Blog / Muhammad Terima Wahyu Keliru Yang Terbesar: Namanya Al Masih, Isa Putera Maryam

Ia (jibril) berkata (kepada Maryam): "Sesungguhnya aku ini hanya-lah seorang utusan Tuhanmu, untuk memberimu seorang anak laki-laki yang suci." (QS.19:19).

 

(Ingatlah), ketika para Malaikat berkata: "Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)”.(QS.3:45)

 

 

ITULAH DUA KEPING WAHYU YANG PALING BERMASALAH. KENAPA?

 

Muslim kebanyakan akan take for granted, menganggap dua ayat ini baik-baik saja. Malah istimewa, karena turut memperkaya khasanah islamologi, khususnya Kristologi islamik.

 

Mereka tidak bertanya kritis kenapa Injil sejak 6 abad sebelumnya telah menyebut namanya Yesus, dan kini tiba-tiba ISA? Bukankah nama tersebut berasal dari Sorga? Dari mulut Tuhan yang sama dan diturunkan oleh malaikat yang sama? Apakah ada sesuatu yang keliru?  Dari mana asal nama-baru Isa itu dimunculkan? Bagus, memang ada yang keliru, bahkan salah fatal! Ternyata asal usul ISA berasal dari dua tahapan wahyu tentang kelahirannya yang terpisah.

 

Yang pertama dicatatkan dalam Surat Maryam pada awal wahyu di Mekah (19:19), dimana Jibril (yang menampakkan dirinya sebagai satu lelaki yang sempurna) menyampaikan kabar gembira yang pertama kalinya kepada Maryam. Dan sayang bahwa “kabar-gembira” ini ternyata kelolosan menyebutkan siapa nama seorang anak laki-laki yang suci yang akan dikandung Maryam! Dan setelah bertahun-tahun kemudian, hal ini baru disadari (oleh oknum pewahyu?) setelah Muhammad hijrah ke Medinah. Maka Allah susulkan sekali lagi wahyuNya pada Surat Ali Imran dipenggalan waktu akhir dari surat-surat Madaniyyah (3:45).

 

Disitulah baru tampil nama ISAAl Masih Isa Putera Maryamsetelah bertahun-tahun Muhammad dan para pengikutnya tidak mengenal siapa nama Putera Maryam tersebut! Anehnya lagi, makna “Isa” dan maksud dari pemberian nama susulan tersebut tidak disertakan sama sekali oleh Allah. Akibatnya Isa kosong makna, dan tidak ada satupun saksi yang mengkonfirmasikannya:

 

 

Perhatikan bahwa wahyu pertama di Mekah disampaikan sbb.

  1. Diturunkan oleh satu ruh tanpa nama (belakangan dianggap Jibril).
  2. Ruh dimunculkan sebagai seorang lelaki sempurna (QS.19:17).
  3. Ruh samasekali tidak memanggil/menyapa nama “Maryam”
  4. Ruh samasekali tidak menyebut siapa jati diri “anak laki-laki suci” tapi yang harus dilahirkan “secara aib dan haram” tanpa suami. Kosong nama, kosong penjelasan dan penguatan yang sangat diperlukan Maryam pada saat ia nanti harus menghadapi sendirian resiko aniaya dan rajam dari kaumnya!

Ini adalah buah karya Allah yang tampaknya sangat teledor. Maka perlu dikoreksi -- setelah terlantar bertahun tahun -- dengan wahyu susulan di Medinah yang disampaikan sbb.

  1. Diturunkan oleh bala para malaikat.
  2. Malaikat tidak ada dalam ujud satu lelaki.
  3. Wahyu kini dilengkapi dengan panggilan dan salam sopan “Hai Maryam”
  4. Wahyu dilengkapi dengan nama sang orok: “namanya Al Masih Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah)”.

Betapa kusutnya wahyu yang disampaikan oleh Sang Pewahyu, dan betapa ia “no-having sense” dan bertentangan dengan apa yang dislogankanNya sendiri:

“Alif laam raa, (inilah) suatu kitab yang ayat-ayatnya disusun dengan rapi serta dijelaskan secara terperinci, yang diturunkan dari sisi (Allah) Yang Maha Bijaksana lagi Maha Tahu”. (QS.11:1)

 

Jelas, nama asing ISA yang disusulkan (baca: dikoreksikan) Allah ini bermasalah sejak ia dimunculkan begitu terlambat di Medinah dengan narasi yang berbeda-beda dengan wahyu Mekah. Nama Isa ini tidak ada makna dan arahnya, kecuali terkesan adanya suatu agenda penolakan tersembunyi terhadap nama asali dan makna hakikinya. Secara rohani, ini mengarah kepada pelecehan bahkan penghujatan tersembunyi dari sebuah roh kegelapan. Ingat, sebelum Muhammad, nama YESUS telah diberikan dua kali oleh malaikat Gabriel berturut-turut kepada Yusuf (calon suaminya), lalu kepada Maria, di abad ke-satu. Itu adalah nama Ilahi. Tidak ada nama yang Tuhan berikan secara untung-untungan. Tidak mungkin Tuhan memberi nama tanpa makna dan tujuan, apalagi sampai kosong melompong. Gabriel berkata:


Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.” (Lukas 1:31).

“Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." (Matius 1:21)

 

Di seluruh Kitab Perjanjian Baru, nama Yesus muncul 975 kali! Orang Arab Nasrani sejak awal-awal Masehi selalu menyebut nama ini sebagai “Yasu’u”, (Yesus, dari Yehoshua, Yesu’a) artinya “Yahweh menyelamatkan”.Bahkan Yesus telah menyebut dirinya dengan nama Yesus dengan menyertakan otoritasNya.(Yohanes 17:3, Kisah 22:8, Wahyu 22:16). Tetapi sangat mengagetkan bahwa Muhammad justru menolak untuk memakai nama Yasu’u yang pasti telah dia dengar dari sumber-sumber Nasrani, seperti Waraqah bin Naufal dll. Rupa-rupanya ruh Muhammad tidak bisa menerima nama demikian, sehingga harus digantikannya dengan melawan fakta. Ini turut menjelaskan kenapa ruh Muhammad tidak berani menyebutkan nama “Yasu’u” sampai bertahun-tahun, dan baru kemudian di Medinah dia dapat wangsit (bukan wahyu) tentang ISA - yang hampa, sebuah kehampaan yang PASTI-lah bukan berasal dari wahyu Ilahi!

