Blog / Seruan Pastoral Kepada Orang Kristen Di Malaysia

 

Cukup sudah! Komunitas Kristen di Malaysia yang biasanya lemah lembut, ramah dan pemaaf sudah tiba dibatas kesabaran, dan telah meledak dalam kemarahan terhadap apa yang mereka pandang sebagai, hak azasi manusia, hak sipil dan konstitusional mereka telah disangkali dan dipandang hanya sebagai ilusi, dengan terjadinya penyitaan 30.000 Alkitab berbahasa Melayu dari Pelabuhan Kuching di Sarawak.

 

Beberapa insiden yang terjadi selama beberapa tahun terakhir tidak lebih dari suatu penganiayaan terhadap hak mereka untuk beribadah yang diberikan Tuhan, dan untuk mempraktekkan serta menyebarkan keyakinan mereka dalam bahasa nasional mereka sendiri, tanpa adanya larangan legal atau tekanan politis apapun. 

 

Seharusnya tidak ada tempat untuk diskriminasi dan penolakan yang jahat seperti ini terhadap keyakinan apapun di negara kita yang didirikan atas dasar hak azasi manusia untuk bebas beribadah dan mempraktekkan serta menyebarkan keyakinan seseorang tanpa halangan, seperti yang ditetapkan dalam Konstitusi Federal. 

 

Artikel 8 dalam Konstitusi Federal menyatakan bahwa “Semua orang setara di hadapan hukum dan mempunyai kesamaan hak untuk mendapat perlindungan hukum”, dan “tidak boleh ada diskriminasi terhadap warga negara hanya berdasarkan agama, ras, keturunan, tempat kelahiran atau jender dalam hukum apapun...” 

 

Artikel 11 mengatakan setiap orang “berhak untuk memilih dan mempraktekkan agamanya”, dan bahwa setiap kelompok keagamaan berhak untuk (a) mengurus urusan-urusan kegamaannya, (b) mendirikan dan memelihara institusi-institusi untuk tujuan-tujuan religius atau amal, dan (c) memperoleh dan memiliki properti dan mengelolanya sesuai dengan hukum.

 

Menolak mengijinkan orang-orang Kristen di negara ini menggunakan kata-kata Bahasa Malaysia tertentu dalam publikasi mereka adalah pelecehan secara langsung terhadap hak konstitusional mereka untuk beribadah dan mempraktekkan agamanya. Sebagai warga negara yang patriotik dari bangsa ini, orang-orang Kristen di Malaysia secara otomatis memiliki akses total untuk menggunakan perbendaharaan kata yang lengkap dalam bahasa nasional. Tidak boleh ada apa yang disebut sebagai monopoli kata-kata tertentu oleh suatu kelompok tertentu. 

 

Penyitaan Alkitab Bahasa Melayu dengan alasan karena memuat beberapa kata dalam Bahasa Malaysia yang dipandang tidak boleh digunakan oleh orang Kristen adalah pelanggaran terhadap hak konstitusional mereka sebagai warga negara yang sah, dan sebuah pelanggaran terhadap hak azasi manusia yang universal seperti yang disebutkan oleh Deklarasi Universal Hak Azasi Manusia oleh Perserikatan Bangsa-bangsa pada 10 Desember 1948. 

 

Sangatlah salah, tidak konstitusional, bahkan tidak bermoral, apabila suatu bagian tertentu dari kewarganegaraan disangkali dan dilucuti hak-hak konstitusional dan kemanusiaan berdasarkan tindakan unilateral segelintir pelayan-pelayan sipil yang yang rasis, ekstrimis dan bias.   

 

Federasi Kristen Malaysia (CFM), adalah sebuah badan yang memayungi lebih dari 90% gereja di negara ini, dan yang dibenarkan di hadapan publik menantang Barisan Nasional pemerintahan federal untuk menjelaskan penyitaan yang baru-baru ini terjadi atas Alkitab Bahasa Melayu di pelabuhan Kuching, dan mempertanyakan ketulusan dan integritasnya dalam berhadapan dengan kegagalan ini dan isu-isu serupa selama beberapa tahun terakhir ini.  

