Blog / Babi - Hewan Yang Sungguh Bermanfaat Bagi Kesejahteraan Manusia

 

 

Liputan6.com, Klaten: Kotoran babi memang membuat bau tidak sedap dan sering memicu protes warga. Namun di tangan Suratman, warga Boyolali, Jawa Tengah, kotoran babi dari peternakannya sudah dimanfaatkan sebagai biogas sejak 2007.

 

Ketika SCTV berkunjung ke peternakan, Senin (23/5), ternyata tak hanya keluarga Suratman yang memanfaatkan biogas. Para tetangga di sekitar peternakan babi itu juga dapat menikmati biogas tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi.

 

Menurut Suratman, pemanfaatan limbah babi berawal dari keluhan warga yang terganggu dengan bau kotoran babi yang menyengat. Kemudian, Suratman mendapatkan penyuluhan dari pemerintah setempat agar kotoran babi itu dimanfaatkan sebagai biogas.

 

 

Dengan modal sekitar Rp 15 juta dibuatlah penampungan kotoran babi untuk biogas. Setelah jadi, ternyata volume kotoran babi menghasilkan biogas yang melimpah. Sehingga Suratman menawarkan kepada tetangganya untuk ikut menikmati biogas dari peternakaannya.

 

Dengan adanya biogas dari peternakan babi, kini belasan keluarga tetangga Suratman tidak perlu lagi membeli tabung gas untuk memasak. Para tetangga yang sebelumnya sempat memprotes peternakan babi Suratman, kini justru menjadi diuntungkan.(BJK/ULF)

 

Artikel Terkait: "Daging Babi Dengan Sertifikat Halal?"

 


Add a Comment
| 87
anonim
Reply| 01 Dec 2011 03:55:03
coba sebutkan apa lagi manfaat dari babi ?
coba dibandingkan banyak bahaya atau manfaat nya sih Josh ???
tlg beri jawaban yang jelas
serta pernah dimuat di alkitab gk ?
thks
gurangak
Reply| 12 Oct 2011 23:22:46
kalau orang islam makan babi,pupus la spesis kerbau pendek ni di muka bumi..kerana bekalan tidak mencukupi...terlampau sadap bah daging babi ni...sedap dari bobot/pepek...
rina
Reply| 28 Jun 2011 04:11:57
tak stju ,,, b2 itu memng haram dalam islam sudah jolas bahh ..
babi
Reply| 15 Jun 2011 04:21:58
untungnya babi haram di islam,kalau misalkan halal gw berani jamin yang kristen malahan ga kebagian daging babi deh ckckckckkckk,
The Revealer of Truth crazy
Reply| 15 Jun 2011 04:20:45
truth kok bisa yah penjahat perang menjadi nabi?pernah mikir ga?
The Revealer of Truth
Reply| 10 Jun 2011 07:43:46
josh
siapa ya josh nama tokoh kristen yg rela ditampar pipi kanan trus ngasih pipi kirinya? Ini cerita fiksi apa dongeng sebelum tidur ?

o jadi mat.5:39 adlh hkm kasih kristen ya, u udah menjalanjn hkm tsb blm? klo hkm tsb blm u jalankn maka u akan berdosa loh. o ya lupa lagi saya,u kan udah ditebus dosanya ama Yesus di tiang salib, jadi klo melanggar hkm atau berbuat dosa gak masalah kan mnrt kmu?
Josh
Reply| 10 Jun 2011 01:17:30
@Revealer>
ada tuh,..liat aja kisah para martir di seluruh dunia di "Voice of Martyr"...buku dan video kesaksian nya beredar di toko buku dan internet

kalo begitu kamu setuju dong islam memang menyukai kebencian salah satunya dengan cara memamfaatkan hukum kasih Kristen
The Revealer of Truth
Reply| 09 Jun 2011 12:07:43
josh
saya tanya, ada gak josh org kristen yg menjalankn ajaran Mat.5:39? jadi cuma slogan doang ajaran kasihnya kristen,biar enak didengar.
Josh
Reply| 09 Jun 2011 02:03:53
@Revealer>
oh jadi aku tahu sekarang sifat islam dalam diri kamu...

pada saat ada hukum "Pipi kiri diberi pipi kanan" Nasrani, jadi orang islam akan memamfaatkan hukum ini buat menindas orang nasrani...

