Blog / Persidangan Pembunuh Massal Norwegia: Breivik Bersumpah Akan Lakukan Serangan Lagi

 

Terdapat dua hasil evaluasi menyangkut kejiwaan Breivik. Pemeriksaan pertama menyimpulkan Breivik gila. Namun pada pemeriksaan oleh tim psikiater berbeda menyatakan Breivik sehat secara mental. Keputusan berada di tangan majelis hakim untuk memutuskan apakah dia akan dikirim ke penjara atau rumah sakit jiwa.

 

Pembunuh massal Norwegia, Anders Behring Breivik, menghadiri persidangan pembantaian terhadap 77 orang di Oslo, Selasa (17/4/2012).

 

OSLO, KOMPAS.com - Anders Behring Breivik Selasa (17/4/2012) membela tindakannya membantai 77 orang, menegakan dia akan melakukan lagi aksinya meledakkan bom dan menembak membabi buat, aksi yang disebutnya serangan paling “spektakuler” oleh militan nasionalis sejak Perang Dunia II.

 

Membaca pernyataan tertulis di pengadilan, ekstremis anti-Muslim itu mengecam pemerintah Norwegia dan Eropa yang merangkul imigrasi dan multikulturalisme. Dia mengklaim berbicara sebagai komandan gerakan perlawanan “anti-komunis” dan kelompok militan anti-Islam militan yang disebutnya Kesatria Templar. Menegaskan bahwa yang dilakukannya adalah hal “yang tidak jahat” demi mencegah perang sipil yang lebih luas, Breivik bersumpah "akan melakukannya lagi".


Kesaksian Breivik ditunda setelah seorang hakim ad-hoc diberhentikan karena sehari setelah serangan Breivik pada 22 Juli 2011, hakim tersebut mengatakan Breivik pantas dihukum mati. Atas komentar itu, pengacara dari kedua pihak, meminta jaksa bernama Thomas Indreboe itu dibebastugaskan dari persidangan perkara tersebut. Dia kemudian digantikan hakim cadangan Elisabeth Wisloeff.


Breivik diadili oleh dua panel yang terdiri dari dua hakim profesional dan tiga hakim ad-hoc, yakni politisi lokal yang dipilih untuk empat tahun masa jabatan dan berperan aktif sebagai hakim dalam memberi putusan dan menjatuhkan vonis. Sistem ini dirancang untuk memberi kesempatan warga biasa untuk berperan dalam sistem peradilan Norwegia, meskipun majelis hakim tetap dipimpin hakim profesional.
Seperti pada persidangan sebelumnya, Senin (16/4/2012), Breivik memasuki ruang sidang sambil menyeringai dan memberi hormat dengan tangan terkepal. Dia mendapat waktu lima hari untuk menjelaskan alasannya meledakkan bom di Oslo yang menewaskan delapan orang, serta menembaki 69 orang lain pada perkemahan pemuda Partai Buruh di Pulau Utoya pada hari yang sama. Breivik membantah melakukan tindak pidana dan mengatakan dia melakukan serangan itu sebagai bentuk pembelaan diri.


Warga yang selamat dari pembunuhan massal itu khawatir, Breivik menggunakan kesaksian itu untuk mempromosikan pandangan ekstremnya. Yang menjadi isu kunci dalam perkara ini adalah kondisi kejiwaan Breivik, yakni apakah dia seorang psikopat atau sehat secara mental.

 

Dalam persidangan Selasa, hakim Wenche Elisabeth Arntzen berulang kali menginterupsi Breivik untuk memintanya memberi pernyataan dengan singkat. “Sangat penting bagi saya untuk menjelaskan alasan dan motif saya dapat menjelaskan alasan dan motif saya,” kata Breivik.


Breivik berdalih yang dilakukannya adalah untuk melindungi Norwegia dari kaum Muslim dengan cara menyerang partai yang disebutnya memiliki kebijakan imigrasi liberal di negara itu. Menurutnya, Eropa Barat secara perlahan diambil alih oleh kaum "Marxis dan multikulturalis" pasca-Perang Dunia II. Hal itu karena Eropa Barat tidak memiliki pemimpin antikomunis seperti senator Amerika Serikat Joseph McCarthy.


