Blog / Farhan Qureshi - Apologet Islam Terkenal, Secara Publik Telah Mengumumkan Kemurtadannya Dari Islam

 

5/9/2011


Setelah bertahun-tahun bergabung dalam kelompok pemikir, group penasehat, da’wah untuk menyebarkan Islam dan melakukan pembelaan akademis terhadap Islam, aku sekarang mengambil keputusan untuk menerima kenyataan – karena sekarang aku telah mengerti – dan  karena itu aku telah meninggalkan Islam. Keputusan ini merupakan hasil dari usaha berbulan-bulan berdoa, merenung, mengevaluasi dan mencari kebenaran. Usaha pencarian kebenaran ini mengakibatkan rasa sakit hati ketika aku menyadari bahwa selama bertahun-tahun aku telah mengikuti ajaran yang salah. Tapi di lain pihak aku juga mengalami kemerdekaan dan pencerahan yang menimbulkan rasa tenang dan damai dalam hatiku.


Aku murtad bukan karena aku tidak suka dengan Islam atau aturan ibadahnya, tetapi karena telah menyadari bahwa Islam ternyata bertentangan dengan pengetahuan modern seperti sains, filosofi, etika, anthropologi, dan bidang yang paling kugemari dan kupelajari yakni psikologi: ilmu dan penelaahan kelakuan manusia.

 
Di bulan-bulan mendatang, aku akan menyumbangkan artikel-artikel ke FFI (faithfreedom.org) yang menelaah perilaku manusia dan berbagai tipe kejiwaan Muslim: Muslim Barat, Sufi, Salafi, Muslim yang didorong tujuan politik (Hizb/Ikhwan) sebagaimana ada dalam berbagai kelompok Muslim, yang masing-masing mengakibatkan perilaku dan mentalitas yang berbeda.

 

Aku telah menghabiskan waktu dan tenaga untuk mempelajari berbagai aliran dan budaya dalam umat Islam. Karena telah mengalami sendiri pengalaman spiritual dan religius Islam, dan mempelajari imam-imam dan khotbah-khotbah mereka, membaca berbagai buku, artikel, argumen mereka, maka sekarang aku merasa sangat yakin bahwa aku mengerti keadaan psikologi mereka, dan aku akan membahas hal ini lebih jauh dalam artikel-artikelku.


Aku sadar bahwa teologi Islam yang sudah berusia 1400 tahun – bukanlah kebenaran sejati – tetapi merupakan usaha primitif untuk memahami dan menetapkan standar sosial, spiritual, agama dan etika. Standar-standar abad ke 7 M ini bisa menunjukkan bagaimana kebudayaan Arab berkembang dari kebudayaan sebelumnya, yakni ‘jahiliyah’, tapi lalu mengalami stagnasi dalam nilai-nilai tradisionalnya yang kaku, dan tak mengijinkan budaya Arab berkembang lebih jauh. Satu-satunya usaha untuk berkembang dilakukan oleh kelompok Mu’tazila di abad ke 8 M, yang memungkinkan tercapainya Jaman Keemasan Islam. Tapi para pemikir maju ini malah dianggap sebagai bi’dah dan murtad sehingga akhirnya lenyap semua di abad ke 13. Sekarang yang berkembang di dunia Islam adalah Sunnah atau dogma tradisional Islam.

Aku juga sadar bahwa aku bisa menerima ancaman mati di bawah hukum Syariah atas keputusanku untuk murtad. Hal ini sangat mengganggu pikiranku dan menunjukkan bahwa umat Muslim menggunakan taktik menakut-nakuti dengan hukum Syariah demi menjaga keutuhan agama dan tujuan politik Islamnya. Di lain pihak, yang membuatku senang adalah, aku bisa melihat evolusi kemanusiaan yang tidak lagi terkekang oleh bentuk primitif teologia dan hukum, sehingga bisa terus mengembangkan integritas, kejujuran, kerendahan hati, dan stabilitas moral. Ini merupakan masa depan yang menjanjikan bagi umat manusia yang tidak lagi berada dalam kegelapan akibat cuci-otak para pemuka agama.