Aku pun sering jatuh bangun melakukan ajaran ini...proses penyempurnaan melalui proses pembelajaran
The Revealer of Truth
Reply| 06 Jun 2011 11:17:43
o ya josh satu lagi ajaran kasih kristen yg tak sampai tapi cuma slogan doang krn gak ada org kristen yg menjalanknnya, Matius 5:39 (berikn pipi kirimu ditampar).Ada gak ya org kristen yg mempraktekan ajaran kasih ini,klo ada boleh tuh sy mau coba nampar si josh,bush,john terry dan wilder.Ironisnya,tdk ada org kristen yg memegang prinsip ini.Pd kenyataannya,tokoh2 kristen yg religius menghotbahkn hal yg sebaliknya.
Meskipun seseorg tdk boleh bereaksi terlalu berlebihan jika pipinya ditampar,cukuplah bijak klo dia menangkis guna memperthnkn diri atau setdk2nya meninggalkn suasana kekacauan utk menghindari konflik.Jika anda memberikn pipi anda yg kiri agar ditampar lagi,ini namanya bkn ajaran kasih tapi suatu kebodohan

josh dkk ada yg bersedia klo ditampar pipi kanan terus ngasih lagi pipi yg kiri ?
The Revealer of Truth
Reply| 06 Jun 2011 10:58:27
Josh
oh..nanyain ttg ajaran cinta kasih dlm Islam, nih baca ayat nya :
Ajaran cinta kasih anak kpd orang tua
Q.S.17:24
Dan hendaklah dirimu thdp mrk berdua dg penuh kesayangan dan ucapkanlah:"Wahai Tuhanku,kasihilah mrk keduanya,sbgmna mrk berdua telah mendidik aku wkt kecil"
ayat lainnya Q.S.29:8,Q.S.31:14,Q.S.46:15
Mari kita bandigkn dg ayat2 Alkitab :
Matius 12:46-50,Markus 3:31-35.Dlm ayt ini diceritkn Yesus menolak ibunya dan sdr2nya yg berusaha menemui beliau.Menurut ajaran Islam,perbuatan menolak ibunya dan tdk menghormatinya,sdh termasuk dosa besar.bhkn dlm Qur,an org Islam hrs memperlakukan org tua dg baik walaupun org tua kita kafir,lihat jg Lukas 14:26,Lukas 12:51-53,Matius 10:34-36

ajaran cinta kasih dlm berperang
Q.S.2:190
Dan perangilah dijln Allah org2 yg memerangi kamu,jgnlah kamu melampaui batas,krn sesungguhnya Allah tdk menyukai org2 yg melampaui batas.
Mari bandingkn dg ayat2 Alkitab berikut ,Bil.25:3-4,Ulangan 13:5-15,I Sam.15:2-3,Yesaya 13:15-16,Ul.3:6-7,Yehz.9:5-6,Ul.12:2-3
jadi ajaran kasih yg ada pd Alkitab ibarat jdl film "Kasih yg tak sampai"
Josh
Reply| 04 Jun 2011 00:57:31
@the revealer>

Padahal aku cuma nanya, apa ada ajaran Cinta Kasih gak dalam Quran??

Kamu malah nanya balik, biar bisa lari
The Revealer of Truth
Reply| 03 Jun 2011 10:11:30
Kesaksian yg tdk bisa dipercaya diantara saksi2 dlm Alkitab ttg penyaliban Yesus :
Markus 15:25
Hari jam sembilan ketika ia disalibkan
Yohanes 19:14
Hari itu ialah hari persiapan paskah,kira2 jam 12 .Kata Pilatus kpd Org2 Yahudi itu:"Inilah rajamu!"
Lukas 23:44
Ketika itu hr sdh kira2 jam 12,lalu kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam 3
I Korintus 11:23
sebab apa yg telah kuteruskan kpdmu,telah aku terima dari Tuhan,yaitu bhw Tuhan yesus,pd malam waktu ia diserahkan,mengambil roti,....(dst)

Cobalah teliti kembali! dikatakan oleh :
Markus = Jam 9 Yesus telah disalib
Yohanes= Kira2 jam 12 siang Yesus baru diserahkan dan mrk menerima Yesus
Lukas=kira2 jam 12 terjadi kegelapan sampai jam 3
Paulus=Yesus diserahkan pd wkt malam

Masalh wkt saja sdh tdk benar/saling bertentangan dan cara penyampainnya jg sangat berbeda.Dgn perubahan2 jam, apakh pd waktu itu sdh ada jam ya? Ataukah roh kudusnya berlainan;lain yg dikatakan pd Markus,lain pula yg dikatakan pd Yohanes? Itu soal wkt, blm lagi soal siapa yg memikul salib:
Yohanes 19:17 : Yesus sambil memikul salibnya ia pergi menuju Golgota
Markus 15:21 : Simon Org Kirene dipaksa utk memikul salib Yesus

lalu dimna letak kebenaran penyaliban,jika ceritanya saja sdh tdk benar,pdhal semua berita ktnya dari Roh Kudus dan anehnya beritanya memakai kata kira2?patutkah Roh Kudus berkira-kira?
Josh
Reply| 03 Jun 2011 09:32:38
@the revealer>
saya tidak berbelit, namun juga setuju dengan jawaban tuan Giant,..

