Blog / Kisah Tentang Kasih Tuhan: Pengorbanan Abraham

Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya. Dan Abraham menamai tempat itu: "YAHWEH menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung YAHWEH, akan disediakan."

 

Saksikan Videonya di SINI

 

 

Kejadian 22:1 Setelah semuanya itu Elohim mencoba Abraham. Ia berfirman kepadanya: "Abraham," lalu sahutnya: "Ya, Tuhan."

 2 Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

 3 Keesokan harinya pagi-pagi bangunlah Abraham, ia memasang pelana keledainya dan memanggil dua orang bujangnya beserta Ishak, anaknya; ia membelah juga kayu untuk korban bakaran itu, lalu berangkatlah ia dan pergi ke tempat yang dikatakan Elohim kepadanya.

 4 Ketika pada hari ketiga Abraham melayangkan pandangnya, kelihatanlah kepadanya tempat itu dari jauh.

 5 Kata Abraham kepada kedua bujangnya itu: "Tinggallah kamu di sini dengan keledai ini; aku beserta anak ini akan pergi ke sana; kami akan sembahyang, sesudah itu kami kembali kepadamu."

 6 Lalu Abraham mengambil kayu untuk korban bakaran itu dan memikulkannya ke atas bahu Ishak, anaknya, sedang di tangannya dibawanya api dan pisau. Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

 7 Lalu berkatalah Ishak kepada Abraham, ayahnya: "Bapa." Sahut Abraham: "Ya, anakku." Bertanyalah ia: "Di sini sudah ada api dan kayu, tetapi di manakah anak domba untuk korban bakaran itu?"

 8 Sahut Abraham: "Allah yang akan menyediakan anak domba untuk korban bakaran bagi-Nya, anakku." Demikianlah keduanya berjalan bersama-sama.

 9 Sampailah mereka ke tempat yang dikatakan Elohim kepadanya. Lalu Abraham mendirikan mezbah di situ, disusunnyalah kayu, diikatnya Ishak, anaknya itu, dan diletakkannya di mezbah itu, di atas kayu api.

 10 Sesudah itu Abraham mengulurkan tangannya, lalu mengambil pisau untuk menyembelih anaknya.

 11 Tetapi berserulah Malaikat YAHWEH dari langit kepadanya: "Abraham, Abraham." Sahutnya: "Ya, Tuhan."

 12 Lalu Ia berfirman: "Jangan bunuh anak itu dan jangan kauapa-apakan dia, sebab telah Kuketahui sekarang, bahwa engkau takut akan Elohim, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku."

 13 Lalu Abraham menoleh dan melihat seekor domba jantan di belakangnya, yang tanduknya tersangkut dalam belukar. Abraham mengambil domba itu, lalu mengorbankannya sebagai korban bakaran pengganti anaknya.

 14 Dan Abraham menamai tempat itu: "YAHWEH menyediakan"; sebab itu sampai sekarang dikatakan orang: "Di atas gunung YAHWEH, akan disediakan."

 15 Untuk kedua kalinya berserulah Malaikat YAHWEH dari langit kepada Abraham,

 16 kata-Nya: "Aku bersumpah demi diri-Ku sendiri demikianlah firman YAHWEH:Karena engkau telah berbuat demikian, dan engkau tidak segan-segan untuk menyerahkan anakmu yang tunggal kepada-Ku,

 17 maka Aku akan memberkati engkau berlimpah-limpah dan membuat keturunanmu sangat banyak seperti bintang di langit dan seperti pasir di tepi laut, dan keturunanmu itu akan menduduki kota-kota musuhnya.

 18 Oleh keturunanmulah semua bangsa di bumi akan mendapat berkat, karena engkau mendengarkan firman-Ku."

 19 Kemudian kembalilah Abraham kepada kedua bujangnya, dan mereka bersama-sama berangkat ke Bersyeba; dan Abraham tinggal di Bersyeba.

