Blog / Serial Pertanyaan Untuk Ditanyakan Kepada Seorang Muslim (Part-3)

Poligami itu sering didalilkan Muslim sebagai fitrah-manusia dari Tuhan bagi kemanusiaan dan solusi keluarga. Bila begitu, tentu pihak isteri akan menyambut baik setiap gagasan suaminya untuk berpoligami. Tetapi mengapa banyak wanita Muslim justru tidak setuju sekalipun Allah dan Muhammad mengijinkan poligami? Dan mengapa Muhammad sendiri justru melarang putrinya, Fatima, dipoligamikan oleh Ali bin Abi Talib, kecuali kalau Ali menceraikan Fatima dulu? (Bukhari V7, B62, No.157)

 

Oleh: KALANGI 

Khusus Tentang Poligami


   

21.Mengapa Allah membeda-bedakan hukum-Nya bagi EMPAT jenis manusia ciptaan-Nya dalam kaitan “ber-suami-istri”: (1) Kenapa kepada pria diturunkan hukum pasti bahwa mereka diijinkan mempunyai empat istri (four wives[87]). (2) Kenapa kepada Muhammad tidak dikenakan hukum tersebut untuk menjadi model bagi umatnya, melainkan dibiarkan, alias tidak diturunkan batasan pasti apapun. (3) Kenapa kepada wanita merdeka hanya boleh mempunyai satu suami? (4) Sedangkan kepada wanita budak boleh dikawini oleh majikan Muslim yang mana saja (yang berturut-turut menjadi majikannya), diantara budak-budak perempuan lainnya (4:24, 25, 23-5-6, 70:30, dll).

 

22. Mengapa memiliki 4 istri diijinkan tetapi memiliki 5 istri dilarang? 

Mengapa wahyu poligami (4:3) begitu terlambat dimunculkan oleh Muhammad (padahal praktek poligami telah berkecamuk lama dimana-mana sebelumnya), yaitu baru diwahyukan setelah belasan tahun Islam muncul?! Tepatnya wahyu sepertinya harus menunggu meninggalnya istri Muhammad yang pertama dan satu-satunya (Khadijah) mati? Dan baru muncul ketika Muhammad siap kawin-mawin poligami sepeninggal istrinya.

 

23. Poligami itu sering didalilkan Muslim sebagai fitrah-manusia dari Tuhan bagi kemanusiaan dan solusi keluarga. Bila begitu, tentu pihak isteri akan menyambut baik setiap gagasan suaminya untuk berpoligami. Tetapi mengapa banyak wanita Muslim justru tidak setuju sekalipun Allah dan Muhammad mengijinkan poligami? Dan mengapa Muhammad sendiri justru melarang putrinya, Fatima, dipoligamikan oleh Ali bin Abi Talib, kecuali kalau Ali menceraikan Fatima dulu? (Bukhari V7, B62, No.157)


24. Mengapa Nabi sebagai ayah dari Fatima bisa berkata, “Fatima adalah bagian dari tubuh saya, dan saya benci melihat apa yang dibencinya, dan apa yang menyakitinya, adalah juga menyakiti saya” (Bukhari V7, B62, No.157), tetapi Nabi tidak bisa peka terhadap ayah-ayah Muslimah yang juga akan merasa disakiti bila putrinya dikawinkan dengan pria beristri?!


25. Apakah hati nurani ibu-ibu salah ketika mereka mencatat bahwa dibalik setiap poligami terdapat dusta, ketidak-setiaan, penyudutan, intrik-intrik, alih-kasih, kemunafikan, tekanan atau penguasaan terhadap sang isteri (uang dipakai sebagai pengontrol istri)?! Adakah poligami yang terasa mulia dan luhur kebatin terdalam dari manusia? Siapakah diantara orang tua yang bernaluri  ingin anak-anak gadisnya dipoligamikan sejak semula?

 

 

26. Kenapa Allah mengizinkan para Muslim berpoligami asal bisa berlaku adil, sedangkan Dia tahu bahwa mereka PASTI tidak bisa berlaku adil. “Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil di antara isteri-isteri(mu), walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian...” (Q.4:129). Bukankah hakekat dasar dari hasrat untuk “beristri-baru” itu sudah merujuk kepada “pergeseran preferensi” sang suami terhadap istri tua, dan itulah bibit ketidak-adilan? Kalau sudah begitu, kenapa Allah tidak melarang poligami saja?! 

