Blog / Kaum Perempuan Saudi Protes, Aktivis Women 2 Drive Ditangkap Polisi

Republika – Minggu 22 Mei 2011

 

 

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH - Pihak berwenang di Arab Saudi menahan seorang aktivis perempuan, Ahad, yang melancarkan kampanye menentang larangan mengemudi bagi kaum hawa.  Manal Al Sharif ditahan pada Ahad dini hari. Sebelumnya, Manal sudah mengunggah video di YouTube menunjukkan dirinya mengemudi.

 

Manal yang belajar mengemudi di Amerika Serikat, mengendarai mobilnya di Khobar, provinsi di bagian timur Arab Saudi. Seorang juru bicara kepolisian di Khobar menolak untuk berkomentar dan seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri tak bersedia memberi komentar.

 

Kaum hawa di negara itu tidak diperbolehkan mengemudi dan harus memiliki persetujuan tertulis dari seorang pelindungnya - seorang ayah, suami, saudara laki-laki atau anak laki-laki - ketika meninggalkan negara itu, untuk bekerja atau pergi ke luar negeri.

 

Kampanye Alsharif yang diluncurkan bertujuan mengajari kaum wanita mengendarai mobil dan mendorong mereka mulai mengemudikan dari 17 Juni, menggunakan surat izin mengemudi yang dikeluarkan di luar negeri.

 

Sementara tak ada hukum tertulis yang khusus melarang kaum wanita mengemudi, hukum Arab Saudi mewajibkan warga menggunakan SIM yang dikeluarkan pihak berwenang setempat ketika berada di negara itu. SIM seperti itu tidak dikeluarkan untuk kaum wanita. Dengan demikian wanita tak boleh mengemudi.

 

"Ketika polisi menghentikannya, mereka memberitahu dia bahwa dia telah melanggar norma. Tak ada hukum yang menyatakan wanita tak boleh mengemudi di Arab Saudi dan penahanan ini tak adil. Ia adalah contoh bagi banyak orang dan penahanannya akan mengundang dukungan. Sekarang lebih banyak wanita ingin mengemudi," kata Taher, rekan Mahal.


Add a Comment
| 23
Kendis
Reply| 10 Jun 2011 21:31:43
islam ...adalah ideologi yang paling dan sangat jahatttt di penjuru muka bumi. biarpun dibalut dengan "pemanis" disana-sini tetap aja buah kejahatannya gak akan pernah bisa di sembunyikan.
saya sangat muakkk dengan ideologi islam. grrrrrr.......
nimbrung
Reply| 09 Jun 2011 08:28:27
@bung revealer: bukannya berbelit2 tetapi sepertinya anda tidak bisa mencerna inti dari pertanyaan saya atau anda berpura2 tidak mengerti??? mungkin pertanyaan saya agak berat untuk level pemikiran saudara
The Revealer of Truth
Reply| 02 Jun 2011 13:03:51
nimbrung
omongan anda berbelit-belit,nih baca ayatnya klo ketelanjangan bkn menjadi hal esensi mnrt anda tp mnrt Alkitab anda tdk demikian: I Kor.11:6
"Sebab jika perempuan tdk mau menudungi kepalanya,maka haruslah ia jg menggunting rambutnya.tetapi jika bagi perempuan adalh penghinaan bhw rambutnya digunting atau dicukur,maka haruslah ia menudungi kepalanya."

makanya klo ngaku kristen baca lagi Alkitab u,biar tahu dan gak ngeluarin pernyataan yg bertentangan dg ayat2 Alkitab
nimbrung
Reply| 30 May 2011 21:21:15
apakah ketelanjangan manusia menjadi hal yang esensi?? bukankah hal itu terkait dengan masalah etika moral dan kemajuan peradaban yang menjadi tanggung jawab setiap pribadi untuk pelaksanannya?anda dapat referensi dari mana? mohon disebutkan! kalau demikian bagaimana dengan penciptaan Adam dan Hawa?? waktu diciptakan mereka dalam keadaan telanjang atau sudah diberi pakaian?
nimbrung
Reply| 30 May 2011 21:14:07
@bung revealer: jika demikian maka fatwah hanya berlaku secara lokal/domestik saja tidak mengikat secara universal?? padahal implikasi dari fatwah haram secara umum masyarakat menanggapi bahwa yang haram itu =dosa? apakah dosa juga hanya berlaku secara lokal? perdagangan wanita tidak ada hubungannya dengan ajaran kekeristenan, justru hal itu berlawanan karena kekristenan mengajarkan bahwa manusia harus hidup saling mengasihi terhadap sesamanya termasuk juga kepada orang yang menjadi musuhnya (yang mungkin ajaran kasih universal ini tidak ada di dalam Islam)
The Revealer of Truth
Reply| 30 May 2011 09:21:02
josh
fatwa ulama tdk masuk dlm ranah hukum negara tapi masuk dlm ranah hukum agama jika sesuai dgn Qur'an dan Hadits
Josh
Reply| 30 May 2011 01:30:47
@the revealer>
kesimpulannya berarti Fatwa = Pendapat,..

