Daily Devotional - Berilah Tempat Bagi Roh Kudus di Hidupmu

Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka , dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.”

(Kisah Para Rasul 19:6)

Salah satu kerinduan dari mereka yang mengaku percaya pada Tuhan adalah mereka memiliki perubahan diri dan mampu mengatasi pergumulan hidup secara luar biasa. Dengan kata lain, mereka mengaharapkan adanya nilai tambah terhadap Tuhan dan Tuhan mau memakai mereka melakukan sesuatu “mujizat” dalam hidup mereka. Namun sayangnya, banyak yaang akhirnya kecewa dan sampai menyangkali imannya karena harapan dimaksud tidak tercapai.

Percakapan antara Paulus dengan beberapa orang percaya di Efesus, rupanya menjelaskan hal yang sama. Sebelum Paulus memasuki Efesus, ternyata misi pekabaran injil telah sampai di daerah itu dengan didapatinya sejumlah murid (pengikut) Kristus.

Para murid ini telah bertobat dan menerima baptisan Yohanes. Namun proses perubahan oleh Roh Kudus belum mereka rasakan sehingga belum ada sesuatu”perubahan” yang mereka atau orang sekitar alami karena kehadiran mereka sebagai murid Kristus. Itulah sebabnya, Paulus memenuhi ’pelengkap’ kerohanian mereka dengan urapan Roh Kudus. Proses yang berlangsung ini menghasilkan sebuah perubahan diri dengan kemampuan mereka berbahasa Roh dan melakukan nubuatan. Perubahan diri ini memperteguh iman percaya mereka akan Kristus dan memberi semangat dalam menyaksikan kebenaran injil Kristus.

Pergumulan seperti ini tentunya masih dialami oleh sejumlah orang percaya. Kita percaya karena kita butuh perubahan. Perubahan itu dapat kita jalani dan nyatakan kepada orang lain, manakala kita sungguh-sungguh membuka diri untuk di ‘lengkapi’ oleh Roh Kudus. Caranya hidup dalam pertobatan yang sungguh dan memberi diri untuk dipakai Tuhan untuk kemuliaan namaNya.

 


↑ Back to Top