 

Muslim sibuk mencari-cari pembenaran terhadap nama ini dari segala sudut. Namun tak ada satupun yang mampu menjawab: Apa makna nama tersebut? Pelbagai teori di dunia turut mengisi kebingungan yang dihasilkan oleh wangsit Muhammad yang salah kaprah, a.l. sbb.

 

Asal mula nama “Isa” sampai sekarang tidak jelas. Injil tidak mengenal nama tersebut. Yesus dan muridNya pun tidak. Muhammad sendiripun tidak mengerti apa maknanya. Kata inipun bukanlah sebuah terjemahan bahasa Arab dari nama “Yesus”, maka ada berbagai pandangan/pendapat beragam diseputar nama ini, a.l.:

 

·        Nama ini tidak memiliki kekhususan, melainkan ciptaan Muhammad sendiri untuk menyelaraskannya dengan ritme sajak (untuk Quran).

·         Sebuah nama cenderung untuk orang Arab ketimbang Ibrani.

 

·        Sebuah kata yang dibentuk dengan menyusupkan struktur Ibrani yang membentuk nama Yesu’a (Yoshua = Yesus)

 

·      Nama ini kemungkinan merupakan bentuk Aramaik dari Yesu’a, yang melambangkan warna putih yang bercampur dengan warna merah.

 

·      Kata ini kemungkinan terkait dengan kata Esau dalam bahasa Ibrani [dimana orang-orang Yahudi biasa melontarkan ketidak-senangan mereka akan seseorang (semisal Yesus) yang diibaratkannya dengan Esau (yang dilafalkan mirip dengan “isa” dalam lafal Arab].

 

Kebingungan Islamik ini memperlihatkan bahwa nama “Isa” tidak punya kaitan dengan figur Biblikal dan sejarah Yesus dari Nazaret, yang diakui oleh orang Kristen sebagai Juru Selamat dan Elohim. Nama Isa bahkan telah menghilangkan makna orisinil YESUS yang ilahiah, yang artinya adalah “Yahweh Menyelamatkan”.

 

AKHIR KATA, kita semua layak dan patut bertanya,

 

“Atas otoritas siapa maka nama Yesus yang disampaikan dua kali oleh Gabriel, dan yang dipakai oleh Yesus untuk dirinya sendiri itu bisa digantikan sewenang-wenang oleh wangsit Muhammad dengan sebuah nama kosong? Dan dapatkah Muslim menerima bilamana Paus atau Penginjil Billy Graham atau Mirza Ghulam Ahmad misalnya mengubah nama Muhammad menjadi Mumet”?

 

 

 

 

 


Add a Comment
| 602
Hana Pwt
Reply| 28 Dec 2016 06:34:28
@Al-fakir Abdillah
Berikut tanggapan untuk bahasan di halaman ke-2.

1. Maksudnya Alkitab telah "membela" dirinya sendiri boleh dibantu dijelaskan lebih dalam? Mohon maaf sy masih belajar.

2. Sy belum paham ttg "cerita dalam Alkitab tentu selalu sama dan seragam". Kebetulan sy menemukan bbrp informasi dlm Alkitab yg topiknya sama namun detailnya berbeda. Mungkin sy boleh konsultasi/belajar langsung tatapmuka dgn rekan "Hana Pwt"?

3. Alhamdulillah sy menemukan bbrp bukti (skrg masih belasan jumlahnya) bahwa Qur'an masih tetap asli, namun terlalu panjang jika dishare di forum ini. Mgkn kalau rekan "Hana Pwt" tidak keberatan, sy bisa share lgsg dgn tatapmuka. Shg nanti rekan "Hana Pwt" bisa share ke rekan2 yg lain.

Untuk halaman ke-3 menyusul ya.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com

JAWAB:
1. Tuduhan muslim bahwa Alkitab telah dirubah adalah tuduhan yang tidak berdasar. Kalau seandainya telah dirobah, diedit maka ente tidak akan menemukan hal ketidaksinkronan latar belakang masing-masing penulisan seperti yang ente posting. Kalau seandainya telah dirubah maka masing-masing kitab tidak anda temukan perbedaan latar belakang penulisan. Jadi tuduhan muslim Alkitab telah dirubah tidak benar, dan ini dibuktikan oleh Alkitab itu sendiri.

2. Maksud ane Alkitab akan selalu sama dan seragam kalau benar tuduhan muslim bahwa alkitab telah dirubah dan disedit. Tapi kenyataanya Alkitab disajikan apa adanya.

3. Apakah ente punya Alquran yang disusun oleh Abu Bakar dan Umar bin Khatab? Apakah ente punya naskah asli yang ditulis pelepah kurma, batu, kulit binatang, dll.

Untuk mengklaim bahwa Alquran di tangan ente asli bukan membandingkan Alquran Usman dengan Alquran Usman, Alquran terjemahan/tafsir dengan Alquran berbahasa Arab yang semua hasil standarisasi Khalifah Usman.

Ente bisa mengatakan Alquran di tangan ente asli kalau Alquran hasil standarisasi Usman tersebut sama jika dibandingkan dengan Alquran susunan Abu Bakar. Tapi kenyataannya Alquran tersebut sudah dibikin abu semua.
Hana Pwt
Reply| 28 Dec 2016 06:12:35
@Al-fakir Abdillah
@Hana Pwt

Berikut tanggapan untuk bahasa halaman ke-3.

1. Sy setuju 100% dgn:
- Manusia menyaksikan........dst.......................................................
Boleh bertanya sedikit?
Mengapa 20% kata2 Yesus tidak dipisahkan dgn 80% yg selebihnya? Mohon maaf sy masih belajar.

2. Mohon maaf sy belum paham makna "Apakah Alquran dapat mengatasi para teroris yang membunuh ratusan atau ribuan muslim tiap bulan, atau malah sebagai pemicunya". Mungkin bisa dibantu dijelaskan sedikit lebih dalam.

3. Sy setuju 100% dgn "apabila....dst..................................

4. Sy belum paham maksud dari "..dst.........................

JAWAB:
1. Kalau dipisahkan maka ente kagak bisa mengerti maksud dari kata-kata Yesus tersebut.
Contoh: Yohanes 6:20 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Aku ini, jangan takut ". ayat ini menunjukan 50% perkataan penulis dan 50 perkataan Yesus. Pada ayat selanjutnya yaitu ayat 6:21 adalah 100% perkataan penulis.

2. Perintah membunuh kafir harb, perintah memungut jisya pada kafir harb, dan perintah lainnya pemicu orang merasa suci melakukan pembunuhan dan penindasan terhadap orang lain.

