Blog / Aktivis Tuntut Penghentian Sunat Perempuan

 

Seorang anak gadis yang masih kecil, menjerit kesakitan saat disunat. Keluarga dari 248 anak-anak gadis yang masih kecil, diberikan uang supaya mereka bersedia menyerahkan anak-anak gadis mereka untuk disunat dalam sebuah sunat massal yang dilakukan di kota Bandung beberapa waktu yang lalu; sebagai bagian dari perayaan untuk menghormati kelahiran Nabi Muhammad. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berpendapat bahwa ritual itu tidak diperlukan serta mengecam praktek-praktek penyunatan atas kaum wanita.

 

Perisai.net - PARA aktivis mendesak Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih untuk segera mencabut peraturan menteri mengenai sunat alat kelamin perempuan karena tidak hanya melegitimasi kekerasan terhadap perempuan Indonesia, tetapi juga mungkin mengabaikan kemampuan perempuan untuk sepenuhnya menggunakan hak fundamental mereka menyangkut kesehatan reproduksi dan kebebasan, demikian The Jakarta Post.

 

Wakil Ketua Komnas Perempuan Masruchah mengatakan Kamis, 23 Juni, Peraturan Menteri Kesehatan No 1636/2010 tentang sunat alat kelamin perempuan telah mencoreng komitmen pemerintah dalam melindungi kesehatan reproduksi dan kebebasan perempuan.

 

“Ini sangat menyedihkan jika melihat kemunduran seperti itu karena kita telah mencapai beberapa perbaikan dalam melindungi hak-hak perempuan,” kata Masruchah dalam konferensi pers yang diadakan oleh Amnesty International dan berbagai Kelompok Masyarakat Madani Indonesia.

 

Sebagai bagian dari komitmen untuk melindungi hak atas kesehatan reproduksi dan kebebasan, dirjen kesehatan publik dari Departemen Kesehatan telah menerbitkan surat edaran tahun 2006 yang melarang pekerja kesehatan profesional, termasuk perawat, bidan, atau dokter, untuk melakukan sunat alat kelamin perempuan.

 

Setelah mengadakan serangkaian studi, departemen tersebut tahu bahwa teknik sunat yang dipraktekkan di sejumlah daerah di Indonesia itu ternyata kejam, demikianKomnas Perempuan, namun praktek-praktek itu bukannya dicegah, malah didukung dengan dikeluarkan peraturan tahun 2010 tersebut.

 

“Di Bone, Sulawesi Selatan, penganut agama Islam yang telah berurat-berakar dalam kebudayaan patriarki mendefinisikan sunat alat kelamin perempuan sebagai pemotongan klitoris seluruhnya. Ini sangat berbahaya karena tidak saja merugikan perempuan tetapi juga sangat mempengaruhi kesehatan reproduksi mereka,” kata Masruchah.

 

Peraturan tersebut menetapkan, antara lain, bahwa sunat harus diberikan hanya oleh pekerja medis resmi. Sunat tidak harus menghilangkan bagian manapun dari alat kelamin, tetapi hanya menoreh kulit permukaan klitoris.

 

“Bagaimana mereka (pemerintah) bisa mengizinkan sunat alat kelamin perempuan, sedangkan sebelumnya telah dilarang praktek tidak manusiawi seperti itu? Ini merupakan suatu kemunduran,” kata aktivis hak-hak perempuan Ratna Batara Munti.

 

Komnas Perempuan mendesak departemen tersebut untuk melarang sunat tersebut sama sekali.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, World Health Organization), mutilasi alat kelamin perempuan mengacu pada prosedur yang sengaja melukai organ genital perempuan untuk alasan non-medis. Maksudnya untuk kesehatan bagi anak gadis dan perempuan, namun ternyata justru menyebabkan pendarahan dan masalah buang air kecil. Ini bahkan dapat menyebabkan komplikasi selama persalinan, sehingga risiko kematian bayi menjadi lebih tinggi, demikian WHO.

 

Sekitar 100-140 juta gadis dan perempuan di seluruh dunia menderita masalah reproduksi yang disebabkan oleh sunat alat kelamin perempuan.