 

Farhan Qureshi ketika masih menjadi seorang apologet Islam, dalam sebuah debat terbuka menghadapi Sham Shamoun mengenai topik "Trinitas"


Dulu sebagai pembela Islam, aku berdebat dengan berbagai pihak di mesjid, gereja, universitas, balai pertemuan dan perpustakaan. Aku juga berdebat melawan para apologet Kristen seperti Dr. James White, Dr. Tony Costa dan Prof. David Wood. Dari mereka aku belajar tujuan pembelaan agama bukanlah untuk berkonfrontasi tapi untuk mengerti akan kebenaran, bahkan jika ini berarti pandangan kita harus berubah. Kita harus bersikap menerima kebenaran yang sudah jelas, dan bukannya melawannya. Jika kita melawan kebenaran atau realitas yang sudah nyata, maka ini berarti kita bersikap munafik: sudah mengerti sesuatu itu benar, tapi masih ngotot saja menyangkalnya karena alasan-alasan membenarkan diri sendiri atau keterikatan akan pemahaman yang salah. Aku ingin berterima kasih pada Ali Sina karena memberikan sarana untuk menyelidiki Islam dan menunjukkan sifatnya yang primitif dan tidak sesuai lagi dengan realitas modern.

 

Sumber: Faithfreedom.org

 

Berita Terkait: "I Declare My Apostasy"  & "Debat Farhan vs Shamoun"


Add a Comment
| 119
Zidane
Reply| 08 Apr 2013 12:59:38
islam itu agama SESAT yang banyak menimbulkan masalah di dunia.
amane
Reply| 08 Apr 2013 12:57:52
alhamdullilah...akhirnya mendapat hidayah dari Sang Mesias.
ibnu
Reply| 04 Oct 2012 19:58:00
Ku kira aq menyadari Kristen bukan pilihanku, banyak kesalahan2 fatal yang dijabarkan dalam al kitab, baik segi moral maupun ibadah, bagiku Islam yang terbaik, Al Qur'an mempunyai bahasa yang sopan, halus tetapi tegas. Setelah kutimbang2 penuh kematangan hanya Islam pilihanku
Athaya
Reply| 02 Oct 2012 15:18:20
Islam tdk akan berkurang kemuliaannya dan ketinggiannya hanya karna 1 orang murtad ataupun lebih dari itu.
Seandainya seluruh dunia yg muslim menjadi murtad, Islam tetap mulia krn Islam adalah cahaya kebenaran dan kemuliaan serta keselamatan bagi pemeluknya baik dunia maupun akhirat. Surga menanti umat Islam yg teguh pada imannya dan bersungguh2 menjalankan syari'atnya.
I missing Heavent
rajabaza
Reply| 22 Jun 2012 04:40:00
Inilah belum apa-apa dibandingkan dengan semakin banyaknya orang muslim yg murtad. Hanya saja, mereka tdk mau diekspos karena mereka tahu hukumnya bahwa orang muslim yg murtad harus DIBUNUH brow...slow aja kaleeee
dita
Reply| 29 Mar 2012 07:45:16
komen muslim banyak yang ngelantur... hihihi...
Husein Obhama
Reply| 29 Mar 2012 00:53:22
ini cuma akal-akalan misionaris saja, bahwa Farhan Qureshi sebetulnya bukanlah berasal seorang moslem tetapi seorang domba yg diskenarioi seolah-olah mantan moslem hehehehehe trik macam gini dah gak kaget lagi.
Mereka sengaja membikin trik macam gini karena mereka sudah putus asa atas membanjirnya para muallaf2 baru di berbagai belahan dunia.
im
Reply| 04 Jan 2012 19:06:15
Keimanan tiada paksaan. Biarkan setiap jiwa memilih masing2... Namun untuk mempertebal keimanan kita dengan membandingkan ajaran yang kita yakini dan tidak pelajarilah langsung dari kitab suci dan lihat secara langsung bukan hanya katanya dan bukan hanya dari pemeluknya karna tak sedikit yg mengakui mengimani tapi merealisasikan keimanannya dalam hidupnya. Banyak muslim yg berprilaku jahat tapi di komunitasnya tak sedikit kristian ataupun yg lainnya menjadi pembunuh atau pelacur pun sebaliknya. Belilah 1 kitab suci untuk dikaji apakah benar yg kita dengar bunyinya benar ada di dalamnya. Dan belilah kitab itu di toko independent seperti gramedia misalnya. Karna ada yg memalsukan dan mempelintir sebagian bunyi di kitab suci secara rahasia atau dtertutup...
nand
Reply| 28 Dec 2011 02:02:42
satu lagi manusia jadi domba, mana ada manusia pakai kolor dipantek jadi tuhan hanya manusia yg sederajat dengan domba (binatang) yang mengakuinya,dia aja dipantek teriak2 minta tolong dasar kaum GOBLOK... paling farhan pindah agama karena duit,harta dan tahta..... pada pengikut yesus emang bener hari lahirnya/kebangkitan om yesus tgl 25 desember coba teliti dulu pake nyanyi2 nyembahnya emang yesus METALICA
juandito
Reply| 22 Dec 2011 23:42:18
dialog adalah salah satu jln di antaranya untuk semua org mengenal kebenaran yg sesungguhnya...
juandito
Reply| 22 Dec 2011 23:42:09
dialog adalah salah satu jln di antaranya untuk semua org mengenal kebenaran yg sesungguhnya...
HakNow
Reply| 19 Dec 2011 02:11:32
Sudah 2000 tahun yang lalu kedatangan Yesus yang keduali kalinya sudah di nanti-natikan bahkan mereka yang percaya sudah menggambarkan apa yang yag terjadi nanti jika benar-benar Yesus datang..
Penantian semacam ini seharusnya terjadi juga sebelum dia dilahirkan 2000 tahun yang lalau.. Seharusnya mereka sudah tahu apa yang terjadi setelah Yesus itu dilahirkan kalau memang semua yang terjadi pada diri Yesus sudah dinubuatkan riabuan tahun sebelumnya sebagaimana yang dinubuatkan saat ini..