3, Mana ayatnya?

4. Ini ada pengalaman adik ipar saya sewaktu Kuliah Kerja Nyata (KKN), ada seorang pengrajin emas yang rajin solat 5 waktu, puasa senin kamis, suka menyumbangkan mesjid, dan orangnya baik. Tapi tenyata dia mempunyai anak buah yang suka mencuri/membongkar toko emas dan dia meleburnya dan menjualnya menjadi barang baru. Prinsipnya bahwa barang yang mereka curi adalah halal karena milik orang China, bukankah nabi juga mengambil barang pedangang kafir Qurais.

Coba deh ente baca situs Islami yang membahas tentang Islam Wahabi, mereka itu tidak merasa berdosa menipu karena tidak berdosa menipu orang kafir bukankah Alloh SWT juga melakukan penipuan terhadap orang kafir demi menyelamatkan nabi Isa.

Tapi celakanya muslim dari Indonesia yang suka jiarah ke makam nabi dianggap kafir juga oleh mereka dan barangnya halal dijarah kalau mereka lengah.... hehehehehehe................
Hana Pwt
Reply| 28 Dec 2016 05:28:15
@Al-fakir Abdillah
Untuk bahasan halaman ke-1.

1. Sy setuju 100% dgn:
- Alkitab adalah kitab kesaksian manusia
- Alkitab ditulis oleh manusia untuk manusia yang dipengaruhi ilmu pengetahuan yang berlaku saat itu
- Tulisan-tulisan mereka inilah yang disebut AL-Kitab atau Buku-buku yang dimaknai Buku Suci
- Semua manusia harus mengetahui kehendak TUHAN bagi manusia dan dunia Alkitab tidak haram apabila diterjemahkan ke dalam bahasa manusia yang mudah dimengerti

Yg sy belum paham & belum menemukan jawabannya:
- Mengapa bahasa dari manuskrip aslinya (bahasa Aram & Ibrani) tidak disalin ulang apa adanya, dibukukan, & didampingi dgn terjemahannya tsb?
- Mengapa bahasa dari manuskrip aslinya (bahasa Aram & Ibrani) tidak dijadikan bahasa standar yg bisa dipelajari & dikuasai oleh mereka2 yg ingin membaca/mempelajari Alkitab?

2. Sy setuju dgn "Penterjemahan Alkitab tidak dilakukan oleh orang bodoh dan sembarangan". Namun ada bbrp hal dari penerjemahan ini yg sy belum paham. Apakah rekan "Hana Pwt" bisa bantu sy? Kalau sy diizinan utk belajar lgsg tatapmuka dgn rekan "Hana Pwt" sy akan senang sekali.

JAWAB:
1. Untuk umat Yahudi TANAK disalin ulang sesuai dengan bahasa aslinya, dan liturgi mereka menggunakan bahasa Ibrani. Umat Yahudi dalam bahasa sehari-hari bisa menggunakan bahasa apa saja sesuai dengan mereka tinggal tapi Alkitab mereka tertulis dalam bahsa aslinya.

Sedangkan umat Kristen menggunakan terjemahan ke bahasa mereka masing-masing. Kalau mau membandingkan dengan bahasa aslinya bisa membeli Alkitab bahasa aslinya.

Buat apa juga harus didampingi dengan bahasa aslinya? Yang diperlukan keaslian bukan bahasanya tapi isinya.

Coba ente renungkan dari sisi Islam: Bukankah Tuhan berfirman kepada Abraham, Musa dan Daud menggunakan bahasa Ibrani, mengapa tiba-tiba Tuhan mengunakan Bahasa Arab?

2. Apanya terjemahan yang tidak ente pahami?
Al-faqir Abdillah
Reply| 27 Dec 2016 17:00:41
@Crossway

Untuk rekan "Hana Pwt" & "Crossway", alhamdulillah my English is already in 'advance' but not yet in 'literature' level, either formal, informal, and idioms (such as those in rap lyrics e.g Eminem or Limp Bizkit).

If you like, maybe we can meet each other so that we can have a discussion in English & Indonesian at the same time.

As for Arabic, I am still a 'beginner' but still continuing my study to increase it.

As for Aramaic, that is actually my newest interest in language. That is why I am asking kindly for your assistance so that I can get the Aramaic version of the Bible. Hopefully it is not too expensive.

Terima kasih sebelumnya.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Al-faqir Abdillah
Reply| 27 Dec 2016 16:49:21
@Hana Pwt

Berikut tanggapan untuk bahasa halaman ke-3.

1. Sy setuju 100% dgn:
- Manusia menyaksikan keberadaan Injil itu sendiri dan memberitakannya kepada manusia baik secara lisan maupun tulisan
- Tulisan kesaksian orang yang melihat ini dibukukan yang disebut Kitab Injil
- Kitab Injil mungkin saja ada kekurangan tapi Injil itu sendiri sempurna adanya

Sy menemukan pada situs ttg Bible berikut:
>> http://www.hh-bb.com/complete-sayings-jesus.pdf <<
disebutkan bahwa pada Perjanjian Baru (New Testament):
- total ada 181253 kata, kata2 Yesus adalah 36450 kata, yaitu sekitar 20%
- total ada 7959 verse/bait2, verse/bait2 Yesus adalah 1599 verse/bait, yaitu sekitar 20%

Boleh bertanya sedikit?
Mengapa 20% kata2 Yesus tidak dipisahkan dgn 80% yg selebihnya? Mohon maaf sy masih belajar.

2. Mohon maaf sy belum paham makna "Apakah Alquran dapat mengatasi para teroris yang membunuh ratusan atau ribuan muslim tiap bulan, atau malah sebagai pemicunya". Mungkin bisa dibantu dijelaskan sedikit lebih dalam.

3. Sy setuju 100% dgn "apabila semua orang datang pada Sang Injil (Yesus Kristus) dan menurut perintahnya maka tidak ada kejahatan apapun di dunia ini". Namun ada bbrp verse/bait dlm Alkitab tentang perintah yg sy belum paham. Nanti sy coba share di sesi berikutnya.

4. Sy belum paham maksud dari "orang akan merasa tidak berdosa menipu karena Alloh SWT pun melakukan penipuan ketika menyelamatkan nabi Isa". Mungkin bisa dibantu dijelaskan sedikit lebih dlm.

Terima kasih sebelumnya.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Al-faqir Abdillah
Reply| 27 Dec 2016 16:34:16
@Hana Pwt

Berikut tanggapan untuk bahasan di halaman ke-2.

