Blog / Dicerai Istri Gara-gara Suami Buka Cadar

 

Liputan6.com, Khamis Mushayt: Mungkin sulit dimengerti dan diterima akal sehat, bahwa dalam kehidupan perkawinan seorang suami belum pernah melihat wajah utuh sang istri sama sekali. Bahkan selama 30 tahun usia perkawinan! Tapi itu nyata dan terjadi.

 

Selama 30 tahun lebih hidup berumah tangga, sang suami mengaku hanya bisa melihat mata istri tercintanya. Kondisi ini tidak mengherankan lagi bagi warga Arab Saudi. Karena sang istri selalu mengenakan burka atau cadar. Selain itu, ia juga tentu saja selalu mengenakan baju muslim tertutup rapat.

 

Suasana tradisi ini ternyata membuat penasaran seorang suami. Baru-baru ini ada seorang suami digugat cerai istrinya gara-gara membuka cadar sang istri ketika sedang tidur. Istrinya yang telah berumur 50 tahun itu pun kaget dan tak bisa memaafkan sang suami. Perbuatan suami yang tak disebutkan namanya itu dianggap sebagai pengkhianatan atas komitmen perkawinan mereka.

 

"Setelah bertahun-tahun, dia mencoba melanggar komitmen kami. Ini adalah kesalahan besar," kata sang istri kepada surat kabar Saudi Al-Riyadh, seperti dikutip Daily Mail.

Ketika sang istri ditanya bagaimana dia bisa punya anak tanpa mengizinkan suaminya untuk melihat wajahnya, ia menjawab, "Perkawinan adalah tentang cinta, bukan wajah."

 

Istri yang menggugat cerai suaminya tersebut telah hidup mengikuti tradisi leluhur secara turun-menurun di desanya dekat Khamis Mushyat, wilayah barat daya Arab Saudi. Tradisi itu mewajibkan kaum wanita berkerudung dan bercadar setiap saat. Ketaatan pada tradisi begitu luar biasa, sampai-sampai banyak istri yang merelakan sang suami menikah lagi karena alasan ini.

 

Kasus seperti itu, sebenarnya bukanlah yang pertama kali terjadi. Seorang pria bernama Ali al-Qahtani juga pernah mengalaminya. Ia mengaku telah diancam cerai sang istri setelah mencoba untuk membuka cadar istrinya yang sudah dinikahinya selama 10 tahun. Namun, Ali masih beruntung ketika istrinya kemudian memaafkan dirinya dan bersumpah untuk tidak melakukannya lagi.

 

Banyak negara Islam seperti Arab Saudi dan Iran yang mengharuskan kaum perempuan untuk menutupi wajah mereka di depan umum, tetapi untuk di dalam privasi rumah mereka tidak ada paksaan seperti itu. Kasus ini sebagian besar berada di Arab Saudi, salah satu negara yang paling konservatif. (Vin)

 

Sumber: Yahoo News


Add a Comment
| 18
Delta ops
Reply| 27 Mar 2011 06:43:54
Ya iyalah... istrinya takut ketahuan jeleknya klo dibuka...

Salah sndiri masih memberlakukan cadar...
Jaman udah modern masih aja primitif.. kasian deh lo...

Budaya Arab emang ga ada bagus2nya.. Tp wanita Indonesia rata2 pada goblok.. knapa? alasannya make jilbab karena "saya muslim,".. itu kan budaya Arab.. sementara wanita muslim tsb mencela budaya barat masuk ke Indonesia...