Pada persidangan Senin, Breivik menolak kewenangan pengadilan yang disebutnya kendaraan para pendukung partai-partai multikultur di negara itu. Breivik mengakui perbuatannya namun menolak dinyatakan bersalah. Bahkan tim pengacaranya pun berpendapat pembelaan mereka tidak akan menang. Pembelaan mereka hanya bertujuan meyakinkan pengadilan bahwa kondisi kejiwaan Breivik tidak sehat.


Terdapat dua hasil evaluasi menyangkut kejiwaan Breivik. Pemeriksaan pertama menyimpulkan Breivik gila. Namun pada pemeriksaan oleh tim psikiater berbeda menyatakan Breivik sehat secara mental. Keputusan berada di tangan majelis hakim untuk memutuskan apakah dia akan dikirim ke penjara atau rumah sakit jiwa.

 

Breivik terancam hukuman maksimal 21 tahun penjara atau ada putusan lain yang mengurungnya selama mungkin jika dia dianggap sebagai ancaman bagi masyarakat.

 

Sumber: kompas.com

 

TERKAIT: 



Add a Comment
| 38
SURAT TUHAN
Reply| 19 May 2012 04:57:03
AKU ingin kalian mempersiapkan-pikiran, tubuh, jiwa, roh, hati – segalanya, terkasihKU, kalian semua! Tidak ada lagi dunia, atau hal-hal duniawi, berlindung sajalah di bawah sayapKU! Si durhaka sedang beroperasi sekarang dengan apa yang sudah terjual habis sepenuhnya itu. Presiden kalian, senator kalian, Kongres pria dan wanita, anggota parlemen, eksekutif perusahaan dan Monarki serta kebanyakan tokoh politik yang ada di seluruh dunia sekarang. Sangat sedikit yang masih menjadi milikKU ... Dia merancang keruntuhan ekonomi kalian, segera, kelaparan akan merusak dunia dan banyak 'suntikan' serta 'vaksinasi' jahat lainnya yang akan dipaksakan kepada kalian. Juga ada perubahan yang terjadi dengan atmosfer kalian dan di angkasa yang akan membawa teror bagi kebanyakan pria dan wanita. Satu hal lagi terkasihKU, militer darurat akan ada pada Amerika Serikat. Dan banyak, banyak, banyak hal buruk lainnya yang akan AKU bicarakan dengan kalian. Apakah kalian mengerti kekasihKU yang manis--Antikristus sudah beroperasi 100% di belakang layar. Datanglah kepadaKU ... karena kalian bahkan akan melihat Bangsa melawan Bangsa dan Perang Dunia III akan terjadi dan terjadi di timur tengah dalam waktu dekat - sekarang. Namun JANGAN TAKUT perhatikan saja RohKU yang sedang memanggil kepada mempelaiKU untuk datang ke sisiKU. Sebab AKU tidak memberikan kalian roh ketakutan tetapi Kekuatan dan kasih serta ketenangan.


KekasihKU yang indah, AKU memiliki begitu banyak hal untuk dibagikan kepada kalian... Abba kalian, Bapa kalian sedang berseru kepada kalian! Tapi, BANYAK yang tidak mengindahkan panggilan itu. Datanglah kepadaKU, mempelaiKU! Dibersihkan, sembuh dan dibebaskan, dijadikan utuh dan siap untuk KEMULIAANKU, Panen Jiwa Besar terakhirKU-Panggilan terakhirKU, kesempatan terakhir--untuk Kerajaan Allah dan yang paling penting ... siap untuk ANAKKU-Yahushua Ha Mashiach-Yesus Kristus-Kristus datang. HatiKU hancur untuk bumi ini."

AKU MENYERUKAN "PANGGILAN TERAKHIRKU"!
SURAT TUHAN
Reply| 19 May 2012 04:56:31
Lontong saudaraku,
Tidak benar menuduh Amerika Serikat sebagai negara Kristen, apalagi memandang semua hal sbg cerminan ajaran Kristen. Ada banyak pelanggaran akan firman Tuhan kok….kan gak semua sesuai kasih. Kyknya di mana2 jg ada deh yg jahat. Memang ada saudara Kristen yang sungguh-sungguh takut akan Tuhan di sana, tapi jg ada bnyak hal yg membuat Tuhan tidak berkenan. Bacalah isi hati Tuhan di bawah ini, yang ditujukkan untuk anakNya di Amerika.
Ini surat Tuhan, Dia banyak memakai kata kiasan…misalnya mengkiaskan umatNYA sbg kekasihNya, dan banyak kiasan lain. Mintalah hikmat dari Roh Kudus untuk memahami hal ini.

inilah SURAT TUHAN

"Anak-anakKU yang terkasih mohon dengarkan AKU-


Segera akan datang banyak bencana alam yang akan membuat hati pria dan wanita kecewa - Tsunami, tornado, angin topan, gunung berapi, gempa bumi dan angin serta hujan musim lainnya. AKU berkata kepada kalian bahwa daging kalian tidak akan dapat bertahan jika tidak benar-benar berbuah dan berpuasa denganKU.