1. Maksudnya Alkitab telah "membela" dirinya sendiri boleh dibantu dijelaskan lebih dalam? Mohon maaf sy masih belajar.

2. Sy belum paham ttg "cerita dalam Alkitab tentu selalu sama dan seragam". Kebetulan sy menemukan bbrp informasi dlm Alkitab yg topiknya sama namun detailnya berbeda. Mungkin sy boleh konsultasi/belajar langsung tatapmuka dgn rekan "Hana Pwt"?

3. Alhamdulillah sy menemukan bbrp bukti (skrg masih belasan jumlahnya) bahwa Qur'an masih tetap asli, namun terlalu panjang jika dishare di forum ini. Mgkn kalau rekan "Hana Pwt" tidak keberatan, sy bisa share lgsg dgn tatapmuka. Shg nanti rekan "Hana Pwt" bisa share ke rekan2 yg lain.

Untuk halaman ke-3 menyusul ya.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Al-faqir Abdillah
Reply| 27 Dec 2016 16:21:53
@Hana Pwt

Alhamdulillaahirabbil'aalamiin.
Sy sgt senang menemukan teman diskusi spt rekan "Hana Pwt".
Sgt menambah banyak wawasan.

Berikut tanggapan dari sy ttg bahasan rekan "Hana Pwt".

Untuk bahasan halaman ke-1.

1. Sy setuju 100% dgn:
- Alkitab adalah kitab kesaksian manusia
- Alkitab ditulis oleh manusia untuk manusia yang dipengaruhi ilmu pengetahuan yang berlaku saat itu
- Tulisan-tulisan mereka inilah yang disebut AL-Kitab atau Buku-buku yang dimaknai Buku Suci
- Semua manusia harus mengetahui kehendak TUHAN bagi manusia dan dunia Alkitab tidak haram apabila diterjemahkan ke dalam bahasa manusia yang mudah dimengerti

Yg sy belum paham & belum menemukan jawabannya:
- Mengapa bahasa dari manuskrip aslinya (bahasa Aram & Ibrani) tidak disalin ulang apa adanya, dibukukan, & didampingi dgn terjemahannya tsb?
- Mengapa bahasa dari manuskrip aslinya (bahasa Aram & Ibrani) tidak dijadikan bahasa standar yg bisa dipelajari & dikuasai oleh mereka2 yg ingin membaca/mempelajari Alkitab?

2. Sy setuju dgn "Penterjemahan Alkitab tidak dilakukan oleh orang bodoh dan sembarangan". Namun ada bbrp hal dari penerjemahan ini yg sy belum paham. Apakah rekan "Hana Pwt" bisa bantu sy? Kalau sy diizinan utk belajar lgsg tatapmuka dgn rekan "Hana Pwt" sy akan senang sekali.

Untuk halaman ke-2 & ke-3 menyusul ya.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Crossway
Reply| 25 Dec 2016 10:39:25
@Hana Pwt
si @Al-Fakir Abdillah sebenarnya tidak serius dalam permintaannya, itu pancingan untuk membanggakan Alquran yang ditulis dalam bahasa aslinya yaitu Bahasa Arab, yang pada akhirnya berkesimpulan Alkitab tidak asli lagi dan Alquran satu-satunya kitab asli yang tersisa.

Untuk apa juga Alkitab Bahasa Aram, emang dia bisa memahaminya? Bahasa Inggris atau Bahasa Arab aja mungkin kagak becus.

Respon :

Ohh...begitu toh...hehehe
Hana Pwt
Reply| 24 Dec 2016 12:23:00
@Al-fakir Abdiilah
Alkitab adalah Kitab Suci karena memuat Sejarah Suci, dimana dalamnya mengisahkan sejarah manusia dan bangsa yang didalamnya selalu ada kuasa TUHAN yang menyertai manusia dan bangsa dari generasi ke kegenerasi yang berbeda tempat dan masa.

Dalam penulisannya mungkin saja ada kekurangan, tapi itu adalah manusiawi. Tapi Firman TUHAN yang diberitakan adalah sempurna.
TUHAN memakai seluruh keberadaan manusia yang tidak sempurna ini untuk menyatakan kasihNya.

Mungkin muslim menganggap injil itu sebuah Kitab yang digelontorkan Tuhan dari langit. Sebenarnya pemahaman Muhammad dan muslim itu salah, karena Injil itu adalah Firman Yang menjadi Manusia, Injil adalah Yesus Kristus itu sendiri.

Manusia menyaksikan keberadaan Injil itu sendiri dan memberitakannya kepada manusia baik secara lisan maupun tulisan. Tulisan kesaksian orang yang melihat ini dibukukan yang disebut Kitab Injil. Jadi ente harus dapat membedakan antar Injil dan Kitab Injil. Kitab Injil mungkin saja ada kekurangan tapi Injil itu sendiri sempurna adanya karena Dialah Yang Maha Sempurna.

Begitu juga juga Alkitab, mungkin saja ada kelemahan dalam pemberitaan tapi yang diberitakan tidak ada kekurangan karena yang diberitakan adalah Yang Maha Sempura.

Sekali lagi: untuk mempelajari Alkitab, buang jauh-jauh pemikiran bahwa Alkitan adalah kitab yang digelontorkan dari langit.

Kalau sebuah kitab digelontorkan dari langit maka ia adalah sempurna adanya. Apakah Alquran dapat mengatasi para teroris yang membunuh ratusan atau ribuan muslim tiap bulan, atau malah sebagai pemicunya.

Injil adalah sempurna karena apabila semua orang datang pada Sang Injil (Yesus Kristus) dan menurut perinahnya maka tidak ada kejahatan apapun di dunia ini.

Tapi apabila orang mengamalkan Alquran secara kafah, maka orang akan merasa tidak berdosa menipu karena Alloh SWT pun melakukan penipuan ketika menyelamatkan nabi Isa. Bahkan para perampok Abu Sayaf tidak merasa berdosa merampok dan menyandera karena meniru nabi Muhammad merampok pedagang Qurais dan kampung Yahudi.
Hana Pwt
Reply| 24 Dec 2016 11:24:30
@Al-fakir Abdillah
....................sambungan......................

Kitab Raja-raja ditulis untuk menceritakan perjalan sejarah Bangsa Israel yang ditulis ketika keruntuhan kerajaan Israel Utara yang ditulis bersumber catatan-catatan para nabi.

