Blog / Bom Bunuh Diri Meledak di Gereja Kepunton Solo

TEMPO Interaktif, Solo - Sebuah bom bunuh diri meledak di Gereja Bethel Injil Sepenuh yang berada di kawasan Kepunton, Solo, Jawa Tengah. Satu orang tewas seketika, diduga pelaku bom bunuh diri. Petugas keamanan gereja, Suharto, menuturkan kejadian tersebut terjadi pada saat kebaktian selesai, sekitar pukul 11.00 WIB. Saat itu para jemaat gereja sedang keluar dari gedung dan berada di halaman gereja.

"Pelaku membaur dengan jemaat gereja yang akan keluar," katanya kepadaTempo saat dihubungi melalui telepon, Ahad 25 September 2011.

Dia mengaku tidak sempat memperhatikan pelaku sebelumnya. Namun dia menduga bom tersebut disimpan di tubuh bagian depan. "Perutnya terurai," kata Suharto. Akibat kejadian itu delapan jemaat dilarikan ke Rumah Sakit Dr. Oen Kandangsapi, Solo. Sedangkan bangunan gereja tidak mengalami kerusakan berarti.

Sekitar satu jam pria yang diduga pelaku bom bunuh diri di Gereja Bethel Indonesia Sepenuh (GBIS) Kepunton, Solo, Jawa Tengah mengakses internet di warnet Solonet. Di warnet dia membuka banyak situs antara lain tentang balap motor dan jihad. Dari history data milik warnet tersebut, pria yang diduga sebagai pelaku pengeboman itu sempat membuka situs balap motor MotoGP di motogp.com, situs arrahman.com dan membaca artikel tentang perjuangan Islam.

Dari data itu juga diketahui pria tersebut sempat membuka situs yang berisi tulisan tentang pasukan AS di Afghanistan, kasus pembakaran Alquran dan pengeboman di Palestina. Pelaku meninggalkan tas sebelum angkat kaki dari warnet tersebut.

pelaku bom Solo - merindukan ke-72 bidadari surgawi?

"Saya sempat membuka tas milik tersangka, karena saya curiga dengan bawaan. Namun karena curiga saya laporkan kepada petugas kepolisian," ucap pemilik warnet Solonet, Sunu, kepada wartawan, Minggu (25/9/2011). Solonet berlokasi sekitar 200 meter dari gereja yang menjadi target. Pelaku ngenet di Solonet sekitar satu jam, beberapa saat sebelum mengebom GBIS. Tak lama setelah kebaktian selesai, bom bunuh diri meledak. Pria itu tewas seketika dengan luka parah di bagian perut. Sedangkan belasan jemaat gereja menjadi korban luka-luka.

Presiden SBY menyebut pelaku bom bunuh diri ini berkaitan dengan jaringan teroris di Kota Cirebon. Namun kesimpulan sementara ini masih harus diikuti dengan investigasi lebih mendalam.Sumber tersebut menguraikan, dari indentifikasi awal yang dilakukan petugas, ciri-ciri jenazah yang ditemukan di GBIS Kepunton, yang diduga sebagai pelaku peledakan, mengacu kepada Ahmad Yosepa Hayat alias Hayat alias Ahmad Abu Daud alias Raharjo.

"Dia memang telah masuk daftar buron, terkait serangan bom diri di Masjid Az-Zikro, Mapolresta Cirebon beberapa waktu lalu," ujar sumber tersebut kepada detikcom, Minggu (25/9/2011) malam.

Sedangkan dalam rilis yang pernah dikeluarkan oleh Mabes Polri pertengahan Juni lalu, menyebutkan Ahmad Yosepa Hayat alias Hayat alias Ahmad Abu Daud alias diduga terlibat dalam pengeboman Masjid di Mapolresta Cirebon. Ahmad Yosefa dipersiapkan sebagai calon pengantin atau pelaku bom bunuh diri.

