Blog / Mengapa Muhammad Mempunyai Banyak Isteri?

Berikut ini adalah penggambaran singkat bersumber dari Hadist dan sejarah Islam awal, yang mengisahkan isteri-isteri Muhammad.  SELAMAT MENELUSURINYA.

 

Kata Pengantar

Orang Islam akan mengatakan pada anda bahwa seorang lelaki Islam dapat mempunyai isteri hingga empat orang dalam satu waktu, dan itu berdasar pada Quran Sura 4:3. Dengan tegas apa yang ada dalam Sura bukanlah kebenaran yang lengkap, sebab seorang Islam ternyata juga dapat memiliki selir atau gundik sampai jumlah yang tak terbatas dan melakukan hubungan seksual dengan” para wanita kepunyaan tangan kanan mereka” (Sura 23:5-6; 33:50,52; 4:24; Sura 70:29-30). Bagaimanapun juga, walaupun, Muhammad telah menyatakan sebuah ayat dalam Qur’an (Sura 33:50) yang membuat pengecualian yaitu untuk satu orang: yaitu dirinya sendiri. Pertanyaannya sekarang, mengapa bisa demikian? 

Aisha mengucapkan “Bagi saya sepertinya terlihat bahwa Tuhanmu segera memuaskan keinginanmu” Sahih Muslim vol.2 buku 8 no.3453-3454 hal.748-749. 

Sebaliknya, seorang Muslim mengatakan pada saya bahwa setiap pernikahan Muhammad  hanya untuk tujuan kemanusiaan atau memperkuat kekerabatan. Aisha dan beberapa isteri Muhammad adalah anak perempuan dari para penguasa hebat, yang sangat Muhammad butuhkan untuk mendukungnya. Yang lain, seperti para janda, “dijaga” (mendapatkan perlindungan) dari Muhamad setelah suami mereka meninggal. Seakan-akan tidak percaya saya bertanya, ”Apakah memang agama Islam mengajarkan bahwa setiap pernikahan hanya untuk tujuan yang seperti itu?” Ketika ia mengatakan”ya”, lalu saya bertanya lagi, ”Lalu bagaimana dengan Safiyah dan Zainab binti Jahsh?”

Ia tidak menyadari hal itu, sama seperti yang terjadi pada orang Islam lainnya (juga non Muslim), yang tidak tahu bahwa Muhammad menikahi Safiyah dan Zainab bin Jash sama sekali bukan karena alasan kemanusiaan atau untuk memperkuat kekerabatan. Sumber dan informasi yang saya dapat semuanya berasal dari Qur’an sendiri atau otorisasi Hadits dari Islam Sunni, sehingga tidak dapat diragukan keakuratannya.

 

Para Isteri Muhammad

Dibawah ini adalah nama istri-istri dari Muhammad yang ditulis oleh cendekiawan Islam Ali Dashti. Tulisannya mungkin banyak didasarkan pada daftar paling terdahulu dari Sejarah al-Tabari vol.9 hal.126-241. Disebutkan bahwa para cendekiawan dan Hadist tidak sepenuhnya setuju berkaitan dengan isteri-isteri Muhamad. Contohnya beberapa Hadist (bukan Bukhari atau Sahih Muslim) menyebutkan ada sepasang isteri yang ia ceraikan, namun hal ini tidak diperlihatkan disini. Oleh karena itu, daftar dari Ali Dashti ini, yang mungkin tidak sepenuhnya menyetujui tentang kelengkapan, memperlihatkan betapa banyak isteri Muhamad. Berikut ini adalah bukti dari Hadist, juga bukti independent dari Ali Dashti berkaitan dengan hal ini.