 

 

Sumber: Youtube.com


Add a Comment
| 69
yokai
Reply| 05 May 2013 12:59:41
kalo agama cuman untuk diperdebadkan mendingan BANGKRUT aje deh tuh agama!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! bukannya buat menenangkan malah bikin perang.. UDelah masing masing mengimani ajarannya sendiri, jangan sok paling bener..bukankah katanya cinta DAMAI?????
Gw
Reply| 09 Dec 2012 17:07:39
Anak dari istri simpanan / bukan istri sah / budak merupakan anak haram .... wkwkwkwkwkwkwk .... Jd Ismail adalah anak haram .... wkwkwkwkwk
Nurani
Reply| 09 Dec 2012 15:38:43
anak tunggal = anak ke 2
yg ngedit alkitab kurang cerdas.kelihatan sekali editanya ayat tsb ada penambahan kata "yakni ishak"
s4leh
Reply| 09 Dec 2012 10:19:04
BACA CERITA DIATAS DENGAN SEKSAMA
Ishak itu korban bakaran
atau koeban sembelihan

disuruh dibakar sama Tuhan atau disuruh sembelih
2 Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."
saya mualaf
Reply| 08 Dec 2012 08:19:35
KISAH YESUS MENJADIKAN KRISTEN MASUK ISLAM
KISAH YESUS MENGANTARKANKU PADA ISLAM
==============================
Tiga belas tahun yang lalu Vicente Mota Alfaro adalah salah seorang pemeluk Kristen yang taat yang secara rutin mendatangi kelas Minggu dan membaca Injil setiap harinya.

Namun hari ini, dia tidak hanya seorang Muallaf, namun dia adalah Imam Masjid dari Pusat Kebudayaan Islam Valensia (CCIV).
...
Selain merupakan Muallaf pertama yang dipersilakan mengimami setiap kali sholat berjamaah, dia juga merupakan anggota Dewan Kepengurusan CCIV sejak 2005.

Pemimpin kelompok Muslim Valensia menetapkan Alfaro sebagai Imam besar, dan berterima kasih atas kerja kerasnya.

“Dia pantas kami pilih karena kehebatan pengetahuan agamanya”, kata El-Taher Edda Sekretaris Umum Liga Islam bagian Dialog dan Perdamaian.

Dia meyakini Alfaro telah menyebarkan pesan yang nyata mengenai Muallaf yang bergabung dalam kekuatan Islam.

Beberapa media setempat tidak lama lalu melaporkan adanya peningkatan jumlah Muallaf di Spanyol, tanpa adanya pertentangan dari pihak manapun.

Ketika masyarakat bertanya kepada Alfaro bagaimana dia dapat menjadi seorang Muallaf, dia akan memberikan jawaban yang sederhana.

“Allah telah menjadikan Islam sebagai agama dan hidupku”, katanya mantap.

Saat itu Alfaro berusia 20 tahun dan masih berkuliah ketika dia memutuskan untuk menjadi Muallaf.

“Saya membaca Al-Quran, saya menemukan kebenaran tentang Nabi Isa dan saya putuskan menjadi Muallaf”.

Pada awalnya dia adalah seorang pemeluk Kristen yang taat.

“Dulunya saya rutin pergi ke Gereja tiap Minggu dan membaca Injil setiap harinya”.

“Pada saat itu saya tidak tahu sama sekali mengenai Islam”.

Dia mempunyai seorang tetangga Muslim Algeria yang memperkenalkannya pada Islam.

“Ketika berbincang-bincang dia mengatakan bahwa seluruh umat manusia adalah keturunan Adam dan Hawa, dan semuanya merupakan anak dari Nabi Ibrahim”, kenangnya.

“Saya terkejut mengetahui bahwa dalam Islam juga mengenal Adam, Hawa, dan Ibrahim”.

Perbincangan tersebut rupanya membuat Alfaro muda semakin ingin mengetahui tentang Islam.