Tololnya jadi kan?? bisa ga wanita sedikit make LOGIKA?? susah..karena takut agama ama suami...
nimbrung
Reply| 21 Mar 2011 12:36:09
gue bangga jadi orang indonesia,,gue bangga punya tradisi asli bangsa indonesia..gue bangga punya bahasa indonesia..gue bangga punya ideologi pancasila, gue bangga punya nilai2 luhur budaya asli bangsa sendiri,
yg bangga dg tradisi bangsa lain silahkan pindah ke negara dan bangsa ybs..jangan berdebat terus di negaraku...wkwkkwkwkwkkw
joko bodho
Reply| 21 Mar 2011 12:11:56
@kolorkecut: anda memang sesuai dgn panutan anda yg memanggil yahudi dgn sebutan babi dan monyet.
kolorkecutyesus
Reply| 07 Mar 2011 07:08:54
Suripto ini orang yang sangat idiot sekali dari omonganhya ketahuan tuh ....dia sangat goblog bin bego bin asal-asalan..............kasian tuh orang eh maap monyet Waaakkkkk....Waaakkkkk....Waaakkkkk....Waaakkkkk....Waaakkkkk....Waaakkkkk....Waaakkkkk....Waaakkkkk....Waaakkkkk....
kolorkecutyesus
Reply| 07 Mar 2011 07:05:21
bravo bin salut buat mbak Erni Wahyuni...
ERNI WAHYUNI
Reply| 07 Mar 2011 04:27:08
bacalah dengan hati yg jernih jgn baca dgn hati yg penuh rasa benci ........satu kata untuk anda : kasiaaaaaaaaaaaaann
ERNI WAHYUNI
Reply| 07 Mar 2011 04:16:19
aku kasi tau y khusus untuk orang pintarrr
terkadang di suatu daerah atau negara masih sangat besar pengaruh adat istiadatx/tradisi turun temurunnya...dari nenek moyangx.....seperti: pakaian adat..perayaan acara dsb agama islam itu turunnya tahun brp d arab? andakan orang pintarr pasti anda tau..selanjutx telaah sendirilah!!!sebaiknya pola pikir anda dirubah liat secara luass...aku tau knp anda seperti itu karena sebelum membaca & memahami ddlm pikiran anda hanya benci kpd islam...kasian..kasian........kasian
ERNI WAHYUNI
Reply| 07 Mar 2011 02:35:20
Agama = teologi/ideologi akan mempengaruhi pendidikan/tradisi. Pendidikan/tradisi akan mempengaruhi pola pikir. Dan pola pikir akan mempengaruhi tingkah laku/perbuatan... JADINYA KAYAK ANDAKAN MAEN OLOK.....GA ADA FAKTOR LAIN YG MEMPENGARUHI OMONGAN ANDA HANYA AGAMA SAJA ...MISKINNYA..KASIAN
ERNI WAHYUNI
Reply| 07 Mar 2011 02:30:27
SAMA SEPERTI SEKUTU KALIAN YG MEMBANTAI ORANG ISLAM TANPA AMPUN DI PALESTINA.......MENGHANCURKAN T4T PERIBADATAN DAN MEMBUNUH ANAK2......DLL NONTON SENDIRI DI TV KALAU GA LIAT DI INTERNET PUXA PIKIRAN KOK DANGKAL AMAT SEEEHH..KATAX AGAMA TANPA CACAT TAPI KOK MAIN OLOK...SANTE AJA BRO
ERNI WAHYUNI
Reply| 07 Mar 2011 02:19:04
CAPE DEHHHHHHHHHHHH...
ERNI WAHYUNI
Reply| 07 Mar 2011 02:17:16
ih memang ya kalau sudah kalap kyk gini omongannya jadi kasar bin kasar seharusnya kalian yg memegang agama yg cinta damai itu tdk mengolok2 orang,,,ikutlah jejak yesus yg menurut kalian beliau disalib tapi beliau tdk melawan.BELAJARLAH AGAMAMU SECARA TELITI
ERNI WAHYUNI
Reply| 07 Mar 2011 02:14:33
andakan tau ayat2 al'quran berarti anda tau donk ttg kisah agama anda sendiri
dikisahkan pada masa yesus ada seorang pengikut wanita bernama maria yg kesurupan oleh iblis dan disitu yesus mengobatix akhirnya dy sembuh....fakta2 yg mengejutkan yg dilontarkan oleh kaum kalian sendiri.....coba ceritakan kepada saya setelah itu apa yg terjadi??
ERNI WAHYUNI
Reply| 07 Mar 2011 02:11:58
tradisi?: bagaimana dgn tradisi orang hamil tdk boleh minum sambil berdiri
org hamil tidak boleh tdk menghabiskan minumannya........pengaruh agamakah?
coba anda baca arti tradisi secara baik dan benar......dasar kerjanya cuman ngolok2 orang tdk puxa sopan dan santun
Suripto
Reply| 06 Mar 2011 20:06:40
Perlukah saya beritahukan pada anda ayat-ayat Qur'an yang memerintahkan pembantaian terhadap orang-orang Muslim yang murtad?

Barangkali anda belum pernah baca ayat-ayatnya?!
Suripto
Reply| 06 Mar 2011 20:04:51
Erni, Anda itu benar-benar seorang idiot! Justru agama Islam yang dipegang teguh di Arab Saudi sanalah yang mempengaruhi masyarakat setempat sehingga "tradisi mereka" melarang sama sekali suami-suami melihat isterinya.

Agama = teologi/ideologi akan mempengaruhi pendidikan/tradisi. Pendidikan/tradisi akan mempengaruhi pola pikir. Dan pola pikir akan mempengaruhi tingkah laku/perbuatan.

Sama seperti orang Muslim yang membantai jemaah Ahmadiyah. Mengapa? Karena orang Ahmadiyah dianggap sudah murtad dan menghujat - sementara dalam Islam orang yang murtad/menghujat HARUS DIHUKUM MATI...
ERNI WAHYUNI
Reply| 06 Mar 2011 06:57:56
WALAUPUN ANDA ABILX DILIPUTAN6...BACALAH DGN SEKSAMA Istri yang menggugat cerai suaminya tersebut telah hidup mengikuti tradisi leluhur secara turun-menurun....IS TRADITION
ERNI WAHYUNI
Reply| 06 Mar 2011 06:30:40
TIDAK SEMUA BISA AKU COPY DISINI COZ GA CUKUP....YG PENTING AJA COBA BUKA AJA DI VIVANEWS.COM
ERNI WAHYUNI
Reply| 06 Mar 2011 06:28:14
beritanya terpotong atau dipotong ya? sengaja???

30 TAHUN MENIKAH BELUM MELIHAT WAJAH ISTRI

Ini akibat tradisi yang mengharamkan wanita memperlihatkan wajah dan tubuhnya.
Kamis, 3 Maret 2011, 04:08 WIB

BERITA TERKAIT


APA YANG DILAKUKAN WANITA ITU MERUPAKAN BENTUK KEPATUHAN TERHADAP TRADISI YANG TUMBUH SUBUR DIKAMPUNGNYA, TAK JAUH DARI KHAMIS MUSHYAT, WILAYAH BARAT DAYA ARAB SAUDI. BUKAN AJARAN ISLAM, NAMUN TRADISI INI TUMBUH SUBUR DI SEJUMLAH KAWASAN TERPENCIL DI BEBERAPA NEGARA TELUK.

.
AKU KUTIP DARI TEKS ASLIX
KENAPA BUKAN AJARAN ISLAMNYA DIPOTONG???
INIKAN TEKS YG ASLIX
Fetching more Comments...
↑ Back to Top