Blog / 2 Kloter Terakhir Tinggalkan Makkah - Jemaah Haji Yang Tewas Tahun Ini Lebih Banyak

Diantara mereka, tampak sekali ada beberapa jamaah yang terlihat sangat sedih. Mereka itu adalah beberapa orang perempuan yang ditinggal wafat suaminya ketika berhaji di Makkah. Mereka merasa kepergiannya kali ini terasa sangat berat, karena selain meninggalkan Makkah mereka juga berpisah dengan jasad suaminya yang kini tengah terbaring di pekuburan di Makkah.


   Melaksanakan Tawaf - Banyak Jamaah Yang Tewas Ketika Menjalankan Ritual Ini

 

Jumat, 02 Desember 2011 15:03 WIB

 

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH – Seluruh jamaah haji Indonesia mulai hari ini sudah meninggalkan Makkah.  Dua kelompok jamaah yang paling akhir meninggalkan kota ini berasal dari Kelompok Terbang (Kloter) 85 embarkasi Jakarta (JKS) dan kloter 91 embarkasi SUB (Surabaya). Mereka bergerak meninggalkan Makkah menuju Madinah selepas Maghrib, Kamis (1/12), pukul 19.30 Waktu Arab Saudi (WAS).

“Kloter terakhir meninggalkan Makkah berasal dari  Jawa Barat dengan embarkasi Bekasi (JKS) dan 91 embarkasi Surabaya. Kepulangan jamaah tersebut menandakan berakhir sudah tugas daerah kerja kami dalam mengurus jamaah saat di kota Makkah,”  kata Kepala Daerah Kerja Makkah, Arsyad Hidayat, Jumat (2/12).

Tak beda dengan jamaah lain ketika hendak meninggalkan Makkah, suasana kepergian saat itu penuh haru biru. Banyak jamaah menangis dan tampak tersedu-sedu ketika bus yang ditumpangi mereka mulai meninggalkan pemondokannya di Misfalah yang sudah lebih dari sebulan ditinggalinya. Semua tampak berat meninggalkan kota Makkah.

Tapi diantara mereka, tampak sekali ada beberapa jamaah yang terlihat sangat sedih. Mereka itu adalah beberapa orang perempuan yang ditinggal wafat suaminya ketika berhaji di Makkah. Mereka merasa kepergiannya kali ini terasa sangat berat, karena selain meninggalkan Makkah mereka juga berpisah dengan jasad suaminya yang kini tengah terbaring di pekuburan di Makkah. Ketiga terlihat berusaha saling menguatkan dan terus menasihati agar tetap bersabar serta tawakal.

Kepala Sektor 3 Makkah, Shoim Anwar mengaku, diantara jamaah Kloter 91 embarkasi Surabaya memang ada tiga orang jamaah yang wafat ketika tinggal di Makkah untuk menunaikan ibadah haji. “Mereka yang wafat adalah dua orang dari Bali dan satu orang dari Bima,” ujarnya.

Menurut dia, seluruh jamaah yang wafat di kloter tersebut dimakamkan di Makah dan mereka yang wafat disebabkan sakit. Tiga jamaah yang wafat tersebut sempat menjalani perawatan di Balai

Sementara itu, di Madinah, dua debarkasi yakni BTJ (Nanggro Aceh Darussalam/NAD) dan MES (Medan) menjadi yang pertama menyelesaikan pemulangan jemaah haji reguler Indonesia dari Tanah Suci ke Tanah Air. Sebanyak total 15 kloter BTJ  atau 4.804 jemaah haji asal Aceh telah tiba seluruhnya di tanah air. Begitu pula dengan jemaah haji asal Medan yang berjumlah 19 kloter atau sebanyak 8.426 orang itu telah tiba di tanah air.

Data Sistem Komputeri Haji Terpadu (Siskohat) menunjukkan total jemaah haji reguler Indonesia yang sudah tiba di Tanah Air hingga berita ini diturunkan telah mencapai 353 kloter atau 143.063 orang. Jumlah sebesar itu berarti sudah 71,063 persen jemaah haji Indonesia yang tiba di tanah air dari total perkiraan sebesar 199.693 jemaah haji reguler Indonesia untuk musim haji 1432H/2011 ini.

Sementara itu, hingga Jumat (2/12) pukul 10.20 WAS, jumlah jamaah wafat di Saudi yang tercatat di Siskohat Kesehatan mencapai  476 orang. Jumlah ini telah melampaui angka jamaah wafat di Saudi tahun lalu sebanyak 427 orang.

Ada sejumlah penyebab mengapa angka kematian lebih tinggi dibanding tahun lalu. Antara lain, jumlah jamaah tahun ini lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kedua, jamaah uzur yang masuk kategori risiko tinggi (risti) juga lebih banyak. Tahun depan, jamaah lansia akan lebih banyak lagi karena pemerintah memprioritaskan memberangkatkan mereka.

 

Setiap tahun, jumlah jemaah haji asal Indonesia yang tewas saat menunaikan ibadah haji di 'Tanah Suci' mencapai 400-500 orang. Pemerintah Saudi Arabia sendiri tidak pernah mengeluarkan angka resmi, berapa orang jemaah haji yang tewas setiap kali musim haji, dari sekitar 3-3,5 juta jemaah yang datang dari seluruh dunia. Tetapi diperkirakan jumlah yang tewas adalah antara 7500-10.000 orang. Kebanyakan dari mereka sebenarnya tewas karena berdesak-desakan dan terinjak-injak, khususnya saat melaksanakan tawaf (mengeliling Ka'aba)...kendati laporan resmi yang dikeluarkan pemerintah adalah, mereka tewas karena gangguan sistem pernafasan. Hampir tidak ada bedanya bukan???

