tidak islami). Sebelum tahun 690-an, sama sekali tidak pernah disebutkan mengenai fakta bahwa para penakluk ini memiliki agama yang disebut Islam atau bahwa mereka mempunyai sebuah kitab suci yang disebut Quran. Satu atau dua referensi yang dikaitkan dengan Muhammad bersifat ambigu dan tidak selaras dengan gambaran Islam mengenai siapa dia, yaitu menggambarkannya beraliansi dengan orang Yahudi atau hidup pada 634 M, lama setelah ia diperkirakan wafat. Hanyalah dengan pembangunan Kubah Emas di Yerusalem (691 M) ada semacam pendekatan dengan apa yang kini kita kenal dengan Islam mulai memunculkan diri. Inskripsi-inskripsinya memuat beberapa kutipan dari Quran walaupun nampaknya tidak terlalu sesuai dengan isi kitab suci dengan adanya penambahan kata-kata dan mengubah tata bahasanya.

Pada tahun 730 M, teolog Kristen John dari Damaskus, menulis sebuah karya polemis menentang islam. Ia mengidentifikasi beberapa elemen kunci yang kemudian kita kenali selaras dengan bagaimana Islam berkembang. Namun bahkan pada tahap terakhir, dan walaupun John tinggal di jantung kekaisaran Islam, nampaknya aspek Islam masih sangat cair. Sebagai contoh, John tidak mengetahui eksistensi sebuah kitab yang disebut Quran dan alih-alih memandang orang Muslim memiliki tulisan-tulisan terpisah yang menjadi dasar iman mereka. Ini, lebih dari satu abad setelah Quran diperkirakan telah dikompilasi dan distandardisasi.

Jadi, apakah Islam ‘muncul sepenuhnya dalam terang sejarah’? Para pembaca harus sepakat, berdasarkan bukti yang telah dipaparkan di atas bahwa hal itu tidaklah demikian. Ketika catatan arkeologis dan dokumenter telah diuji, semua yang kita dengar berkenaan dengan tahun-tahun awal Islam adalah kebisuan mendalam. Tidak ada disebutkan tentang orang Muslim, Quran, maupun sebuah agama yang disebut Islam yang dapat ditemukan dalam dokumen-dokumen atau dalam inskripsi-inskripsi paling awal. Dalam realita, nampaknya Islam berkembang dengan cara yang sangat berbeda dari yang digambarkan oleh situasi standar periode tersebut. Memberikan teori-teori mengenai apa dan bagaimana Islam itu muncul adalah cakupan luas yang tidak dapat diberikan dalam tulisan ini. Untuk tujuan-tujuan kita, maka cukuplah dikatakan bahwa hampir tidak satupun catatan tradisional yang dapat bertahan/lulus dari pengujian sejarah secara kritis.



[1] Quran sura Al Maidah 5:82 “Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya kami ini orang Nasrani." Yang demikian itu disebabkan karena di antara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri.”


Add a Comment
| 7
Muhammad Abu Bakar
Reply| 22 Apr 2018 22:20:02
Quran Sura 3:118
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudaratan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya.

[4:144] Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Inginkah kamu mengadakan alasan yang nyata bagi Allah (untuk menyiksamu)?

[5.51] Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin (mu); sebahagian mereka adalah pemimpin bagi sebahagian yang lain. Barang siapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang lalim.
MamadsayangAisah
Reply| 17 Apr 2018 09:59:19
@An Naba' 78:33
Udah di Surga masih ngumbar nafsu duniawi? Ini ngikutin nafsu mamad ato Allah?
Apa bedanya tubuh roh masih mikirin selangkangan?
Ini cuma trik mamad mengatasnamakan wololo khayalan supaya Mujahideen ga ragu menumpahkan dan ditumpahkan darah.
An Naba' 78:33
Reply| 10 Apr 2018 01:51:23
COPY PASTE DARI DOKTRIN YAQUBI:
Lalu aku, Abraham, mengetahui dan mendengar dari orang-orang yang telah bertemu dengannya bahwa TAK ADA KEBENARAN DALAM DIRI yang disebut NABI ( PALSU ) ini, hanyalah penumpahan darah manusia. Ia juga mengatakan bahwa ia MEMILIKI KUNCI firdaus, DAN ITU LUAR BINASA (yaitu ‘tidak dapat dipercayai’)”.KOMENTAR:BUKAN TIDAK DAPAT DIPERCAYAI MELAINKAN MENGGETARKAN MENGGOYAHKAN NAFSU LAKI-LAKI PARA RAHIB KRESTENERS YG TIDAK PERNAH KENAL PEREMPUAN HE HE HE