“Selanjutnya, saya meminjam salinan Al-Quran dari perpustakaan”.

Dia membawanya pulang dan membaca salinan Al-Quran tersebut dengan teliti.

Namun titik balik bagi Alfaro datang ketika dia membaca kisah tentang Yesus (Nabi Isa) dan kejadian penyaliban.

“Sebelumnya yang saya ketahui adalah Yesus merupakan anak Tuhan yang diutus ke dunia untuk menebus dosa umat manusia, dan sebetulnya hal tersebut cukup mengganggu saya”.

“Dan saya temukan jawabannya dalam Al-Quran. Yesus tidak pernah disiksa ataupun disalib”.

Muslim meyakini Nabi Isa sebagai salah satu Rasul yang diberi penghormatan lebih.

Dalam Islam, Nabi Isa tidak mengalami penyaliban, namun diangkat ke surga dan akan diturunkan kembali pada akhir zaman untuk memerangi Dajjal Al-Masih dan akan membawa kemenangan dan kejayaan bagi Islam.

Dan kisah tersebut merubah keyakinan Alfaro untuk menjadi seorang Muallaf bernama Mansour.

“Dengan cepat saya menyadari bahwa Al-Quran adalah Kitab Tuhan yang sesungguhnya, dan saya tidak pernah menyesal menjadi seorang Muallaf”
sodrun
Reply| 04 Dec 2012 22:26:50
MOMO : 06 Nov 2012 02:25:54
menulis : ...........................................
"
Sebentaran dech......emmmm apaan itu.
Gold Gospel n Glory
.Gold> >>>>>>Ketamakan
Gospel> >>>>>Kemunafikan
Glory> >>>>>>Gila Penghormatan
"
Trus...........................................
kita musti kasi komen yang kek gimana atas posting si MM ini ?

@ moderator / admin
Posting macam ini dihapus saja,... ngotor2in thread !
(termasuk posting saya ini lho..... xixixixi)
MOMO
Reply| 06 Nov 2012 02:25:54
Sebentaran dech......emmmm apaan itu.
Gold Gospel n Glory
.Gold> >>>>>>Ketamakan
Gospel> >>>>>Kemunafikan
Glory> >>>>>>Gila Penghormatan
Way
Reply| 06 Nov 2012 00:52:46
Kej.21:21 Maka tinggallah ia di padang gurun Paran, dan ibunya mengambil seorang isteri baginya dari tanah Mesir.

Paran adalah padang gurun yg bersebelahan dgn Mesir, bukan Mekah di tanah Arab. Ini nampak dari ayat ini bahwa Ismael mengambil istri dari tanah Mesir, negeri yg dekat dengan padang gurun Paran.
Sedangkan Ishak sangat dilarang oleh ayahnya Abraham utk mengambil istri dari bangsa lain.
(Kej.24:4 Tetapi engkau harus pergi ke negeriku dan kepada sanak saudaraku untuk mengambil seorang isteri bagi Ishak, anakku.")
Hal ini menjelaskan bahwa Ishak-lah anak perjanjian yg melaluinya Allah membangkitkan keturunan ilahi, yaitu Yesus Kristus. Allah menjaga kemurnian keturunan ini.
Way
Reply| 06 Nov 2012 00:37:04
Kej.22:2 Firman-Nya: "Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Kukatakan kepadamu."

(Ayat ini menjelaskan nama dari anak yang Allah perintahkan utk dikorbankan,yaitu Ishak. Ismael tentu bukan anak yg dimaksud, karena ia sudah keluar dari perkemahan Abraham dan tinggal di Paran)
Way
Reply| 06 Nov 2012 00:05:53
Mari kita urutkan kisah ini:

Kej.17:19 ...dan engkau akan menamai dia Ishak, dan Aku akan mengadakan perjanjian-Ku dengan dia menjadi perjanjian yang kekal untuk keturunannya.
(Ayat ini menjelaskan : perjanjian kekal Allah terjadi melalui Ishak)

Kej.21:14 Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba.