 

1. Khadija/Khadijah

2. Sauda/Sawda binti Zam'a/Zam’ah

3. Aisha

4. ‘Umm Salama

5. Hafsa/Hafsah

6. Zainab/Zaynab binti Jahsh

7. Juwairiya/yya/yah

8. Omm/Umm Habiba

9. Safiya/Safiyya/Saffiya

10. Maimunah /Maymuna binti Harith

11. Fatima/Fatema/Fatimah

Fatima, orang yang berbeda, anak Muhammad

12. Hend/Hind

13. Sana binti Asma’ / al-Nashat

14. Zainab/Zaynab binti Khozayma/Khuzaima

15. Habla?

16. Janda Asma’ binti Noman

17. Maria (orang Kristen)

18. Rayhana/Raihana/Rayhanah binti Zaid/Zayd 

19. Janda Omm/Umm Sharik / Ghaziyyah binti Jabir

20. Maymunah / Maimunah

21. Zainab ketiga?

22. Khawla / Khawlah binti al-Hudayl

23. Janda Mulaykah binti Dawud

24. Janda al-Shanba’ binti ‘Amr

25. Janda al-‘Aliyyah

26. Janda ‘Amrah binti Yazid

27. Janda yang tak bernama

28. Qutaylah binti Qays (telah meninggal)

29. Sana binti Sofyan

30. Sharaf binti Khalifah

31. Para Wanita dari Anak buah Muhammad

 

Muhamad menikahi 15 wanita dan melakukan hubungan sex dengan 13 wanita.
(al-Tabari vol.9 hal.126-127)

Bukhari vol.1 Buku 5 bag.25 no.282 hal.172-173 mengatakan bahwa [dalam satu waktu] Muhamad bisa mempunyai sembilan istri.

 

 


Add a Comment
| 188
edo
Reply| 28 Dec 2015 18:48:34
@hidayah
Hahahaha dikerjain orang bodoh Pada kepancing..tenang semua..anggap aj orang idiot ngigau
edo
Reply| 28 Dec 2015 18:42:03
@Bert
Tuhanmu yang gimana?knp doa harus menghadap batu.apa tuhanmu ada di batu?.sy jg mau punya istri banyak.asik keliatannya kan sah2 aj boleh ama tuhanmu.cukup ko penghasilanku buat 30 janda dan abg
ungke
Reply| 03 Apr 2015 18:06:11
3in1 commnet
Pffftt.. emang kenapa klo istri nabi banyak..
Respon
Ya ni anak masih nanya kenapa?....itu artinya si Muhammad tidak patut dijadikan teladan,apalagi sebagai seorang nabi, wong orang yang tidak bisa mengendalikan nafsu birahinya kok mau dijadikan panutan, le le...Muhammad itu memang cocok jadi nabi para phedofil dan para bajingan tengik....kamu mau tau kenapa banyak orang tertarik masuk Islam? ..itu karena cuma di Islam semua nafsu dan perbuatan dosa dilegalkan oleh "tuhan"
Kosaki
Reply| 03 Apr 2015 17:52:45
@3in1
Nabi Anda, Muhammad juga melakukan perzinahan, perampokan dan pembunuhan. Sepertinya anda masih belum mengerti ya, orang Kristen tidak menyembah kepada tiga Tuhan, mereka tetap menyembah kepada satu Tuhan saja, yakni Tuhan yang sejati, Tuhan yang Esa. Jadi anda salah kaprah dengan menuduh orang Kristen menyembah kepada tiga tuhan.
Tentang menyembah kepada Allah, mana mau lah...Allah kan tuhannya bangsa Arab (agama pagan) yang kemudian diadopsi oleh Muhammad dan diangkat menjadi Tuhannya dalam Islam. belajar dulu ya bro...
3in1
Reply| 03 Apr 2015 14:22:53
Pffftt.. emang kenapa klo istri nabi banyak.. buktinya kan dia bisa berbuat adil.. kalian jangan munafik lah.. kalian bisa berzinah , membunuh, ngerampok, makan apa aja boleh dll tinggal ke bilik pengakuan dosa aja apa bisa hilang? Mau masuk sorga kalian? Bhahha.. gimana logikanya bisa masuk sorga? Ibaratnya klian gak perlu belajar untuk jadi pinter gitu?
Dan kalian jangan memaksakan tritunggal kalian deh.. mana ada tuhan mau mati buat nebusin dosa kalian .. tuhan ya tuhan mana ada trio jadi satu .. tuhan klo mau hilangin dosa ga perlu mati segala.. tuhan itu esa bro.. kenapa ga nyembah allah aja? Tuhan esa kok dijadi-jadiin 3 segala dan suka dibikin ribet segala.. aduh akal kalian dimana? Kristen itu ga ada bro yang bikin Paulus bukan Yesus tuh agama.. :v
Bert
Reply| 18 Apr 2013 16:03:26
@Alhayat SAg, MAg