AKU telah berseru kepada sang mempelai wanita dan orang-orang istimewaKU untuk puasa, puasa, puasa, doa puasa meng-kuduskan diri kalian dan mematuhi AKU. Mengapa? Karena kekasihKU, AKU melakukan ini untuk menyelamatkan mempelaiKU dari bencana yang akan datang dan iblis yang akan datang. Jika kalian tidak berjalan, berbicara dan ada dalam Roh denganKU, Abba-Bapa Yahushuah – Yesus kalian, penyelamat dan penuh dengan RuachHakodesh-Roh KudusKU di dalam kalian ... ADA KEMUNGKINAN YANG TINGGI BAHWA KALIAN AKAN JATUH!


AKU mengetahui rencana musuh, AKU tahu teknologinya, skema NWOnya-banyak yang sudah habis terjual bahkan di mimbar-mimbar sekarang. Datanglah kepada-KU Anak-anakKU, datanglah ke tempat rahasia dari Yang Maha Tinggi! Mazmur 91 adalah untuk kalian di akhir zaman ini.
Bunga
Reply| 14 May 2012 02:12:17
maaf mas lontong...jangan marah ya...saya memang tak paham aturan Islam, tp saya menghormati Islam & saya ingin hidup rukun dengan semua.

Penjelasan di bawah membuat saya lega. Tapi penjelasan tentang musik bertolak belakang dengan yg saya baca di http://bacabacaquran.com/2012/05/musik-dilarang-oleh-islam/

tapi sudahlah, yg penting kita semua hidup rukun aman tenteram damai di negeri tercinta ini
lontong
Reply| 14 May 2012 01:27:46
sya bangga jd org indonesia tp rasa bangga tsb menjadi berlipat ganda karna sy dilahirkan dlm keadaan muslim.

Siapa bilang membuat patung,melukis,dan menyanyi gk blh. Silahkan bikin patung tp jgn disembah atau dipuja2 kyk patung obama,bangga jd org indonesia tp patung obama yg entah org drmana disanjung2. kecuali yg non muslim silahkan dan tmptnya jg harus di tmpt ibadah seperti pura dan semacamnyalah.

Melukis jg boleh tp jgn melukis nabi muhammad saw dan melukis yg porno2 atau yang bisa menimbulkan syahwat,seronok dan semacam gt.

Menyanyi tetap dibolehkan jg, asalkan lirik lgunya gk porno2 jg sm kyk melukis td. Sebenarnya aturan kyk itu mudah dilakukan knpa kok non muslim merasa ketakutan.

Korupsi merajalela itulah akibat dr hukum di negara kita yg banyak celahnya untk dilanggar ya gk BUNGA.

Jgn mukul istri dgn semena2 dan sembarangan atau terlalu keras dong. Ada aturanya jg tuh,ada bagian2 tertentu yg blh dipukul. Tujuannya cuma untk menegur bukan menyakiti itupun kalo dgn kata2 gk mempan dan sebab dia melakukan kesalahan yg amat besar.
Bunga
Reply| 08 May 2012 11:45:14
hai temanku...jangan lupa indonesia jg memisahkan agama & negara

ideologi negara kita pancasila, negara kita bkn negara agama tertentu lho...ideologi negara kita memberi keleluasaan terhadap keanekaragaman.

kawan, beruntunglah negara kita tak berdasar quran & hadits...krn jika berdasar quran & hadits, kasihan teman2 non muslim hrs membayar jizyah, harus menjadi warga negara kelas dua, hrs dibeda2kan.

Apalagi hukumnya yg pakai pukulan, cambukan, bahkan dengan istri sendiri pun boleh main pukul...