Tapi kenapa pada waktu itu kok tidak ada orang yang menunggu kematian Yesus jika benar kedatangannya untuk menebus dosa dan sudah di nubuatkan?

Kalau alasanny tidak ada yang tahu walaupun sudah dinubuatkan, kenapa kalian sekarang kok sepertinya sudah tahu apa yang akan dilakukan Yesus nanti kalau sudah datang?
Apa bedanya nubuatan dimas itu dan nubuatan saat ini?
HakNow
Reply| 19 Dec 2011 01:56:32
Tolong ajari saya bagaimana caranya supaya percaya ada Tuhan yang dilahirkan manusia dan manusia yaang melahirkan itu lebih tua dari Tuhan yang dilahrikan..
Karena sebelum Tuhan itu dilahirkan dari seorang perawan, tidak ada satupun di perjanjian Lama yang mengatakan ada Tuhan anak di surga dan semacamnya..
Jadi kalau begitu, berarti Tuhan yang dilahirkan Maria ini benar-benar baru dan benar-benar berumur satu detik saat dilahirkan.

Apakah Tuhan yang berumur satu detik itu yang meciptakan Maria?
Tuhan Yesus
Reply| 18 Dec 2011 12:14:54
Sumpeee looo..?
Ngarang ah..
deni
Reply| 27 Oct 2011 05:20:50
Serendah2nya ilmu agama umat muslim,tak akn mungkin masuk agama sesat seperti kristen...yang di tag menurut saya hanya omong kosong saja.
novena
Reply| 23 Sep 2011 08:47:22
berbahagialah kmu jika karna DIA (YESUS) kmu ditinggalkan, disesah, bahkan dibunuh!! pikulah salibmu, didunia bsa mati dimakan ngengat n karat tpi percayalah imanmu yg akan menyelamatkanmu, ada kehidupan kekal yg akn menjadi milik qt, TUHAN....AMPUNI MEREKA KRNA SESUNGGUHNYA MRKA TDK TAU APA YG MERKA PERBUAT, BERBELAS KASIHLAH KPDA MRKA, AMIIN!!
novena
Reply| 23 Sep 2011 08:42:08
kalau orang yg mengenal TUHAN hendakx mulutx terjaga dri kata2kotor n jahat, karna kejahatan datang dri pda setan n penyesatn. ingatlah YESUS telah berfirman bhwa PENYESATAN AKAN MENJADI BANGSA YG BESAR. jdi jika km mengenal YESUS hendaklah ttp kau pelihara hati, pikiran, ucapan n perbuatanmu krna YESUS ADALAH SUMBER KASIH, aku bangga krna YESUS sndri jg memilihku, ingat YESUS YG MEMILIHMU BKN KMU YG MEMILIH DIA. hai kaum yg tdk mengenal YESUS knpa km menggunjingkanNYA?? pdhl DIA tdk mengenalmu n km tdk mengenal DIA, bgaimna mungkin yg tdk saling mengenal dpt mencemooh satu sama lain, jgn sok kenal yaa!!
ghosali
Reply| 20 Sep 2011 16:49:37
khusus buat kristen facebook.com/note.php?note_id=27745223224567758 kontradiksi yang amat fatal
di2t andhika
Reply| 20 Sep 2011 16:48:48
Outstanding applause 4 Holy Spirit, JESUS Christ..! And 4 u too coz ur brave to write this note
ghosali
Reply| 20 Sep 2011 16:44:31
kenapa anda meninggalkan islam ?
kenapa anda memilih agama anda yang sekarang ?

jangan bilang karna anda jarang berdoa terus diganggu ama jin,,,,,ckckckck
Fetching more Comments...
↑ Back to Top