Hahaha... tentu anda masih ingat perkataan anda "akan dijadikan rendang" kalau datang ke Sekolah TAI LS ?
Jadi jangan berharap ada yang datang apalagi hanya dipancing dengan koran L'Osservatore Romanum dengan berita hoaxnya hahahaha...

Ternyata akademisi Sekolah TAI LS membangun imannya dari berita hoax juga? Astaghfurillah...








----------------
Bagi yang mencari keselamatan, jangan mau mendatangi neraka (QS19:71) walau dengan alasan apapun karena neraka pusatnya kuasa kegelapan/setan/iblis.

Bagi yang mementingkan urusan bawah perut, alloh swt sudah buka jalan...Tidak masalah lagi walau yang diincar sudah memiliki suami. QS[33:37]
Alhayat SAg, MAg
Reply| 18 Apr 2013 14:51:50
@kebenaran
Bapak Hidayah tak pernah akan mengirimkan voto dan video dokumen pertemuannya dengan Paus Benediktus 16. Saya yakin kalaupun bukti2 itu dikirim pasti anda tetap akan menyakalnya (persis seperti Grim Reaper dan Bertarri yang bodoh itu).
Saya masih berumurah hati, silakan anda datang ke STAI LS dan melihat mading kampus. Kami menempel koran edisi cetak L'Osservatore Romanum yang menampilkan kemualaffan Paus Benediktus.
kebenaran
Reply| 18 Apr 2013 14:46:10
@SARAH kelihatan mulut kamu isinya kebohongan, Paus Benediktus tidak masuk Islam, silakan baca lagi dan liat link dan videonya
http://www.spexotics.com/2013/02/Paus-Masuk-Islam.html
Perhatikan gambar dan videonya dengan teliti, mana mungkin Paus Sholat Pakai Salib besar? liat juga posisi tangannya, liat lagi orang2 sekelilingnya...pangannya tak berarturan, kalaupun masuk islam tak mungkin ia datang dengan para kardinalnya, pastilah kardinalnya akan meninggalkan dia,....silakan pakai logika anda.....JANGAN OTAK ANDA DIPAKAI UNTUK MEMBOHONGI UMAT MANUSIA.....
kebenaran
Reply| 18 Apr 2013 14:35:02
@hidayah, kamu bilang pernah bertemu dgn Paus Benediktus XVI??? jika bertemu adakah bukti yang bisa km berikan misalnya foto-foto atau video yang bisa mendukung??? misalnya pasang di facebook km atau kirim ke email saya kyastama@yahoo.com. Dan saya akan mengecek/membuktikan, kebetulan saya seorang yang bekerja di bidang IT (Information technologi) ntar saya akan gunakan ilmu saya untuk membuktikan keasliaan seperti yang digunakan para ahli IT untuk membuktikan suatu peristiwa baik berupa foto ataupun video, apakah betul atau hasil edit dst. Kebetulan juga saya mempunyai teman baik yang bisa menginformasikan dimana peristiwa itu terjadi.

Saya tantang anda untuk membuktikan, jika anda tidak bisa membuktikan, berarti smua orang sudah anda tipu dan smua orang tidak bakal percaya apapun yg anda tuliskan.