 

Lalu apa yang harus dilakukan orang-orang Kristen di Malaysia ketika tirani penindasan politik, dimana kebebasan mereka untuk mempraktekkan keyakinan mereka diinjak-injak? 

 

Pertama-tama, sebagai orang Kristen, kita percaya pada kuasa intervensi ilahi, jadi kita harus bersatu dalam doa yang tidak hentinya di hadapan tahta anugerah untuk mencari pertolongan Tuhan. Doa tidak henti secara nasional dengan bertekun harus diorganisir oleh berbagai gereja untuk mendoakan bagsa ini dan para pemimpinnya. Setiap orang Kristen pun harus menyisihkan satu hari dalam seminggu untuk berpuasa dan berdoa. 

 

Kedua, orang Kristen harus bersatu untuk mempertahankan hak dan azasi dan konstitusi mereka, mengontrol dan mencegah kebocoran atau menipisnya hak-hak fundamental semacam itu. Mereka harus memberikan dukungan teguh dan kuat kepada CFM dan para pemimpin gereja dalam negosiasi dengan pihak yang berwenang berkenaan dengan hal ini. Pada saat yang sama, CFM dan kepemimpinannya harus teguh dan berketetapan hati berkaitan dengan sikap mereka, tidak takut atau berusaha menyenangkan pihak lain. Mereka yang takut dan tidak bersedia untuk mengambil resiko kemungkinan penahanan karena mempertahankan keyakinan harus mengundurkan diri dari posisi-posisi kepemimpinan.   

 

Ketiga, gereja-gereja harus mulai menyelenggarakan perbincangan-perbincangan dan forum-forum untuk menginformasikan dan mendidik para anggotanya mengenai isu-isu yang berdampak pada mereka. Para Pendeta harus berkhotbah dan mengajarkan materi-materi alkitabiah seperti tanggung-jawab orang Kristen dalam masyarakat. Sudah terlalu lama orang-orang Kristen, termasuk para pendeta dan pemimpin gereja hanya bersenang-senang dalam zona nyaman mereka, di dalam keempat tembok gereja mereka, tanpa memperdulikan hak-hak mereka yang semakin dikikis atau diinjak-injak. Waktunya sudah tiba bagi orang-orang Kristen untuk bangkit dari ketertiduran spiritual mereka, untuk bersuara lebih vokal dan memainkan peran nyata sebagai anggota-anggota masyarakat yang loyal kepada bangsanya. Mereka harus memobilisasi diri mereka sendiri untuk mengkampanyekan dan memilih orang-orang yang benar, jujur, adil, rendah hati, berkompeten dan tidak korup – supaya orang-orang seperti itu melayani sebagai perwakilan mereka di parlemen dan di berbagai dewan perwakilan daerah.

 

Akhirnya, orang-orang Kristen yang berkualitas dan mempunyai kerelaan untuk melayani bangsa dalam arena sosial-politik, harus menawarkan diri mereka sebagai calon anggota untuk pemilihan parlemen dan dewan perwakilan daerah. Kita membutuhkan Yusuf yang menjadi perdana menteri Mesir dan menyelamatkan negara dari kelaparan dan bencana ekonomi; Musa yang berperang demi pembebasan mereka yang mengalami penindasan perbudakan di Mesir, Daniel yang berdiri teguh untuk imannya di tengah-tengah penganiayaan religius, Daud yang melayani sebagai Raja dan mempersatukan bangsanya, Nehemiah yang melayani sebagai seorang pejabat tinggi pemerintah dan menggunakan posisinya untuk membantu pembangunan kembali Yerusalem, Yohanes Pembaptis yang dipenggal kepalanya karena mengekspos dan mengecam imoralitas Herodes, dan rasul Paulus yang menggunakan hak-haknya sebagai warga negara untuk tetap mempertahankan imannya. Tentu saja, teladan utama bisa kita peroleh dari Tuhan Yesus yang menantang dan menegur keras kemunafikan para pemimpin agama Yahudi dan penguasa Roma yang opresif, dan akhirnya disalibkan.