berarti tidak boleh masuk ranah hukum karena Fatwa hanya berarti pendapat?
The Revealer of Truth
Reply| 29 May 2011 23:53:50
nimbrung

ulama saudi punya penafisarn tersendiri mengenai ayat2 Qur'an mengenai wanita ,jadi pendapat atau penafisran ulama saudi tsb mengenai larangan wanita tdk boleh mengemudi blm tentu sama dg ulama yg ada di negara lain.tapi tetap pendapat tsb adalh ijtihad manusia yg masih bisa diperdebatkan

bagaimana dgn hukum yg ada di kristen ?
apakh ada fatwa dari pdt atau pastor utk mengatur kehidupan umatnya ?
makanya uamat kristen bebas melakukan apa aja termasuk menikah dgn keadaan telanjang

bkn malah sebaliknya, wanita kristen yg menjadi objek sek bebas, komoditi perdagangan syahwat.krn hukum mengenai wanta sdh tdk dijalankan lagi krn sdh dihapus bkn digenapi oleh paulus.
seharus nya wanita2 kristen juga pakai jilba ( penutup kepala ) spt ibunya Yesus ( bunda maria )
nimbrung
Reply| 29 May 2011 09:52:41
@bung revealer: kalau begitu wanita hanya dipandang sebagai objek saja? Anda bilang kalo itu sebagai pendapat? mohon dijelaskan bagaimana suatu pendapat bisa mempunyai ikatan dan akibat hukum yang setara dengan lex aeterna? bukankah pendapat itu sama aja dengan presumption of guilty? lebih inti lagi, apakah haram=dosa?
menurut iman kristen,urusan dosa memang sudah ditebus tetapi bukan berarti boleh berbuat dosa karena penebusan itu bukan perbuatan serta merta.
The Revealer of Truth
Reply| 28 May 2011 10:21:56
NIMBRUNG

udah dibilang g ada dlm Qur'an wanita dilarang mengemudi.
ulama saudi yg mengharamkan nya mungkin dia punya pendapat klo wanita mengendarai mobil sendirian tanpa ditemani suaminya rawan akan menjadi korban kejahatan ( mengundang kejahatan ).gitu aja koq repot ya.padahal sdr2 anda yg perempuan bnyk yg melanggar perintah dlm alkitab,knp ya pendetanya pada diam aja.paling jwbnya : biar Tuhan yg menghakiminya.jadi pendeta dan pastor tugasnya cuma ngasih kbr yg enak2 aja ditelinga,urusan dosa kan udah ditebus ama darah yesus yg berceceran.org yg nikah bugil aja masih diladenin ama pdt utk dikawinin,pokoknya hkm dlm agama u berantakan deh
nimbrung
Reply| 27 May 2011 23:12:58
@ bung revealer: kalau begitu dengan mengacu pada pernyataan bung kalangi, esensi perbuatan dosa apakah yang menjadikan wanita itu berdosa ketika ia mengemudikan sebuah mobil? karena hal itu kan terkait dengan akibat dari peng-haram-an perbuatan mengemudi bagi kaum wanita? lebih lanut lagi bisakah anda memberikan penjelasan definisi dosa berdasarkan Quran? trims
The Revealer of Truth
Reply| 27 May 2011 11:11:22
nimbrung