Indonesia dan negara-negara di Afrika dan Timur Tengah adalah daerah dengan jumlah tertinggi kasus sunat kelamin perempuan.

© Cath News 


Add a Comment
| 72
hidorato
Reply| 07 Jan 2014 15:56:26
Wanita gak di sunat maka nafsunya akan lebih liar
sugiarto
Reply| 09 Nov 2013 09:57:26
saya pingin tau sekali dan pingin melihat video wanita gadis berumur 20 s/d 25 tahun yang sedang disunat!!
ayu
Reply| 29 Jun 2013 09:26:43
saya ingin tau tlong di komen ya sebenarnya sunat itu jika tidak dilakukan pada wanita .apa wanita itu akan berdosa
Soloist
Reply| 22 Jan 2013 00:50:07
Emang kelentiti ada kulupnya?
zakheus
Reply| 03 May 2012 20:45:28
ni pertanyaan saya,,,
tolong di jawab,,,
apa maksut perempuan di sunat dan apa kelebihannya?????
BiB v'C
Reply| 04 Apr 2012 22:47:27
GiiiiiiiLa !!
ADa_aDa ajja Dunia !
M.Paulus
Reply| 14 Dec 2011 22:18:24
Sebaiknya kita urus agama kita masing masing, agama cinta kasih kita. Untuk apa sebenarnya blok ini hanya ajang men hina hina agama orang lain? apakah dengan begitu terus orang lain akan ikuti kita? Sya yakin tidak.
yayan
Reply| 14 Dec 2011 18:45:35
Orang yg bikin blog... adalh KORBAN pemerkOSAAN atau klo LAKI2 ADALAH PELAKU PEMERKOSA...hingga posting komen ga bermutu...KEGIATAN IBADAH ORANG MUSLIM MENGANGDUNG nilai pengetahun melebihi Sains modrn...trbukti ORANG BARAT NYUNTEK PENGETAHUAN n SAINs ISLAM.... MALU DONKK....!!!
Qu Lucu
Reply| 14 Dec 2011 03:15:39
ih parah banget perempuan mau disunat???karna diberi uang???sadar donk kita tuh perempuan bkn laki2 tau masa mau disunat sih???
AYUtingting
Reply| 12 Dec 2011 12:24:51
emang org kristen nggak mau diperempuannya disunat karna bangga dengan gelar yg diberikan ma mereka yaitu "IPAN" ALIAS "ITEL PANJANG"
cuty cuty
Reply| 04 Dec 2011 08:09:55
ih wanita indonesia mau menyerahkan anak perempuanya untuk disunat???cuma karena diberi uang???astagfiullah.....
ama cuty
Reply| 02 Dec 2011 03:04:07
Ih masa perempuan indonesia mau disunat sih????
nrocok
Reply| 11 Nov 2011 08:44:30
Saya mau komentar sedikit yg saya tahu, sunat perempuan itu ada dan diperbolehkan baik dari segi agama ataupun segi lainnya dengan berbagai alasan. Sunat perempuan memiliki aturan main sendiri yg diatur oleh WHO (search aja. Aturannya itu bukan memotong seluruh klitoris bahkan sesikitpun klitoris tidak ada yg boleh dipotong melainkan hanya memberi sedikit sayatan pada kulit penutup klitoris. Sebenernya islam juga ngajarinnya begitu bukan memotong seluruh klitoris (kacang kenikmatan hee) tapi banyak yg salah kaprah soal ini. Sayatan pada penutup klitoris gunanya untuk kesehatan karna jika kulit penutup tidak disayat dapat menyebabkan kotoran nyelip dan itu bisa menyebabkan infeksi klitoris (kurang lebih sama seperti pada pria). Dengan memberikan sedikit sayatan maka klitoris akan lebih nampak menyumbul dan memudahkan wanita untuk orgsme. Oh iya sunat perempuan tidaj hanya bagi muslim kok. Bagi nasrani terserah aja tapi bagi muslim wajib.
Suripto
Reply| 01 Aug 2011 08:44:24
Yang koment di bawah ini bisanya cuma ngeles melulu.
Mbok ya anda itu menjelaskan pada kami --- apa sih makna sunat perempuan menurut islam?
Wajarkah itu dilakukan?
hamba_sahaya
Reply| 31 Jul 2011 01:55:09
Dengan hormat saya sampaikan kepada Saudaraku, baik muslim maupun yang non muslim, hendaknya kita kembali kepada jalan masing-masing. Apa guna berdebat, jika 'jalan'nya saja sudah berbeda. Tidak akan ada titik temu. Harus diakui bahwa bagi muslim sendiri masih banyak yang awam tentang hukum fiqih, apalagi yang non muslim, pasti akan melihatnya dari kacamata yang lebih salah (dalam pandangan Islam tentunya). Bagi Saudaraku yang non Muslim, sebaiknya Blog ini digunakan/dimanfaatkan untuk lebih mengkaji ajaran agamanya, sehingga lebih mantab keimanannya. Cobalah lihat diri sendiri, apakah hidup kita sudah seperti yang dijarkan agama kita ato belum ? Sekali lagi saya mohon maaf, tidak bermaksud menggurui apalagi menjelekkan agama satu dan yang lainnya. Ohya saya seorang muslim juga..terima kasih
nimbrung
Reply| 27 Jul 2011 22:16:27
@numpang masuk: jika makna dari Mu'mi = org beriman, beriman kepada siapa? jika pembagian itu baru muncul ketika dibuatnya Quran, apakah hal itu tidak sangat terlambat? di manakah Allah selama itu? bukankah Tuhan lah yang menciptakan manusia dari awalnya tidak membedakan manusia berdasarkan mu'min atau kafirin? jadi siapakah Allah ini yang dapat membedakan manusia seperti itu? jangan-jangan dia itu bukan Tuhan??
Josh
Reply| 20 Jul 2011 22:15:58
@Numpang masuk
Alquran sudah lebih dulu memfitnah Nasrani dan Yahudi adalah seburuk-buruknya binatang, melalui si idiot muhammad