 

27. Menurut anda sudah benar dan adilkah (righteousness-nya Tuhan Sorgawi) seorang pria dapat menceraikan istrinya dengan alasan apapun (dengan meng ucapkan "talak" tiga kali)[88] sedangkan seorang wanita harus mengajukan kasusnya di hadapan hakim?

 

28. Pantaskah Muhammad yang dia sendiri menikahkan anak angkatnya Zaid bin Muhammad dengan Zaynab binti Jahsy, tetapi dia pulalah sosok dibalik yang menceraikan rumah tangga mereka, atas nama Allah? (Q.33:37, Bukhari, book 93, no.516).

 

29. Zainab selalu membanggakan dirinya di depan para istri-istri Nabi yang lain dengan berkata: “Kalian dikawinkan oleh keluarga kalian, sedangkan saya dikawinkan (dengan Nabi) oleh Allah sendiri dari langit ketujuh” (Bukhari, book 93, no.516). Itu adalah fakta yang tidak bisa dibantah oleh isteri-isteri Nabi yang lain. Kalau begitu kenapa Allah, Quran dan Muslim tidak menempatkan Zainab sebagai Muslimah yang paling mulia diseluruh jagat, dan bukan Khadijah, Asiyah (istri Fir’aun) atau Fatima yang namanya bahkan tidak muncul dalam Quran kecuali diusung-usung oleh Muslim saat ini? (Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah III h.419 hadis no.1424).

 

30. Seorang pria Muslim diperbolehkan melakukan seks dengan 4 istri,[87] gundik-gundiknya, budak-budaknya,[89][90] dan dengan tawanan perang.[78] Melakukan hubungan seks sebelum nikah (dengan budak-budaknya), perzinahan, perkosaan dan poligami (adultery, rape, and polygamy). Bahkan boleh kawin mut’ah untuk melepas syahwat sementara dengan membayar sehelai kain? (Sahih Muslim, Book 8 no. 3243, 3246, 3247 dst). Apakah menurut anda semua ajaran ini bermoral? Dan bagaimana perbandingan moral Muhammad ini dengan moral Isa Al-Masih dan ajaran agama lain, atau bahkan dibandingkan dengan moral dari budi-akhlak manusia biasa?

 

30a. Ulama Islam selalu berdalih: “Sebelum turun ayat ini (Q.4:3), poligami sudah ada, dan pernah pula dijalankan oleh para Nabi sebelum Nabi Muhammad s.a.w”. Baiklah. Tetapi kapan Allah pernah turunkan ayat sejenis sebelum Muhammad untuk berpoligami-ria? Dapatkah Ulama Islam menjawab berdasarkan sumber Islam sendiri kapan dan Nabi siapa yang pertama-tama memulai poligami didunia ini?

 

NOTE. Untuk mereduksi citra buruk poligami Islamik ini, Muslim memang serin g mendalilkan bahwa para nabi sebelum Muhammad juga sudah melakukan praktek poligami, dan ini tercantum juga dalam Alkitab. Wah, perbandingan head-to-head yang semakin sesat bahkan terkesan menipu! Beberapa nabi dalam Alkitab memang melakukan praktek poligami, namun samasekali BUKAN karena adanya hukum Tuhan. Tidak satu ayatpun di Alkitab dimana Tuhan melegalkan poligami. Tidak Adam, tidak Nuh, tidak Ibrahim, Musa Daud atau Nabi manapun (termasuk Sulaiman yang beristri/ bergundik 1000) yang pernah mengatakan bahwa Tuhan melegalisasikan poligami bagi umat-Nya! Tuhan sejak semula menciptakan satu Adam dan satu penolong yang sepadan baginya (Kejadian 2 ayat 18) dan itulah disain mulia sepasang Adam-Hawa “sehingga keduanya menjadi satu daging” (ayat 24).  