huris (para perawan bermata putih) yang menantikan orang-orang beriman di firdaus (Quran 44:54; 52:20; 55:72; 56:22) KAWAEIBA ATRABA BERDADA BULAT MONTOK MENANTANG YG DITAWARKAN OLEH NABI DJINN ALLAH SYAITON LAKNAT NABI SYAITON ALLAH SI OMOT NAPI CABULILAH YG MENGGOYAHKAN MENGGETARKAN IMAN KAFIR PARA RAHIB KRISTEN NAJIS LAKNATULLAH YANG TIDAK PERNAH MERASAKAN NIKMATNYA MADU JANNAH PEREMPUAN HA HA HA !

SESUATU YANG MENGGOYAHKAN IMAN YANG MENGGETARKAN IMAN YANG MENGGONCANG IMAN TIDAK PERNAH DITAWARKAN OLEH SEMUA NABI-NABI TUHANNYA BANGSA YISHRAEL BAHKAN OLEH HAMASIAH YAHUDI SEKALIPUN NAMUN DITAWARKAN KEPADA PARA RAHIB KRISTEN LAKNATULLAH OLEH NAPI CABULILAH OROBNAJIS SI NAPI OMOTNAJISSOW

QURAN SURAH AN NABA SURAH KE 78:33: SESUNGGUHNYA MUKMIN YG BERIMAN MENDAPATKAN KEMENANGAN , KEBUN-KEBUN DAN BUAH ANGGUR
WakawaAAiba atraba
Sahih International
And full-breasted [companions] of equal age
Muhsin Khan
And young full-breasted (mature) maidens of equal age;
Pickthall
And voluptuous women of equal age;
Yusuf Ali
And voluptuous women of equal age;
Shakir
And voluptuous women of equal age;
Dr. Ghali
And youthful virgins, like of age,
Indonesian
dan gadis-gadis remaja yang sebaya,
ASLINYA YAITU GADIS-GADIS MUDA (BIDADARI JANNAH) BERDADA MONTOK MENANTANG MENGGOYAHKAN MENGGETARKAN IMAN KALIAN KRESTENERS NAJIS KAFIR LAKNATULLAH YG DITAWARKAN SI GERMO OROBNAJIS SI OLLONAJISSTW VIA NAPI CABULILAH SI NAPI OMOTNAJIS KEPADA JIHADIS SUICIDE BOMBER DEMI MENOLONG SI OLLONAJIS QS MUHAMMAD.47:7:Hai orang2mukmin,JIKA KAMU MENOLONG ALLAHNAJIS, niscaya ALLAHNAJIS akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.
islamDinJin=AllahSyaiton
Reply| 02 Apr 2018 22:25:20
masyaAllahSyaitonIblisSesatLaknat! apakah gerombolan ibliskafirun si-orobNAJIS penungging batusilit bernama Syaiton=AllahNajis=Iblis tersebut SAMA SEKALI TIDAK PERNAH LAHIR KELUAR DARI GUA GARBA RAHIM MULIA AGUNG SEORANG IBU PEREMPUAN MULIA AGUNG??? Jangan jangan gerombolan kera orobnajiskafirun tsb lahir dari lobang silitnya b2jantan makanya SAMA SEKALI TIDAK PUNYA RASA HORMAT DAN RASA BELASKASIHAN TERHADAP KAUM PER-EMPU-AN KAUM IBU YANG MULIA YANG MELAHIRKAN RAJA-RAJABESAR BANGSA-BANGSA NABI-NABI ISRAEL TOKOH TOKOH TERHORMAT DI DUNIA INI.
Muslim2Muslimah2 INDONESIA AL-AJAM YG ALWOJ dimatanya kera=orobnajiskafirun penungging sibatu silit bernama Syaiton=AllahNAJIS(SWT)=Iblis.Bagaimana kalau ada tokoh akbar Din lain yg ngaku-ngaku Utusan TUHAN Lantas Membunuh Ente Merampas Harta Benda Keluarga ente Memperbudak Istri dan anak2 perempuan ente. siang hari kepala ente dipenggal dan lantas sore harinya istri dan anak2 perempuan ente diperkosa dengan biadab sama gerombolan syaiton laknat muslim orobnajiskafirun pemuja berhala batu silit bernama sisyaiton=allahnajis(stw)=iblisLaknat tanpa diberi kesempatan untuk meratapi suami serta ayah mereka ??? Karena ente tidak mau menyembah TUHAN mereka ??? Holol darah ente ditumpahkan Holol Istri dan anak2 perempuan Ente diperkosa sesuai ajaran iblis=ollohNajis=syaitonLaknat sesembahan mereka