Kitab Tawarikh adalah kitab sejarah bangsa Israel utamanya sejarah suku Yehuda (Yahudi) yang ditulis jauh lebih kemudian dari Kitab Raja-raja. Penulisan berdasarkan beberapa sumber. Penulisan saat ketika orang Yahudi kembali dari pembuangan di Babel dimana Nehemia menjabat sebagai gubernur Yudea (Yehuda) dan Ezra menjabat sebagai imam.

Ketika penyusunan konon Alkitab, penyusun Alkitab memasukan Kitab Tawarikh sebagai salah satu dari kisah "Sejarah Suci" apa adanya. Tidak pernah diedit supaya sejalan, supaya sesuai, supaya tidak bertentangan, dsb.

Tuduhan muslim bahwa Alkitab dirubah adalah tuduhan dibuat-buat, sebab apabila sudah dirubah maka semua cerita dalam Alkitab tentu selalu sama dan seragam. Alkitab telah "membela" dirinya sendiri dari tuduhan muslim bahwa Alkitab telah dirubah supaya kenabian Muhammad tidak terlihat di Alkitab.

Apakah ayat-ayat Alquan asli seperti yang dikeluarkan Alloh melalui Jibril seperti kesaksian Muhammad? Jawabnya tidak ada yang tahu karena semua bukti dibakar oleh Khalifah Usman.

Alquran yang dianggap asli adalah yang disusun Khalifah Abu Bakar atas saran Umar bin Khatab, karena disusun dari penghafal, dan dari dokumen Alquran yang ditulis di pelepah kurma, batu, kulit kering, dsb.

Muslim membanggakan Alquran asli hanya karena ditulis dalam bahasa Arab yang tidak pernah berubah sampai sekarang. Klaim itu sebenarnya kekanak-kanakan dan itu bukan bukti yang sebenarnya. Bukti sebenarnya adalah dengan membandingkan dengan Alquran asli, baik Alquran ditulis oleh Khalifah Abu Bakar dkk, Alquran milik para kabillah Arab ataupun dokumen-dokumen asli.

Alkitab memang tidak punya dokumen asli karena rusak dimakan usia ribuan tahun, tapi sebelum rusak telah disalin ke yang lebih baru dan seterusnya. Tapi Isinya tidak pernah berubah, buktinya isinya yang positif maupun negatis tertulis apa adanya.
Hana Pwt
Reply| 24 Dec 2016 10:25:26
@Al-fakir Abdillah
Alhamdulillaahirabbil'aalamiin..
Segala puji & syukur hanya bagi ALLAH, Rabb alam semesta..

Terima kasih banyak atas jawaban/tanggapan dari rekan "Hana Pwt".
Sudah sy catat & akan sy coba diskusikan dgn rekan2 pastor kenalan sy.

Terima kasih banyak atas jawaban/tanggapan dari rekan "Crossway".
Akan sy coba untuk cek & ricek kedua link address yg sudah di share.

Untuk rekan "Hana Pwt", sy saat ini mempelajari Alkitab melalui Alkitab online yaitu :
- http://www.jesoes.com/
- https://www.bible.com/versions

Mengapa Alkitab online, karena lebih mudah bagi sy ketika harus pindah dari satu bagian ke bagian lain.......dst......................................

JAWAB:
Untuk memahami Alkitab buang dulu pemikiran Muhammad bahwa Alkitab itu buku yang diturunkan dari langit. Alkitab adalah kitab kesaksian manusia tentang keberadaan Sang Pencipta yang selalu meyertai ciptaan-Nya sepanjang masa yang puncaknya kedatangan-Nya ke dalam sejarah manusia yaitu dalam diri Yesus Kristus.

Alkitab ditulis oleh manusia untuk manusia yang dipengaruhi ilmu pengetahuan yang berlaku saat itu, ilmu bahasa dan soasial budaya yang berlaku saat penulisan, keadaan ekonomi, dlsb.

TUHAN membimbing orang-orang pilihannya melalui Roh-Nya Yang Kudus bersaksi yang kemudian ditulisnya bahwa Dia tidak pernah meninggalkan ciptaanNya sepanjang masa. Tulisan-tulisan mereka inilah yang disebut AL-Kitab atau Buku-buku yang dimaknai Buku Suci.

Karena itu semua manusia harus mengetahui kehendak TUHAN bagi manusia dan dunia, makanya Alkitab tidak haram apabila diterjemahkan ke dalam bahasa manusia yang mudah dimengerti.

Bahasa Indonesia 1945 yang sangat mirip dengan bahasa induknya yaitu bahasa Melayu, tentu tidak mudah dimengerti oleh orang Indonesia saat ini, maka ditulislah dalan Bahasa Indonesia standar sekarang. Untuk lebih dimengerti maksud maka diterbitlah Alkitab bahasa Indonesia sehari-hari. Tapi dalam liturgi tetap menggunakan Bahasa Indonesia standart.

Penterjemahan Alkitab tidak dilakukan oleh orang bodoh dan sembarangan, karena itu terjemahan tidaklah mengubah makna tulisan awal Alkitab.

....................bersambung..............................
Al-faqir Abdillah
Reply| 23 Dec 2016 14:02:35
Alhamdulillaahirabbil'aalamiin..
Segala puji & syukur hanya bagi ALLAH, Rabb alam semesta..

Terima kasih banyak atas jawaban/tanggapan dari rekan "Hana Pwt".
Sudah sy catat & akan sy coba diskusikan dgn rekan2 pastor kenalan sy.

Terima kasih banyak atas jawaban/tanggapan dari rekan "Crossway".
Akan sy coba untuk cek & ricek kedua link address yg sudah di share.

Untuk rekan "Hana Pwt", sy saat ini mempelajari Alkitab melalui Alkitab online yaitu :
- http://www.jesoes.com/
- https://www.bible.com/versions

Mengapa Alkitab online, karena lebih mudah bagi sy ketika harus pindah dari satu bagian ke bagian lain.

Selain itu juga, sy jg memperbandingan antara versi bahasa Indonesia yg ada beberapa macam :
> pada situs http://www.jesoes.com/ :
-- Bahasa Indonesia Terjemahan Baru (TB) 1974
-- Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS) 1985
-- Versi Mudah Dibaca (2006)
> pada situs https://www.bible.com/versions :
-- Terjemahan Sederhana Indonesia (TSI)
-- Alkitab Terjemahan Baru (TB)
-- Alkitab dalam Bahasa Indonesia Masa Kini (BIMK)
-- Perjanjian Baru Versi Mudah Dibaca (AMD)

Lebih mudah bagi sy untuk mempelajari dgn menggunakan versi online, karena isinya (kata2, kalimat, data2) ada yg sama ada yg berbeda.