gak ada tuh ayat nya dlm Qur'an wanita haram mengemudi
nimbrung
Reply| 26 May 2011 21:36:33
fatwa yang menyatakan bahwa wanita yang mengemudi itu berbuat dosa karena perbuatannya mengemudikan mobil ... emmm ...apakah perbuatan mengemudikan mobil itu merugikan Allah SWT??? apakah ada ayat tertulis dalam Quran ataupun Hadits yang menyatakan bahwa haram/berdosa-lah wanita yang mengemudikan mobil??? atau fatwa tersebut hanya manifestasi dari akal budi dan egosentris-nya manusia??? yang merasa mempunyai hak untuk mengotak-atik hukum Allah demi kepentingannya sendiri?? sehingga manusia itu menjadi lebih tinggi kedudukannya dalam membuat hukum dibanding Allah??
The Revealer of Truth
Reply| 26 May 2011 11:36:42
I Kor.11:14
Bukankah alam sendiri menyatakan kpdmu,bahwa adalah kehinaan bagi laki2,jika ia berambut panjang

Bagaimana dgn rambutnya Yesus? Bukankah Yesus tidak berambut pendek? jadi, menurut agama kristen Yesus itu hina? Apkh alkitab selalu berusaha menghina para Nabi dan Rasul ?

I Kor.11:15
Tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan,jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kpd perempuan utk menjadi penudung.

Bagaimana dgn perempuan2 yg berambut pendek ? tdk terhormatkah mereka? Apkh perempuan2 kristen sdh mengetahui ayat ini,apakh perempuan2 kristen melakukan spt kata ayat ini ?
Perempuan Kristen dari A sampai Z segala yg mereka kerjakan adalah khianat terhadap agamanya.Untung perempuan2 kristenmenjadi budak tradisi barat,klau mengikuti agamanya,wanitanya menjadi apa?
Ini semua terjadi krn mereka tdk mengenal kandungan alkitab.Pendeta jg tdk tahu sehingga pendeta tdk dpt mengajarkannya.Soalnya, mereka berperinsip:'asal percaya',sambildgn nikmat membayangkan darah Yesus yg tercurah utk mereka.
Amat sangat diherankan,dlm perjanjian lama maupun perjanjian baru,tertera disitu ada Nabi wanita, nabia (Kel.15:20; Hak.4:4; II raja.22:14).Hal ini terlihat nyata dustanya ayat sebab perempuan dipandang sedemikian hina oleh agamanya,tetapi mrk mempunyai Nabi perempuan.Mana yg dusta,entahlah!Mungkin saja penguasa Romawi yg dusta
Bagaimana Tuhan mengutus Nabi perempuan sedangkan perempuan tidak dianggap manusia,apalagi menjadi Nabi?
The Revealer of Truth
Reply| 26 May 2011 08:59:19
anti jenggot

Tunjukkan dan sebutkan nama2 ke 23 istri Nabi Muhammad SAW !

Beginilah pengikut2 paulus kelakuannya, tanpa bukti hanya bisa memfitnah
kalangi
Reply| 26 May 2011 06:50:29
REVEALER
Semoga Anda bisa baca Inggris, jangan hanya pintar ngaji Arab yang membodohi dan membutakan, sia2. Dan Tolong jawab kenapa Ulama Arab yang terkenal begitu bisa tidak belajar dari The Revealer, yang lebih pintar, sehingga ber- FATWA-RIA:

"Perempuan yang mengendarai mobil adalah berbuat dosa dan terbuka untuk kejahatan".

One prominent Saudi cleric, Abdel-Rahman al-Barak, said in a fatwa posted on his website that women who violate the driving ban are "sinful and are opening (the doors) of evil."

Previous moves by women to overturn the driving ban have been met with swift reprisals by the authorities.

More than two decades ago, a group of women got into cars and drove the streets of Riyadh. The protest cost the 47 female drivers and passengers dearly. They were arrested, lost their jobs for 2 1/2 years, were banned from travel for a year and were condemned by the powerful clergy as harlots. ...
Josh
Reply| 26 May 2011 06:00:55
@Anti Jenggot
Benar itu bung Anti Jenggot!

Muhammad memperlakukan tawanan dan Budak perang sebagai mainan seksnya!
Mariyah (Kristen), Safiyah (Yahudi), semuanya pernah merasakan "barang" kotor Muhammad

Polygami juga merupakan bukti pekerjaan mesum si Mamad!

Alasan orang Islam tentang Polygami si Mamad untuk 'mengasihi' Janda2 dan anak2 yatim,
Padahal kita Nasrani, kalo mengasihi, tidak perlu mengawini..