 

Sumber: Republika.co.id


Add a Comment
| 10
te_diho
Reply| 17 Jan 2012 08:52:15
@bargo
Adanya alam ini bukti adanya Tuhan..
Adanya langit (angkasa) ini bukti adanya Tuhan..
yang Buta, yang buta matahatinya
yang tuli, yang tuli kesombongannya..
-----------------------------
Tapi elo ngga percaya Tuhan kan? Buktinya muslim di doktrin hrs menyebut syahadat laillah haillallah, Tiada Tuhan selain Auloh.
Bargo
Reply| 17 Jan 2012 08:20:44
Mengapa Seorang Ilmuan besar yang bernama Galileo Galilei di Hukum Mati?
AAlangkah lebih baik jikalau keyakinan/keimanan yang dianut seseorang dapat berjalan selaras dengan penemuan-penemuan ilmiah yang mereka teliti.. bukan sebaliknya.seyogyanya kebenaran ajaran yang diimani dengan penemuan ilmiah yang benar dapat berpadu karena sama-sama bernilai kebenaran
Bargo
Reply| 17 Jan 2012 08:15:33
Adanya alam ini bukti adanya Tuhan..
Adanya langit (angkasa) ini bukti adanya Tuhan..
yang Buta, yang buta matahatinya
yang tuli, yang tuli kesombongannya..
Bargo
Reply| 17 Jan 2012 08:13:22
Apabila kematian datang maka tidak bisa dimundurkan atau dimajukan sedikitpun. Dan balasan di akhiratnya masing-masing tergantung perbuatannya sewaktu di Dunia..
Bargo
Reply| 17 Jan 2012 08:10:30
Syurga disediakan untuk manusia yang beriman kepada Tuhan yang tanpa menyekutukannya dengan yang lain. seperti percaya benda mati, menuhankan manusia, menuhankan uang, menuhankan akal/otak dll
jangkrik
Reply| 30 Dec 2011 09:21:51
@cobex:
tau apa tentang Islam, kalo mau debat sekalian ama Ulama aja.
-------------------------
Saya tau bgt ttg islam, hayo ajak ulama anda yg berani debat disini!
--------------------------
Cobex: Iya tau kamu pasti masuk surga kan orang dosamu udah di tebuskan ama yesus jadi mau kamu bunuh, merampok n' memperkosa yanng penting kamu yakin yesus menyelamatkan kamu kan ya pasti masuk surga.
---------------------------
Bisa buktikan disini bhw ada org Kristen yg membunuh, merampok dan memperkosa, sambil menyebut nama Yesus?

Tapi kalo membunuh, merampok, memperkosa sambil berteriak AULOHUAKBAR, itu sudah terbukti dan banyak terjadi.
--------------------------------
Cobex:
Kalo yesus nebus dosa kemana ya? ke tuhan? bukannya tuhannya dia sendiri?
---------------------------------------
Efesus 1:7:Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa, menurut kekayaan kasih karunia-Nya.

Cerna ayat diatas ini, maka anda akan tahu siapa yg menebus dosa manusia, karena Dia adalah Tuhan itu sendiri!
Cobex
Reply| 30 Dec 2011 05:10:25
@jangkrik
tau apa tentang Islam, kalo mau debat sekalian ama Ulama aja. Iya tau kamu pasti masuk surga kan orang dosamu udah di tebuskan ama yesus jadi mau kamu bunuh, merampok n' memperkosa yanng penting kamu yakin yesus menyelamatkan kamu kan ya pasti masuk surga. Aku jadi bingung, kalo kita gadai sertifikat rumah mau ditebus pasti ama bank, pasti ada satu pihak tempat penebusan. Kalo yesus nebus dosa kemana ya? ke tuhan? bukannya tuhannya dia sendiri?
Teduh
Reply| 10 Dec 2011 20:37:59
selamat datang para haji mabrur!! kembali lagi dalam kehidupan sehari2 di tanah air yang menjadi pertanyaan mendasar adalah sejauh mana gelar haji itu akan merubah perilaku para muslim!!!
steve
Reply| 07 Dec 2011 08:16:57
itulah arti sebenarnya tentang berkorban......korban perasaan
oh auwuloh aneh deh loh
jangkrik
Reply| 06 Dec 2011 10:34:40
Kok sedih, bukannya seharusnya gembira krn suaminya itu telah brkt ke syurga? Ohh i see mungkin muslimah sedih krn teringat kalo suaminya sdh berasyik masyuk dgn 72 bidadari di syurga. Pastinya terbayang kan, meski di dunia suaminya sdh uzur, tp di syurga islam, mrk kembali muda (30 thn) dan memiliki kekuatan sex 100 pria. Nah muslimah yg ditinggal mati suaminya, sedih ngebayangin suaminya lg bersenang-senang, sementara dia hrs menjalani kehidupannya lagi tanpa suami. Duhh pedihnya menjadi muslimah...
Fetching more Comments...
↑ Back to Top