Belum lagi, hadits melarang karya seni seperti lukisan, patung,baju sutra bahkan tak boleh bernyanyi. Apa jadinya jika negeri ini berdasar hadits, tentu rusak budaya negeri tercinta.

mari bangga jd org Indonesia, bangga dgn pancasila, bangga dengan usaha penegakkan HAM untuk semua orang tanpa membeda2kan
lontong
Reply| 08 May 2012 11:16:01
kalo amerika memisah antara agama dan negara pantasan org muslim bangga mjd org islam karna islam adalah sumber aturan dlm menjalani kehidupan baik bernegara,berbisnis,dan msh banyak lg yg bersumber dr alquran dan hadits.

Rupanya org kristen mengalami luka yg mendalam tp kita muslim jg merasakan luka yg dlm karna masjid kita jg dibakar. Ada pihak yg melakukan provokasi jdilah bentrokan dan pengerusakan. Kristenisasi adalah bentuk provokasi yg halus tp membuat panas hati.

HAM hanya untuk melindungi non muslim dan untk muslim mereka diam saja, sma halnya dgn media2 sekuler yg tdk adil dlm pemberitaannya.
Mr. NumpangLewat
Reply| 08 May 2012 08:00:46
Dear Lontong,

Amerika bukan negara agama. Bagaimana mungkin kaum agama (pastur & pendeta) mendapat akses mencampuri urusan politik?

Tidak ada misionaris yg didukung militer. Justru para misionaris itu berusaha mewujudkan perdamaian di bumi, karena alkitab mengajarkan membawa damai.

Para pendeta dan pastur pun mengajarkan prinsip amar ma'ruf nahi munkar, karena 10 hukum Tuhan dalam alkitab pun mengajarkan prinsip ini. Tapi mereka tak boleh mencampuri kebijakan negara, karena ada pemisahan yang tegas antara negara dan agama.

Justru gereja sudah banyak berperan mendorong penegakan hak asasi manusia & perdamaian dunia. Gereja berusaha keras menyuarakan prinsip2 kebenaran, keadilan, dan perdamaian untuk semua kalangan.

Saudara Lontong bisa mengecek ke program KWI maupun PGI di Indonesia, semuanya memprogramkan perdamaian. Bahkan natal pun selalu bertemakan perdamaian. Ajaran alkitab mengajarkan berdamai dengan semua orang, berbuat baik, & juga mengajarkan moralitas bagi umatNya.

Mengenai tanggapan Anda tentang jihad, tentu jangan menyalahkan nonmuslim yg menyangka jihad hanya dalam arti angkat senjata. Faktanya: mereka mengalami pemboman gereja atas nama agama. Tentu ini menyisakan luka yang dalam. Andai anda yg jadi korban, akankah anda memandang hal itu sebagai hal yg positif?

Tentu tugas kita semua untuk menjaga kerukunan antar umat beragama. Tentu saja tugas teman2 muslim untuk menyadarkan saudara seukhuwah agar tidak menyerang gereja dengan bom. Daripada melakukan bom gereja, lebih baik berjihad untuk menanggulangi korupsi, kebodohan, dan kemiskinan agar bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat dlm keberagaman.
lontong
Reply| 08 May 2012 07:33:09
mr. Numpang lewat

walaupun mungkin di dlm ajaran kristen or yahudi tdk terdapat ajaran yg membenarkan penjajahan tp apa yg dilakukan amerika+sekutunya dan negara bonekanya sdh cukup membuat kita tdk percaya dgn ajaran kasih agama tsb (kristen/yahudi). Kalo mau membuktikan ajarannya benar kalian yg beragama kristen dan yahudi mestinya berjuang keras bagaimana supaya negara2 penjajah itu bersedia dgn setulus hati tdk melakukan hal2 yg merugikan negara2 muslim. Amar ma'ruf nahi mungkar itu istilah dlm islam yg maksudnya mengajak pada kebaikan dan mencegah perbuatan buruk. Seandainya Para pendeta dan pastur2 melakukan hal2 amar ma'ruf nahi munkar di kalangan umat sendiri mungkin negara2 penjajah tsb tdk akan berbuat sesukanya di muka bumi ini. Tpi ini malah sebelas duabelas, misionaris didukung militer. Kristenisasi umat agama lain jalan terus tp umat sendiri mengalami kerusakan moral yg hebat. Walaupun setiap agama pasti ada umatnya yg mengalami kerusakan moral itulah tugas utama pemuka2 agamanya untk memperbaikinya.

