Blog / Mau Lebaran Kok Bingung?

"Gaduh karena ada banyak almanak 1 Syawal itu hari Selasa. Saya telusuri ada kesalahan berpedoman pada SKB (surat keputusan bersama) 3 menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama," kata Syarief.

 

       Pengamatan Hillal - Penyembahan Kepada Dewa Bulan?

 

Ini Jawaban Menag Soal Kegaduhan Penanggalan 1 Syawal di Kalender

Jakarta - Persatuan Islam (Persis) menilai ada kesalahan dalam penanggalan 1 Syawal 1432 H di kalender yang ditetapkan pemerintah. Bagaimana Menteri Agama Suryadharma Ali menanggapi hal ini?

"Sidang itsbat memutuskan jatuh pada hari Rabu. Pemerintah konsisten karena tanggalan merah pemerintah 30-31 Agustus Hari Raya," kata Suryadharma usai memimpin sidang itsbat di kantornya, Jl Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (29/8/2011).

"Jadi penetapan kami tanggal 31 Agustus juga sesuai dengan kalendar," sambungnya.

Menurut pria yang juga Ketua Umum PPP ini, penetapan tanggal Idul Fitri di kalender bukan hanya untuk dimensi keagamaan, melainkan juga ada kepentingan administrasi. Yang jelas, pendapat resmi pemerintah tetap pada sidang rukyat.

"Kegaduhan karena tanggal 30 Agustus di almanak pemerintah (tanggal merah). Tapi yang jelas pemerintah konsisten menetapkan 1 Syawal dengan rukyat," tegasnya.

Sebelumnya perwakilan dari Persis Syarief Ahmad Hakim mempertanyakan penanggalan di kalender yang berbeda dengan keputusan pemerintah. Kondisi ini, kata Syarief menimbulkan keresahan di masyarakat.

"Gaduh karena ada banyak almanak 1 Syawal itu hari Selasa. Saya telusuri ada kesalahan berpedoman pada SKB (surat keputusan bersama) 3 menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama," kata Syarief.

"Apakah ada unsur kesengajaan atau kekhilafan, bisa jadi yang buat kalender karena berpatokan pada SKB yang sudah-sudah. Ketika melihat hari libur itu hari Selasa, akhirnya itu ditetapkan 1 Syawal," tambahnya.

(fjr/mad)
Source: detik
Patung Dewa Bulan/Allah dilihat dari 4 sisi - perhatikan tanda bulan sabit di dadanya
Dewa Bulan/Allah bersama dengan ke-3 puteri Allah (Al Lat-Uzza dan Manat)

Hilal Terlihat di Cakung dan Jepara, MUI: Itu Harus Ditolak

Jakarta - Dalam laporan ke kementerian agama (Kemenag) ada yang melihat hilal di Cakung, Jakarta Timur dan Jepara, Jawa Tengah. Namun bagi Majelis Ulama Indonesia, kesaksian itu harus ditolak. Kenapa?

Laporan tentang adanya kesaksian hilal terlihat yaitu di Kudus, Jepara, Jawa Tengah dan Cakung, Jakarta Timur. Padahal, sebelumnya dalam laporan yang disampaikan Kepala Badan Hisab Rukyat Kemenag mengatakan, hasil pengamatan rukyat di 96 lokasi menyatakan tak melihat hilal.

Sebanyak 30 lokasi diantaranya Papua, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung Barat, Jambi, Sumatera Bara, dan Riau menyatakan tidak melihat hilal.

Bagi MUI, hal ini mustahil. Karena itu harus ditolak.

"Jika mustahil, tapi ada yang mengaku melihat harus ditolak," kata ketua MUI Ma'ruf Amin saat mengikuti sidang itsbat di kantor Kemenag, Jl Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (29/8/2011).

Dasar yang menjadi rujukan MUI adalah fatwa Pada tahun 2004 nomor 2 /2004, tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah, sebagai penjembatan perbedaan diantara ormas-ormas Islam.

Dalam fatwa itu dikatakan awal Qomariyah bisa menggunakan hisab dan rukyatul hilal. Pada poin berikutnya MUI memutuskan supaya tidak terjadi perbedaan maka negaralah yang menjadi hakim untuk memutuskan kapan dimulai.