Panggilan yang keras hari ini bagi orang-orang Kristen Malaysia untuk bergabung bersama semua orang Malaysia lainnya – seumpama visi dan misi untuk berpartisipasi dalam sebuah pelayanan nasional yang aktif untuk mentransformasikan bangsa menjadi sebuah Malaysia yang baru dan lebih baik.

MySinchew 3-11-2011

 

Judul asli: "A clarion call to the Christians in Malaysia"

 


Add a Comment
| 26
ikben
Reply| 11 Feb 2015 09:35:22
@iwan,
Faith Freedom International, delapan tahun lalu membuka wawasan saya mengenai ajaran islam dan sekarang memang sudah di blokir oleh pemerintah, terkecuali mengetahui cara untuk membukanya. Demikian juga dengan forum-forum sejenis yang secara normal (tanpa trik) tidak bisa dibuka.

Bung iwan, sahabat karib dan teman-teman saya sebagian besar adalah muslim, dimana sampai saat ini masih sering berkomunikasi. Bagi saya memang sulit untuk berbicara apa yang menjadi pertanyaan dan pandangan saya tentang ajaran islam kepada teman-teman saya. Itu sebabnya saya melakukannya hanya melalui forum seperti ini, untuk menyampaikan pertanyaan dan pandangan saya tersebut.

Bila anda mengatakan "Kristen dan Islam selalu dibenturkan",…siapa yang memulai ?.
Membaca kesaksian para murtadin, bahwa banyak dari mereka sejak kecil sudah diajarkan untuk membenci agama kristen dan yahudi demikian juga bila tanpa sengaja mendengar dari langgar maupun mesjid yang menjelek-jelekkan agama kristen…apakah ini bukan sebagai bukti bahwa pembenturan itu dimulai dari ajaran ustad, habib dan ulama anda?.

Bagaimana dengan FPI yang pada waktu lalu dengan keras menolak Ahok menjadi gubernur karena beragama non- muslim ?. Alasannya karena muslimin/mah tidak boleh diperintah oleh orang kafir !!!. Bukankah ini bentuk pembenturan dari para muslimin/mah terhadap non-muslim ?!?.
iwan
Reply| 10 Feb 2015 08:48:59
@Hun
ini msh sy sempatkan tp mungkin cm sebentar paling lama sejam.
sambil nunggu kustomer.
kebetulan banyak org bule minta di kirim ke pesanannya..dagang kecil2 an
iwan
Reply| 10 Feb 2015 08:47:04
@ikben
silahkan anda mulai katakan bahwa Muhammad itu seperti yg anda katakan, silahkan dimulai dari keluarga besar istri anda yg katanya 80% muslim, sy tidak keberatan.

sy bergaul dng umat kristen jg mulai dari kecil, tp mereka tidak mengajarkan kebencian kpd Islam seperti ini.
sepertinya sy sudah nggak yakin dengan blog ini, kemungkinan sudah dikendalikan oleh bahaya laten PKI sangatlah besar.
karena dari dulu Kristen dan Islam selalu dibenturkan.
seharusnya Islam dan Kristen menyeru kepada org atheis (komunis), agar mereka beragama, tp begitulah cara PKI menghasut.

Untuk yg Muslim agar berhati-hati tetap jalankan yg baik dan tinggalkan yg salah.
ikben
Reply| 09 Feb 2015 20:57:55
@iwan menulis:
dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan... (QS AL An'am:108)

TANGGAPAN:
Dari ayat diatas ini saja sudah membuat pertanyaan: Mengapa memaki Allah dibolehkan sedangkan sembahan-sembahan tidak !. Sekalipun dimaksudkan agar pihak lawanmu tidak memaki Allahmu.
Apakah nabimu menganggap hanya islam yang percaya kepada Allah sedangkan diluar islam hanya mempunyai sembahan-sembahan?.

@iwan menulis:
QS Al-Maidah 32 tentang larangan membunuh dan menyakiti sesama manusia dan larangan membuat kerusakan dimuka bumi.