 

Praktek poligami baru terjadi dalam generasi-generasi belakangan karena pilihan nafsu dan kekerasan hati mereka pribadi yang menyimpang dari konsep-kesepasangan disain Tuhan, “Dia menjadikan kamu berpasangan” (Q.35:11). Nabi-nabi juga manusia berdosa yang bisa tergelincir, kecuali Yesus. Lihat lumuran dosa-dosa mereka, termasuk Muhammad sendiri yang mengakuinya pula (Q.2:36; 7:22, 23; 26:82; 28:15, 16; 38:24, 25; 37:142; 40:55; 47:19; 48:1,2 dll).

 

Maka Yesus menegaskan kembali kesepasangan yang mulia ini ketika Ia berkata secara definitif: “Mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia." (Matius 19:6). Ingat, agama bangsa Semitik yang lebih tua seperti Yudaisme dan Kristianitas tidak melegalkan poligami, kecuali Muhammadanisme! Dan Muhammad bahkan berani meneruskan versi poligami dia sendiri berlaku sampai kepada surga, dimana nikmat syahwat setiap pengikutnya tersalur bersama para bidadari cantik atau 72 bidadari yang selalu perawan (44:54, 55:56, 55:70-76, Misykat al-Mashabih dll) tanpa menghiraukan keberadaan 1, 2, 3, 4, atau lebih dari isteri-isteri mereka yang sudah pernah dikawininya di dunia!

 


Add a Comment
| 39
Okta
Reply| 29 Jun 2012 23:43:27
d. Kebanyakan wanita lebih mengandalkan perasaan dibanding logika, berbeda dengan pria. Maka dikala si wanita sedang down, suami yang tak sabar/tahan akan lari pada wanita lain yang mungkin bisa lebih menyenangkan si suami untuk saat itu (berselingkuh). Karena menurut survei pada salah satu majalah menyebutkan bahwa kebanyakan laki-laki di dalam pikirannya hanya sex, sex, dan sex. Itulah alasan lain mengapa wanita dilarang poliandri dan laki-laki diperbolehkan polygami.

e. Kenapa harus diatur punya istri max 4? Punya istri 1/2/3/4 aja belum tentu sanggup apalagi lebih dari itu. Kalo mampu ya silahkan jalankan, tapi resiko ditanggung masing-masing ya brow. N jangan lupa juga kalau ALLAH SWT tidak suka yang berlebih-lebihan. Berlebih-lebihan adalah perbuatan syetan. Jangan rakus jadi orang, kasian yang belum kebagian. Dikasih ijin max punya istri 4 aja udah syukur, kenapa harus minta lebih. ckck..

f. Pengucapan talak dari suami sebanyak 3 kali berarti si istri sudah resmi bercerai dengan suaminya, dalam hukum agama Islam. Itu dimaksudkan agar si suami tak sembarang mengucap talak. Jika memang sudah terlanjur dan ingin kembali, ya tinggal rujuk lagi sesuai prosedur. Ingatlah, Menyesal selalu datang belakangan. Islam itu mudah, hanya orang-orang nya saja yang membuatnya sulit.

g. Intinya polygami yaitu menghindari zina dan fitnah. Islam sangat menghormati wanita. Allah SWT Maha Tau.

(Yang salah, dariku. Yang benar, hanya milik ALLAH SWT)
Okta
Reply| 29 Jun 2012 23:40:51
Tentang Polygami:
a. Hanya lelaki yang dibolehkan punya istri lebih dari satu (polygami). Wanita tidak boleh bersuami lebih dari satu (poliandri), karena salah satu dampak poliandri ialah Kurangnya kepastian mengenai keturunan yang dihasilkan. Ketidaktahuan menentukan ayah biologis dari anak yang dilahirkan sangat tinggi akibat bentuk pernikahan poliandri. Hal ini bisa memicu atau membuat masalah dalam kehidupan rumah tangga. Memang sekarang udah serba canggih bisa tes DNA segala, tapi apa perlu seribet itu? Kasian banget si anak kudu nunggu hasil DNA dulu baru ketauan bapak aslinya. ckck..