Jadi Pelaku Kriminal memang nikmat sekali nikmat kelamin dari syaiton=allahnajis(swt)=iblislaknat bisa menikmati rasa sakit korban-korban ente seperti perbuatan syaitonbejat-akhlak nabi iblis AllahNAJIS=syaitondajjal simomotsownajis yang membunuh orangtua serta suami dan satu klan sukunya perempuan Yahudi macam Rayhanna, Safiyah binti huyay,Maemunah di siang hari dan sore harinya memperkosa mereka tanpa diberi kesempatan untuk meratapi keluarga mereka yang mati terbunuh. Benar-benar perbuatan syaiton=allahNajis=iblisLaknat!
islam din mulia syaiton=allahnajis=iblisLaknat! Amin!
Sumbernya di sirah nabawiyah ibn ishaq diedit oleh ibn hisham
islamDinJin=AllahSyaiton
Reply| 02 Apr 2018 22:20:05
masyaAllahSyaitonIblisSesatLaknat! apakah gerombolan ibliskafirun si-orobNAJIS penungging batusilit bernama Syaiton=AllahNajis=Iblis tersebut SAMA SEKALI TIDAK PERNAH LAHIR KELUAR DARI GUA GARBA RAHIM MULIA AGUNG SEORANG IBU PEREMPUAN MULIA AGUNG??? Jangan jangan gerombolan kera orobnajiskafirun tsb lahir dari lobang silitnya b2jantan makanya SAMA SEKALI TIDAK PUNYA RASA HORMAT DAN RASA BELASKASIHAN TERHADAP KAUM PER-EMPU-AN KAUM IBU YANG MULIA YANG MELAHIRKAN RAJA-RAJABESAR BANGSA-BANGSA NABI-NABI ISRAEL TOKOH TOKOH TERHORMAT DI DUNIA INI.
Muslim2Muslimah2 INDONESIA AL-AJAM YG ALWOJ dimatanya kera=orobnajiskafirun penungging sibatu silit bernama Syaiton=AllahNAJIS(SWT)=Iblis.Bagaimana kalau ada tokoh akbar Din lain yg ngaku-ngaku Utusan TUHAN Lantas Membunuh Ente Merampas Harta Benda Keluarga ente Memperbudak Istri dan anak2 perempuan ente. siang hari kepala ente dipenggal dan lantas sore harinya istri dan anak2 perempuan ente diperkosa dengan biadab sama gerombolan syaiton laknat muslim orobnajiskafirun pemuja berhala batu silit bernama sisyaiton=allahnajis(stw)=iblisLaknat tanpa diberi kesempatan untuk meratapi suami serta ayah mereka ??? Karena ente tidak mau menyembah TUHAN mereka ??? Holol darah ente ditumpahkan Holol Istri dan anak2 perempuan Ente diperkosa sesuai ajaran iblis=ollohNajis=syaitonLaknat sesembahan mereka
Jadi Pelaku Kriminal memang nikmat sekali nikmat kelamin dari syaiton=allahnajis(swt)=iblislaknat bisa menikmati rasa sakit korban-korban ente seperti perbuatan syaitonbejat-akhlak nabi iblis AllahNAJIS=syaitondajjal simomotsownajis yang membunuh orangtua serta suami dan satu klan sukunya perempuan Yahudi macam Rayhanna, Safiyah binti huyay,Maemunah di siang hari dan sore harinya memperkosa mereka tanpa diberi kesempatan untuk meratapi keluarga mereka yang mati terbunuh. Benar-benar perbuatan syaiton=allahNajis=iblisLaknat!
islam din mulia syaiton=allahnajis=iblisLaknat! Amin!
Sumbernya di sirah nabawiyah ibn ishaq diedit oleh ibn hisham
Fetching more Comments...
↑ Back to Top