Demikian terima kasih
Saya tunggu pembuktian anda melalui email saya.
Pakai Akalmu
Reply| 11 Mar 2013 12:00:51
INTI MASALAH: KENAPA ALLAH IZINKAN NABI "TELADAN AHKLAK SEJAGAT" UTK BEBAS-RIA BERISTRI SESUKANYA,

*BAHKAN SAMPAI PEDOFIL DG AISHA,
*MEREBUT (BUKAN DAMAIKAN ZAID/ZAINAB) ISTRI ANAK ANGKATNYA,
*MEMAKSAKAN KAWIN DIMALAM YG SAMA ATAS SAFFIYA (YG SUAMI, BAPA, DAN BANI NYA DITUMPAS DIMUKA HIDUNGNYA)
* MEMBOHONGI HAFSAH, AGAR BERSETUBUH DG MARIA COPTIC DIRANJANGNYA HAFSAH.
* UM SALAMA YG MEMPROTES KETIDAK-ADILAN NABI (THD PARA ISTRI) TAPI MALAH DIIZINKAN AISHA UTK MENDAMPRATNYA?
Bleko
Reply| 11 Mar 2013 11:42:42
@sodrun
Sepertinya muslim susah atau enggan atau takut atau malu untuk menjawab. apalagi kalo bicara soal aib.
Mustopo Tak Beragama
Reply| 08 Mar 2013 10:39:49
Selamat menikmati keindahannya:

http://www.youtube.com/watch?feature=fvwp&v=K8y7VNL-FhU&NR=1
Mustopo Tak Beragama
Reply| 08 Mar 2013 10:39:49
Selamat menikmati keindahannya:

http://www.youtube.com/watch?feature=fvwp&v=K8y7VNL-FhU&NR=1
Mustopo Tak Beragama
Reply| 08 Mar 2013 09:16:38
@All

Video ini bisa menjadi bahan renungan betapa Islam itu indah.

http://www.youtube.com/watch?v=WsKQ8tR4zbw
sodrun
Reply| 08 Mar 2013 08:56:37
no name
"
@sodrun
menunjukan nabi ini bukan nabi sejati, org daud aja yang seorang raja dihukum Tuhan karena ngambil batsyeba istri uria, lha ini mantu sendiri di embat.
"
Dalam kepercayaan Yahudi maupun Kristen, tindakan DAUD itu jelas merupakan AIB,.. tindakan yang salah.. !
Bagaimana pendapat muslim tentang tindakan muhammad ngembat mantu (angkat) sendiri itu ? AIB atau BUKAN ? KELIRU atau TIDAK ?
Silakan dijawab sepatutnya....
sodrun
Reply| 08 Mar 2013 08:50:15
Blekok wrote :
"
Bicara soal aib.
tentunya anda harus sudah siap ketika berbicara dalam sebuah forum, banyak kemungkinan bisa terjadi aib anda atau aib saya atau aib orang lain bisa terlihat karena adanya saling keterbukaan. dan dalam hal ini anda tidak siap terhadap kenyataan yang terjadi.
"
Mungkin sekali lagi perlu kita tanyakan kepada hidayah maupun muslim lain,..:
Dalam kasus ZAINAB, AISYAH, MARIYAH (pembokatnya HAFSAH)... dll itu muslim menganggapnya sebagai AIB atau bukan sih ?
sodrun
Reply| 08 Mar 2013 08:44:20
yosef
Reply| 07 Mar 2013 17:04:08
"
@hidayah
TUHAN memberkatimu
akhir dari segala perjalanan panjang
islam+kristen VS yahudi


salam damai
"
Saya lagi mencermati bagaimana score akhir
MANCHESTER UNITED vs REAL MADRID bro....
hehehehe....
yosef
Reply| 07 Mar 2013 17:04:08
@hidayah
TUHAN memberkatimu
akhir dari segala perjalanan panjang
islam+kristen VS yahudi


salam damai
Ali Masehi
Reply| 07 Mar 2013 16:14:46
@ HIDAYAH berkata: "ALLAH ada sebelum kata ada itu ada,ALLAH ada walaupun kata ada itu sudh tdk ada..."

Wah, itu terlalu filsafat pak HI.
Bisakah kita down to earth, dan menanyakan kata "ALLAH" itu muncul pertama kali di Quran itu disurat dan ayat berapa?
hidayah
Reply| 07 Mar 2013 14:31:39
@Blekok
maaf ya pak...td saya khilaf :)

salam damai semoga anda selalu sehat :)
Fetching more Comments...
↑ Back to Top