Sumber: Tempo, Detik.com

 

Artikel Terkait: Benarkah Quran Melarang Pembunuhan & Mohammed Atta: Kata-Kata Terakhir Seorang Teroris

 

 


Add a Comment
| 26
aqmoslemindonesia
Reply| 27 Oct 2011 04:02:33
Nabi Muhammad tidak pernah mengajarkan bunuh diri, apalagi bom bunuh diri yang melukai orang2 yang tidak bersalah
...
Reply| 06 Oct 2011 07:40:35
Pasti dia gak msuk surga.....
kan ga ada yg mati....cuma luka2 aja....
Jadi teroris koq nanggung........
emang lo bisa balik idup kedunia lagi.....bahlul
Kenny
Reply| 06 Oct 2011 07:00:54
booooooooooooo wakakakak
jangkrik
Reply| 03 Oct 2011 04:40:41
@yu'nurz:
Jd klo ente yg ngebom atau ngatur pengeboman, gimane caranye spy bukti yg tdk mencolok? Lu tuh udeh ga bisa ngebelain/ngebantah ajaran islam mmg biadab, ngomong asal goblek aje. Dasar muslim otak ditaro di anus, kedorong tokai pas be'ol, masuk jamban deh otak elo. Artinya muslim udah kebuang otaknye!
bidadari nakal bermata jeli
Reply| 30 Sep 2011 05:40:31
wahai muslim, sesungguhnya aku adalah khayalan si khotam alias ahmad alias muhamad... mulai sekarang, cukur jenggot kalian yg jelek itu... gak di rebonding seehhh.... maha benar bidadari dg segala komennya.... gitu aja kok refot.... xixixiiii...
Wali Songo
Reply| 30 Sep 2011 02:45:53
Teroris Islam bangga kalau JIHAD dpt membunuh orang2 Kafir yg tdk bersalah.
Para Jihad rela mati yg di sebut Sahid atau Suhada, para teroris yakin akan masuk sorga.

Ayat2 Setan Al-Quran harus direvisi bahwa Jihad haram & najis bagi umat Islam.
Denis
Reply| 28 Sep 2011 08:44:48
Berita hari ini:
Ternyata Ahmad Yosepa telah ditinggal cerai oleh isterinya. Habis kerjaan kawan kita ini nggak jelas sih? Mikirin jihad melulu, kapan mikirin kerja? Kaburlah isterinya.

Pantas dah...ditambah dengan ajaran jihad dari Quran..klop kan??? Bunuh diri demi mendapatkan ke-72 bidadari. Enak kan? Habis ditinggal isteri, bunuh diri aja...sekalian ngebunuh para kafirun, setelah itu bisa puas ngeseks dengan perawan surgawi.
Sarwan
Reply| 28 Sep 2011 02:10:23
Yang melakukan sudah jelas teroris Islam,krn dia mengebom Mesjid Polisi (milik pemerintah) yg ia anggap sdh kafir harus di perangi.

Mana ada teroris mengaku, penjara penuh tuch.Buktinya Ustads Abu Bakar Baasyir selaku pemimpin Pondok Pesantren AL-Mukmin Sukoharjo mendanai latihan teroris di Nanggroe Aceh Darussalam.
yu'nurz
Reply| 28 Sep 2011 01:11:06
yg mlakukn sudah jlas org yg membnci islam krna prtama dia mengbom masjid tp tdk brhasil dlm dendamnya makanya dia balik mengbom umatnya sndiri tp dg mningglkn bukti klo islamlh yg melakuknnya tp buktinya trlalu mencolok shingga mudah unt diktahui kbnaranya . krna tdk mungkn org yg mrencnakn pngboman yg mlibatkn lbh dr satu target meningglkn bukti yg bgitu mencolok.
setyawan
Reply| 28 Sep 2011 00:48:46
Al-Quran mengajarkan kebencian & kekerasan inilah ayat2 yg mendukung seseorang menjadi teroris atas nama Jihad.