TANGGAPAN:
QS Al Maidah 32 adalah ayat Makkiyah yang diturunkan kepada Nabi muhammad sebelum hijrah ke Madinah.
Berbeda setelah berada di Madinah dengan turunnya (contoh):
QS At-Taubah 123
QS Al-Anfaal 12

@iwan menulis:
Kita tidak menghina non Muslim dengan sebutan kafir, karena kafir hanya sebutan bagi kami untuk non Muslim bukan penghinaan.

TANGGAPAN:
Yang namanya kafir bagi kalian muslimin/mah adalah musuh, itu sebabnya harus diperangi, mendapat kekerasan, dijatuhkan rasa ketakutan dalam hati oleh allahnya muhammad dan penggal kepala serta pancung setiap ujung jari adalah bagian dari orang kafir.
Dalam QS diatas tidak ada penjelasan pembagian seperti yang anda maksudkan, jadi kafir adalah kafir.

@iwan menulis:
Demikian mohon saudara non Muslim berhentilah membenci Muslim karena belum paham islam yang sebnarnya. terimakasih

TANGGAPAN:
Bung iwan, bila anda berpikiran bahwa non-muslim (khususnya saya) membenci muslim adalah tidak tepat, sebab keluarga besar istri saya 80% beragama islam, dimana hubungan kekeluargaan kami sangat baik.
Saya tidak dapat menerima pengajaran nabimu yang sungguh sangat-sangat sulit untuk dapat diterima akal sehat dan hati nurani. Jadi tolong juga anda dapat membedakan bahwa yang non-muslim tolak adalah ajaran nabi muhammad, bukan para muslimin/mah.
Hun
Reply| 09 Feb 2015 15:49:40
@iwan
Lho katanya kamu sibuk dari senin sampai jumat?? Koq masih sempat posting di sini?? Di sebelah kamu ditunggu, taqyia-mu terbongkar..eh sudah taqyia lagi di sini..!! (Aneh juga sih ada agama ngajarin menipu..)
Yang terbukti tidak mengerti islam itu ya kamu...peristiwa goa hira saja kamu tidak tahu, sampai terpaksa taqyia untuk menutupi kebodohanmu...sampai kamu pura-pura lupa tulisanmu sendiri...
iwan
Reply| 09 Feb 2015 12:08:46
Buat seluruh saudara Muslim atau non Muslim sebangsa setanah air.
mohon renungkan ajaran Muslim di bawah ini. ( mohon yg Muslim bs menahan diri, lebih baik anda belajar agama Islam lg yg lebih baik, sehingga kita bs menunjukkan indahnya agama Islam yg sesungguhnya kepada saudara kita non muslim yg lain.

dan janganlah kamu memaki sembahan-sembahan yang mereka sembah selain Allah, karena mereka nanti akan memaki Allah dengan melampaui batas tanpa pengetahuan. Demikianlah Kami jadikan Setiap umat menganggap baik pekerjaan mereka. kemudian kepada Tuhan merekalah kembali mereka, lalu Dia memberitakan kepada mereka apa yang dahulu mereka kerjakan.
(QS AL An'am:108)

QS Al-Maidah 32 tentang larangan membunuh dan menyakiti sesama manusia dan larangan membuat kerusakan dimuka bumi.

Kita tidak menghina non Muslim dengan sebutan kafir, karena kafir hanya sebutan bagi kami untuk non Muslim bukan penghinaan.
dalam Muslim dikenal istilah kafir :
Kafir Zimmi, Kafir Muahad, kafir mustaman dan kafir harbi

Kafir mu’ahad: iaitu orang kafir yang ada perjanjian dengan orang Islam, seperti mana orang kafir yang ada di dalam negara kita. Mereka ada perjanjian dengan kita. Mereka merupakan rakyat dalam negara ini, dan meski kafir tetap tidak boleh disakiti atau dibunuh, karena tidak sama dengan kafir Harbi, bahkan harus dibantu bila membutuhkan bantuan.
Kafir harbi: Yaitu kafir yang kita perangi mereka (dengan mengikut ketentuan Syarak). Mengapa kita memerangi mereka adalah kerana mereka melanggar perjanjian yang termeterai antara mereka dengan kaum Muslimin, seperti Yahudi di Madinah.