Misalnya :

Contoh-1 : ( https://www.bible.com/versions )
1-Kings/1-Raja-raja 07:26 = bejana yang memuat 40.000 liter (BIMK)
2-Chronicle/2-Tawarikh 04:05 = bejana yang memuat 60.000 liter (BIMK)

Contoh-2 : ( http://www.jesoes.com/ )
1-Kings/1-Raja-raja 07:26 = tebal bejana 75 milimeter, memuat 40.000 liter (BIS)
1-Kings/1-Raja-raja 07:26 = tebal bejana 8 centimeter, memuat 44.000 liter (VMD)

Contoh-3 : ( http://www.jesoes.com/ )
2-Chronicle/2-Tawarikh 04:05 = tebal bejana 75 milimeter, memuat 60.000 liter (BIS)
2-Chronicle/2-Tawarikh 04:05 = tebal bejana 3 inci, memuat 66.000 liter (VMD)

Kira2 demikian sedikit revisi & penjelasan dari isi artikel sy sebelumnya.

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Hana Pwt
Reply| 19 Dec 2016 15:54:19
@Crossway
Alkitab dalam Bahasa Aram namanya PESHITA tapi sulit untuk mencarinya di Indonesia, setahu saya hanya 3 Lembaga Alkitab di Dunia yang masih memproduksi Peshita,

1) Bible Society of Israel (Lembaga Alkitab Israel), tapi mereka hanya memproduksi Kitab Perjanjian Baru.
2) Bible Society of Syria (Lembaga Alkitab Suriah), saya tidak tahu Lembaga ini masih ada atau tidak.
3) British and Foreign Bible Society, Lembaga ini juga hanya memproduksi Perjanjian Baru tapi harganya mahal karena sampul Alkitabnya terbuat dari kulit sapi.

Tapi saya sarankan anda mengunjungi Website Lembaga Alkitab Israel mungkin mereka bisa menerima dan mengirim pesanan ke Indonesia, umumnya anda harus membayar dengan Credit Card atau Money Order.

Ini linknya : www.biblesocietyinisrael.com/

atau disini :

http://www.aent.org/ (The Aramaic-English New Testament Bible)

di Website tsb anda bisa membeli Alkitab Perjanjian Baru Interlinear 2 bahasa yaitu bahasa Aram dan Inggris, harganya juga lumayan mahal tapi hanya itulah yang bisa kita dapatkan berhubung bahasa Aram adalah bahasa yang hampir punah. Kalau anda ingin Alkitab yang murah berarti anda harus memesannya dari Lembaga Alkitab Israel.

Semoga berhasil !

JAWAB:
si @Al-Fakir Abdillah sebenarnya tidak serius dalam permintaannya, itu pancingan untuk membanggakan Alquran yang ditulis dalam bahasa aslinya yaitu Bahasa Arab, yang pada akhirnya berkesimpulan Alkitab tidak asli lagi dan Alquran satu-satunya kitab asli yang tersisa.

Untuk apa juga Alkitab Bahasa Aram, emang dia bisa memahaminya? Bahasa Inggris atau Bahasa Arab aja mungkin kagak becus.
levi
Reply| 19 Dec 2016 12:29:20
@Al-fakir Abdillah
Dear rekan2 di forum Bukti & Saksi dotcom,

Perkenalkan, sy Al-faqir Abdillah. Alhamdulillah sy adl seorang Muslim.
Sy sdg mempelajari scr mendalam ttg Qur'an, begitu jg ttg Alkitab/Bible.

respond :
al fakir, saya akan beri kamu info kenapa muhammad itu nabi palsu. agar kamu tidak perlu susah pelajari kenapa muhammad tidak diakui sebagai nabi oleh jahudi dan kristen. perhatikan:

krsiten tidak mengakui muhammad nabi karena melihat posisi muhammad pada jahudi.
1. jahudi itu menanti janji/nubuat hadirnya Mesias Anak Allah ke dunia yang ada di taurat,
2. Jesus sudah disalib krn klaim Mesias Anak Allah, jadi Jahudi masih harus menunggu lagi.
3. ketika muhammad datang ke jahudi dan klaim diri nabi terakhir,,
– muhammad tidak bicara tentang Mesias ini, apakah sudah datang atau belum.
jadi :
1. jika jahudi ikut muhammad maka janji hadrinya Mesias hilang.
2. akibatnya jahudi akan menuduh YHVH ingkar janji tentang Mesias ini.
3. dan itu tidak mungkin.

4. kemudian jahudi tidak akui Jesus adalah nabi krn sudah mereka salib,
tapi muhammad mengangkat Jesus dalam sosok isa sebagai nabi,

5. jadi muhammad itu melakukan dua kesalahan yang membuktikan dia nabi palsu jahudi:
1. tidak bicara tentang janji hadirnya Mesias
2. angkat Jesus yang disalib jahudi jadi nabi

Jadi dari sisi jahudi saja kristen tidak perlu akui muhammad adalah nabi,
tanpa bicara dari sisi Jesus, Injil atau bawa bawa si paulus.
Crossway
Reply| 19 Dec 2016 09:00:49
@Al-Fakir Abdillah, ini pertanyaanmu :

Apakah ada yg bisa menginformasikan di mana sy bisa cari/beli Alkitab/Bible lengkap (Perjanjian Lama & Baru) dlm huruf & bahasa ibu/asli Yesus (bahasa Aram/Aramaic) ?

Respon :

Alkitab dalam Bahasa Aram namanya PESHITA tapi sulit untuk mencarinya di Indonesia, setahu saya hanya 3 Lembaga Alkitab di Dunia yang masih memproduksi Peshita,

1) Bible Society of Israel (Lembaga Alkitab Israel), tapi mereka hanya memproduksi Kitab Perjanjian Baru.
2) Bible Society of Syria (Lembaga Alkitab Suriah), saya tidak tahu Lembaga ini masih ada atau tidak.
3) British and Foreign Bible Society, Lembaga ini juga hanya memproduksi Perjanjian Baru tapi harganya mahal karena sampul Alkitabnya terbuat dari kulit sapi.

Tapi saya sarankan anda mengunjungi Website Lembaga Alkitab Israel mungkin mereka bisa menerima dan mengirim pesanan ke Indonesia, umumnya anda harus membayar dengan Credit Card atau Money Order.