(Ayat ini menunjukkan Hagar dan Ismael berpisah dari Abraham)
FIRDAUS Cuma MEMBELA DIRI
Reply| 05 Nov 2012 12:43:46
@kakeku muslim
he said: Lha kalo perang karena ditindas, gimana ceritanya pasukan muslim hrs nyerbu&menjajah Spanyol? Turki.

Apakah Akan terjadi itu perang salib jika "Bila di tampar Pipi kananmu maka Berikanlah Pipi Kirimu " itu benar2 dilakukan oleh setiap Kristen ?
Kenyataanya Jajahan Kristen dari Amerika,Afrika sampai India dan Asia, Tanam Paksa, Kerja Rodi.
Orang Islam yg Jadi bangkai dari Anyer sampai Panarukan,
bukan orang Keturunan dan Jongos2 Belanda.

Jangan sok mengatakan Agama Kasih kalau masih berperang, Katanya Perang itu Jahat Kejam sadis, walaupun ada stempel Agama?
Gold Gospel and Glory
tamu
Reply| 05 Nov 2012 08:37:19
"Sesungguhnya barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya".[al-Mâidah/5:32]

kok sama dengan isi kitabnya orang yahudi (talmud)

Simak Mishna (Sanhedrin 4: 5):

Untuk alasan ini, manusia (yaitu manusia yang pertama) diciptakan sendirian untuk belajar melihat bahwa barangsiapa menghancurkan sebuah nyawa adalah seolah ia telah memusnahkan seluruh alam semesta, dan barang siapa yang menyelamatkan sebuah nyawa adalah seperti ia telah menyelamatkan seluruh alam semesta.

dari ke dua ayat di atas mana yang lebih dulu ya kitab yahudi apa kitab islam?
Kakekku Moeslim
Reply| 05 Nov 2012 01:24:22
@K-Trok : Lha kalo perang karena ditindas, gimana ceritanya pasukan muslim hrs nyerbu&menjajah Spanyol? Turki, bukannya dulu diserbu dan diislamkan? Wong memerangi kok msh ngaku2 dakwah tanpa kekerasan.. Alloh tdk mahakuasa, nyatanya butuh pasukan yg besar&licik utk mencari umat penyembahnya... Islam kaya MLM, orang miskin cuma jadi penonton orang2 kaya pamer gelar haji dan beli kendaraan qurban untuk lebih cepat&diprioritaskan masuk syurga, Lokalisasi yg kekal...
EX-MUSLIM
Reply| 04 Nov 2012 22:21:46
@ K-POP,

Anda bangga kutib ayat2 merpati dr Quran? Goblok-lah anda!! Seharusnya anda miris, malu, dan ragu dan bertanya kpda ALLAH:

"Apakah Allahku masih waras sbg Allah? Karena Dia juga yg memerintahkan MEMBUNUH DAN BERLAKU KERAS KEPADA ORANG2 KAFIR. Dan itu sedikitnya tdpt dlm 126 ayat2 Quran. Dan karena kontradiksi2 ini maka Allah sendiri pulalah yg menyimpulkan bhw Quran BUKAN DARI SISI ALLAH (qS.4:82). Sadarlah!
K_POP
Reply| 04 Nov 2012 01:38:41
@orang bebas
"Sesungguhnya barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya".[al-Mâidah/5:32]

"Dan janganlah kamu membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan suatu (sebab) yang benar" [al-‘An’âm/6:151]

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang (kafir) yang tidak memerangimu karena agama dan tidak (pula) mengusirmu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku Adil“. (al-Mumtahanah: 8)

.....see Jangan menafsirkan Al Qur'an secara sempit&sepotong2.
K_POP
Reply| 04 Nov 2012 01:25:04
@orang bebas
Gak Perlu pake urat syaraf begitu...
Islam berperang setelahbertahun-tahun dalam penindasan.
Beda sama orang2 yg Fanatik yg Berjihad saat ini mereka gak ngerti Islam bener2.