Kata jihad=berjuang, membela negara yg diserang musuh pasti jihad dgn senjata, ada jihad dgn ilmu yaitu mjd guru atau semacamnya,jihad dgn harta yaitu memberi sedekah atau menyumbangkan harta untk hal2 yg baik dan diridoi tuhan. Orang2 non muslim mengartikan jihad cuma pd hal2 yg berbau perang, sy merasa mereka itu begitu bodoh dlm hal ini.
Mr. NumpangLewat
Reply| 04 May 2012 22:09:57
Dear Lontong,

Mari kita renungkan dgn semangat persaudaraan yg tulus

Apakah org kristen & yahudi melakukan penjajahan?

Semisal pun faktanya iya (ini cuma misal loh), apakah ada dalil agama kristen & yahudi yg menjadi dasar penjajahan itu?

Tak ada bukan? Ajaran kebaikan tak mengajarkan penjajahan. Jangankan penjajahan, mengingini milik orang lain, membenci, iri atau dengki pada sesama pun tidak boleh.

Jadi semisalpun ada yg demikian, itu sama sekali tak didukung agama. Semisal ambil contoh Amerika...Amerika bukan negara kristen loh, dan tak ada ayat alkitab yg mendasari imperialisme mereka. Jadi, justru yg melakukan imperialisme itu sedang melawan dalil alkitab.

Tapi coba lihatlah fakta mereka yg berjihad. Lontong mengatakan mereka kaum munafik atau mereka adalah org2 yg ilmu agamanya dangkal...sadarlah saudaraku, justru mereka yg mengamalkan ajaran di kitabmu dengan baik.

Bukankah banyak ayat membunuh orang kafir? Bukankah banyak ayat membenci yahudi dan nasrani? Mengapa Allah tega mengajarkan kebencian terhadap sesama manusia? Bahkan dikatakan yahudi dan nasrani adalah seburuk2nya makhluk...ayo renungkan, apakah Allah yg maha pengasih & penyayang sungguh bersabda demikian?

Tapi sy sungguh sangat menghargai saudara2 muslim yg menafsirkan kitabnya dgn cara yg berbeda...yg menafsirkan jihad sbg perjuangan memberantas korupsi, kemiskinan, kebodohan...bkn lg perjuangan meniadakan org yg berbeda agama.

Mari kita jaga kerukunan antar umat beragama
lontong
Reply| 04 May 2012 19:10:40
alayboz

terus terang di dlm diskusi ini sy terjebak dgn tanpa menyadari sy mengakui ajaran islam sbg ajaran yg buruk tapi saya tetap yakin islamlah agama yg plg benar. Disini saya terpengaruh oleh komentar2 yg menjelekkan islam dan sy hampir percaya. Adapun kalo ada org islam atau kelompok yg berjuang mengatasnamakan islam dgn cara yg justru di luar prikemanusiaan maka itu dilakukan oleh kaum munafik atau mereka adalah org2 yg ilmu agamanya dangkal, mereka hanya memikirkan kepentingannya tanpa memikirkan akibatnya. Mereka itu dibutakan oleh nafsu.

Alayboz
Jgn hanya melihat org islam tp lihat juga org kristen dan yahudi, apa yg mereka lakukan thd org islam di timur tengah di palestina dll. Mana mungkin sy percaya pd ajaran kasih kalian kalo msh senang melakukan penjajahan, itu bukti nyatanya.
Si Cempluk
Reply| 27 Apr 2012 23:35:06
@soeltan
soeltan said: "jadi dengan peperangan bisa diselesaikan suatu masalah ?
kalo memang itu jalannya, kita akan menunggu kehancuran saja nantinya"

jawabnya jelas : TIDAK

bagi muslim, menyelesaikan masalah adalah anda membunuh dan kami diam, atau kami menerima islam..maka semua damai2 saja...
SOELTAN
Reply| 26 Apr 2012 02:48:37
alayboz