tentu saja tidak akan ada alasan yg akurat, karena persepsi awal yg kamu kutip dari alkitab, kamu kutip sepotong2,...saranku baca dulu secara keseluruhan kitab suci yg kamu kutip

Oh ya, bisa sebutkan ajaran Cinta Kasih dalam Islam?? ada gak?? ingat bukan seks melulu
The Revealer of Truth
Reply| 03 Jun 2011 09:16:27
Josh

jwbn org2 kristen klo ditanya berbeli-belit, udah tau pernyataan anda dan giant berbeda,anda mengakui bhw yesus jg Tuhan ketika di dunia sdngkan giant mengakui bhw yesus sejak lahir sampai dikubur adalah manusia eh skrg anda bilang sangat setuju dg giant,inilah pengikut paulus sejati,taqiyya terus,plin-plan.

memang sia2 josh kepercayaan anda,u gak bakalan diakui oleh yesus sbg umatnya krn u telah menjadi umat/pengikut musuhnya yesus yaitu saulus/paulus yg telah mengacak-ngacak ajaran yesus dan membatalkan hukum Tuhan/Taurat

koq gak ada alasan yg akurat, kan sdh sy kasih bukti ayatnya,dibaca gak ?
dijawab dan dibantah dg argumen yg benar dong !
Josh
Reply| 03 Jun 2011 02:10:38
@revealer>
Saya sangat setuju dengan tuan Giant,..
jika pada waktu Yesus mati dan tidak diangkat ke surga, maka sia2lah kepercayaan kami. kenaikkanNya ke Surga menegaskan kemenangan Yesus atas kematian

Tidak ada alasan Anda yg Akurat, bahwa YHWH juga membenci orang Asing (kafir)...YHWH juga Tuhan segala bangsa (Kecuali Islam)

Ajaran Kristen semu??
Rangkuman ajaran seluruh Alkitab cuman 2 ini;

Kasihilah Tuhan dengan segenap hati, jiwa, dan kekuatan, dan kasihilah sesamamu manusia seperti kamu mengasihi diri kamu sendiri

Ajaran inilah yg tidak dimiliki oleh Islam,..ajaran Islam ialah kebencian, mengejar Poin Amal sebanyak mungkin, masuk surga lewat jembatan sehelai rambut dibelah 7, perbuatan ditimbang, kelak dapat 72 bidadari

bahkan pada saat kamu mengutip ayat dibawah, memang sudah pesanan allah muhammad si penipu daya licik...orang Nasrani sudah tahu kedokmu

Coba kamu tanya ustad kamu, ubah nama Allah dalam dakwah atau doa mesjid/TV menjadi Yahweh atau Jehova, berani gak?
The Revealer of Truth
Reply| 02 Jun 2011 12:47:15
Sebenarnya status umat Kristen sekarang di mata umat Israel dan Tuhan nya org Israel ( YHWH ) hanyalah :
1.Hamba Paulus ( Roma 11:13; I Kor.4:15 )
2.Bangsa tdk bersunat (Gal.2:7-9;12; Ef.2:11)
3.Bangsa yg hidup secara kafir (Gal.2:14)
4.Tdk berbapak Tuhan tapi berbapakan Paulus (I Kor.4:15; 9:1)
5.Orang najis (Maz.79:1; Yeh.44:6-9; Yes.52:1)
6.Orang berdosa (Gal.2:15)
7.Orang mati (Mat.22:32)
8.Hamba/budak belian yg dikuasai,harus diwarisi,diperbudak,bebas dibunuh (Imamat 25:44-46; Kel.21:20-21)
9.Sapi perahan bagi bangsa Israel asli ( Roma 15:22-27)
10.Anjing pemakan remah yg jatuh dari meja tuannya (Matius 15:26)
11.Orang pemakan bangkai (Ulangan 14:21)
12.Bangsa persembahan Paulus kpd Tuhan (Roma 15:16)
13.Bangsa hamba (Yes.14:1-2)

Walaupun mereka telah dihina sedemikian rupa,umat Kristen tenang2 saja krn mereka tdk mengetahui kandungan Alkitab.Ini terjadi krn isinya Alkitab semu secara keseluruhan dlmarti :
Semu ttg keberadaan Tuhan Allah
Semu ttg Yesus dari segala segi
Semu ttg penyaliban Yesus
Semu ttg Paul dkk sbg rasul
Semu ttg perintah dan larangan
Semu ttg keberadaan roh kudus
Semu ttg Alkitabnya
Semu ttg ajarannya