Ini linknya : www.biblesocietyinisrael.com/

atau disini :

http://www.aent.org/ (The Aramaic-English New Testament Bible)

di Website tsb anda bisa membeli Alkitab Perjanjian Baru Interlinear 2 bahasa yaitu bahasa Aram dan Inggris, harganya juga lumayan mahal tapi hanya itulah yang bisa kita dapatkan berhubung bahasa Aram adalah bahasa yang hampir punah. Kalau anda ingin Alkitab yang murah berarti anda harus memesannya dari Lembaga Alkitab Israel.

Semoga berhasil !
Hana Pwt
Reply| 17 Dec 2016 21:26:37
@Al-fakir Abdillah
Berikut pertanyaan2 sy :
Genesis/Kejadian 01:01-05 = Hari pertama = penciptaan "terang"
Genesis/Kejadian 01:06-08 = Hari kedua = penciptaan "langit/cakrawala"
Genesis/Kejadian 01:09-13 = Hari ketiga = penciptaan "tumbuhan/tanaman"
Genesis/Kejadian 01:14-19 = Hari keempat = penciptaan "matahari & bulan"
Tanya :
- mengapa "matahari/bulan" sebagai sumber cahaya, diciptakan setelah "terang" ?
- mengapa "tumbuhan/tanaman" yg membutuhkan cahaya, diciptakan setelah "matahari/bulan" ?
Sy pelajari di Wikipedia bahwa bahasa ibu/asli dari Yesus adalah bahasa Aram/Aramaic.
Tetapi sy tidak bisa menemukan Alkitab/Bible lengkap (Perjanjian Lama & Baru) dlm huruf & bahasa ibu/asli Yesus (bahasa Aram/Aramaic).

Tanya :
Apakah ada yg bisa menginformasikan di mana sy bisa cari/beli Alkitab/Bible lengkap (Perjanjian Lama & Baru) dlm huruf & bahasa ibu/asli Yesus (bahasa Aram/Aramaic) ?
Mksd sy yg versi buku/kitab spt Alkitab/Bible yg ada di toko buku.

JAWAB:
Terang itu belum tentu matahari, sebab dalam Wahyu 22:5 menyebutkan bahwa dalam Kerajaan Allah di bumi kelak tidak diperlukan lagi cahaya lampu dan matahari sebab kemulian Tuhan meneranginya.

Jadi walaupun matahari belum diciptakan Tuhan menciptakan terang pada awalnya dan pada saat kelak matahari lenyap terang itu tetap ada. Apa sih yang mustahil bagi Tuhan.

Kalau ente mau mendapatkan Alkitab Perjanjian Lama Bahasa Aram (Ibrani Baru) ente datang aja ke Israel dan membelinya.

Kalau ente mau mendapatkan Kitab Perjanjian Baru dalam Bahasa Yunani datang aja ke Yunani dan ente bisa membelinya.

Tapi ane sarankan sebaiknya ente beli dalam bahasa Indonesia saja, karena terjemahan dalam bahasa Indonesia sama dengan bahasa aslinya, karena Alkitab diterjemahkan oleh orang pintar bukan oleh orang bodoh.

Belainan dengan Alquran ditulis dalam bahasa Alloh SWT, sehingga untuk memahaminya harus dibuat tafsirnya yaitu kata atau kalimat dalam kurung. Tapi hati-hati nanti terbeli Alquran tafsir Syiah ataupun Ahmadyiah, bahkan tafsir Wahabi entar ente jadi teroris... hehehehehehehe.........................
Hana Pwt
Reply| 17 Dec 2016 06:44:48
@Al-fakir Abdillah
Dear rekan2 di forum Bukti & Saksi dotcom,

Perkenalkan, sy Al-faqir Abdillah. Alhamdulillah sy adl seorang Muslim.
Sy sdg mempelajari scr mendalam ttg Qur'an, begitu jg ttg Alkitab/Bible................dst..................................................................

JAWAB:
Hehehehehehehe................... ente bohong, pengetahuan ente tentang Alkitab bukan karena membaca Alkitab tapi karena membaca "Injil Ahmad Deedat" yang kemudian diperbaharui oleh Dr. Zakir Naik.

Untuk memahami Alkitab, ente perlu membuang jauh bualan dan gombal Muhammad yang menyebut Alkitab (Kitab Taurat, Zabur dan Injil) adalah diturunkan dari langit.

Alkitab adalah Kitab kesaksian manusia tentang keberadaan TUHAN yang berkarya dalam sepanjang sejarah mansusia, yang puncaknya datang ke dalam sejarah manusia sebagai Mesias untuk mengembalikan manusia ke khadirat-Nya.

Alkitab ditulis oleh manusia, dengan bahasa manusia dan ditujukan kepada manusia. Penulisannya dipengaruhi oleh kebudayaan, ilmu pengetahuan, tata bahasa, ekonomi, dsb. yang berlaku saat masa penulisan. Walau demikian penulisan tentang kesaksian tentang keberadaan Tuhan tidak pernah salah karena penulisan dibimbing oleh Roh Kudus.

Jadi tidak masalah apabila penulis Alkitab menggambarkan bumi seakan-akan datar. Kalau penulis Alkitab menggambarkan bumi ini bulat seperti bola bisa dicurigakan bahwa Alkitab telah dirubah, atau mungkin kitab yang ditulis dianggap orang saat itu gombal dan mungkin penulisnya tidak mau menulisnya karena dianggap ilmu pengetahuan gila.

Walau penulis Alkitab menggambarkan seolah-olah bumi itu datar, tapi TUHAN berfirman tidak ikut-ikutan ilmu pengetahuan manusia, Dia tetap menyebut bumi itu bulat, misalnya: Yesaya 40:22 Dia yang bertakhta di atas bulatan bumi yang penduduknya seperti belalang.

Berlainan dengan Alquran yang diklaim sebagai kitab yang langsung digelontorkan dari langit, seharus titik koma tidak ada yang salah. Tapi ini malah mennganggap bumi juga datar....
Alloh SWT kok ikut-ikutan ilmu pengetahuan manusia sat itu sih...... hehehehehehehehe..........................................
Hana Pwt
Reply| 17 Dec 2016 06:04:21
@Al-fakir Abdillah
Dear rekan2 di forum Bukti & Saksi dotcom,

Perkenalkan, sy Al-faqir Abdillah. Alhamdulillah sy adl seorang Muslim.
Sy sdg mempelajari scr mendalam ttg Qur'an, begitu jg ttg Alkitab/Bible.