jadi dengan peperangan bisa diselesaikan suatu masalah ?
kalo memang itu jalannya, kita akan menunggu kehancuran saja nantinya,
alayboz
Reply| 24 Apr 2012 20:00:54
@ lontong.
ada statement anda yg menyebutkan jgn menutup mata terhdp ajaran kami yg baik. rearti anda secara langsung mengakui bahwa ada ajaran islam yg tidak baik kan?.tidak usah kamu mengatakan ajaran islam yg tidak baik.diseluruh dunia sdh tahu dan paham betul akan sepak terjang agama yg satu ini
alayboz
Reply| 24 Apr 2012 13:04:52
@ sultan
sudah saya jelaskan sama kamu apa yg kamu jabarkan itu sudah basi semuanya untuk kami non muslim
ada dua saja perintah Yesus dgn Golden Rule nya
1.kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu
2.kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.inilah yang saya katakan ayat2 quran inilah yang hanya hasil jiplakan.karena semuanya sudah di terangkan oleh alkitab.kalu kamu pintar dan jeli kamu akan tahu arti 2 hukum diatas tersebut.
yang tidak pernah alkitab pakai adalah tentangayat memerangi dan menghina agama lain.
sungguih munafik sekali kamu ini jadi manusia.dimana mana diindonesia ini sudah bukan rahasia lagi kalau islam itu jelas2 suka menghina agama lain. mau saya kasih contoh satu aja.apa kamu tidak pernah mendengar setiap kali ceramah di masjid2 apa yang sering di katakan oleh ustad2 tsb. pembual kamu. kamu ini seperti musang berbulu domba saj. kasihan sekali kamu ini.ini nyata mas sultan yg terkasih.
alayboz
Reply| 24 Apr 2012 12:39:27
@ sultan
kalau nagasaki tidak di bom waktu itu kamu dan kakek nenek moyangmu gak ada didunia ini.kamu tahu sejarah orang palestina.apakah ada bahasa palestina?omong kosong kamu.bahasa palestina tidak ada sama sekali.yang ada adalah kumpulan orang2 seluruh jasirah arab yang tidak punya tanah sama sekali yg datang ke israel hendak menyerobot tanah yang sudah dijanjikan oleh Tuhan untuk bangsa pilihannya.ya jelas marahlah bangsa israel.kamu tahu syarat2 berdirinya suatu negara?? omong kosong kamu tahu. saya kasih tahu ya.
1.harus punya bahasa ibu sendiri. ngerti gak bahasa ibu?kalau gak tahu tanya sama rumput yg bergoyang.
2.harus punya aksara bahasa sendiri. apa palestina punya??? omong kosong lagi kamu.belajar dulu banyak2 baru kasih koment
bukan hanya islam saja yg dijajah tapi semua agama lainya di indonesia ini.
kalau islam cinta damai,coba tunjukkan dalam hal apa???sesama manusia walaupun berbeda agama/keyakinan??? lagi2 omong kosong kamu ini.
yang ada islam itu mengkotak-kotakkan antara kami dan mereka. TAHUKAN MAS SULTAN yang saya hormati ini??????
SOELTAN
Reply| 23 Apr 2012 22:15:20
jadi intinya islam bukan penyebab perang dunia 1 dan 2
islam bukan penyebabnya bom nagasaki
dan umat islam di palestina sekrang sedangkan di bantai oleh pasukan barat(israel) dan sekutunya(amerika +PBB)
dan islam tidak menjajah negri ini selama 350 tahun lamanya, dan terbebas setelah mengalami perlawanan,
alhamdulillah yah islam cinta damai
SOELTAN
Reply| 23 Apr 2012 22:14:50
jadi inti islam bukan penyebab perang dunia 1 dan 2
islam bukan penyebabnya bom nagasaki
dan umat islam di palestina sekrang sedangkan di bantai oleh pasukan barat(israel) dan sekutunya(amerika +PBB)
dan islam tidak menjajah negri ini selama 350 tahun lamanya, dan terbebas setelah mengalami perlawanan,
alhamdulillah yah islam cinta damai
florence
Reply| 23 Apr 2012 08:40:45
halo lontong...

agama kasih tak pernah mengajarkan menciptakan senjata canggih untuk memusnahkan mahkluk hdp di bumi...

jika ada yg demikian, berarti mereka tak mengamalkan ajaran kasih...

salam damai ya...
lontong
Reply| 23 Apr 2012 07:02:37
saya ingin belajar ajaran kasih dr amerika,belajar gmana cara menciptakan senjata2 canggih untk memusnahkan makhluk hdp di muka bumi seperti yg tjd skrg ini.
SOELTAN
Reply| 23 Apr 2012 02:06:48
ALAYSBOYS,
anda bilang quran itu jiplakan ?
kasih saya satu ayat dan kamu tanggapin mengapa itu jiplakan

dan nanti saya kasih ribuan ayat dari kitabmu yang membuat saya bertanya2
Fetching more Comments...
↑ Back to Top