Agama kristen bertolak dari penyaliban Yesus, atau kasih dari darah yg tercurah,adlh hasil karya Paulus yg diadopsi langsung dari ajaran pagan (penyembah berhala) tetapi dikatakan dari roh kudus.
The Revealer of Truth
Reply| 02 Jun 2011 12:25:09
josh

perbedaan kecil spt apa yg sifatnya tdk doktrinal ? sebutkan dong !
si giant ngomongnya spt ini nih :"Pandangan pribadi saya, kalaupun pengikut Yesus menganggap Yesus sebagai Tuhan, itu adalah setelah dia naik ke Surga ke tempat asalnya. Tp sejak dia lahir sampai masuk liang kubur, seutuhnya dia adalah manusia spt saya"
Apkh pernyataan si giant tdk doktrinal bagi anda.
Giant mengakui yesus hanya sbg manusia semenjak dia lahir sampai masuk liang kubur sedangkan anda mengakui yesus adalah YHWH yg menjadi manusia.
udah lah anda gak usah menutup-nutupi bhw diantara sekte2 yg ada dlm agama kristen perbedaannya sangat doktrinal koq.antara katholik dan protestan aja jumlah kitabnya juga berbeda koq ( katholik ada 72 kitab sdngkan protestan ada 66 kitab )

sebenarnya anda yg tdk mengenal Tuhan dgn sesungguhnya,anda adalah para pengikut paulus yg melanggar hukum taurat/hukum Tuhan (YHWH)

saya jadi mau ketawa membaca pernyataan anda ttg sifat2 Tuhan yg ada dlm alkitab yg anda tulis.padahal udah berapa kali saya posting mengenai sifat Tuhan yg ada dlm Alkitab.

YHWH adalah Tuhannya org Israel,Tuhan Israel tdk sudi pada orang yg bukan bangsa Israel,mereka dianggap najis ((Yes.44:6-9).jadi josh anda percuma mengakui Tuhannya Israel (YHWH),krn anda gak bakalan diakui bahkan anda dianggap najis.
Josh
Reply| 02 Jun 2011 09:35:18
@the revealer
Kalo kami mengakui bahwa memang ada kecil perbedaan namun tidak doktrinal sifatnya,
dan pandangan semua penulis tersebut mengakui Yesus Adalah YHWH yg menjadi manusia

Jika kamu tetap beranggapan bahwa YHWH sama dengan allah wts,...Apakah sama dengan
sifat2NYA?

Muslim menyembah tuhan yang mereka tidak kenal,
Nasrani menyembah Dia yang kami kenal
Allah WTS memiliki gelar "Kuat dan Licik/sebesar2nya Penipu Daya(Sura 3:54,8:30),
Yang menyesatkan" (Sura 6:39)

Sangat berlawanan dengan YHwH

YHWH: Maz 23 (Gembala)
Alfa dan Omega (kitab Wahyu)
Emmanuel (Tuhan yg Menyertai)
Penasehat Ajaib dll
Tidak Berubah, baik perkataan dan PerbuatanNya

Coba kamu tanya ustad2 badut di mesjid kamu, sesekali usul ganti nama allah wts
diganti Yahweh,

itu juga kalo lu berani
The Revealer of Truth
Reply| 02 Jun 2011 09:29:18
Giant

he..he..keathuan ilmu u cetek
tanya dulu sana sama pendeta kamu yg bisa bahasa ibrani atau kamu beli kamus bahasa ibrani dan cari kata :Elohim,El,Eli,YHWH.
Bahasa Ibrani dan Arab masih satu rumpun,ada beberapa persamaan arti tapi beda dialek,spt kata ikhud ( bhs ibrani artinya Esa ) Ahad ( bhs Arab artinya Esa ),Yaum (bhs Ibrani artinya hari)Yaum (bhs Arab hari),El,Elohim (bhs Ibrani artinya Tuhan yg disembah)Illah,Allah (bhs Arab artinya Tuhan yg disembah),YHWH (YaHWeH) klo dlm bhs arab huruf ini terdiri dari huruf Ya Ha Waw (Yahuwa).

sekarang saya tanya ,Yesus berasal dari kata bahasa apa ? Ibrani apa Yunani ? klo anda sekarg tanya sama2 org Yahudi ,mereka tdk akan kenal asal kata nama Yesus.
so ....belajar lagi ya,jgn cuma bisa ngomong aja,ini menandakan ilmu anda cetek dan cuma COPAS doang

heran ya sama org2 kristen padahal islam tdk disuruh utk membenci kristen,malah umat islam disuruh memuliakan yesus sbg rasul Allah, tapi dgn org2 yahudi yg jelas2 memusuhi yesus dan tdk mengakui yesus dan ajarannya eh malah di bela mati2an.saya mulai sadar ,memang bhw kebathilan (Kristen dan yahudi)dimanapun biarpun berbeda tapi tetap bersatu utk memerangi/memusuhi kebenaran (Islam)
Fetching more Comments...
↑ Back to Top