Q 9: 29 Perangilah mereka yg tdk percaya kpd Allah smp mereka membayar Jizyah dgn patuh & tunduk.

Q 9 : 5 Bunuhlah orang2 Kafir di manapun engkau menemui mereka.

Q 47 : 4 Pada saat engkau berhadapan dgn orang kafir penggallah kepala mereka.

Kebencian terhadap Kafir & Yahudi sdh mendarah daging.Islam agama Rasis manusia di golongkan menjadi dua : Muslim & Kafir.
Agus
Reply| 27 Sep 2011 23:55:05
HOT NEWS

Berita terbaru & terhangat.

Bom dpt diamankan polisi ditemukan di halaman Gereja Maranatha Ambon Maluku pd Senin tgl 26/9 pukul .08.00.

Jihad adalah ajaran IBLIS lewat Al-Quran & Hadis barang siapa yg membela Allah SWT akan masuk Sorga.
Abdullah
Reply| 27 Sep 2011 19:41:33
Ini masalah keyakinan. Mengapa berani melakukan bom bunuh diri. Karena baginya jihad dan akan masuk surga jika dapat membunuh kafir. Siapa yang salah ?
Suripto
Reply| 27 Sep 2011 08:07:06
Saudara Fares,
Sebenarnya yang di Cirebon itu sasaran utamanya bukan mesjid (atau orang Muslim), tapi Polisi yang dianggap sebagai penghambat Jihad Islam.
Sebab polisi lah yang menangkap Amir kelompok mereka yaitu Abu Bakar Baasyir, beserta teman-teman mereka sesama teroris.
Nah begitu Polisi berhenti menangkapi para teroris Islam...maka para teroris ini kembali ke perilaku aslinya, yaitu menyerang para kafirun.
Ini juga kan yang terus-menerus dikerjakan oleh Muhammad dan para sahabatnya?
"Bunuhlah kafir dimanapun mereka engkau temui..."
fares
Reply| 27 Sep 2011 07:19:08
benar2 di persiapkan dg matang,sebelum melakukan bom bunih diri dia masuk warnet dan membuka situs2 islam,sehingga saat dia melakukan bom bunuh diri banyak yg menuding islam,apabila benar dia seorang muslim,,kenapa dia jg terlibat pengeboman masjid di cirebon,,,para domba yg oon pake otak kalian,apabila dia seorang muslim tidak munkin dia menyerang mesjid,ini adalah taktik para kafer tuk mengadu domba....
Jidat Item
Reply| 27 Sep 2011 03:38:58
@ Numpang masuk dkk.
Masih berani mengatakan pelakunya itu bukan orang islam (pemuda yang menjadi korban ajaran quran) ?
MUHAMMAD
Reply| 27 Sep 2011 03:33:42
mau bukti apalagi.....mau disamarkan spt apalagi islam itu....mau diputarbalikkan spt apalagi biar terlihat bersih dan indah....

kita bicara fakta coy...
mau bilang dia bukan islam?mau bilang ikut aliran sesat?mau bilang dia salah menafsirkan islam?
yang salah itu bukan manusianya coy...tapi ajarannya...
steve
Reply| 27 Sep 2011 00:02:47
auowlohmu barbar.... auowlohlu barbar.... dengkul loe aja akbar,
nimbrung
Reply| 26 Sep 2011 22:46:27
itu dapat kursus perakitan bom di pesantren mana ya?
Kariiem
Reply| 26 Sep 2011 22:27:19
.Begitulah jika orang sook pintar menafsirkan al-qur'an, kebenaran al-quraan menjadi salah pengertian karna memang salah tafsir dlam mengartikan al-qur'an,,,,
.
Tukang Ngecap
Reply| 26 Sep 2011 22:21:28
Wah ternyata isi tas bomber GBIS isinya bukan kitab Injil... (pantes saja kelakuannya seperti itu)
http://www.detiknews.com/read/2011/09/26/085230/1730138/10/?992204topnews
Fetching more Comments...
↑ Back to Top