Saya tidak tertarik memfitnah orang muslim, karena mereka hanyalah zombie, tapi islam

Cobalah kamu ke emperan jalanan di Jakarta dan Bandung, banyak sekali tabloid islam yang beredar luas menghujat Nasrani dan Yahudi

Perguruan tinggi Kristen mana yang Anda maksud? sebutkan namanya!
Denis
Reply| 20 Jul 2011 21:42:40
Sdr. Numpang Masuk,

Baptis itu adalah tanda pertobatan bagi seorang Kristen, dan diikuti dengan menjadi pengikut Kristus.

Salam
numpang masuk
Reply| 20 Jul 2011 06:54:53
Jangkrik!!!
Nampaknya lho Takut ya sama komentarnya org Islam. bukankah saya ini adalah dombamu yg masih kesasar? makanya, buat forum jgn jele-jelein org. saya sudah membaca banyak buku ttg Islam fersi Kristen. ternyata org kristen emang ada perguruan tinggi khusus utk menjelek-jelekkan agama Islam. inikah yg namanya agama cinta kasih? atas dasar apa anda beragama??????????????

Josh!!!!!!!!!!
Tulisan Ali Sina itu ada benarnya juga. karna didalam kebebasan beragama tidak saling menabur fitnah, tidak saling menabur kebencian. tererengkiyu
jangkrik
Reply| 20 Jul 2011 03:56:59
@numpang masuk>

numpang masuk, gue numpang nanya ya, ente udah punya bini atawa belon? Jujur yee:
Pilih Jawabannya:
1. Kalo ente udah kawin, sebelum kawin ente periksa ape kaga vagina bini ente?
(mungkinkah ente singkap pahanya trs ente perhatiin klitorisnya disunat ape kaga?)
2. Pas wkt ngembat trasa ngga kalo bini ente itu mudah orgasme atawa sulit orgasme.
3. Kalo ente belon kawin, ente ga usaha banyak cincong di forum ini.
Fetching more Comments...
↑ Back to Top