Fatwa MUI juga menegaskan bahwa seluruh umat Islam Indonesia wajib menaati ketetapan pemerintah RI tentang penetapan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.
(mad/vit)
 
Source:
Detik


Add a Comment
| 43
Blue beam
Reply| 12 Oct 2011 20:24:36
PROJECT BLUEBEAM “Proyek sang dajjal/ antichrist menuju tatanan dunia baru.
lihat di

www.kaskus.us/showthread.php?t=2585065
Blue beam
Reply| 12 Oct 2011 20:21:13
Dajjal / anti christ segera tiba. islam & kristen akan ditantang. kalian masih cerewet aja berdua. kalo pada brani siapkan perlawanan kalian thdp anti christ (dajjal).
Andy
Reply| 23 Sep 2011 02:02:59
Wajarlah Islam bingung menentukan hari Rayanya karena Ismail dahulu cepat di usir oleh Ibrahim[Abraham } jadi belum sempat mendapat pelajarana apalagi kasih sayang dari sang ayah . ingat kan Istri Ibrahim yang lama mendapat ketururan sehingga dia mengambil istri dari salah satu hambanya tetapi begitu istrinya melahirkan Ishak anak kandungnya .
kafir
Reply| 20 Sep 2011 02:12:49
saya bangga menjadi kafir,lulusanya islam ga jauh dari buat orang menderita,aneh juga tuh agama kok bisa kaya gitu ya?
Anti unta
Reply| 16 Sep 2011 11:10:37
@Xarel X. Lu muslim abangan ya. Jangan banyak main PS ya nak. Belajar sono. Ngaji nyang bener. Cari terjemahannya kalo lu kagak tau bahasa arab. Sampai qatam ya nak. Belajar juga tentang fenomena sosial dan politik. Jangan pusingin Tuhan Yesus, Dia tahu siapa umatnya.
Xarel X
Reply| 16 Sep 2011 09:49:51
@ All

sungguh kaasihan sekali pd kalian yang suka membenci agama lain,
Apakah Tuhan yesus menyuruh sprti itu?
mengapa tidak meniru sepeerti Tuhan Yesus untuk menyebarkan cinta kasih pd umat lain.

Semoga orang yang mempunyai sifat dengki, hasud diganti dengan cahaya Tuhan................
nimbrung
Reply| 11 Sep 2011 22:54:13
@numpang masuk: berjuangnya kok cuma sebulan? yang sebelas bulan lainnya bagaimana?
Josh
Reply| 10 Sep 2011 23:28:24
@Numpang masuk

Hawa nafsu naon eta teh??

Kalian berpuasa cuma memindah jam makan doang, setelah bulan ramadhan berlalu, hawa nafsu kalian yg sejati baru muncul
Ahmad
Reply| 08 Sep 2011 00:07:45
@ NUMPANG MASUK :

Jihad kecil adalah memerangi musuh2 Allah termasuk memerangi kaum kafir sampai mereka tunduk & takluk sama Islam.

Al-Quran mengajarkan bagi setiap Muslim untuk membunuh kafir di manapun mereka temukan.

Seorang Muslim boleh menipu, membunuh atau mencuri hartamilik orang kafir kalau berguna bagi Islam.Muslim yang mati dalam menyebarkan Islam adalah Shahid, tidak perduli bagaimana ia mati.
numpang masuk
Reply| 07 Sep 2011 12:43:34
@Josh
Jihad adalah bagian dari agama Islam. Bulan ramadhan baru saja berlalu dan kami baru saja berjihad melawan hawa nafsu. BERJIHAD artinya bersusah payah. Bukan main pancung-pangcungan sprt yg anda bayangkan. Ngapain memenggal leher kafir kalau tdk dlm perang? tlg jangan salah artikan Jihad.
Sa Mien
Reply| 07 Sep 2011 04:58:27
Jaman sekarang sudah ada tehnologi, Gerana Bulan/Matahati bisa diprediksi waktunya (secara tepat, dengan rumus matematika), kog masih ada ya sekelompok orang sok-sok an, bergaya pake tehnologi maju (teropong bintang), cuma buat lihat hilal ?, dan hasilnya ricuh... bikin resah dan akhirnya dihujat banyak kalangan (termasuk orang dari kalangannya sendiri), tanya NASA napa ?
Josh
Reply| 06 Sep 2011 04:42:05
@Numpang masuk

Bagus, saya pun sangat setuju dengan ciri2 tersebut
namun Anda belum melakukan sesuatu kewajiban sebagai seorang muslim yg baik, yaitu berjihad, memenggal leher kafir, dan menjarah harta mereka..kitab quran sukses menghina keyahkinan orang lain

saya agak kesulitan menemukan alkitab menghina agama islam
Sunan Gresik
Reply| 06 Sep 2011 02:52:37
@ Gonjes :

Di Irak USA punya kepentingan Ekonomi yaitu : minyak tetapi tidak membawa bendera agama (kristen).