Muhammad saw sangat menghormati orang Kafir(ingkar)
"Barang siapa mengganggu Kafir(ingkar terhadap kebenaran(Islam))maka sama saja mengganggu aku"
Dan Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam bersabda,

مَنْ قَتَلَ مُعَاهَدًا لَمْ يَرَحْ رَائِحَةَ الْجَنَّةِ وَإِنَّ رِيْحَهَا تُوْجَدُ مِنْ مَسِيْرَةِ أَرْبَعِيْنَ عَامًا

“Siapa yang membunuh kafir Mu’ahad ia tidak akan mencium bau surga dan sesungguhnya bau surga itu tercium dari perjalanan empat puluh tahun”.[3]
أَلَا مَنْ ظَلَمَ مُعَاهَدًا، أَوِ انْتَقَصَهُ، أَوْ كَلَّفَهُ فَوْقَ طَاقَتِهِ، أَوْ أَخَذَ مِنْهُ شَيْئًا بِغَيْرِ طِيْبِ نَفْسٍ، فَأَنَا حَجِيْجُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Ingatlah, siapa yang menzholimi seorang mu’ahad, merendahkannya, membebaninya di atas kemampuannya atau mengambil sesuatu darinya tanpa keridhaan dirinya, maka saya adalah lawan bertikainya pada hari kiamat.” [8]

@orang bebas ,Mungkin ayat ini yang anda maksud :

“Perangilah orang-orang yang tidak beriman kepada Allah dan tidak (pula) kepada hari kemudian dan mereka tidak mengharamkan apa yang telah diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya dan tidak beragama dengan agama yang benar (agama Allah), (yaitu orang-orang) yang diberikan Al-Kitab kepada mereka, sampai mereka membayar jizyah dengan patuh sedang mereka dalam keadaan shôgirun (hina, rendah, patuh)”. (QS. At-Taubah : 29).

Kafir=Ingkar kepada kebenaran
Kafir yang di maksud ayat di atas adalah Kafir Harby atau orang Kafir yg memerangi Islam.
Tapi orang Kafir yg tidak mengganggu Islam Justru di lindungi Nabi Muhammad saw sendiri.
dunia islam
Reply| 03 Nov 2012 19:01:37
@orang bebas

anda ini selalu mengangkat tema orang kafir.

memangnya anda tahu siapa orang kafir itu?

monggo di jawab supaya saya bisa memahami jalan pikiran anda.
orang_bebas
Reply| 02 Nov 2012 23:34:15
@dunia islam menulis "...BAHKAN DI DALAM PEPERANGAN UMAT MUSLIM TIDAK DIPERKENANKAN ALLAH MELAMPAUI BATAS..."

Inilah TAQQYA muslimer.
"... BUNUHLAH orang-orang yang MENINGGALKAN ISLAM.."
Apakah PINDAH AGAMA itu JAHAT ??? Apakah pindah agama itu SALAH ??? Kalau SALAH, dimana LETAK KESALAHANNYA ???
"...SEBURUK-BURUKNYA MAKHLUK itu ORANG KAFIR..."
Apakah ORANG KAFIR TIDAK ADA YANG BAIK HATINYA, JUJUR, PENUH BELAS KASIHAN, TIDAK SOMBONG, TIDAK KORUPSI ???

Apakah ALLOH SWT SEDANG TIDUR saat MENGELUARKAN PERINTAH ATAU PERNYATAAN DI ATAS ??? ATAU ITU SEMUA PERINTAH atau PERNYATAAN SETAN ATAU IBLIS ???