b. Sayangnya jaman sekarang susah cari laki-laki yang sempurna akhlaknya seperti Rasulullah SAW. Kebanyakan sekarang mereka polygami cuma cuz nafsu, seakan mereka menyalahartikan makna polygami. Jadi, pantas saja banyak para ibu-ibu yang menolak polygami, sebenarnya mungkin bukan menolak tetapi ingin memberi peringatan pada laki-laki bahwa tidak mudah berpolygami, harus inget sama keluarga, cuz polygami kan kudu ada ijin juga dari istri sebelumnya dan anaknya kalo perlu, kasih alasan ke mereka, kalo mereka nolak ya udah ga usah pake acara polygami segala. Adil, itu syarat yang wajib dan sifat adil yang benar-benar adil hanya dimiliki Rasulullah SAW. Belum lagi syarat-syarat lainnya (panjang kalo dijabarin, searching sendiri ya..)

c. Dalam Islam kewajiban suami selain menjadi kepala keluarga juga berkewajiban untuk mencari nafkah, sedangkan istri berkewajiban mengurusi anak dan rumahtangganya. Jika si istri punya suami banyak, maka amat beratlah beban yang akan dipikul si istri. Selain itu, beberapa dari si suami akan merasa 'buat apa saya kerja buat nafkahin istri yang punya suami lain yang masih bisa berpenghasilan lebih', akhirnya pengangguran deh dia yang mungkin berakibat frustasi apalagi kalau lagi ada masalah.

Bersambung..
engkong
Reply| 29 Jun 2012 17:38:42
poligami dibolehkan muhammad karena dia banyak istrinya sampai ada yang 6 tahun lho. coba bayangkan saja kalau anda punya ayah seperti muhammad mengawini anak umur 6 tahun, mengambil mantunya jadi istri,membunuh suami orang dan mengambil istrinya dan sbgnya. coba bayangin kalau orang tua anda seperti itu, perasaan anda bagaimana? apa bangga? dan mengikuti ajaran dan perbuatannya? yang akan bisa masuk sorga? atau anda akan megutuki dan membunuhnya karena malu tak tertahankan dan tak akan berakhir. apa itu dapat dikatakan Mulia? apa itu kebenaran? apa itu kebajikan? apa itu adil? apa itu kasih? dan dapat dipuji dan diteladani? mari sungguh sungguh direnungkan......! dengan hati nurani yang benar bukan memakai iman yang buta dan harga diri yang salah untuk dipertahankan. nuwun sewu...
zero
Reply| 28 Jun 2012 12:38:06
say no to poligami...say yes to free sex....mungkin itulah yg coba diangkat penulis.
Knapa poligami disalahkan atau di kontroversialkan sedangkan anda tidak melihat dari sudut pandang yg lain. Seks memang bukan segalanya,oleh karena sifat dan nafsu manusia seks itu perlu diatur.Islam sangat mengharamkan zina dan seks bebas,dan jalur terakhir utk menghindari itu adalah poligami.
Coba bandingkan,negara amrik atau eropa yg mayoritas non muslim dengan kehidupan freesex nya...apakah itu yg mau anda ikuti???
muslim_nice
Reply| 23 Jun 2012 21:21:23
@ Teduh

ada! di banyak negara eropa dan india/gujarat non muslim malah mencoba mengganggu ibadah muslim, entah dengan mengebom masjid, menghalangi pemakaian niqab dll. mereka itu campuran antara orang ateis, kristen, yahudi, hindu tapi intinya orang kafir (kata yesus kafir = anjing!)

anda juga melupakan fenomena banjir darah muslim di perang salib di abad pertengahan.

fenomena tetap fenomena, bukankah itu cara pijakan anda?

jangan sok suci dan munafik lu!
muslim_nice
Reply| 23 Jun 2012 21:15:11
@ NURANI

klik semua sambungan situs yang saya berikan kepada Teguh jangkrik!
tari
Reply| 19 Jun 2012 03:10:19
Gaya slimer yang udah mati kutu, sperti pendekar mabuk karena minum kencing onta jadi mereka mengingkari kitab sucinya sendiri.
NURANI
Reply| 14 Jun 2012 21:49:20
KOK TAK ADA MUSLIM YANG KOMEN TTG GBR MUSLIMAH YANG SEDANG RAME2 BAWA POSTER: "SAY NO TO POLYGAMY"?
Itu adalah sebuah message (WAHYU) dari Tuhan yang mendesign konsep rumah tangga orang2 beriman!
Teduh
Reply| 13 Jun 2012 22:08:50
@soegy atnoke