Demikian mohon saudara non Muslim berhentilah membenci Muslim karena belum paham islam yang sebnarnya. terimakasih
iwan
Reply| 09 Feb 2015 11:50:23
@Kendis
ente nulis :
fakta : mayoritas negara dunia yg dipimpin oleh muslimer adalah negara terkorup dan tersadis.

ane jawab :

Termiskin & terkorup itu dinilai dari jumlah GDP (Gross Domestic Product) / Produk Domestik Bruto dari penduduknya. Di bawah ini adalah daftar 100 negara termiskin di dunia (dihitung berdasarkan US Dollar) :

1 Zimbabwe $200
2 Congo, Democratic Republic of the $300
3 Burundi $400
4 Liberia $500
5 Guinea-Bissau $600
6 Somalia $600
7 Central African Republic $700
8 Eritrea $700
9 Niger $700
10 Sierra Leone $700

sedangkan negara tersadis dunia adalag Guatemala (ada pembunuhan 50 jiwa per 100.000 jiwa).

semua negara diatas adalah negara yg diperintah oleh Kristen.(data PBB 2013)
Terimakasih
ungke
Reply| 09 Feb 2015 08:57:03
#mas Dody
Taqiyah kamu sudah basi, tipu tipu "suci' muslim sudah ketahuan, siaulloh sudah bukan lagi "penipudaya terhebat" kecuali bagi muslim. kafir sudah ngeh dengan trik dan tipu tipu fersi si aulloh, jadi jangan berharap kafir bisa ditipu olehmu.
Si momad69Aisha
Reply| 09 Feb 2015 01:01:44
@Dody

Mas Dody sedang baut jebakan ya mas? Omong-omong mau di oper berapa duit tuh batu mas?
falcon
Reply| 08 Feb 2015 22:33:11
warning.. warning..

abaikan saja komentar @Dody, jangan pernah mau ketemuan dengan muslim di dunia nyata atau memberikan data pribadi pada muslim setelah mengkritik islam di dunia maya, karena kepala bisa putus.

sekian dan terima kasih
Dody
Reply| 08 Feb 2015 14:52:28
Saya mempunyai sebuah batu kristal yang di dalamnya terdapat sebuah corak berbentuk salib yang bercahaya, saya temukan batu ini di pedalaman hutan sumatra, tepatnya di jambi. Karena saya seorang muslim saya akk boleh menggunakannya, bila ada kawan2 cristian yg berminat sila hubungi saya di 016 284 1179
Jamil
Reply| 06 May 2014 21:17:57
Al Quran dan terjemahannya (Rasm Uthmani) / Malaysia / PUSTAKA DARUL IMAN SDN. BHD / 2007.

Q.7:206 ; Sesungguhnya orang-orang yang ada di sisi Tuhanmu tidak merasa enggan untuk menyembah Allah dan mereka menyucikan-Nya dan hanya kepada-Nya mereka bersujud.


Makna ayat Q.7:206 di atas (Al Quran malaysia) menimbulkan pertanyaan:
Siapa Tuhanmu dan siapa Allah ?
Siapakah kelompok orang-orang tersebut ?

Jawabnya:
- "Tuhan" adalah Yesus Kristus dan "Allah" adalah Sang Haliq !
- Kelompok orang-orang tersebut yaitu kaum yang memandang bahwa "Allah Maha Suci" adalah Sang Haliq, maka mereka jarang bahkan tidak mudah menyebut "Allah"setiap saat !
Jadi kelompok tersebut adalah kaum "Kristen" apapun kelompoknya, dimana mereka dalam kehidupan sehari-hari tidak sembarangan menyebut-nyebut Sang Haliq dengan sebutan menggunakan kata "Allah" sebab mereka menyucikan-Nya (meng-kuduskan-Nya, memuliakan-Nya).
Hal itu sesuai dengan do'a yang diajarkan Yesus Kristus yaitu "do'a Bapa kami": ........... "dikuduskanlah namaMu / dimuliakanlah namaMu ! (tertulis di Matius 6:9-13).