JAWABLAH DENGAN HATI NURANI DAN AKAL BUDI yang merupakan HADIAH GRATIS DARI TUHAN PENCIPTA LANGIT DAN BUMI..........
EX-MUSLIM
Reply| 02 Nov 2012 21:27:08
PAK DAANISH,

Saya mau tanggapi komen anda ttg tuduhan Muslim seolah semua Alkitab itu palsu terjemahannya, dan Quran semua terjemahnya sempurna. Muslim otaknya sdh di brain-washed, tidak melihat apa yg kita lihat:

Pakar tersohor sedunia, penterjemah Quran YUSUF ALI sekalipun tidak mampu menterjemah QURAN nya Muhammad sendiri ke dlm bhs Inggris. Ia terpaksa NYELEWENG menterjemah QURAN dg memakai istilah "kafir" yang tidak pernah dikenal, dan mustahil keluar dari mulut Muhammad dan Allah SWT.!!!

Ayat manakah itu? QS 5:73:
"They do blaspheme who say: Allah is one of three in a TRINITY".

Padahal azaz Trinity Kristen tak pernah dipahami oleh Muhammad yg selalu berpikir dan men-dpt wahyu yg keliru bhw Allah kawin-mawin dg isteri dan melahirkan Anak (Isa) =>Qs.6:101, 5:116 dll).

Kenapa Yusuf Ali nekad berspekulasi demikian bodo? Dia tidak bodo, pak. Tapi dia terpaksa harus, karena kalau tidak demikian, maka tuduhan Muhammad ttg TUHAN ITU TIGA (Qs.4:171, Bapa, Maryam, Anak) itu justru lebih salah lagi! Karena Tuhannya Nasrani itu selalu satu! Maju kena-mundur kena, pak.
Itulah teologi pasaran made by Nabi yg mengangkat dirinya sendiri! MHD!
daanish dayyan
Reply| 02 Nov 2012 05:33:48
Muslim suka sekali mengatakan bahwa Alkitab sekarang itu palsu dan telah dirubah-rubah, dengan mengajukan argumennya yaitu terjemahan LAI yang berbeda-beda, begitu pula dengan adanya beberapa versi terjemahan Alkitab.

Apakah beda terjemahan itu berarti memalsukan Alkitab?

a. Misal: kata “listen” dan “hear” → diterjemahkan sebagai “mendengar” dalam Bahasa Indonesia, sekalipun “listen” secara penggunaannya memiliki arti yang berbeda dari “hear”.

Apakah jika dalam satu kalimat kitab, ada kata “listen” yang diterjemahkan sebagai “mendengar” dan dalam kalimat lain ada kata “hear” yang juga diterjemahkan sebagai “mendengar” maka ini berarti terjadi pemalsuan terhadap kitab tersebut?

b. Jika menterjemahkan berarti memalsukan dan memelintirkan arti, maka Quran pun berarti telah dipalsukan pula. Toh Quran pun mengalami proses terjemahan demi bisa memahami makna huruf2 Arab tesebut.


Tanpa terjemahan, bisakah muslim memahami Quran dalam bahasa Arab?
Jika dikatakan tidak perlu terjemahan, cukup belajar saja Bahasa Arab kemudian baca Quran berbahasa Arab tanpa perlu terjemahan…
Lah memangnya waktu proses mempelajari Bahasa Arab itu tidak melalui proses pemahaman terhadap bahasa sendiri lebih dahulu? Sama saja kan harus melalui proses menterjemahkan ke dalam bahasa yang kita pahami.
(Btw, mau lihat seberapa banyaknya versi terjemahan untuk Quran? Lihat disini: http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_translations_of_the_Qur'an)

c. Jika menterjemahkan berarti memalsukan, coba renungkan saja contoh simpel ini:
Buku trilogy The Lord of The Rings yang dikarang oleh J. R. R. Tolkien, kemudian diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, termasuk salah satunya adalah Bahasa Indonesia, apakah kita mengatakan isi cerita trilogy LOTR edisi Bahasa Indonesia tersebut adalah palsu dan telah dipalsukan?

kenapa ya tidak ada satupun muslim yg cerdas?

Benar2 logika amburadul ala muslim.
Fetching more Comments...
↑ Back to Top