Palestina & Israel bukan perang agama Kristen & Islam tetapi perebutan tanah karena mempunyai nilai sejarah & religius.

Libya pasukan Khadafi & kaum pemberontak (oposisi)karena rakyat sudah jenuh dengan kediktatoran Khadafi selama 42 tahun, rakyat Libya hidup dalam kemiskinan walaupun libya negara yang kaya, karena penguasa koruptor makanya rakyat berontak.
Sunan Kudus
Reply| 05 Sep 2011 23:07:48
Untuk menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijiriah ada dua sistem Ruyat & Hisab, sehingga umat Muslim merayakan Idul Firi tidak sama.

Muslim Muhammadiyah merayakan Idul Firi tgl 30 Agustus sedangkan Muslim NU tgl 31 Agustus 2011.

Ormas2 Islam dalam menentukan 1 Syawal 1432 H tidak mempunyai kriteria yang jelas untuk mempersatukan umat Islam.
Ahmad
Reply| 05 Sep 2011 21:00:42
@ Gonjes :

Siapa yang di korbankan oleh nabi Ibrahim : Domba OON di pelihara....hidup lagi.

@ Numpang Masuk :

Ngapain juga bertaqwa sama teroris yang mengajarkan kekerasan dengan kedok agama.
numpang masuk
Reply| 05 Sep 2011 12:29:34
@Josh
Ciri-ciri orang yang bertaqwa adalah sesuai dengan QS 2 ayat 2-5.
Namun ayat 6-7 menceritakan ttg anda. makanya anda tdk tertarik....
Josh
Reply| 05 Sep 2011 00:36:28
@Numpang masuk

Saya tidak tertarik dengan pangkat allah wts-mu, bahkan aku tidak peduli terbuat dari zat apa dia itu

Bagaimana Anda mendefinisikan orang bertaqwa?? teroris dan jihadis muslim adalah orang bertaqwa, mereka tahu siapa itu allah wts

Kalian adalah penyembah berhala, dengan dewa yg disebut aolloh wts, si muhammad budaknya

Orang muslim di mana saja yg saya temui selalu mengeluh bahwa mereka telah dizolimi, mereka benar2 lupa bagaiman perlakuan mereka dengan orang Hindu di India, orang budha di afghanistan, orang nasrani di Arab Saudi, dan Yahudi di Iran. ustadmu sudah sukses merecokki anda dengan kebohongan, karena tanpa kebohongan, mereka akan kehilangan pekerjaan

Pernah mendengar ringback tone ustad jefry yg judulnya "Shalawat Cinta"?? isinya sangat baik untuk seseorang yg bersedia ditipu
GONJES
Reply| 04 Sep 2011 20:46:56
@ jidat ireng

mau debat tentang siapa yg dikorbankan oleh Nabi Ibrahim ?
gw tunggu
MUSAFIRUN
Reply| 04 Sep 2011 00:04:22
MUST READ ARTICLE!!!
SECRETES BEHIND ISLAM,
http://bacabacaquran.com/2011/09/kami-baru-tahu-rahasia-dibalik-al-fatihah-al-quran-surgawi/#comment-116
Donny Sukma
Reply| 03 Sep 2011 11:18:21
Apa yang salah dengan komentar saya?
Apa anda menyangkal bahwa Muhammad itu seorang yang bejad?
Apa anda menyangkal ajaran Muhammad kepada para pengikutnya, bahwa mereka akan ngeseks dengan 72 bidadari di dalam Surga, jika mereka mati syahid?
Apa anda menyangkal bahwa perilaku biadab orang-orang Muslim karena terinspirasi oleh ajaran Muhammad dalam Quran dan Hadis?
Fetching more Comments...
↑ Back to Top