Setelah membaca Alkitab/Bible, ada bbrp hal yg sy kurang paham. Mgkn rekan2 di forum ini yg lebih paham bisa membantu sy.

Berikut pertanyaannya :

Ezra/Ezra 02:03-61 ttg daftar orang-orang yang kembali dari pembuangan
- Arah = 775 orang
- Pahat-moab = 2812 orang
- Zatu = 945 orang
- Bebai = 623 orang
- Azgad = 1222 orang
- Adonikam = 666 orang
- Bigwai = 2056 orang
- Adin = 454 orang
- Bezai = 323 orang
- Hasum = 223 orang
- Betlehem = 123 orang
- Netofa = 56 orang
- Betel & Ai = 223 orang
- Lod, Hadid, Ono = 725 orang
- Senaa = 3630 orang
- Asaf = 128 orang
- Salum, Ater, Talmon, Akub, Hatita, Sobai = 139 orang
- Delaya, Tobia, Nekoda = 652 orang

Nehemiah/Nehemia 07:08-63 ttg daftar orang-orang yang kembali dari pembuangan
- Arah = 652 orang
- Pahat-moab = 2818 orang
- Zatu = 845 orang
- Bebai = 628 orang
...............................................dst.......................................................

JAWAB:
Kitab Ezra menceritakan orang Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan.

Kitab Nehemia menceritakan daftar bani Yehuda kembali, kemudian mendata kembali orang-orang yang telah ada di Israel.

Mungkin saja ada perbedaan daftar dimana orang yang akan kembali mengurung niatnya karena tidak dapat meninggalkan pekerjaan atau keluarga di daerah asalnya, atau ada tambahan yang berasal dari orang yang telah ada di Israel tidak ikut pembuangan, karena Raja Nebukadnezar tidak membawa semua orang Israel ke pembuangan. Ini terbukti untuk mengurus orang yang tidak diangkut ke pembuangan Raja Nebukadnezar mengangkat Gedalya seorang Yahudi sebagai gubernur Tanah Yehuda.
Al-faqir Abdillah
Reply| 13 Dec 2016 14:54:53
PAGE-03

Perkenalkan, sy Al-faqir Abdillah. Alhamdulillah sy adl seorang Muslim.
Sy sdg mempelajari scr mendalam ttg Qur'an, begitu jg ttg Alkitab/Bible.

Setelah membaca Alkitab/Bible, ada bbrp hal yg sy kurang paham. Sy sudah bertanya dgn bbrp pastor kenalan teman2 sy, namun belum ada yg bisa menjawab.
Mgkn rekan2 di forum ini yg lebih paham bisa membantu sy.

Berikut pertanyaan2 sy :

Genesis/Kejadian 01:01-05 = Hari pertama = penciptaan "terang"
Genesis/Kejadian 01:06-08 = Hari kedua = penciptaan "langit/cakrawala"
Genesis/Kejadian 01:09-13 = Hari ketiga = penciptaan "tumbuhan/tanaman"
Genesis/Kejadian 01:14-19 = Hari keempat = penciptaan "matahari & bulan"

Tanya :
- mengapa "matahari/bulan" sebagai sumber cahaya, diciptakan setelah "terang" ?
- mengapa "tumbuhan/tanaman" yg membutuhkan cahaya, diciptakan setelah "matahari/bulan" ?

=====

Sy pelajari di Wikipedia bahwa bahasa ibu/asli dari Yesus adalah bahasa Aram/Aramaic.
Tetapi sy tidak bisa menemukan Alkitab/Bible lengkap (Perjanjian Lama & Baru) dlm huruf & bahasa ibu/asli Yesus (bahasa Aram/Aramaic).

Tanya :
Apakah ada yg bisa menginformasikan di mana sy bisa cari/beli Alkitab/Bible lengkap (Perjanjian Lama & Baru) dlm huruf & bahasa ibu/asli Yesus (bahasa Aram/Aramaic) ?
Mksd sy yg versi buku/kitab spt Alkitab/Bible yg ada di toko buku.

=====

Sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya.

PAGE-03

alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Al-faqir Abdillah
Reply| 13 Dec 2016 14:53:27
PAGE-02

Dear rekan2 di forum Bukti & Saksi dotcom,

Perkenalkan, sy Al-faqir Abdillah. Alhamdulillah sy adl seorang Muslim.
Sy sdg mempelajari scr mendalam ttg Qur'an, begitu jg ttg Alkitab/Bible.

Setelah membaca Alkitab/Bible, ada bbrp hal yg sy kurang paham. Mgkn rekan2 di forum ini yg lebih paham bisa membantu sy.

Berikut pertanyaannya :

Ezra/Ezra 02:03-61 ttg daftar orang-orang yang kembali dari pembuangan
- Arah = 775 orang
- Pahat-moab = 2812 orang
- Zatu = 945 orang
- Bebai = 623 orang
- Azgad = 1222 orang
- Adonikam = 666 orang
- Bigwai = 2056 orang
- Adin = 454 orang
- Bezai = 323 orang
- Hasum = 223 orang
- Betlehem = 123 orang
- Netofa = 56 orang
- Betel & Ai = 223 orang
- Lod, Hadid, Ono = 725 orang
- Senaa = 3630 orang
- Asaf = 128 orang
- Salum, Ater, Talmon, Akub, Hatita, Sobai = 139 orang
- Delaya, Tobia, Nekoda = 652 orang

Nehemiah/Nehemia 07:08-63 ttg daftar orang-orang yang kembali dari pembuangan
- Arah = 652 orang
- Pahat-moab = 2818 orang
- Zatu = 845 orang
- Bebai = 628 orang
- Azgad = 2322 orang
- Adonikam = 667 orang
- Bigwai = 2967 orang
- Adin = 655 orang
- Bezai = 324 orang
- Hasum = 328 orang
- Betlehem & Netofa = 188 orang
- Betel & Ai = 123 orang
- Lod, Hadid, Ono = 721 orang
- Senaa = 3930 orang
- Asaf = 148 orang
- Salum, Ater, Talmon, Akub, Hatita, Sobai = 138 orang
- Delaya, Tobia, Nekoda = 642 orang

Tanya :
- yg benar yg mana, "Ezra/Ezra 02:03-61" atau kah "Nehemiah/Nehemia 07:08-63" ?

PAGE-02

bersambung ke PAGE-03
alfaqir.abdillah.82@gmail.com
Fetching more Comments...
↑ Back to Top