Nabi Gila ini menjadi teladan bagi kaum muslimah, tapi banyak muslimah yg menolak
dipoligami,..
Anti Jenggot
Reply| 25 May 2011 21:05:53
Ah, masih mendinglah wanita Saudi Arabia yang hidup saat ini. Cuma dilarang nyetir doang.
Coba tengok saat mereka hidup di zaman Muhammad - cuma jadi budak seks kan?

Bahkan Muhammad aja punya 23 isteri dan bejibun gundik.

Pantaslah surganya Islam = RUMAH PELACURANNYA ALLAH XXX
The Revealer of Truth
Reply| 25 May 2011 17:47:38
PEREMPUAN DALAM ISLAM
Sering org mengatakan,bahwa wanita dlm Islam dianggap rendah.Itu tdk lain krn kedengkian yg ditiupkan dari umat yg benci akan Islam.Di bwh ini adalah sekilas bagaimana wanita dlm sudut pandang Islam :

Dan Kami berfirman:"Hai Adam,diamilah oleh kamu dan istrimu sorga ini dan makanlah makanan2nya yg bnyk lagi baik dimana saja kamu sukai,dan janganlah kamu dekati pohon ini,yg menyebabkan kamu termasuk org2 yg zalim.
Lalu keduanya digelincirkan oleh syetan dari sorga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: "Turunlah kamu! Sebaghgian kamu menjadi musuh bagi yg lain,dan bagi kamu ada tempt kediaman di bumi dan kesenangan hidup sampai waktu yg ditentukan."
Kemudian Adam menerima beberapa kalimat dari Allah,maka Allah menerima tobatnya.
Sesungguhnya Allah Maha penerima tobat lagi Maha Penyayang (QS.Al_Baqarah:35-37)

Agama Islam: 'kedua-duanya tergoda.Namun dlm doktrin kristen,perempuan (eva/hawa) yg tergoda.Makanya perempuan yg dibuat tempat sampah oleh para pemimpin umat, jika ikut terjebak itu namanya korban alkitab.

Seorang pujangga ahli pengetahuan jerman berkata :
"Ditengah-tengah gelap masa kebodohan dahulu, dari Muhammad itulah pertama-tama manusia mendengar bahwa :
"SORGA ITU TERLETAK DI BAWAH KAKI IBU"

Sabda Nabi Muhammad SAW :
Dari Abu Hurairah. ra " Sebaik-baik org diantara kamu ialah yg berbuat baik pada istri2nya dan anak2 perempuannya." (HR.Imam al-Baihaqi)

"Barang siapa mempunyai anak perempuan,maka ia tdk tanam hidup2 pdnya dan ia tdk hinakan dia dan ia tak lebihkan anaknya yg laki2 atasnya,niscaya Allah memasukkan dia ke surga (Abu Daud-al-Hakim dari sahabat Ibnu Abbas ra)

"Wanita adalah tiang negara,jika wanita rusak,maka rusaklah negara itu."
The Revealer of Truth
Reply| 25 May 2011 17:25:48
Schopenhauer :
"Perempuan itu suatu titah yg ada diantara lelaki dan anak."
"Bknkah perempuan itu binatang yg hrs kita pukul,kita beri makan yg banyak dan kita sembunyikan? Ia suatu mahluk yg berambut panjang dan berpikir pendek."

Martin Luther :
"Agar kaum perempuan dijauhkan dari tempat pelajaran,dengan alasan tidak ada gunanya bagi manusia perempuan diberi pendidikan."

Chry Sostem :
Wanita tdk bisa lain adalah jahat,sumber godaan yg bersifat alamiah,penyakit yg disukai org,bahaya bagi keluarga dan rumah tangga,kekasih yg membunuh dan bencana yg berselubung

Pada thn 1477 dikeluarkan buku bernama :"Summa Theologica" yg isinya khusus menjelek-jelekkan kaum wanita yg dibuat singkatannya mulai dari A sampai Z, oleh :
DOMINICAAN ANTONIUS VAN FLORENCE :
A ialah :'Avidum animal'=binatang yg terus bersyahwat saja
B ialah :'Bestiale baretrum'=jurangnya kebinatangan; C....D,...E,.....dan demikian seterusnya.
Pada thn 1490 keluarlah buku yg bernama"Haksehamer", yg isinya hanya membusuk-busukkan kaum wanita habis-habisan
Fetching more Comments...
↑ Back to Top