bertaubat dari apa mas!! adakah pengikut Yesus yg membubarkan orang lain yg lagi beribadah sambil membawa pentungan dan golok terus meneriakan mantra suci "allahu akbar" kemudian pentungan dan golok diayunkan kemusuh2 allah kalian!!! kalau anda cerdas silahkan renungkan!!!
soegy atnoke
Reply| 13 Jun 2012 06:43:34
Bertaubatlah....bertaubatlah....bertaubatlah...wahai para gembala, karena Yesus tidak mengajarkan cara-cara begini ketika menyikapi perbedaan. 2000 tahun lebih yang lalu,para pengikut Yesus tidaklah pernah demikian kelakuannya.Taubatlah !!!
soegy atnoke
Reply| 13 Jun 2012 06:43:01
Bertaubatlah....bertaubatlah....bertaubatlah...wahai para gembala, karena Yesus tidak mengajarkan cara-cara begini ketika menyikapi perbedaan. 2000 tahun lebih yang lalu,para pengikut Yesus tidaklah pernah demikian kelakuannya.Taubatlah !!!
Cempluk
Reply| 12 Jun 2012 06:57:44
itulah pembodohan muslimah yang sukses, dilakukan muslim memang dengan tujuan "mulia" yaitu "memuaskan nafsu sex" sebagaimana yang akan mereka dapatkan di surga nanti...

lihat betapa bangga mereka, karena mereka pikir sedang menyenangkan alloh swt...
SITI
Reply| 11 Jun 2012 07:37:39
LIHAT CARA MUSLIMAH BERNIQAB MAKAN http://www.buktidansaksi.com/Medias
SITI
Reply| 11 Jun 2012 07:35:41
LIHAT BAGAIMANA LIBERALISASI ISLAM BAGI MUSLIMAH YANG BER-NIQAB.

MEREKA BUKAN HANYA HARUS MENUTUP AURATNYA, TETAPI JUGA MULUTNYA,WALAU HANYA MAU MAKAN SEADANYA.
jangkrik
Reply| 11 Jun 2012 06:47:51
Gimana muslim ngga berebutan ngumpulin vagina sebanyak-banyaknya, lha wong tuhan islam yaitu auloh swt alias hajar azwad itu jelas sengaja dibungkus dgn casing mirip VAGINA.

All Muslimer, adakah yg bisa menjawab:

1.Siapa perancang/pembuat casing Hajar Azwad?
2.Apa alasan casingnya dibentuk mirip vagina?

Ayo Muslim Nice, keluarkan semua kemampuan elo, kalo ngga mampu jg minta fatwa MUI atau FPI...
Nabil
Reply| 10 Jun 2012 21:05:58
Saya ingin berdebat dg Muslim-intelek dan Ulama-kawakan dg mengomentari topik ini secara etis/moralis! Apa dasar Allah dan Muhammad memuliakan poligami, kawini para budak,menzinahi/memperkosa wanita tawanan, dan kawin mut'ah 1-2 jam dst.

Kenapa saya tantang begitu? Karena dulu saya yang lagi getol2 membela poligaminya Muhammad akhirnya disadarkan tentang kebenaran sejati dari tahta KUDUSNYA!
Grendazebba
Reply| 10 Jun 2012 17:22:20
kayaknya banyak keributannn berhasillllllllllll
pak admin yang paling pintar
acara kemenanganya apa????????
maesojenar
Reply| 10 Jun 2012 15:47:16
@muslim nice
kowe muslim banget.lha wong yang dibahas poligami.kok malah yang enggak-enggak.apa pendapat kowe tentang poligami,boleh ngak emak lo di poligami,boleh ngak anak perempuan lo di poligami,jangan malah ngamuk2.ngak cerdas amat.
Sulaiman rendy
Reply| 10 Jun 2012 12:50:53
Hahahahahaha... Ngacak surat'e kagak jelas pengetahuan'a blm bener dan hadits'a gak beraturan dengan pemahaman...
jangkrik
Reply| 10 Jun 2012 01:37:00
@ muslim nice

Eh slim, tlg lbh spesifik dong, copas aja apa yg menurut elo perlu dibaca, bukan sekedar nyuruh buka situs elo doang. Biar gw jg paham isi batok kepala elo!
Emangnya Umat Kristen itu bego ape?
Fetching more Comments...
↑ Back to Top