Blog / Christian Prince: Siapakah Allah?

(Dipetik dari “The Deception of Allah” Vol.1)

 

Jika kita bertanya kepada orang-orang Muslim: Siapakah Allah? Maka mereka akan menjawab “Tuhan sang Pencipta, Yang Maha Tahu. Jawaban mereka tidak banyak berbeda dari jawaban yang kita akan terima dari orang lain mengenai Tuhan mereka, tetapi ketika berkaitan dengan Allah sebagai Tuhan, ada banyak masalah dan sekarang kita akan membahasnya.

Sebelum kita dapat memahami pribadi Allah, pertama-tama kita perlu memahami tentang nama-nya. Orang Muslim akan berusaha meyakinkan kita bahwa Allah adalah sosok Tuhan yang sama dengan yang disembah oleh orang Kristen dan Musa. Bahkan mereka mencoba untuk meyakinkan kita bahwa Allah adalah kata Aramaik, dan bahwa Yesus telah memakainnya ketika Ia berbicara dalam bahasa Aramaik. Seberapa benar klaim ini?

Ketika film “The Passion of Christ” muncul beberapa tahun lalu, orang Muslim mengutip sejumlah klip dari film ini dimana Yesus berbicara dalam bahasa Aramaik ketika mengucapkan nama Tuhan. Mereka kemudian memakai klip klip itu untuk menciptakan video-video mereka sendiri untuk membuktikan klaim mereka bahwa nama Allah sesungguhnya berasal dari kata Aramaik. Kata Aramaik yang mereka coba untuk adopsikan adalah Elah. El bukan Al seperti pada kata Allah. Disini ada sebuah studi yang cepat dan mudah dalam Qur’an  4:125

وَمَنْأَحْسَنُدِينًامِمَّنْأَسْلَمَوَجْهَهُلِلَّهِوَهُوَمُحْسِنٌوَاتَّبَعَمِلَّةَإِبْرَاهِيمَحَنِيفًاوَاتَّخَذَاللَّهُإِبْرَاهِيمَخَلِيلا

Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang ikhlas menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang diapun mengerjakan kebaikan, dan ia mengikuti agama Ibrahim yang lurus? Dan Allah mengambil Ibrahim menjadi kesayanganNya.

Lil Lah = لِلَّهِ                                                 Al Lah = اللَّهُ

Di Qur’an 4:125 ini ada 2 kali kata Allah muncul, tetapi keduanya tidak memiliki makna yang sama. Jika anda tidak tahu bahasa Arab, maka anda tidak akan menyadari adanya banyak perbedaan, kecuali pada satu huruf, namun sesungguhnya perbedaan keduanya jauh lebih banyak daripada itu.

Kata yang pertama adalah illah dan kata kedua adalah Allah. Dalam bahasa Arab, ‘al’ artinya ‘sang’ (Inggris: ‘the’). Jadi jika kita melepaskan Al dari Allah, dan lil dari lillah , sehingga sekarang yang kita miliki adalah kata lah (Tuhan), yaitu kata yang muncul pada kedua kata tersebut. Faktanya adalah bahwa lah adalah nama dari Dewa Bulan, Dewa Mesir yang terutama dan juga merupakan nama Dewa yang disembah oleh orang-orang Arab. Dalam bahwa Inggris, lillah diterjemahkan sebagai “Tuhan” (god) dan Allah diterjemahkan sebagai “Tuhan itu” (the god).

Sebagaimana yang bisa anda lihat lewat ilustrasi diatas, meskipun lillah dan Allah keduanya ditulis sebagai satu kata dalam bahasa Arab, lil dan Al bukan bagian dari kata lah itu sendiri – jadi, lillah dan Allah keduanya dibentuk dari gabungan dua kata. Jadi kata lillah artinya Tuhan dan Allah artinya Tuhan itu.

Dalam bahasa Arab, al selalu sederajat dengan kata “the” (“sang” / awalan penentu) dan kata ini hanya dilekatkan pada nama nama yang merupakan gelar gelar dari Tuhan. Itulah sebabnya mengapa ke 99 nama nama Allah dimulai dengan kata Al atau The. Tetapi kita harus ingat bahwa kata Al (the) bukan merupakan bagian dari nama itu. Kata itu hanya merupakan alat yang dipakai untuk mengindikasikan bahwa nama itu bersifat unik ketika dikenakan untuk Tuhan – dan hanya kepada Tuhan dapat diberikan pembedaan ini. Sebagai contoh, kita tidak bisa mengatakan “The Muhammad”, karena Muhammad hanyalah nama seorang manusia.

Adalah menarik untuk dicatat bahwa Mesias disebut Al-Masih dalam Qur’an. Itu artinya bahwa hanya Dia lah satu-satunya Mesias di seluruh dunia. Dialah satu satunya sosok dalam Qur’an yang memiliki kata Al yang dilekatkan dengan namaNya.

Siapakah Lah itu? Dia adalah Sang Dewa Bulan, tetapi bagaimana Lah dapat menjadi Dewa Bulan jika Qur’an sendiri melarang penyembahan kepada Bulan dan Matahari?

 

 


Add a Comment
| 1
cpi
Reply| 23 Jul 2019 14:38:03
Lanjutkan translate bukunya CP om...
Fetching more Comments...
↑ Back to Top