Baca selengkapnya di:

http://updatehubungantersembunyi.blogspot.com/
chariswan
Reply| 09 May 2012 04:12:16
ASAL ANDA SEMUA TAHU FAKTA : AL QURAN 75% NYONTEK DARI ALKITAB. DAN SEMOGA NABI ISA AL MASIH MASIH MENGAMPUNI KALIAN YANG COMENT TIDAK BENAR. KARENA KEDATANGAN NABI ISA BUKAN LAGI SEBAGAI NABI TAPI SEBAGAI HAKIM DAN ORANG YANG MUNAFIK, SADIS, DAN SUKA MENGHINA AGAMA, SERTA KEPALSUAN DALAM HIDUPNYA TIDAK AKAN LUPUT DARI HUKUMAN KEKAL. WAHAI KAUM DAJJAL BEROBATLAH
Hamadi
Reply| 03 Dec 2011 00:34:41
Maju terus, beritakan kabar baik bagi semua orang. Semoga ada banyak pertobatan di Malaysia. Kabarkan bahwa Isa Almasih adalah yang akan menjadi hakim umat manusia pada akhirzaman. Kabarkan bahwa Isa Almasih juga tercatat dalam Alquran.
makan beras
Reply| 19 Aug 2011 08:53:13
aku tidak dapat berkata-kata bila membacanya posting kelian. melainkan rasa geli tapi terhibur juga. aku membayangkan ada dua team sedang berkungfu dengan jurus-jurusnya. aku tunggu saja keputusannya siapakah diantara team kaliar yang jadi juara dapat tropi.
Kendis
Reply| 11 Jun 2011 02:31:35
Islamer dunia begitu TAKUT dengan para kristener di penjuru dunia, bahkan dengan ALKITAB saja para islamer begitu takutnya sehingga berusaha keras untuk menghancurkan/memusnahkan baik itu ALKITAB maupun orang-orang Kristen di negara yg mayoritas beragama islam dengan cara halus: pembatasan ibadah umat kristen scr legal (kaki tangan di pemerintahan) maupun dg cara ekstrim=Jihad.

fakta : mayoritas negara dunia yg dipimpin oleh muslimer adalah negara terkorup dan tersadis.
dnhenhen
Reply| 27 Apr 2011 00:05:37
Setelah menbaca berbagai komentar dari orang-orang kristen yang begitu hebat-hebat,bagus-bagus,dan berwawasan luas,ahirnya saya berkesimpulan bahwa saya harus,...mengatakan:
RASANYA BENAR_BENAR SUDAH TIDAK SABAR LAGI INGIN MELIHAT ORANG_ORANG KRISTIANI SALIBIS BERBONDONG_BONDONG DIMASUKIN KE Neraka dalam keadaan yang penuh sesal lagi terhina!!!!
Wahai KAFIRIN,bertobatlah kalian kepada AWLOH,TUHAN sejati yg kalian makan rezekinya tapi kalian lupakan.
Sungguh,kalian telah terpedaya oleh Syetan,tapi kalian tak menyadarinya !
joko bodho
Reply| 12 Apr 2011 13:20:50
@Saya: sepertinya mereka memang ketakutan.... quran memang menakutkan ya, sampai-sampai semua ketakutan membaca dan mendengar allah swt yg haus darah orang kafir.
Saya
Reply| 12 Apr 2011 01:12:08
@ Max Tohe :
Ga kbalik yah, bukannya orang kristen yang takut ma Al-Qur'an???

Mkanya, klo ikut suatu agama, jd orang yang taat, jd ga bego...

Bisanya cm mnghina agama lain doang sih...

Oh iya, wlwpun d ina, saya ttp bangga sbg MUSLIM...

Whatever U say...
joko bodho
Reply| 18 Mar 2011 15:57:07
Mari berandai-andai bagaimana jika diterapkan hal yg sama ke quran utk tidak memakai nama Adam, Daud, Musa, Yunus, dll.
Fetching more Comments...
↑ Back to Top